Ramalan CNN dan kemungkinan gempa M 9


earthquake.jpgBerita hoax gempa itu selalu berulang. Silahkan baca yang terbaru : Gempa Skala 9 di Sumatra September 2008, Issue lama yang selalu berulang

Mungkin anda sudah membaca CNN yang menyebutkan bahwa Indonesia sedang menunggu datangnya gempa besar. Bahkan disebutkan kekuatan magnitude-nya dapat mencapai angka diatas M8, bahkan mungkin M9

:( “Lah inggih Pakdhe, wong CNN menuliskannya memang begitu kok”
:D “Tulisannya engga salah thole, tapi kudu dibaca dengan benar juga”

Bahwa masih akan ada gempa lagi itu PASTI !
Tetapi kapan dan dimana serta besarnya harus dijelaskan dahulu, kan ?

Mengatakan bahwa gempa nantinya akan berkekuatan lebih dari 9SR ini yang perlu diluruskan ! Gempa merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh ” melenting-nya sebuah pegas alam”.

Terjadinya gempa dangkal pemicu tsunami.

gempa-tsunami.jpgPegas alam ini memang digencet oleh gerakan tektonik pada bermacam-macam batuan yang memiliki tingkat pelentingan berbeda-beda. Dari hasil analisanya orang ahli gempa, di sebelah barat pantai SUmatra memang ada beberapa tempat yang memiliki tingkat tekanan atau stress yang cukup besar. Kalau stress ini keluar atau terpicu secara serentak kekuatannya mampu membentuk gempa dengan skala diatas 8, ada yang mengatakan 9. Ingat magnitude 9 itu kekuatannya atau besarnya tenaga yang sudah terkumpul, menurut saya, bukan berarti pasti akan menyebabkan gempa dengan sebesar itu dalam waktu satu kali … Jeglerr !

Pelepasan energi atau stress yang menyebabkan gempa sepotong-sepotong

Namun harus diingat bahwa tidak harus seluruh gempa ini akan terlepaskan tekanan atau stressnya dalam satu kali saja. Bisa saja beberapa kali yang lebih kecil juga. Seperti gempa Bengkulu-Mentawai telah merobek daerah berukuran 240×120 Km di Bengkulu dan setengah dari itu di Mentawai.
Coba lihat disini : http://rovicky.wordpress.com/2007/09/15/gempa-bengkulu-mentawai-dan-gempa-aceh/
dan disini : http://rovicky.wordpress.com/2007/09/18/gempa-bengkulu-mentawai-nias/

Kedua link blog diatas menjelaskan atau menunjukkan sebuah contoh pelepasan energi/stress yang menyebabkan terjadinya gempa yang sepotong-sepotong.

segment-gempa.jpgSecara mudah dapat dgambarkan disebelah ini. Karena ditekan terus oleh gaya tektonik maka seperti mekanisme gempa di gambar atas maka akan terjadi pelentingan masing-masing segment gempa ini. Ada dua kemungkinan yaitu masing-masing segment bergerak sendiri-sendiri dalam selang beberapa waktu, atau dilepaskan sekaligus (lihat gambar kedua, klik saja untuk memperjelas).

update-17sept07.jpg

Gempa yang sepotong-sepotong contohnya seperti gempa Bengkulu-Mentawai. Dalam kasus gempa Bengkulu-Mentawai-Nias ini, masing-masing segment itu bergetar tidak bersama tetapi berselang waktu beberapa jam/hari. Kekuatannya juga tidak lebih dari 8SR. Namun getaran-getaran susulannya masih terasa hingga beberapa minggu setelahnya.

Pelepasan energi atau stress yang menyebabkan gempa sekaligus

Sedangkan kemungkinan lain adalah seperti gempa aceh dimana terjadi perobekan atau pelentingan segment besar yang diperkirakan sepanjang 1000-1300 Km dalam waktu yang sangat singkat. Dan inilah yang menyebabkan tsunami besar-besaran pada waktu gempa aceh 26 Desember 2004.

Gempa Aceh berkekuatan M9 memiliki panjang robekan hingga 1000 Km. Lihat klik gambar disebelah kiri ini. Segment gempa-gempa itu bergerak atau terrobek bersama-sama (dalam selang waktu sangat singkat).

seismic-gap.jpgPotensi gempa dilihat pada penumpukan tenaga (stress)

Daerah berpotensi atau rawan gempa dapat dilihat dengan adanya gerakan yang tertahan berdasarkan penelitian dengan menggunakan GPS. Atau dapat juga dilihat dari adanya seismic gap dari data gempa-gempa yang telah terekam selama ini. Seismic gap adalah tempat-tempat yang berada pada jalur gempa tetapi selama ini tidak terrekam adanya gempa yang terjadi disitu.

Kenyataan yang tidak enak

Jadi dengan demikian harus dimengerti, memang kemungkinan ada gempa besar di barat sumatra itu memang mungkin saja benar. Hal ini diketaui dari adanya penumpukan tenaga disana (sebelah barat Sumatra). Untuk lokasi-lokasi yang diperkirakan menjadi pusat gempa, silahkan lihat petanya disini :
http://rovicky.wordpress.com/2007/09/17/press-release-iagi-tentang-gempa-bengkulu/
Sekali lagi … waktunya tidak dapat diprediksi … skali lagi waktunya tidak dapat di prediksi.

Walaupun tenaganya secara keseluruhan memang bisa saja sekuat tenaga dengan skala M9, namun tidak selalu keluar menjadi satu gempa besar sekali jeglerr! . Semoga robeknya segment-segmen ini terjadi sedikit demi sedikit (dibawah M6), bekali-kali gempa ya ga papa. Kalau saja mirip dengan gempa Bengkulu-Mentawai tentunya tidak menyebabkan tsunami. Mari berdoa semoga saja gerakannya sepotong-sepotong … amien

Tempat lain yang juga “menunggu kedatangan gempa besar

Kalau anda perhatikan di dunia ini juga ada tempat lain yang “menunggu” gempa besar yaitu di San Fransisco, Ca. Disana diyakini akan ada gempa besar (di daratan Calofornia) pada Patahan San Andreas Fault. Di California ini sedang ditunggu gempa kekuatan besar diatas 8. Hal ini dipikirkan karena disesuaikan dengan periodisasinya. Semestinya sudah akan bergetar dalam tahun-tahun kemarin, etapi toh hingga beberapa tahun berlalu gempa itu juga tidak berlalu. Hal ini masih diteliti dan diamati terus menerus. Jelas preparasi terus dilakukan di California sana.

Dont Panic be alert !

Jadi tidak perlu panik, aku sendiri selalu bilang yang penting waspada. Walaupun saya menuliskan adanya harapan tidak seburuk yang tersirat dalam beberapa media, tetapi jangan lengah ya. Termasuk jangan lengah dengan gempa dangkal di Jawa yang justru lebih berbahaya dalam jumlah menelan korban seperti yang sudah ditulis sebelumnya.

WASPADA IS YOUR EARLY WARNING !!!!

:( ” … mmm . mmm … .. lm lmlm ..”
:D “Ngopo meneh kowe, thole ?”
:( “Aku berdoa Pakdhe. Kalau toh memang harus terjadi gempa, ya semoga saja dilepaskan kecil-kecil saja. Jangan sekali jeglerr. Amien …”

Bacaan terkait :

sumber gambar luar : http://www.hgs.org/en/art/?708

About these ads

154 Tanggapan

  1. […] kok sekenarionya mirip Ramalan CNN dan kemungkinan gempa M 9 di Sumatra ya Pakdhe ?” “Betul thole, penumpukan tenaga bisa saja memicu letusan […]

  2. di jepang masyarakatnya terbiasa dengan gempa, maka desain rumah dibuat kerangka ringan, sosialisasi gempa sejak dini, peringatan dini dll.
    meskipun begitu tetap kedodoran. sedangkan kita? yang sama2 masuk dalam cincin api tindakan preventifnya apa?
    gempa, tsunami, erupsi g.berapi merupakan adalah dampingan kita setiap hari. bisa kapan saja. pada PD I dan PD II, manusia membunuh/terbunuh oleh perangkat mesin/teknologi, mungkin periode th 90an sampai entah, ganti alam yang bertindak ya?

  3. lebih banyak berdoa dan beribadah gan , semoga semua warga indonesia Di Lindungi Allah SWT

  4. mudah2an Indonesia aman, AMIN

  5. [...] mirip seperti dongengan isue gempa skala 9 di Sumatera itu. Paling tidak penjelasan Pak Danny menunjukkan POTENSI sebesar [...]

  6. ayo reeek gawe bungker sing guuuuedhheeee gawe nyelametno umat kita,,, tapi bungkere tahan panas dan dingin,, klu bisa tebalnya bungker mencapi 100cm biar gk leleh kena panas gk dingin kena angin,,,dan luasnya mencapai kota kita masing2,,, yo,,opo ok ta??? tp ojo lali makanan jg disediain!!!! serta bi2t makanan, biar kita gk kelaperan,,,ckckckckc kiamat kiamat,,, huh sungguh serem nama itu,,,,

  7. [...] Ramalan CNN dan kemungkinan gempa M 9 [...]

  8. awas sobat pda th2012 kta akan ada bncana bsar…………….

  9. abah pulang sieun gempa

  10. gempa susulan !!

  11. Allahummaj’alha rohmah, wa laa taj’alha adzaab
    Ya Allah semoga semua kejadian ini adalah rahmat, dan bukan merupakan azab. Amiin.

  12. Gempa yg terjadi akhir2 ini terjadi krn ulahnya manusia juga sih. Coba kalo minyak bumi ngga dieksploitasi dlm jumlah banyak tentunya sgala bentuk pergeseran lempeng bumi ga akan menimbulkan gesekkan yg merusak. Tp krn pelumasnya berkurang yaaa itu dah jadinya….. setiap bumi bergesek akhirnya menimbulkan goncangan yg dahsyaaaaat.Tp kalo pelumasnya cukup sih kayaknya lempengan bumi akan bergeser dgn loncer en ga nimbulin gempa, atau bisa aja terjadi gempa tapi gempanya agak sedikit sopan dan hallluusss gitu.

  13. digoyang bang! mauuu lagi gak?? gw bru tahu klo yang goyang kemaren tu namanya gempa!! baru goyang kayak gto az tu gempa dah tenar padahal gak nyampe sejam dia goyang!! mari berfikir mari berdzikir… menurut perhitungan ilmiah dan juga sejarah alakadarnya memang klo gak salah gempa yang lebih besar lagi akan terjadi menggoyang daratan sumatera dan pulau jawa tapi waktunya gak ada yang tau… hanya saja alur dan magnitudo yang terjadi pada gempa2 besar sebelumnya menunjukan bahwa lempeng2 bumi yang bergerak bukan 7cm lagi pertahun tapi lebih dari itu mereka bergerak lebih aktif dari sebelumnya. dan energi yang terkumulasi dari pertumbukan lempeng2 tersebut menjadi terpusat tetapi patahan dan pergerakannya sangat acak. dhoharulfasaadi fill barri wal bahri bimaa kasabat aidinnaas…..

  14. Ramalan berkaitan dg bencana sangat penting dan disertai ramalan konstruksi bangunan tahan gempa bagaimana,cara bersahabat dengan gempa diajarin dong,cara berpartisipasi meminimalkan dampak gempa diajarin ,tulung di publish,rambu usia jln layang tol,jembatan,

  15. Semua kejadian sudah tertulis di Lauh Mahfud-NYA, yang penting bagi kita bersihkan segala kotoran hati, laksanakan perilaku kehidupan sehari-hari kita sesuai dengan Al-qur’an dan Sunnah Rasululloh SAW. Coba kita perhatikan perilaku orang di jalan raya misalnya, orang sekarang kebanyakan jarang mematuhi rambu-rambu. Sehingga timbul pemikiran apa orang tersebut buta huruf (rasanya nggak mungkin) atau mungkin buta baca (barangkali)atau mungkin karena keangkuhan dan pamer penampilan biar menarik perhatian. Ini sih hanya sekedar contoh kejadian, katanya kita pingin selamat diperjalanan, tapi kenapa demikian yaaaa. Manusia hidup ada batasnya, karena setiap makhluq yang bernyawa akan mati (cara kematianya bermacam-macam penyebabnya). Hidup ini bagaikan sedang mimpi karena kehidupan yang sebenarnya di akhirat kelak.

  16. kalok gempa aku yo wedilah tapi aku tolong yo ojo sampek aku mati lawong aku iki isik akeh doso

  17. ternya ramalan itu ada benarnya. dan 30 september 2009. kemaren di Padang. Padahal tulisan ini dibuat tahun 2007. ih jadi ngeri ya mas…

  18. Makanya jangan banyak bikin makziat, Alloh pasti mengingatan kita dengan alam maka berdoalah dan bertaibatlah umat manusia

  19. Kalau menurut para sesepuh Yg Aman kalimantan.

  20. soal prediksi gempa dengan magnitude 9 bukan hanya dikemukakan baru-baru ini saja. kalau tidak salah, ada beberapa titik yang sudah ditandai dengan zona merah (salah satunya di Mentawai). Akan tetapi, malah terjadi gempa di aceh (2004). Padahal waktu liat peta zonazi gempa di Indonesia, titik gempa di Aceh itu berwarna jingga kemerahan.
    Bukan berarti ga mungkin bakal terjadi gempa yang lebih besar di pesisir Sumatera, karena gempa yang terjadi di pantai padang pada tanggal 30 september kemarin bukan merupakan lokasi yang diprediksi bakal terjadinya gempa M9.

    kalau saya sih…setuju dengan tulisan Mas Rocky yang lain. Kalau cuma membicarakan prediksi gempa, tapi kita samasekali tidak belajar dari musibah yang telah terjadi…Ga ada guna nya juga

  21. gila brooooooooo??????

    gempa nya bikin rmh tetanga GW nyampe roboh????

    law boleh nanya ada gempalagi ngk BMG……..??

  22. subhanallah , banyak”lah berdoaa wahaii manusia. manusia boleh berprediksi tapi tetap Allah lah yang menentukan. Bahkan gempa bisa saja terjadi di tempat yang tidak di prediksi sama sekali. Allahu Akbar .. Allahu Akbar ..

  23. Kemungkinan terjadinya gempa bumi yang lebih dahsyat sudah didepan mata. Untuk itu perlu persiapan apabila hal tsb terjadi. Terutama untuk penduduk DKI Jakarta. Gempa yg lebih besar dari Gempa Jogja dan Gempa Padang kemungkinan besar akan terjadi di selat sunda +/- 9 SR. Bisa dilihat dari data yg ada di BMG bahwa gempa bumi cenderung di daerah selatan kepulauan sumatera, yang ujung2nya bila melewati selat sunda ya ke Ibukota Jakarta. Apabila hal ini terjadi, kemungkinan perekonomian indonesia akan lumpuh. Waspadalah….. 70 % gedung2 bertingkat di DKI Jakarta akan hancur. (Gabungkan antara ramalan dgn data yg ada di BMG)

  24. kita harus waspada dan waspada

  25. Akhirnya isu gempa itu muncul juga setelah 1 tahun dari penyebaran isu. tepat tgl 30 September 2009. GEMPA MENGGUNCANG PADANG & SEKITARNYA PADA 7,6 SR JAM 17.16 WIB.

    GEMPA TERDAHSYAT….BANYAK YG HANCURRRRRRRRRRRRR..

    TURUT BERDUKA CITA BUAT TMAN2KU DI PADANG….

  26. [...] Ramalan CNN dan kemungkinan gempa M 9 [...]

  27. teorinya bener bro.. terbukti setahun kemudian tanggal 30 September 2009 jam 17.15 SR 7.6

  28. do omong opo to???omonganne koq do ra nggenah kabeh…

  29. wah terlalu ilmiah,, otakq ngga nyampe, hehehe…

  30. saya lihat dengan mata kepala sendiri di cikangkareng swaktu memberi bantuan sembako dgn perusahaan saya (PT DJARUM)….kepala anak berumur 1 tahun…hanya kepalanya saja,so..bukan hanya sekedar hati2,tapi MULAI DARI SEKARANG INGAT LAH PENCIPTAMU YANG DIATAS SANA..ALLAH IS ABOVE THE OTHER

  31. ya wis kesuwun pakde atas informasinya ….
    gempa n tsunami… wis siki pada cepet-cepet mbojo…

  32. [...] Ramalan CNN dan kemungkinan gempa M 9 [...]

  33. kita tunggu saja sampek 3 bln kedepan apakah benar2 akan terjadi :D

  34. terus terang, saya dan teman-teman sekarang sibuk menjawab telepon dan masyarakat yang datang secara langsung…huh
    dan juga orang lokal sini sangat mudah percaya dengan yang namanya issue….
    terus terang sebagai operator jadi tambah kerjaan nehh….

  35. Yo Kuwi mau

    Jarene SEMAR

    Sing Eling Lan Waspodho

  36. PREEXX!! Kayak gituan kok dipercaya n ditakuti… Kapan kita mo maju coy…

  37. Pertanda dari Allah, maka sholat dan bertobatlah wahai umat. Jangan membuat kerusakan di Bumi yang sudah tua ini, Gitu lho

  38. AWAL SEPTEMBER AKAN TERJADI GEMPA 9.2 SR DI LAUT CINA SELATAN. TSUNAMI 30 M AKAN MENYAPU PULA INDONESIA TIMUR. GUNUNG MERAPI DI JATENG AKAN MELETUS VERTIKAL SEPERTI TH 1963, AWAN PANAS 30 KM, LAVA PIJAR MENCAPAI LAUT SELATAN. PATAHAN MENTAWAI TERPICU AKTIF, GEMPA SUSULAN 9.1 SR TERJADI TGL 21 SEP 2008. KRAKATAU STATUS SIAGA 1

  39. alam memang sulit diprediksi…

  40. le nulis sinkat wae oke

  41. Ramalan “paranormal” dan ramalan “BMG” perlu biar kita tetap waspada, yang berlaku tetap keinginan Sang Maha Pemilik

  42. bengkulu padang mentawai dan sekitarnya sudah di prediksikan gempa…
    CNN,ahli gempa brazil pun memprediksi. tapi semoga aja tidak terjadi seperti yg mereka prediiksi…
    urang padang disini udah khawatir sekali
    tapi tarimokasih banyak atas info dan ilmunya
    …..aku juga suka ilmu tentang gempa….

  43. hmm,,
    kadang ramalan tuh perlu lo

  44. Jangan terlalu panik masalah gempa, ramalan akan terjadi gempa tanggal, 23 desember 2007, yang penting kita tetap waspada. ….

  45. [...] sebuah kutipan dari posting pak Rovicky yang berjudul Ramalan CNN dan kemungkinan gempa M9. Harapan saya juga sama dengan beliau, apalagi di Sumatera Barat ada banyak sanak saudara [...]

  46. [...] Inikah gempa yang ditunggu-tunggu ? … Inikah gempa yang ditunggu-tunggu ? [...]

  47. setiap cobaan yang diberikan merupakan peringatan.

  48. [...] manusia tak bisa menjelaskan berapa kekuatan gempa yang sering terjadi di dunia ALLAH Subhaanahuu Wataala tak akan [...]

  49. mungkin gak, kalo bencana besar seperti zaman dulu – dulu bakal terjadi?…kalo menurutku sih, mungkin….lihat aja sendiri banyak sekali terjadi penganiayaan…penganiayaan terhadap bumi lihat saja…Karma pasti terjadi. dan keadilan pasti ditegakan….

  50. ingat gempa “model” terakhir d jepang?
    mirip banget ama “goyangan” mobil TOYOTA di jalan b batuan..
    toh,
    akhirnya jepang yang ahli gempa pun takluk juga..

  51. DONT WORRY LAA..
    “iklan gempa 9SR” di CNN kan dibayar ama Spore,Malaysia,Australia n US. ne konspirasi level atas, d bantu ama orang2 indo sendiri.. kalo emang akan ada gempa 9SR, Spore n Malaysia PASTI akan kena juga..
    Tapi, lihatlah..
    Mereka tenang2 aja koq..
    Mereka sigap membantu para orang2 kaya indonesia yang akan “mengungsi” terutama dari daerah TARGET : PAdang. mumpung lbur ramadhan gt loghk..
    bayangin berapa US Dollar yang akan mereka raup dalam sebulan? kalo 10% aja beli apartement d sana, n nyekolahin anak2 mereka dsana? ..
    hi hi hi..
    ingat aja..
    dah berapa kali issue CNN ne cuma boongan??
    yang dulu pernah ngungsi, tanyain..
    dapet apa dari sana?
    toh pada balik lagi ke padang..
    he he he
    KACIAAAN DEEE..

  52. ya…1 qt hrz berhati-hati!nmnya juga ramalan,belum tentu benar,tpm klo melalui sebuah penelitian,It’s OK!Gempa itu bs terjadi dmn saja dan kpn saja!so…, qt hrz selalu berhati-hati,n yg penting menyerahkan hidup qt kpd Tuhan!inget2tin:jgn takut…..!!!!!

  53. Sholat nak, doa sama ALLAH..
    sudah siapkah kita kalo kiamat datang?
    Sudah berapa kali khatam qur’an?
    sudah bayar hutang?
    sudah menikah?

  54. Hmm…

  55. ramalan tu kadang benar tapi banyak salahnya……….jadi kita g usah pusing2 mikirin tu ramalan……………lebih baik pikirin diri ni n keluarga kita

  56. Nah kan…OOT lagi hehehehehe :D

    Oh iya pakdhe, kalo skala 9 Magnitude itu kalo dibaca dalam skala Richter dapetnya angka berapa ya?

  57. Soal musibah itu urusan Allah. Tidak satupun manusia yang tahu, sama dengan nyawa manusia. Kita tidak tahun kapan dan dimana akan meninggal. Kami di Padang yang tidak punya tempat mengungsi, kini hanya bisa pasrah dan berdoa semoga terjauh dari bencana. Untuk revo, saya doakan juga, “semoga anda selamat sampai akhir hayat, aminn.”

  58. dengan mengingatNya dan menghubungkan dengan peringatan – Nya justru akan membuat ilmu pengetahuan semakin lengkap, maju, berkembang dan dinamis dengan alam sekitarnya.
    dengan mengikutkanNya dalam ilmu pengetahuan justru akan membuat ilmu pengetahuan semakin universal sehingga tidak cuma bisa dinikmati oleh orang – orang tertentu melainkan ke semuanya.
    dan sudah berapa banyak ilmu pengetahuan yang terlahir dari kitab suci?…buanyak banget kan…
    eh iya…Dia loh yang membuat kita bisa berfikir,mengetik,makan, tidur,berkarya,mencipta,dll. karena kekuatanNya sehingga kita nih bisa ngasih komentar dan berdebat..dan banyak lagi…masak sih baru ilmu pengetahuan yang kita miliki gak seberapanya dah lupa sama sama yang membuat kita bisa berkarya dan mencipta ilmu pengetahuan.
    eh iya….ilmu manusia gak seberapa loh…masih perlu ilmu – ilmu lain tuk melengkapinya…dan sudah berapakali badan – badan yang mengurusi bencana sering salah prediksi?…banyak loh…paling kalo sudah salah prediksinya baru ingat sama Pencipta…”itu semua terjadi karena kehendakNya, kita hanya bisa berusaha”..tuh lagi – lagi jawaban akhirnya seperti itu…gak malu tuh…Sang Pencipta diikutkan kalo dah salah aja..kalo belum egonya selangit menganggap ilmu pengetahuan yang dimiliki wah…S2, S3 bahkan professor…makanya banyak professor yang sadar bahwa semuanya karena kehendakNya ketika umurnya dah pendek….

    coba aja para ilmuwan menyadari dan mengikutkan Sang Pencipta ke dalam prediksi – prediksi dan ilmu pengetahuan…kejadiannya kan gak akan seperti itu…MenginngatNya dikala kerja dan berkarya..dan MengingatNya dikala dah dapat hasil atau gagal tuh jauh lebih sempurna…ilmu yang didapat pun melebihi dari yang tidak seperti itu…coba aja kalo para ilmuwan sering mengikutkanNya..bakal ada penemuan – penemuan yang baru..dengan mengingatNya kita akan menyadari bahwa bukan cuma kita yang hidup di bumi ini.

    setelah itu,kemungkinan ia akan berfikir tentang kesensitifan binatang terhadap alam semesta khususnya bencana…lalu mungkin ia akan berfikir mencari tahu hubungannya..dan kenapa bisa seperti itu?…mungkin ia akan berfikir lagi tentang energi, getaran, frekuensi bumi yang bisa sinkron sama yang dimiliki oleh binatang…sehingga menimbulkan kesensitifan binatang terhadap alam…mungkin ia akan berfikir juga…untuk membuat alat yang bisa sesensitif tersebut.

    mungkin ia akan berfikir kembali dari kedalaman berapakah pada bumi..sehingga bisa mengeluarkan energi, getaran dan frekuensi yang bisa ditangkap oleh binatang sebegai pemberitahuan binatang bahwa akan ada bencana atau proses alam lainnya…atau jangan – jangan, aura dari bumi bisa terdeteksi oleh binatang..eh iya, bukankah sekarang ada alat untuk bisa mendetekasi aura manusia, sakit, senang, bahagia…lalu ia akan kembali ingat, bahwa apa yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepadaNya..muncul deh pemikiran lagi, mungkin aja bumi juga memiliki aura seperti itu, bintang, pepohonan juga..eh iya..bukankah sama – sama makhluk?…timbul deh teknologi lainnya..yakni deteksi aura bumi…yang bisa memprediksi kira – kira kapan terjadinya bencana bumi…

    dan masih banyak yang lainnya..manakala para ilmuwan mengikutkanNya dalam berkarya,berkreasi dan mencipta…tuh baru sebagian, lebih – lebih jika ia mengamati keadaan alam sebelum terjadinya bencana…lalu mungkin aja ia akan berfikir tentang ilmu Fengsui…kenapa gak dipakai secara luas seperti bumi bukan cuma rumah…dan banyak lainnya..jika saja sebagian ilmuwan tidak sempit dan gak mementingkan egonya..mentang – mentang dah belajar banyak dari Amerika atau negara majua lainnya..nah,mungkin kalo ilmuwan sosial mengamatinya rada berbeda…pengamatan terhadap alam, binatang dan antara manusia…eh iya yah bukankah sekarang ada penelitian telepati..yang sering terjadi pada manusia yang memiliki ikatan batin…seperti kasih sayang…

    mungkin aj,kasih sayang tersebut yang membuat binatang sensitif terhadap alam…lalu ia mengamatilagi,eh iya..bukankah orang yang hobi memelihara binatang,kadangkala timbul perasaan yang lain seperti kasih sayang…bisa tahu hewan piaraanya lagi sakit, lapar,..mau dimanja..seperti cari perhatian..mau buang air besar..memang sih bisa dipandangdari sudut teori perilaku atau behavour..dsb. sama orang yang kita benar – banar sayangi bisa mengerti keadaannya..ehm Tuhanku Engkau memang Maha Berkuasa atas segalanya dan Maha Penyayang…lalu muncul deh ikatan kasih sayang yang bisa memunculkan kesensitifan tersebut….

    binatang sayang terhadap alam semesta begitupun sebaliknya…mereka tidak merusak alam semesta,malah membuat alam semesta semakin riang dan indah lewat benih – benih yang disebarkan oleh binatang. alam semesta pun demikian..mereka sayang banget sama binatang..menyediakan makanan untuk makanan,rela dijadikan tempat tinggal bahkan rela jadi tempat tuk menampung buang airnya..lalu manusia yang menyayangi binatang, rela berbagi tempat dengan para binatang, rela memberikan makanan, mengawasi binatang kesayangannya..rela membersihkan kotoran binatang, begitupun sebaliknya binatang rela berlama – lamaan dengan manusia,meskpun mereka harus siap diri kalo manusia tersebut membunuhnya untuk dijadikan makanan atau siap sedia untuk dijadikan pelampiasan amarah manusia tersebut.

    untunglah ada kasih sayang yang bisa menguhubungkan semua itu dan membuat hidup lebih seimbang diantara semuanya..pertanyaan penting nih..seberapa sih kasih sayang kita terhadap alam semesta?..bukankah kita seperti penjajah..pengeksploitasi, dll?..pantas saja jika kita gak sensitif terhadap alam semesta..eh tapi bukankah ada manusia yang begitu menyayangi alam semesta juga, lalu ia menjadi sensitif terhadap alam……
    eh didengar tuh sama ilmuwan eksak..iya yah..kasih sayang…lalu ia mencoba mengingat – ingat dalam ajaran hindu dan lainnya tentang pentingnya menjaga hubungan dengan semuanya..dalam agama Islam ada hablumminannsa,hablumminalloh, dan satu lagi tambahan yang ada dalam ajaran hindu, atau budha..hubungan baik dengan makluk lainnya…seperti alam semesta beserta isinya..
    wah ilmuwan eksak coba – coba deh meneliti setiap hubungan kasih sayang..bukankah dalam diri kita ada proton, neutron, elektron dan hubungan – hubungan listrik lainnya..dicari deh tentang perumusan kasih sayang…yang menimblukan kesensitifan

    atau jadi agak gila sedikit..mengamati arus listrik atau elektomagnetik pada manusia 1 dengan yang lain..atau getaran – getaran tertentu yang dipancarkan…untuk mengamati hungan ketertarikan dan kasih sayang terhadap sesama…buat alat untuk mendeteksi kasih sayang…eh iya baik untuk meramal jodoh…banyak lagi yang lainnya jika kita mau mengingatNya dan mulai mencoba menerjemahkan setiap kehendakNya dengan akal fikiran dan hati kita….dan selalu menanamkan pada diri sendiri hanya Tuhan yang Maha Benar…manusia gak luput dari kesalahan, mulai deh lapang dada jika teorinya salah…
    eh iya Tuhan Maha Penyayang dan sangat …sangat…sangat..sayang kepada makhlukNYa..makanya Ia mengerti setiap kesusahan dan kesenangan si makluk….

    pertanyaan paling penting nih?..sudahkah kita menyayangi Tuhan kita..sehingga kadangkala kita lupa untuk mencoba menerjemahkan kehendak – kehendakNya..dan mencoba tuk tunduk,patuh dan taat kepadaNya….mencoba mengerti kemurkaanNya,manakala kita dah sombong atau lupa diri gara – gara ilmu pengetahuan yang kita miliki..padahal gak seberapanya….terlalu angkuh, gara – gara memandang bahwa dengan menghubungkanNya seperti peringataNya terhadap kejadian – kejadian alam merupakan usaha menggeser ilmu pengetahuan…padahal itu juga ilmu yang diturunkanNya kepada manusia….
    Kepandaian seseorang bukan diukur dari kemampuannya menjawab dan menyelesaikan persoalan -persoalan yang ada tetapi kepandaian dan kecerdasan seseorang diukur dari tingkat kesadaran atas dirinya sebagai makhluk dan tingkat kesadaran atas siapakah yang menciptakannya…
    tuh pendapatku…Trims….

  59. [...] Ramalan CNN dan kemungkinan gempa M 9 [...]

  60. Gusyo
    Ini kalau ngga salah menggunakan GPS (Global Positioning Sytem)
    caranya ?
    Baca sini : http://rovicky.wordpress.com/2006/07/26/tempat-tempat-yg-perlu-diantisipasi/

  61. ####Dari hasil analisanya orang ahli gempa, di sebelah barat pantai SUmatra memang ada beberapa tempat yang memiliki tingkat tekanan atau stress yang cukup besar####
    Analisanya ini pake apa pade….panasaran

  62. waspada aja deh… ga usah parno tapi tetep mikir jernih. mulai mikir escape route ma supply… maunya sih ga jadi beneran tuh gempa. tapi tetep aja ada kemungkinan kesana. Liat aja, sekarang alam nusantara dah rusak, apalagi manusianya (meski ngga semuanya). renungin aja ndiri… :)
    barangkali jika kita berbuat baik ma alam, alam ga bakal menghukum kita dengan bencana…
    waspadalah…waspadalah…

  63. eh maksudnya buat yang berkomentar jahat itu… ngutukin itu bukan doa..

  64. diatas: stupid insensitive monster !!!

  65. mudah-mudahan Padang dan sekitarnya hancur dan porak-poranda….

    Amin ya Allah….

    Wah kejam benar bapak ini tapi saya yakin beliau kelupaan kata ‘tidak’.

  66. hehehehe…mengamati beberapa komentar di topik yang satu ini pasti ujung-ujungnya pada kata atau kalimat “peringatan dari-Nya”
    Coba deh jangan out of topic, bidang keilmuan jangan digeser ke masalah itu.

  67. duh… komen diatas ngerusak ilmu pengetauan ajahhhh.. baca renungan gempa pak de deh… dan tektonik stuff
    would u please to delete inhuman comments above pak de….?? ngerusak suasana…., serasa jadi baca forum jahat deh…dan kasian orang Padang yang bacanya….
    gempa lagi tadi di New Zealand 7.4.. sekarang aku perhatiin banyak gempa dipasifik sebelah timur…marina islands juga dilanda gempa mulu akhir2 ini… itu gimana dong ceritanya… ??

  68. mudah – mudahan seluruh nusantara ini gempa bumi besar yah, beberapa gunung meletus dan tsunami besar..sekaligus juga seluruh manusia di bumi merasakannya juga yah…biar kita sama – sama merasakan peringatan – peringatan-Nya dan azabNya..kalo kita termasuk yang selamat..sama – sama selalu ingat yuk sama Sang Pencipta yang Maha Pemurah lagi Maha Pengampun.
    Ocre………..
    “Bencana datang karena kita sendiri yang membuatnya….dan banyaknya korban karena kita lengah dari peringatan – peringatanNYa sebelum terjadinya bencana”…..Tuhan Maha Penyayang jadi Ia pasti memberikan tanda – tanda sebelum terjadinya bencana…..

  69. wah doanya saudara revo keliru mungkin karena dia tidak tinggal di padang, mohon dikoreksi doanya. terima kasih.

  70. klo kita melihat pengalaman gempa Aceh dan Jogja, dampak dari gempa ini menyebabkan negara kita kebagian pemotongan hutang negeri kita yang lumayan mengurangi beban pemerintah, serta bantuan kredit luar negeri yang cukup besar(meskipun tidak tau nasibnya sekarang!)
    klo ternyata ramalan CNN kejadian, mungkin utang luar negeri kita bisa dihapuskan sebagai wujud “kasihan” negara pendonor untuk menuju kebangkitan!!! meskipun harus dibayarkan dengan ribuan nyawa tak berdosa!!!(Mau?)
    Apakah ini wujud rasa cinta tuhan kepada negeri ini agar terlepas dari beban hutang negara untuk menuju kemajuan atau kebencian tuhan karena kelakuan rakyat Indonesia yang semakin lupa kepada tuhan agar kembali ingat kepadanya??!! hanya tuhan yang tahu!!!….

  71. jahat,masa ngarapin Padang digoncang gempa.klo Padang hancur”urang awak” mau dikaemanain?

    inikan hanya sebuah
    RAMALAN
    Blum tentu bnar….
    Be patient
    bencana datang saat kita lengah…,,,!

  72. patahan opak bergerak karena adanya peningkatan dapur magma gunung merapi…nah yang perlu diwaspadai pahan yang ada di jawa timur terutama dekat kediri.mungkin ada patahan lain yang belum terdeteksi

  73. gempa itu kejadian yang wajar tetapi yang jadi pertanyaan kenapa intensitas dan kekuatanyaa semakin besar dan sering terjadi dari tahun ketahun??apa kah ada pengaruh dengan exsploitasi manusia terhadap isi bumi???

  74. mudah-mudahan Padang dan sekitarnya hancur dan porak-poranda….

    Amin ya Allah….

  75. Ada beberapa patahan di sebelah selatan Pulau Jawa ini, Patahan Cimandiri memang mungkin saja aktif seperti juga Patahan Grindulu di Pacitan dan yg sudah terbukti Patahan Opak di Jogja yg aktif tahun lalu itu.
    Namun kalau menurut saya, kalau Patahan Cimandiri bergerak dalam waktu dekat, mungkin bergetarnya bukan akibat langsung dari gempa Bengkulu, tetapi mungkin mekanisme pemicunya yang terpisah.

    Saya juga belum tahu apakah ada penelitian khusus melihat keaktifan patahan Cimandiri ini.

  76. Pak dhe,

    Mau nanya nih, saya tinggal di sukabumi, dan kantor di Palabuhanratu setau saya, teluk palabuhanratu itu satu garis dengan jalur gempa pesisir barat sumatra yang memanjang sampai bali sebagai bagian pertemuan plate indoaustralia dan eurasia, terus di sana juga ada patahan cimandiri, nah sejauh mana gempa-gempa bengkulu dan sumbar akan memicu gempa di bagian sukabumi, supaya kita lebih waspada dan alert, dan lebih banyak berdoa…

  77. Mudah – mudahan ramalannya terjadi…Amin…dan mudah – mudahan bukan cuma di Indonesia. tetapi ke seluruh bumi…dan mudah – mudahan ramalannya lebih dari itu..gunung – gunung banyak yang meletus…asik….
    soalnya baik untuk alam semesta beserta isinya dan juga baik untuk kita (yang selamat dan yang gak selamat)….
    Mari kita sama – sama berdoa…supaya bencananya lebih dari yang diramalin.
    AMIN…………..A……..MI…….N

  78. ne uci di padang….
    mang udah bener ya pak de klo dipadang bakal ada gempa 9 SR???
    klo emang padang bakalan hancur dunkZZ…
    ada yg bilang klo makin banyak gempa susulan nya,maka makin berkurang kekuatan gempa 9 SR itu,,,,,
    iy y?
    gimana neh pak de???

  79. Dear, mas Roviky,..
    Analisa manusia penuh dengan keterbatasan-2 dan barangkali emang kita bisanya membuat iktiar gimana agar penyikapan thd issue tsb proporsional.
    Kami di Padang,..emang beragam juga dlm penyikapan walau begitu insya Allah kita trs memberikan pencerahan bahwa siap siaga itu perlu but don’t panic because Allah still with us and He will embrace us with,..
    By the way,…thanks so much,..and peace.

  80. hmmm…kayake banyak dokter mesti siap turun ke lapangan kalau gempa deh??
    ada system early warning yg efektif g siy?

  81. Bencana gempa itu tidak mengenal baik dan buruk, dia mirip dengan hujan yang dimana sja dia mau ya dia akan turun. Manusialah yang memberikan nilai bahwa hujan itu baik, matahari itu pahlawan. Longsoran itu jahat dsb.
    Alam pada dasarnya “netral” tidak ada kejadian alam yang jahat, yang jahat itu manusia yang memanfaatkan untuk kepentingannya pribadi dan mencelakakan orang lain.

  82. dan kenapa bencana selalu terjadi dikota yang penduduknya nggak salah apa-apa….??
    kenapa ngga diJakarta yang segala dosa ada…
    kenapa nggak diamerika tempat om Bush bobok dengan tenang….

  83. Ini semua adalah pesan buat manusia….
    karena manusia bersifat angkuh….
    angkuh kepada alam…
    angkuh kepada sesamanya…
    dan angkuh kepada Sang Pencipta…
    maka…
    HAyati dan pahami semua bencana yang diberikan oleh Allah SWT……

  84. bumi lebih tua umurnya dari manusia maka hormatilah…..

  85. Thanks, sangat bermanfaat.. :)

  86. @ LADOFA DOREDO : jangan becanda donk …

  87. yang bener, jangan ngagetin orang aja dong…………?

  88. Beruntun, seperti merobek kertas. Dari Aceh ke Padang dan dari Lampung ke Padang.

  89. segala bentuk bencana didunia ini selalu dapat dijelaskan dengan ilmu pengetahuan (diluar konteks “taqdir”)kenapa demikian?krn ALLah SWT menciptakan manusia dgn akal pikiran yg paling sempurna…maka kata ALLah SWT “pikirkanlah apa dan bgmn ‘itu’ bisa terjadi dimuka bumi ini?”..”PIKIRKANLAH!!!!!!”

  90. pusiiiing. Mudah-mudahan ramalannya meleset.

  91. Lam kenal dari wong jogja pak Rovicky. Mo minta ijin nyebarin blog sampeyan lewat email, milis, FS, situs, dll yah..(kalau bisa dimuat y sekalian lewat surat pembaca di koran :)). Lha berguna banget je buat info-info yang ringan tapi berbobot :). tq

  92. BIALAH GAMPO LAH SURANG, NDAH MASALAH DEK DEN DO !!!!!

  93. ehm…
    wah indonesia mulai banyak gempa, kudu banyak “instropeksi” semestinya

  94. Pak, jika ini terjadi gempa 9 SR, bagaimana dengan anak Krakatau, apakah berpeluang besar meletus hebat seperti ibunya tahun 1883 ?

    Dilihat dari Merapi yang batuk-batuk karena gempa Yogyakarta dan gunung Talang di Sumbar yang gempa hampir 400 kali.

  95. BUAT SAUDARA BUDI
    APA SALAH KITA SEBAGAI ORANG INDONESIA IKUT MERHATIIN NEGARA KITA????? EMNG NYA HANYA PREAIDEN Z YNG BOLEH….

  96. Pemerintah mungkin sudah lupa bahwa ada bencana yang menimpa ribuan orang selama bertahun-tahun di daerah Jawa Barat yang sampai kini belum mendapat bantuan.

    Dengan sering terjadinya bencana di Indonesia ini mungkin Tuhan mengingatkan Pemerintah bahwa bencana yang diderita oleh ribuan orang tersebut sampai kini belum mendapat bantuan yang harus segara ditangani dan diselesaikan.

    Sudah bertahun-tahun mantan lima ribu karyawan PTDI ditambah dengan sanak-keluarganya menderita memikirkan ekonomi yang morat-marit dan haknya yang tidak kunjung selesai. Sudah banyak waktu, tenaga, pikiran, perasaan telah terbuang percuma. Sudah banyak utang berjibun. Suatu penderitaan yang tiada habis-habisnya selama bertahun-tahun yang diderita oleh warga negara Indonesia ini.

    Semoga Pemerintah cepat membantu mereka.

  97. Kalo mao dateng ya ditunggu saja… gitu aja kok repot *

    *salah satu tokoh republik mimpi

  98. [...] kemungkinan menimbulkan tsunami seperti di Aceh dan pesisir laut selatan jawa beberapa waktu lalu. Secara ilmiah memang negeri yang sedang kita duduki ini merupakan negeri yang rawan akan musibah bencana alam [...]

  99. bencana dan gempa adalah misteri alam yang harus dikaji oleh manusia…dan kemampuan manusia memang ada batasannya. Ketika keterbatasan itu mencapai klimaks, maka tak seidikit yang putus asa…hal ini disebabkan adanya sektrol paradigma berpikir manusia yang cenderung terkooptasi oleh relasi sesama manusia (hablum minnas) dan menegasikan relasi vertikal (hablum minnallah.

    Kalo ebit pernah berlirik:
    “mungkin Tuhan mulai marah melihat sikap kita…dst” mungkin harus direnungkan juga…

    atau Opick mungkin….?
    dalam lagu nya:
    “setiap mata,kaki, tangan akan jadi saksi..
    tiada dusta diri yang terhakimi….nanti…! dst

    bencana seharusnya menjadi kita lebih waspada, mawas diri, respek dan bersikap lebih bijak…

    akan tetapi apa yang terjadi saat, pemerintah kita seolah-olah tidak pernah mereflekasikan dan mengambil hikmah atas bencana yang meklanda negeri ini, penangangan bencana di sumatra (bengkulu dkk) toh menjadi bukti respon pemerintah…apalgi saat ini pemerintah sudah menerbitkan UU No 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.. yang diributkan dalam UU tersebut malah persoalan tupoksi bakornas… yang ga mau diganti posisinya… Yusuf Kalla gitu lho.. ketua bakornas mana mau dia digeser posisinya.

    Kembali ke gempa 9,…
    apapun itu infiormasinya yang dapat dipertanggungjawabkan, maka harus segera disharekan ke publik dengan tujuan
    pertama, masyarakat lebih waspada (antsipatif)
    kedua, kegelisahan sebagai akibta dari informasi tersebut, secara tidak langsung akan menghantarkan kita pada satu proses perenungan diri akan hakekat hidup..
    makasih…

  100. Gempa 9 SR sih bukan hoax tetapi kalau aku berbicara probabilitas, maka probabilitas dalam waktu dekat adalah kecil, walaupun bukan berarti tidak ada kemungkinan looh.

    Tetapi kalau saya lihat historical yang baru saja terjadi adalah pelepasan yang sepotong-sepotong, bukan sekaligus jegler seperti Acheh. Jadi gempa 9 is unlikely. TETAAAAPIII … gempa skala 7 saja sudah mampu membentuk tsunami !!! Ingat Tsunami Pangandaran !

  101. pertanyaan org awam nih pakdhe.
    jadi isu gempa 9 SR itu hoax ya?
    ko sekelas CNN berani ya?

    -maturnuwun-

  102. Jangan terlalu parno nanggepin pemberitaan seperti ini. Sebenernya ada cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi jika bencana itu terjadi, yaitu melakukan mitigasi bencana alam yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah.

    Kita sebagai manusia yang lemah terkadang tak berdaya atas kuasa Ilahi. Semoga saja bencana tersebut tidak terjadi pada kita dan apabila terjadi semoga kita mendapatkan keselamatan dan perlindungan dari-Nya, Amiienn yaa Rabb

  103. yah kita doain aja yah gempanya sepotong sepotong…jangan jegler!! sampe, orang Padang aja waktu ditanyain gempa M5.5 ditanya: kuat nggak ? jawabnya: Lumayan….sperti biasa..
    Lalu lapisan yang stress itu,harus dikasih hiburan tuh…jangan stress mulu…. relax sekali-kali, kita disini nih yg stress…

  104. mengerikan….

  105. ada yang bilang..
    denger-denger sih..
    amrik latian perang sama spore.
    pake nuklir..
    bukan gempa..
    tapi gatau deh..

  106. Hai pak Rov, apa kabar? kalau 9 SR bisa rontok semua kita ya … serem banget. btw, saya jadi mikir kok sekarang banyak banget gempa kenapa ya pak? jadi inget tentang falsafah goro-goro -nya orang jawa itu lho pak … 3 bulan lalu baru diceritain pakde saya :)

  107. Wahai para manusia yg dapat berpikir…!

    apa yg menutupi mata kalian shingga kalian melupakan Robb kalian pdahal diatas BumiNyalah kalian berpijak dan Dibwah langitNyalah kalian benrnaung serta azabnyalah yg sedang berlaku atas negri kalian??

    bukankah segala fenomena, baik dilangit maupn dibum ini tdak akan terjadi dgn tanpa se-izinNya?

    Dan bahwa Dia tdk akan menurunkan siksaNya dari bumi kpada Kaum yg takut kpadaNya?

    Dan bukankah Dia sharusnya yg mjdi Raja di Planet ini, sdang Dialah Raja Alam Semesta?

    Dan bukankah Dia yg telah menurunkan RasulNya bersama Petunjuk dan Din-Nya yg Haq, untuk dijadikanNya manusia sebagai KhalifahNya dimuka Bumi ini, dan dilansungkannya KekuasaanNya dsana?

    Namun, siapakah yg berkuasa di negrimu saat ini?

    Allah-kah? shingga bumi pun berguncang dibawah kakimu?

    Relakah bumi Tuhanmu ini kau atur dan kau duduki sedang kau melempar petunjuk Tuhanmu ke belakang?

    Seharusnya inilah yg kalian renungi…

    apalagi Nabi kalian pernah berkata pada kalian bhwa diantara tanda2 telah dekatnya masa berbangkit, adalh seringnya bumi berguncang di bwah kaki kalian…

    Drimana dia tahu kalau bukan dari yg Maha Mengetahui?

  108. PADANG AKAN SUNAMI PADA TANGGAL 28 SPETEMBER 2007, HATI HATILAH DAN JANGAN LUPA SIAPKAN PELAMPUNG.

  109. @atas
    bener-bener suka berteori konspirasi negh orang…

    @rovicky
    makasi ya pakdhe atas peringatannya. kalo misalna diliad dari pergerekan lempengnya itu sendiri apa ga bisa diperkirakan waktu gempanya? ato pergerekannya emang ga stabil ya?

  110. CNN ngasih warn juga nggak ya buat warga San Fransisco? Kenapa perhatian banget ma warga Indonesia, jangan-jangan ada kepentingan nih ;;)

  111. Mungkin ada benernya CCN seperti kita ketahui yang namanya gempa di negeri kita tak kunjung selesai mulai dari yng terkecil hingga sampai yang tsunami dah banyak korban ratusan nyawa melayang jutaan milyar harta ludes,mungkin tuhan dah bosan atau malah sayang ma bangsa indonesia….???

  112. [...] you crosscheck with a geologist point of view, in this case I refer to Rovicky (Indonesian blogger), I conclude that the prediction is not totally true because he said the earthquake could also [...]

  113. ada link ke berita CNN?

  114. om rovicky, salam kenal y,,
    bagus bgt blog ny,,, bnyk ilmu2 baru yg saya dpt,, izin copy dongengny k forum kampus y,,,
    btw, sy skrng mhs geologi tingkt 3,,

  115. trima kasih atas ilmunya…

    ngelink ya…

    salam

  116. om, wah aku ngeri juga aku pas neng dhuwur mentawai je om, ya mari sama berdoa kepada tuhan dan tetap siaga dan waspada terhadap bencana yang setiap saat terjadi. thanks

  117. Terus terang saya prihatin dengan apa yang terjadi terhadap para eks trainee,….

    Memang benar dalam perjanjian kontrak selama masa trainee pegawai ybs masih sangat mungkin untuk tidak lolos, n tp klo hanya 28% yang lolos itu sangat2 harus dipertanyakan….
    1. Apakah perencanaan SDM di BRI yang kurang matang sehingga analisa kebutuhan pegawai tidak sebagaimana yang seharusnya.??
    2. Apakah hal tersebut diakibatkan proses reorganisasi didalam BRI sendiri sehingga berdampak pada perubahan manajemen SDM (dhi cthnya lbh cenderung ke tenaga outsource) sehingga yg menjadi korban adalah peg. trainee??
    3. Apakah mungkin terjadi KKN dimana para traineer yang sudah menjalani trainee akhirnya diganti oleh pegawai titipan.??
    4. Ataukah emang hanya 28% itu yang memiliki kualifikasi dan kompetensi untuk menjadi pegawai BRI (terus terang untuk yang ini saya sangat tidak yakin)???

    Saya kebetulan bekerja disalah satu bank bumn juga saingan BRI, masalah SDM pasti banyak terjadi di semua perusahaan entah itu ketidak puasan, ketidak adilan atau apapun itu dan begitu juga yang terjadi ditempat saya bekerja. Tetapi setelah saya baca apa yang terjadi pada para rekan2 eks trainee BRI saya merasa bersyukur betapa bahwa tempat saya bekerja memperlakukan para traineer jauh lebih baik. Pengalaman saya disini faktor ketidaklulusan para trainer <10% (bisa dikatakan klo dah mengikuti OJT hampir pasti lulus) disamping itu justru ketidak lulusan lebih banyak pada sesi classical (didalam kelas dhi: nilai dibawah standar).

    Masalah reorganisasi juga sempat menjadi bahan perbincangan dikalangan traineer pada saat saya sedang menjalani trainee, dimana pada saat itu ada salah satu unit kerja ditempat saya bekerja yang akan dihapuskan dan tentunya hal ini akan berdampak pada para traineer yang sedang trainee diarea kerja tersebut namun sebagai bentuk pertanggung jawaban manajemen maka seluruh trainee yang sedang menjalani trainee dibagian tersebut dialihkan untuk menjadi staf pada area kerja yang lain dengan kualifikasi “semua lulus”……..

    Well, Met berjuang…….

  118. yang pada suka rekontruksi kapan nanam pohonya di tebang terus bambunya, kelapa, sengonya kok, malah kayak manusia purba bisa pakai ngrusak ngak bisa nanam pohon, kolot, katrok……1000x

  119. walah nglantur asal ingat amerika perlu tau kalau dia punya patahan bumi sanandreas, gempa tiap hari gempa mas sama nadi kalian semua….otomu tulangmu kenapa pada heboh dengan bumi ini yng lebih makrooo

  120. pak dhe, saya di Sumbar, penduduk disini semua merasa was-was tentang kemungkinan gempa yang lebih besar termasuk tsunami. bagaimana potensi khusunya kota padang terhadap gempa dan tsnami. mohon informasinya….supaya kami tidak was-was terus…………matur nuwun

  121. wih mantap tenan ini blog-nya…
    om rovicky,salam kenal ya..tiap kali ada brita ttg gempa aku jg tergerak utk lgsg buka blognya om rovicky…support terus ! ;)

  122. asyik nih bicara soal gempa. Ngeri-ngeri sedap. Ngeri karena kalau si gempa beraksi, sering berakibat fatal bagi manusia. Sedapnya karena mumpung belum jadi korban gempa, kita masih sempat ngutak-ngatik segala jenis ilmu, sampai ngelmu pun oke, untuk mencoba mengerti sifat dan tabiat si gempa…

  123. @Cecep : Kalau saya dari email saudara yang tinggal di USA.

  124. memang fenomena alam ini gak dapat dipungkiri. tinggal bagaimana kita manusia secara manusiawi memikirkan apa yang harus dan akan kita lakukan…
    so siap kan diri. mau benar ato gak yang penting kita sudah siap. satu yang perlu diambil jadi pelajaran bahwa kita tinggal di daerah rawan bencana…

  125. Saya tau beritanya itu malah dari pesan lewat YM, tiba2 ada yg nyelonong pake ID bmg_indonesia kasih link berita tersebut (emang sekarang bmg sering ceting yak) HueHueHueHue :D

  126. Usul donk pak, bagaimana kasih comment/kirim surat ke CNN :)

  127. Thanks atas pencerahannya.

  128. CNN? gempa yg diramalkan itu yg natural atau yg “sintetis” ya pak? (semoga bpk paham maksud saya) :mrgreen:

  129. Trimakasih Pak atas tulisanya, sangat bermanfaat bagi orang awam seperti saya.

  130. [...] Ramalan CNN dan kemungkinan gempa M 9 [...]

  131. Aku wedhi yen lindune gede banget….

  132. Upami maca masalah gempa sok janten sararieun….

  133. Dear PakDhe,

    Yang namanya alam ternyata juga menuju ke arah “keseimbangan” ya…saat tumbukan lempeng, di beberapa tempat akan menyimpan energi potensial, bila sudah saat nya nanti, akan ada pelepasan energi potensial tadi, ‘leres mekaten to PakDhe’…???

    Oh ya, pernah ada gak ya, usaha untuk ‘memanfaatkan’ energi potensial yang terlepas (dalam hal ini gempa) tadi Dhe…, dan kira-kira bisa gak ya…

    Regards
    Sigit

  134. saya mu nanya nih pak, kalo pelentingan ini berlaku juga gak pak di daerah yang collision?

  135. Alam Indonesia sekarang lagi proses recovery.
    Semuanya ciptaan Tuhan, semuanya harus dihargai selayaknya, alam punya kekuatan luar biasa yang tidak terbayangkan oleh imajinasi manusia. Apakah Tuhan cuma memikirkan kita? Apakah Tuhan tidak memikirkan anak cucu kita yang nantinya akan menghuni bumi kita ini? Maka, alam harus beregenerasi untuk menciptakan kondisi layak tinggal bagi mereka…

  136. waaah…enak sekali tulisan pak rovicky ini.,,mudah dipahami..terimakasih pak atas penjelasannya..

  137. sat gempa dan tsunami di aceh saya terus berlari tanpa arah manusia pada sibuk dan panik seperti yang diceritakan dalam surat alqariah, mudah-mudahan ramalan CNN bisa membuat kita lebih waspada dan terus memanjatkan do’a kepada Allah agar dijauhkan dari musibah

  138. Matur Nuwun Pak, atas informasi ini meski masih fivty-fivty namun setidaknya bisa jadi pangayem-ayem

  139. Waduh, jadi ngeri….di Jawa saja ada gempa…meski hanya beberapa detik… :(

  140. [...] Pembahasan yg masuk akal dari berita ini bisa ditemukan di blognya Pak Rovicky ini. [...]

  141. Mas Bumisegoro
    Dahulu memang ada yang menggunakan historis dengan periodisasi sebagai metode peramalan. Itulah sebabnya ada yag bilang gempa tahunan, gempa sertaus tahunan dsb. Sayangnya gempa itu tercatat rapi baru sejak tahun 1960, lengkap dengan posisi, kedalaman serta kekuatan (akibat). Dahulu hanya tanggal dan kekuatannya saja.
    Hanya saja saat ini sudah dengan pengukuran melihat gejala-gejalanya.

    Sama seperti peramalan cuaca dengan melihat arah angin, uap air, dan suhu untuk melihat apakah akan hujan ataukah akan turun salju dsb. Walaupun tentunya secara general akan mengikuti musim, tapi skarang musimpun sudah ngga cocok lagi karena pemanasan global ya … :(

  142. Salam..
    Kadang kita terlalu mendewakan ilmu, dan tidak ingat siapa yang memberikan ilmu. Bijaklah dalam menanggapi sesuatu peristiwa alam. Mari kita saling bertanya pada hati nurani kita masing-masing.. Akankah gempa terjadi di hati kita????

  143. smoga ga ada korban jiwa dan minimnya korban harta (amin)

  144. dari frekuensi kejadian sebelumnya (historis), apakah gempa bisa dibuat forecastnya? barangkali ada pola-nya. asal banget yach? awam banget niyyy

  145. 50-50 itu emang artinya “ngga tahu kecenderungannya” …. dan saya karena ngga tahu ya bilang aja fifty-fifty :P

    Kalau bisa dilihat historisnya bisa saja dikalibrasi. Nanti dibandingkan berapa kali sekaligus, berapa kali yang sepotong2.

  146. Namun harus diingat bahwa tidak harus seluruh gempa ini akan terlepaskan tekanan atau stressnya dalam satu kali saja. Bisa saja beberapa kali yang lebih kecil juga.

    Apakah berarti kemungkinan untuk terlepaskan sekali bareng-bareng atau terlepas beberapa kali itu fifty-fifty nggih pak?

    Nuwun :mrgreen:

  147. semoga para pimpinan daerah mbaca tulisan pak dhe, biar stay alert n nyusun planing “tanggap gempa”. ga’ ka’ sekarang… sghhh

  148. yang penting harus waspada, orang CNN cuma reka-reka aa,, ya iyalah wong keadaan bumi [lempeng] belum stabil, gampang ngomong bakal ada gempa lagi.

  149. hm… takut pakde, jadi inget waktu ngalamin gempa di jogja taun lalu….

  150. Sorry mas Dion, ini nulisnya sambil ngantuk2. Aku re-write yah :P

  151. aku percoyo nek nek sesuk mbuh kapan dinone bakal ono bebendu…iki pertondo nek saiki wis wancine eling..eling marang sing gawe urip..sak bejo bejaning uwong yoiku sing eling lan waspodo…

  152. gak ngerti dah, puyeng bacanya *OOT mode on*

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.208 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: