Mengintip (meramal) gempa dan banjir berikutnya dari peredaran bulan


besar-bulan.jpgMasih ingat pengaruh bulan pada terjadinya gempa ? Kalau lupa boleh dibaca lagi Klik disini. Kalau masih ingat tentunya ngga heran dengan gempa di Sumbawa kemarin yang hanya mleset sehari dari perkiraan dalam gambar itu kaan ? Coba tengok lagi disini.

:( “Wah Pakdhe, ternyata pengaruh bulan terhadap bumi cukup signifikan ya ?
:D “Lah hiya thole. Kamu tahu ngga banjir dua hari lalu yang menutup jalan Tol ke lapangan terbang Sukarno Hatta memutus transport Jakarta-Cengkareng juga karena peristiwa ini ?”

Banyak peristiwa alam di bumi dipengaruhi oleh benda langit. Bulan merupakan benda langit terdekat dengan bumi. Sebenernya bulan ini tidak hanya dekat jaraknya saja tetapi sudah seperti saudara dekat dengan bumi juga. Apa yang terjadi pada bulan akan dirasakan oleh bumi. Ketika bulan mendekat, bumipun bergetar.


gempapemicu.jpg Karena kedekatan bulan dengan bumi inilah, saya akhirnya berdiskusi dengan sahabat kita Pak Lik Marufin yang sering menjadi “kalkulator”-nya Rukyatul Hilal Indonesia. Mengapa ? Karena saya tahu bahwa penanggalan atau kalender bulan dipakai dan dipelajari dengan seksama oleh RHI.

:( “Ooooo, jadi itu to alasannya kenapa ada yang memilih kalender dengan bulan ?”
:D “Mungkin itu salah satunya saja thole. Tapi ini kita kaji ilmiahnya saja, bu
kan soal religi.
:( “Pakdhe takut salah baca ayat, takut dibilang sesat, ya ?”
:D “Hust !”

Lintasan

lintasan3d.jpgPerlu diketahui bahwa lintasan peredaran bumi terhadap matahari dan lintasan bulan terhadap bumi bukanlah dalam satu bidang datar. Tetapi berupa bidang-bidang lintasan yang saling berpotongan. Secara mudah gambar disebelah ini memperlihatkan lintasan bumi terhadap matahari berupa elips yang mendatar. Sebenarnya mendatar atau tidak ini menjadi sulit karena referensi datar itu tidak benar-benar ada dalam astronomi. Kalau manusia di bumi bisa saja mengatakan datar itu mirip permukaan air. Lah tetapi kalau di atsronomi airnya mana hayoo ? :) Lintasan elipsoida bumi digambarkan berwarna oranye sedangkan lintasan bulan berwarna kuning.

elipsoida-lintasan.pngLintasan elipsoida bulan memotong bidang lintasan bumi. Digambarkan garis lingkarannya tidak sejajar. Nantinya yang dibawah itu penggambaran sederhana saja supaya mudah dimengerti saja.

:( “Whadduh ini lintasannya kok kaya anting-anting”

marufin.jpg

Pak Lik Marufin-pun yakin banjir pasang ini kombinasi dari banyak hal. Dari sisi astronomi, inilah yang bisa dilakukannya, meramal kapan waktu2 kritis akan terjadi kembali di masa mendatang. Untuk antisipasinya ya monggo bidang yang lain bergerak sama2, yang sipil ya sono bikin rencana anggul pantura, yang geolog ya sono ngukur seberapa kuat tanah pantura dibebani tanggul itu agar gak ada cerita differential subsidence lagi kayak di Porong. Lha wong Belanda saja, yang dihantam banjir pasang Februari 1953 dan merenggut nyawa 1.800-an penduduknya, bisa bangkit dan membangun 11 bendungan baru hingga terbebas banjir sampe kini. Masa kita2 di Indonesia yang ‘mengaku’ jajahannya nggak bisa berbuat yang sama?

Untuk banjir pasang November ini, oposisi dan perigee Bulan terjadi pada tanggal yang sama (24 November 2007), hanya berbeda jamnya (oposisi = 21:31 WIB, perigee = 07:13 WIB), jadi ya wajar pasangnya lebih tinggi dari maksimum rata-rata. Untuk Desember kita harus waspada 22 Desember (perigee) hingga 24 Desember (oposisi). Namun untuk soal banjir ini, yang paling saya khawatirkan pada 19 – 22 Januari mendatang. Itu saat oposisi-perigee Bulan juga, dan kebetulan puncak musim hujan disitu. Ya bayangkan saja ada kiriman lagi angin dingin dari kutub utara kayak tahun lalu, yang mendadak berbelok ke Indonesia dan bikin 70 % Jakarta terbenam air.

Dibawah ini tabel perhitungan untuk tahun 2008.

perigee-tahun-2008.jpg

Keterangan :

1. Konjungsi

konjungsi.jpgPeristiwa dimana Matahari dan Bulan nampak berimpit bila dilihat dari Bumi. Saat konjungsi sudut fase Bulan tepat 180o dengan elongasi Bulan–Matahari (dilihat dari Bumi) bernilai kecil (dibawah 5o). Jika elongasi Bulan–Matahari sangat dekat dengan terjadilah Gerhana Matahari. Gerhana Matahari 7 Februari 2008 adalah gerhana cincin (anular), yang hanya bisa disaksikan di Australia Selatan, Selandia Baru dan Antartika. Gerhana Matahari 1 Agustus 2008 juga gerhana cincin, yang bisa disaksikan dari Greenland hingga ke Cina.

2. Oposisi

oposisi.jpgPeristiwa dimana Matahari dan Bulan nampak saling bertolak belakang jika dilihat dari Bumi. Saat oposisi sudut fase Bulan tepat 0o dengan elongasi Bulan–Matahari (dilihat dari Bumi) mendekati 180 deg. Jika elongasi Bulan–Matahari sangat dekat dengan 180 derajat, terjadi Gerhana Bulan. Gerhana Bulan 21 Februari 2008 bisa disaksikan dari Amerika, Eropa Barat dan sebagian besar Afrika. Sementara Gerhana Bulan 17 Agustus 2008 bisa disaksikan dari seluruh Afrika, Eropa dan Sebagian Asia (termasuk Indonesia barat dan tengah).

3. Perigee

perigee.jpgSaat dimana Bulan memiliki jarak (dari pusat ke pusat) terdekat dengan Bumi.

Saat perigee ini merupakan saat dimana efek grafitasi bulan akan paling dirasakan di bumi. Tentunya masih ingat kalau besarnya grafitasi itu berbading terbalik dengan jarak. Semakin kecil jaraknya (dekat), maka semakin besar efek grafitasinya.

Waktu–Waktu yang Harus Diwaspadai :

Adalah ketika konjungsi/oposisi berdekatan dengan perigee, sebab bisa menimbulkan kondisi pasang maksimum dan meningkatnya frekuensi kejadian gempa.
Waktu–waktu tersebut adalah :

  • 19–22 Januari 2008
  • 8–11 Maret 2008
  • 6–8 April 2008
  • 5–6 Mei 2008
  • 3–4 Juni 2008
  • 2–3 Juli 2008
  • 15–17 Oktober 2008
  • 13–14 November 2008
  • 12–13 Desember 2008

Sumber : Moon Calculator v6.0; Solar Eclipse Viewer v1.0

:( “Wah aku jadi tahu pakdhe, mengapa Islam menggunakan bulan sebagai penanggalan. Karena akan lebih bermakna bagi kehidupan manusia ketimbang matahari ya Pakdhe ?”
:D “Kalau itu sih tanya pak kyai saja, Thole”

UPDATED [19 Maret 2011 --> Super Moon]

Berdasarkan data astronomi, pada Sabtu, 19 Maret pukul 19.10 GMT atau Ahad, 20 Maret pukul 02.10 WIB, jarak bulan dengan bumi sejauh 356.577 kilometer. Jarak terjauh bulan dengan bumi yang terjadi pada Desember mendatang terentang 364 ribu kilometer. Adapun puncak purnama akan terjadi satu jam sebelumnya, pada 19 Maret pukul 18.11 GMT atau 20 Maret pukul 01.11 WIB. [Tempo Interaktif]

Bacaan terkait

About these ads

37 Tanggapan

  1. Rasa takut hanya akan membuatmu lemah dan kehilangan kepercayaan. Abaikan ketakutanmu dan lanjutkan langkahmu!

  2. nah ini baru informasi yang menarik tenrang ilmu…. dimana ya tempat belajar ilmu geologi yang lengkap?

  3. Makasih pak de..

  4. Sangat bermanfaat sekali ini ilmunya, terima kasih banyak :)

  5. Lumaya buat menambah wawasan mas, terima kasih banyak.

  6. [...] Dibawah ini grafik yang menunjukkan jarak bumi-bulan sepanjang tahun 2011. Untuk jelasnya apa itu apogee-perigee silahkan baca dongengan sebelumnya disini. [...]

  7. [...] Dibawah ini grafik yang menunjukkan jarak bumi-bulan sepanjang tahun 2011. Untuk jelasnya apa itu apogee-perigee silahkan baca dongengan sebelumnya disini. [...]

  8. [...] Dibawah ini grafik yang menunjukkan jarak bumi-bulan sepanjang tahun 2011. Untuk jelasnya apa itu apogee-perigee silahkan baca dongengan sebelumnya disini. [...]

  9. Om, ternyata masih relevan tulisan yg dibuat 4 thn lalu?

  10. oiya, pakde..peruntungan saya tahun depan gimana…saya mau buka usaha rental kaos singlet…(huahhaha..gak nyambung)

  11. pakdhe….
    kalo tahun 2008 ini ada gak kemungkinan gerhana total?

  12. bisa ramalin kampung halaman gw ga- gw tinggal di bojonegoro???
    beberapa minggu yg lalu dpt hadiah spesial tahun baru, renang gratis di hampir seluruh bagian kota, moga aja tahun 2008 bengawan solo kaga pundung lagi, agar g ada banjir lagi

  13. pakdhe rovick…

    pernah denger ga fenomena 22 atau keruntuhan jakarta .kalo baca paparan pakdhe tanggal yang harus diwaspadai januari 2008, kok pas banget yach.
    gimana menurut pakdhe…

  14. ok pakdhe rovicky..bisa juga tuh ngitung2 apalagi kalau ada penanggalan jawa itu bisa pas juga pakdhe.. seperti mongso ono 12 (yen saiki bulan januari brarti mongso kapitu,…. (sendang kapit pancuran) artine banyak air yang mancur…(januari = hujan seari-hari)… itu kalau nggak salah kata membah dulu je pakdhe.

  15. saya sangat bingung !!!!
    warning nyang harus diwaspadi yaitu
    19-22 januari (fase bulan baru mw membentuk bulan purnama…./10-13 muharram)
    8-11 maret (fase bulan mati…/28-30 saffar)
    6-8 april (fase bulan mati ke bulan baru…/akhir bulan rabi al awal ke permulaan bulan rabi al thani)

    jadi sebenarnya nyang harus di waspadai itu bulan pada saat fase apa ?????
    masalahnya nyang di warningkan ini ada yang mw bulan purnama,,dan ad juga fase yang bulan mati..maupun fase bulan mati ke bulan baru.

    kalau dilihat dari fase2 yang diwarningkan…sepertinya kejadian fase2 bulan tersebut selalu terjadi,,,,,dan kita nggak tw fase ap yang sebenarnya yang paling mempengaruhi gempabumi.

    tolong di kaseeh penjelasan yang lebi konkrit lagi !!!!

    menurut saya,,,kasus prediksi gempa di sumbawa…murni merupakan pelepasan energi
    dan kalau pengaruh terhadap bulan itu hanya kebetulan saja.

  16. ramlan yang kemarin memeng boleh diacungkan jempol loh, tapi kita tidak boleh 100% percaya karena menurut keyakinan saya itu suatu hal yang dilarang dan membuat manusia malas dan pesimis akan masa depannya.

  17. good blog…isinya bukan ttg aktifitas diri yg ga penting tp artikel ilmiah geologi ttg kejadian2 yg dekat dgn dunia nyata dgn bahasa yg populer…

    bagus banget, pak…saking bagusnya saya sampe diingetin tuh istilah paparan sunda, paparan sahul, elongasi, apogee, perigee…soalle belajar gituan udah berjuta-juta tahun yg lalu, pak…

    he…he…he…

  18. kalo melihat moon parigee tgl 22 des malam,…dan berdasarkan tulisan/analisa pak dhe…..kondisi ke arah akan terjadinya gempa mungkin2 aja,…but ONLY GOD KNOW that…

  19. satu lagi pak de… heheh

    8.
    apakah setiap plate atau sebagian tertentu dapat rapuh… terus rusak …. kemudian hancur….
    kalo ya… berarti bisa juga bagian yang lain dari plate tersebur ber GEGAR … ya pak de…

    analoginya gini …..
    Gunung es yang di kutup kini … runtuh akibat pemanasah global ….
    batu yang keras .. kalo di tetes air terus-menerus selama 1 thun.. 2, ,5, 10 … dst .. akan bolong dan kemudian pecah ……

    thank

  20. pak Dhe… tambahan lagi …

    7.
    apakah …setiap Plate merekat/melekat ke lapisan bawahnya mirip seperti memiliki kaki-kaki yang terbenam dan terikat kelapisan dibawahnnya … n klo ya…. apa mungkin besarnya, panjangnya kaki-kaki berbeda-beda …?
    karena setiap plate tersebut terus-termenerus bergerak … berarti ada kemungkinan tercabut atau terputus dan dapat diperkiraan pada saat kapan agar tercabut/putus itu…. dan ketika tercabut datau putus bisa satu kaki, 2, 3, … dst… dan akan menyebabkan plate ber GEGAR …..
    atau menghamtanm plate yang di sebelahnya …. dan ikut ber GEGAR … juga … atau GEMPA … itu ….

    pak de… kalau setiap detik kaki-kaki plate itu dapat di monitor kekuatan akan tecabut atau putus … berarti ukuran GEGAR … juga dapat diprediski … apa mungkin iki pak ….

    trim …

  21. tanya lagi pa dhe …
    lempeng (plate) atau patahan kerak bumi itu disangga oleh apa pak……
    trus kalo penyangga kerak bumi tersebut ambrul …. piye pak…? …
    apa PLAT nya akan patah … terus ber GETAR … TAR… TAR… (atau ya GEMPA itu….)
    (ANALOGINYA kaya jembatan … tull ga pak???…
    la kalo tiang jembatan satu putus … so jembatan bisa patah to pak dhe….. hehehhe
    ATAU ANLOLOGY yang lain kayak batang/tubuh Gunung berapi…. … BISA terjadi runtuh/longsor kedalam MAGMA nya …. dan ber GEGAR … atau terjadi GEMPA vulkonik… ya to pak…) aku iki ora awam lo pa… jeng mao tanya ….

    NAH based on logika sederhana seperti itu …. APA begitu juga yang terjadi di dalam Setiap LAPISAN KERAK BUMI itu pak…

    nah muncul pertanyaan-pertanyaan ilmiah ku gini pak…

    1. berapa sih persisnya berat Setiap patah LEMPENG bumi itu …. lempeng yang diatas (outer), in outer.. ditengah, mantel, dst dst ….. udah ada ga alat tuk mengukurnya …..

    2. Bahan penyangga atau yang ada di bawah lempeng itu … terbuat dari apa pak…. apak utuh ??… atau juga merupakan atau berbentuk sambungan patahan-patahan…
    ada ga alat untuk menghitung besarnya kekuatan atas beban diatasnya tadi ….?

    3. kalo yaa … ada kemungkinan ….. kemungkinan kekuatan masing-maing penyangga ini terhadap PLAT yang diatas nya menajadi TIDAK SAMA BESAR…. to pak …. jadi plat diatasnya bisa meliuk-liuk ya pak … hehe atau bahkan PLATE menjadi PATAH/pecah lagi …. karena plate itu sendiri bergerak 12inchi setahun …..

    4. inti paling dalam dari bumi (CORE) terbuat dari GAS panas bersuhu sangat tinggi ….. yang terus menerus membakar lapisan diatasnya …..

    pertanyaannya … apakah besar suhu itu sama besarnya selamanya .. setiap saat … setiap sisi ….? apa ada kemuningkan suhunya berubah rubah dratis dari 6000 derjat Celcius … 5000… 5500… 1000… pada terjadi pada bagian-bagian tertentu ???? …. NACH kalo ya … IMPACT nya … ya seperti kita membakar IKAN ada yang BELANG-BELANG to pak….. …. jadi apa tidak mungkin lapisan tadi …. akan longsor…. runtuh … kayak didalam gunung berapi itu …..
    kalo ya …. berarti plate kita akan bergetar …. atau patah ……

    5. Pertanyaaannya menjadi ada ga atau bisa ga (para multi saintis and multi teknolog) membuat alat untuk mengukur setiap keping patahan itu (Berat, ukuran, tebal, panas, perubahan bahan, tekanan, banyak kandungan XYZ…., dst dst) ….

    kalo cuma seimograph apakah ukuran-ukuran itu udah termasuk pak….

    6. nach skrg ke pertanyaan PERAMALAN … kalo bisa … berati mirip seperti mengukur peramalan CUACA to pak….. heheh …… (rumus, atau model peramalan cuaca sangat komplek khan pak … ribuan parameter disimulasikan dan dikomputasikan secara komputer …. wah hebat tenan pak)

    jadi apa mungkin dibuat dikembangkan teori, model atau persamaan peramalan GEMPA …???

    mohon penjelsannya pak dhe…
    Terima kasih ….

  22. pak de…
    mo tanya ….. ada ga teknologi terbaru yang bisa memetakan isi dan aktivitas-aktivitas didalam setiap kerak bumi secara visual real time? ….
    atau … teknologi yang ada wis iso nelok hingga kedalaman piro KM…100km, 500Km,…1000KM, 10000KM… kedalam bumi? ….
    atau gampang nya nek orang awam bilang iso ga tembus eh transparan hingga ke belahan sebelahnya …. hehehe ….. nah ini baru hebat namanya …..

    analoginya bisa ga gini ….
    teleskop itu khan alat yang iso nelok bintang … hingga 1th cahaya… 2th cahaya dst …. misalnya iso nelok matahari,…., pluto, … dst… jadi jauh amat iso di telok ….. meskipun ora iso ditembus …. hanya perkiraan misalnya isi dari mars itu hanya gas+cair+dll …. … tur padahal ketika sebuah robot cerdas mendarat di mars…. dan mengambil samplenya untuk dibawa pulang kebumi ….. eeee ternyata banyak spekulasi yang tdainya dipercayaiii saintis … berubah dratis seketika ketika fakta bawaan (sample tadi) itu dipelajari lebih seksama …. bahkan … kok kayaknya isi mars menjadi tambah misterius … misalnya hingga dugaan ada “air”…. hehehe…
    nah piye …. pak de….

    seandai para geo-teknolog berhasil buat alat super canggih peneropong jauh kedalam kerak bumi

    MAKA KEMUNGKINAN SEMUA TEORI PERIKIRAAN OR RAMALAN YANG DIPERCAYAAAN SEKARANG TTNG TERJADI GEMPA BAKAL BERUBAH 180 DERAJAT … INGIH GA PAK DHE….

    mohon maaf klo ga berkenan ….

  23. ramalan nya ilmiah, boleh dipercaya nih

    tp pakdhe, lokasi nya bisa diramalkan gak?

  24. pak de…
    mo tanya ….. ada ga teknologi terbaru yang bisa memetakan isi dan aktivitas-aktivitas didalam setiap kerak bumi secara visual real time? ….
    atau … teknologi yang ada wis iso nelok hingga kedalaman piro KM…100km, 500Km,…1000KM, 10000KM… kedalam bumi? ….
    atau gampang nya nek orang awam bilang iso ga tembus eh transparan hingga ke belahan sebelahnya …. hehehe ….. nah ini baru hebat namanya …..

    analoginya bisa ga gini ….
    teleskop itu khan alat yang iso nelok bintang … hingga 1th cahaya… 2th cahaya dst …. misalnya iso nelok matahari,…., pluto, … dst… jadi jauh amat iso di telok ….. meskipun ora iso ditembus …. hanya perkiraan misalnya isi dari mars itu hanya gas+cair+dll …. … tur padahal ketika sebuah robot cerdas mendarat di mars…. dan mengambil samplenya untuk dibawa pulang kebumi ….. eeee ternyata banyak spekulasi yang tdainya dipercayaiii saintis … berubah dratis seketika ketika fakta bawaan (sample tadi) itu dipelajari lebih seksama …. bahkan … kok kayaknya isi mars menjadi tambah misterius … misalnya hingga dugaan ada “air”…. hehehe…
    nah piye …. pak de….

    seandai para geo-teknolog berhasil buat alat super canggih peneropong jauh kedalam kerak bumi … khan jos tanan to pak…..

    mohon maaf klo ga berkenan ….

  25. Waduh, koq waktu kuliah saya gak dapet yg kaya’ gini ya?? Bagus banget tuh Pak kalo terbukti benar, bisa dimasukin ke kurikulum kampus kami.

  26. Pak de gimana menurut bapak ramalan gempa di sumatra (bengkulu) 23 desember mendatang yang mengakibatkan tsunami oleh seorang profesor dan peramal brasil. Bakalan terjadi ngak ya? dari sisi ilmu pengetahuan/rasional? Mohon pencerahannya soalnya sudah pada panik orang2 disana (bengkulu) termasuk pemkot dan pemda nya, thanks penjelasannya..

  27. maaf Pak rovicky ikut nimbrung tentang malaysia yg mengejek kita sprti di link ini http://ihateindon.blogspot.com/ <<< bikin warga indonesia semakin panas aja

  28. Zaki
    Tanggal-tanggal diatas semua itu untuk tahun 2008 saja
    Sorry, aku koreksi langsung deh
    Thanks

  29. Pak Dhe,
    Daftar waktu2 itu utk tahun 2007 aja atau tiap tahun ya? Mengingat siklus bulan dan siklus matahari kan ngga sinkron (berbeda 11 hari per tahun).

  30. Wah mau jadi peramal cuaca ya?
    SayastabiLo dulu dh di Kalender saya..
    Biar pas gempa,saya bisa kabur..

    => Hansteru WebBlog <=

  31. pak de…
    mo tanya ….. ada ga teknologi terbaru yang bisa memetakan isi dan aktivitas-aktivitas didalam setiap kerak bumi secara visual real time? ….
    atau … teknologi yang ada wis iso nelok hingga kedalaman piro KM…100km, 500Km,…1000KM, 10000KM… kedalam bumi? ….
    atau gampang nya nek orang awam bilang iso ga tembus eh tranfaran hingga ke belahan sebelahnya …. hehehe ….. nah ini baru hebat namanya …..

    analoginya bisa ga gini ….
    teleskop itu khan alat yang iso nelok bintang … hingga 1th cahaya… 2th cahaya dst …. misalnya iso nelok matahari,…., pluto, … dst… jadi jauh amat iso di telok ….. meskipun ora iso ditembus …. hanya perkiraan misalnya isi dari mars itu hanya gas+cair+dll …. … tur padahal ketika sebuah robot cerdas mendarat di mars…. dan mengambil samplenya untuk dibawa pulang kebumi ….. eeee ternyata banyak spekulasi yang tdainya dipercayaiii saintis … berubah dratis seketika ketika fakta bawaan (sample tadi) itu dipelajari lebih seksama …. bahkan … kok kayaknya isi mars menjadi tambah misterius … misalnya hingga dugaan ada “air”…. hehehe…
    nah piye …. pak de….

    seandai para geo-teknolog berhasil buat alat super canggih peneropong jauh kedalam kerak bumi … khan jos tanan to pak…..

    mohon maaf klo ga berkenan ….

  32. wah,ramalannya ilmiah n ok banget, klo bisa dimuat dikoran tuh, biar bnyk yg baca.

  33. Dahulu, nelayan sering mengamati bulan untuk menentukan apakah kelaut atau tidak. Namun saat ini karena sudah ada telepisi dan BMG dengan ramalan cuacanya, seringkali mereka lebih memanfaatkan itu.
    Memang kearifan budaya masalalu harus ditinjau ulang dengan teknologi serta pengetahuan saat ini. Mengamati bulan bukan sekedar dilihat purnama atau bukan, tetapi juga ada perigee dan apogee yang saat ini memang harus diterjemahkan lagi dengan bahasa awam.

  34. Bener ngg dhe kesimpulan saya ini, atas pembacaan penjelasan njenengan di atas:
    “daerah dekat pantai harus waspada banjir pada masa-masa purnama, terutama ketika periode perigee. Dan, daerah ini harus semakin waspada lagi ketika masuk misim penghujan, karena air laut dan air sungai yang meluap”.

  35. Perlu dicatat nih, biar kalau ada tugas yang mesti naik plane, nggak terpaksa tidur di jalan terjebak banjir air pasang

  36. Wah Pak dhe saiki mo nyaingi mama laurent yo hehhehe…
    pak dhe,punya perkembangan kelud ndak,terutama kelud junior, mestinya kan udah selapan yo pak dhe :)

  37. sebentar pak de, tak stabilo dulu kalenderku pada tanggal-tanggal tersebut. hanya agar tetap waspada, sambil berdoa, semoga tidak terjadi apa-apa

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.369 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: