Perbandingan Gempa Padang, Bengkulu, dan Jogja


earthquake.jpgMembandingkan tiga gempa yang menelan korban manusia ini mungkin dapat memberikan pembelajaran tersendiri. Ketiga gempa ini terjadi dalam waktu yang tidak cukup jauh jedanya, hampir semuamasih dalam ingatan kita.

  • Gempa Jogja (M6.3) Sabtu, Mei 27, 2006 jam 5:53:58 pagi
  • Gempa Padang (M6,4) Selasa, Maret 6, 2007 jam 10:49:39 pagi
  • Gempa Bengkulu (M8.4) Rabo, September 12, 2007 at 06:10:26 sore

Sebenarnya ada juga gempa yang menelan korban di Selatan Jawa (Pangandaran) tetapi itu karena tsunami bukan akibat getarannya. Nah, kali ini kita lihat saja bagaimana getaran-getaran gempa itu berperilaku.

:( “Maksudte perilaku gempa itu apa ada gempa yang nakal gitu ya, pakdhe ?”
:D “Ya koyo kowe, nyekithis ngono kuwi. :P Yang lebih penting lagi adalah mengenali bagaimana gempa itu dapat mempengaruhi bangunan yang kita tempati thole”

Peta-peta gempa ini kalau dijejer-jejer akan mudah diketahui bagaimana penyebarannya, dan bagaimana polah tingkahnya.

padang-bengkulu-jogja.jpg

Gambar di atas ini memperlihatkan peta-peta yang membandingkan bagaimana getaran-getaran gempa ini menyebar di daratan. Gempa Bengkulu sebenarnya menyebar tetapi karena ini menggambarkan daratan maka getaran di pusat gempa (episenter) tidak digambarkan. Terlihat gempa Padang dan gempa Bengkulu memiliki kedalaman 30 Km. Sedangkan gempa Jogja hanya pada kedalaman 17.1 Km, sangat dangkal sekali. Energi gempa di Jogja ini terlihat terpusat. Lihat skala pembanding masing-masing peta ini tidaklah sama. Sehingga sangat terlihat bahwa getaran gempa jogja sangat terpusat pada tempat yang sangat sempit. Hal ini juga merupakan hal yang unik bagi ahli gempa seperti kata Pak Irwan yang menunjukkan bahwa lamanya gempa jogja yang hanya M6.3 ini dapat terekam hingga hampir 1 menit goyangannya, padahal biasanya gempa sebesar itu hanya terasa selama 20-30 detik saja.

figure-irwan.jpgPenjelasan mengapa gempa Jogja yang bergetar cukup lama ini memang karena adanya bounced wave, atau pantulan getaran-getaran gempa seperti yang digambarkan disebelah ini. Hal inipula yang dapat dipakai untuk menjelaskan mengapa penyebaran getaran gempa Jogja tidak menyebar ke seluruh penjuru dibandingkan dengan gempa Bengkulu dibawah ini.

padang-bengkulu-jogja-2.jpg

Getaran gempa Bengkulu menyebar jauuuh sekali, bahkan dilaporkan terasa hingga berjarak kira-kira 1000 Km (lihat gambar diatas). Sedangkan gempa Padang menyebar relatif lebih ke utara (Timur Laut). Penjalaran gelombang pada batuan keras juga terlihat pada gempa-gempa ini. Gempa bengkulu yang pusat hiposenternya pada kedalaman 30 Km (tentunya pada batuan yang sangat keras/Basement) sehingga relatif menyebar sangat jauh, karena kekuatannya juga yang sangat besar (M8.4). Gempa Jogja menyebar ke arah timur karena batuan kerasnya berada di sebelah timur dari pusat gempa. Sedangkan ke arah barat gelombang gelmpa Jogja terpantul-pantul hingga menyebabkan kerusakan hebat.

Korban pada gempa Jogja tercatat paling besar dengan jumlah lebih dari 5000 orang yang meninggal. Hal ini memang karena lokasinya pada tempat yang padat penduduknya. Lihat lingkaran-lingkaran itu menunjukkan banyaknya populasi di lokasi itu. Selain itu bangunan-bangunan di Jogja dan sekitarnya sudah banyak yang menggunakan konstruksi batu dibandingkan rumah-rumah di Bengkulu maupun di Padang. Konstruksi bangunan kayu memang lebih rentan terhadap gempa. Namun ciri bangunan moderen saat ni justru lebih banyak yang terusun oleh bahan bangunan yang keras (batu bata). Jadi seperti pepatah yang ditulis sebelumnya bahwa gempa itu tidak membunuh manusia, tapi bangunan yang buruklah yang melakukannya. Earthquake did not kill people, the bad building did it

Apakah sebaiknya membangun dengan bahan kayu ?

Pertanyaan ini tidaklah mudah dijawab. Bangunan kayu tentusaja saat ini menjadi mahal. Apalagi banyak ahli lingkungan yang akan menentang penebangan pohon-pohon yang menjadi pembersih uadara dan paru-paru dunia. Pembangunan bangunan konstruksi batu dengan penguatan tahan gempalah yang harus disosialisasikan di daerah rawan gempa ini.

:( “Trus nopo sing harus yang dipelajari, Pakdhe ?”

Jadi dari sini diambil beberapa pelajaran mengenai efek-efek gempa terhadap kehidupan manusia. Salah satunya bahwa gempa-gempa di Jawa yang disebabkan oleh patahan-patahan dangkal akan lebih mengkhawatirkan katimbang gempa-gempa di Sumatra. Patahan-patahan yang berbahaya di Jawa yang aktif ini banyak tertutup oleh endapan muda, atau berimpitan dengan endapan muda yang berpotensi untuk memantul atau amplifikasi getaran gempa. Amplifikasi ini sangat berbahaya dan mungkin akan sangat bersifat merusak.

Penelitian patahan-patahan di Jawa tentunya sangat penting untuk dilakukan untuk mengetahui “kematangan” -nya. Sehingga antisipasi kemungkinan “bangun“-nya potensi-potensi gempa ini dapat diketahui dengan lebih pasti. Namun bukan berarti bahwa meneliti patahan-patahan lain tidak diperlukan tentusaja.

Skali lagi salam Waspada.

About these ads

51 Tanggapan

  1. Reblogged this on Just Medicine and commented:
    Tambahkan pemikiran Anda di sini… (opsional)

  2. apa bedanya patahan sumatra dan jawa sehingga getaran gempanya menyebar dan terpusat,,, pengaruh sedimentasi di patahan jawa itu bagaimana pakdhe???? penyebaran dan mpemusatan getaran seismik itu apa ada hubungan dengan elastisitas suatu lempeng patahan???

  3. admine cah geologi UGM,….. hehehhheheheehehe
    bosone jowo,, materinya jogja,, luar negri bang sekali2

  4. [...] Efek bulan terhadap pasang-surut, gempa dan gunung api [...]

  5. pakdhe,terima kasih buat info2 seputar gempanya,sangat membantu saya untuk mengetahui daerah2 mana saja yang sangat rawan oleh gempa.
    o ya pakde ada penjelasan secara empiris tidak kalo gempa2 yang terjadi di daerah sumatera,akan membuat aktif kembali pegunungan sepanjang pulau sumatera yaitu bukit barisan.
    Yang saya ketahui bahwa bukit barisan merupakan rangkaian jalur pegunungan aktif ( benar ato tidak ya pak de?)
    terima kasih sebelumnya….

  6. haduwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww..
    pa lg cobaan bwt bangsa kita yachhh
    semoga ni semua ad hikmah

  7. Kita harus mendoakan korban gempa di-SUMBAR PADANG,coba kita bayangkan jika kita yang terkena gempa,bagaimana perasaan kita kalau salah satu keluarga kita meninggal maka itulah kita harus bersyukur karena kita tidak termasuk korban gempa dan marilah kita doakan mereka yang terkena gempa

  8. dop sadaro le

  9. tulisan pa dhe sngat bermanfaat bagi kita2 yang awam tentang gempa

  10. Tulisan Pakdhe tentang Jawa terangkat ada disini.

    http://rovicky.wordpress.com/2006/09/23/pantai-selatan-jawa-didongkrak/

  11. hellloow…
    eeh, keren banget dehh informasi – informasi nya ! tapi , katanya gempa di padang ini adalah gmpa yang pg pertama kali ada di dunia , alx biasanya gempa itu menggeser lempengan bumi , tapi menurut pengmat gempa di CNN , katanya gempa padang ini bukan menggeser , tapi mengangkat lempengan bumi , ntu bener ka ?

  12. Pakde rovicky… kalo kena gempa M10, ambrolnya segimana ya? pernah ada kejadian tsb. Nilai maksimumnya sampai seberapa? M10? M12? M13?

  13. ……semua fenomena ini adalah refleksi buat kita untuk inget sama Tuhan jangan sampe kita lupa bahwa DIA Maha ADA dan selalu mengawasi kita smua. itu hikmah buat pribadi ane.trims

  14. aku juga ikut ber bela sungkawa atas penderitaan sasudaraku- sebangsa dan setanah air semoga alloh menerima amal dan ibadahnya bagi yang lebih dahulu meng hadap amin

  15. Tulisan yg sangat bagus..
    Yang memberi tambahan pengetahuan kepada kita tentang gempa..
    Setelah gempa yang terjadi di padang 30 september 2009 kemaren, apakah masih berpotensi pulau sumatera terkena gempa??
    Dan kalau msh brpotensi, di daerah mana perkiraannya? Agar kami yg berada di daerah pesisir sumatera bisa selalu waspada..
    Terimakasih…

  16. pertama-tama turut berduka bagimu andalas.dan untuk bangsaku mari bersatu,kita satu bangsa saling berbagi duka untuk satu nusa,buat pemerintahku.sudah banyak bencana yg kita alami,tolong untuk penanggulangan bencana seperti ini tanggap daruratnya lebih cepat,karena mungkin bisa lebih banyak yg mungkin bisa tertolong,bila melihat berita di tv kekurangan alat berat untuk evakuasi menimbulkan lebih banyak lg korban.Kita punya banyak team sar disetiap propinsi,mungkin lebih baik ditraining untuk lebih ahli menangani reruntuhan bangunan agar korban bisa diminimalisir.kami rakyat mu pasti mendukung slalu.Hidup indonesia ku,Mari bangkit negaraku….salam

  17. negara kita mempunyai lempengan yang aktif.,.,
    gunung yang aktif,.,.,
    dan topografi yang tak merata.,.,
    yang bisa membuat bencana.,.,

    tapi Qt indonesia.,.,,
    keindahan negara Qt,.,.,
    adalah karunia.,.,.

    bencana alam bukan halangan untuk mengagumi.,.
    tapi denagn ini Qt harus saling membantu.,., meolong., dan mengasihi.,.,
    karena semua saudara Qt.,.,
    seiring doa dan sungkwa kupanjatkan wahai saudaraku.,.,.,

  18. henti zina.

  19. Oom, blognya dilink ni.. bloe ya? thx.. :)

  20. Innalillahi waiinailaihi roziun ,kejadian gemba yang menimpa kota jogya, Tasik dan Jawa Barat itu merupakan ujian dari Allah.. kita tidak boleh menyesali apa yang telah terjadi..Allahu akbar allahu akbar allah maha besar maha mempunyai segalanya..subhanallah
    kita sebagai manusia biasa tidak akan tau apa rencana Allah.. selanjutnya ,,mari sama-sama berdoa dan istigfar memohon ampunan ..

  21. .wah kalu au gempa gmana cranya agar kita ga panik sa.’T TRJdi gempa…sdgkan dgan kea’dn yg serb sulit jd kbingungan orang2 awam..0ya knapa za indonesia t rwan bgt gempa/apa gra2 byak lautnya..

  22. Berhung ada gempa 7,6 SR kemarin di Padang-Pariaman maka aku kepingin tahu tentang gempa padang,eh ternya memang sudah dari dulu ada riwayat goyang-goyang Padang Payakumbuah itu.Bahkan kata orang sudah sejak zaman Belanda (1926?).Bagaimana dengan bangunan yang kokoh di Nias yang amblas bersama penghuninya kedalam bumi waktu Gempa di NIAS ? sEBENARNYA GEMPA BUMI ITU TANDA BAHWA AKHIR ZAMAN SUDAH DEKAT! WASPADALAH!wASALAM ,abel sa.

  23. semoga ini smua dpat menjdi pelajaran bgi kita smua. Seperti kta EBIET “mungkin tuhan mulai bosan melihat tingkah kita…………”

  24. Saluuut, tulisan seperti ini sangat bermanfaat bagi kita semua, sarat pengetahuan, cuma ada satu kata…Lanjutkan.

  25. gempa jogja yg saya rasakan getaranya gak horisontal tetapi vertikal karena begitu saya jalan dari kamar pagi itu saya terasa dilempar keatas oleh lantai rumah saya, jadi sampai terjatuh beberapa kali, kalau gempa yg lain kayaknya goyangnya horisontal lho, kenapa pak dhe………..apa bedanya gempa jogja dengan gempa daerah lainnya…

  26. tolong donk berikan penjelasan secara detail or komplit ya tentang penyebab terjadinya gempa?? Okeyyyyyyyyy??????????

  27. Sebenarnya beda getran ma gelombang tu pa?
    Tu yang menimbulkan gempa yang mana pak dhe….
    truz bagaimana cra mewaspadainya? sperti tnda2 gempa gtu….
    thx… :)

  28. gempa jogja keren abieeeezzzzzzzzzz

  29. pakde kira-kira kapan ya arep ana tsunami maning ? durung bojo kiye pakde ….
    maturnuwun pakde atas informasinya .. sangat bermanfaad banged, begitu … ganti..
    berarti kita mesti kudu waspadha

  30. Hehehe, kalimat ini bener2 kena buat para lulusan teknik sipil

    “Earthquake did not kill people, the bad building did it“

  31. gempa jogja terasa lama kali….

    trasa digoyang e pakde

  32. pakde aq mau nanya apa beda nya gempa ama tsunami?apakah sama/beda.

  33. gimana ya…saya juga jadi takut. kebetukan saya ini juga anak teknik sipil dan dari yang saya pelajari kita bisa kok bangun bangunan yang didalamnya dah ada perhitungan gempa (yah walau cuma asumsi). jadi pake bahan bangunan dari beton juga ga masalah asal semua dah dimasukin perhitungan gempa.
    seengganya klo terjadi gempa bangunan tadi akan membrikan peluang penghuninya keluar(bukan berarti dengan adanya prhitungan gempa rumahnya ga bakal ancur) ga langsung hancur.
    just for your information…

  34. gitu yaa … :(

  35. masyrakat siaga bencana, masyarakat yang tanggap bencana, masyarakat yang punya kemampuan untuk memobilisasi kemampuan bersama dalam menangani bencana sudah waktunya bangkit dan bergerak. semua pihak yang ada diarea rentan bencana maupun di luar area itu harus bangkit atau paling tidak berupaya memberdayakan diri membangun jaringan untuk semakin berdaya dalam menangani maupun mengantisipasi adanya bencana ; baik gempa, angin taupan, banjir atau juga bencana kemanusiaan.

  36. masyrakat siaga bencana, masyarakat yang tanggap bencana, masyarakat yang punya kemampuan untuk memobilisasi kemampuan bersama dalam menangani bencana sudah waktunya bangkit dan bergerak. semua pihak yang ada diarea rentan bencana maupun di luar area itu harus bangkit atau paling tidak berupaya memberdayakan diri membangun jaringan untuk semakin berdaya dalam menangani maupun mengantisipasi adanya bencana ; baik gempa, angin taupan, banjir atau juga bencana kemanusiaan.

  37. pakdhe sekarang ada gempa lagi menyusul bahkan berpotensi tsunami, apakah nantinya bakal terjadi tsunami beneran dan kapan gempa di bengkulu bakal berakhir… saya yakin blog ini akan sangat bemanfaat sekali buat anak cucu bangsa termasuk saya thanks!

  38. pakde mohon dijelaskan juga tentang kondisi mentawai dari sisi geologis ataupun aspek yang lain, karena di mentawai susah informasi dan gempa di padang ternyata sumber gempanya sangat dekat dengan kepulauan ini, atau memang diwilayah ini, rata-rata masyarakat yang kemarin tidak mau kembali kerumah lagi, disamping karena hancur mereka juga trauma terhadap tsunami serta isu yang ngalor ngidul. maturnuwun atas pencerahaannya.

  39. akhirnya masyarakat pesisir barat pulau sumatera terutama kota padang akan dan terbiasa dengan gempa dan issu maupun tsunami cuma akhir akhir ini pemahaman ttg gempa tersebut bayak salah arti pada umumnya setiap ada statemen gempa adalah merupakan kosumsi aktual bagi masyarakat .saya mo nanya pak de adakah komentar/ statemen yang terbaik ttg analisa gempa dan tsunami yg pada akhirnya bisa dicerna dan dipahami oleh masyarakat sehingga akhirnya masyarakat bisa bersahabat dengan gempa tersebut

  40. semakin deg-degan aje jantung saya nih
    tingkat stress yang paling tinggi adalah orang Padang,Pariaman,Painan dan pinggir pantai sumbar lainnya. karena setiap ada gempa selalu diiringi isu tsunami, seperti gempa yang terjadi di daerah Batusangkar merupakan gempa daratan yaitu patahan semangka, kalo orang jakarta stress karena kebisingan, tapi orang sumbar pada umumnya stress karena isu tsunami.

    terimakasih atas blog membuat pengetahuan kami tentang gempa bertambah

  41. salam kenal pak,
    baru-baru ini saya dapat forward email yang bunyinya dalam waktu dekat sumbar akan terkena gempa lebih dari 9 SR. katanya itu sebanya gaya balik karena gempa di bengkulu kemarin menciptakan lipatan kerak bumi yang pasti akan mencoba meluruskan diri dan akan menciptakan gempa yang lebih kuat. apa benar itu? gimana penjelasannya? makasih ya pak

  42. Mau nanya nih..Ada yang tahu Gimana keadaan terkini ttg patahan yang ada di sumatra (Khusus di Padang).Berpotensikah mendatangkan Gempa yang lebih besar? Bisa bantu Saya untuk informasi ini.

    Terima Kasih.

  43. terima kasih tulisan2 anda telah banyak membatu saya dalam mempelajari tentang tektonik sumatra,yang nin,yang ingin saya tanyakan apakah gempa yang terjadi pada awal puasa kemaren bisa terjadiu lagi sepanjang bukit barisan (sepanjang sesar sumatra)…
    terima kasih wassalam

  44. pak rovicky..saya senang sekali membaca tulisan-tulisan bapak, membuat wawasan saya makin luas..pak rovicky saya ada info bahwa CNN melakukan peninjauan khusus bersama pemburu Gempa dari California
    Technology Institute. Pemburu gempa ini adalah geoloog dari CalTech
    yang meneliti semua gempa2 yang muncul di Indonesia terutama yang
    terakhir ini yang katanya mengakibatkan kerak bumi melipat sehingga
    menimbulkan gempa sekitar 7 SR lebih baru2 ini.

    Akibat dari kerak bumi yang melipat sehingga overlap satu dengan
    lainnya yang terjadi diwilayah sekitar SumBar, akan memaksa efek balik
    seperti pegas, karena lipatan ini akan berusaha mengembalikan atau
    meratakan kerak bumi yang melipat ini seperti ibaratnya pegas yang
    apabila kita tekuk akan menimbulkan kekuatan yang arahnya sebaliknya
    dari arah tenaga yang menekuknya untuk kembali ke bentuk semula.

    Reaksi balik pegas akan terjadi terhadap kerak bumi yang melipat
    akibat gempa baru2 ini yang besarnya sekitar 7 SR itu, namun reaksi
    balik pegas ini akan berakibat gempa yang besarnya lebih dari 7 SR
    yang diperkirakan sebesar 9 SR atau lebih.

    reaksi gempa yang ditunggu ini akan datang dalam waktu dekat…apakah tulisan ini bisa dipercaya pak?

    mohon pencerahannya..

    terimakasih

  45. [...] karena jelas akan merugikan diri sendiri dan juga diri orang lain. Jadi baca aja artikel dari Rovicky ini.  En: Serba-serbi — September 20, [...]

  46. Saya setuju dengan pernyataan Pak de bahwa gempa tidak membunuh tetapi bangunan yang buruk itu yang membunuh.
    Menurut analisis saya kenapa di Jogja banyak sekali korban, adalah karena atapnya sangat berat (genteng) dan rangka atap sangat rapuh (bambu). Kalau di Padang kenapa pada umumnya bangunan kayu yang tahan? Ini karena konstruksi sambungan-sambungan strukturnya fleksibel (tidak dipaku, tetapi sistem pen dan lubang. Yang ruak justru sebaliknya, yakni bangunan batu/beton, kenapa? karena strukturnya tidak memakai tulangan yang memenuhi syarat, bahkan ada yang tidak pakai tulangan sama sekali. So bagi yang mau bangun rumah kayu belajar ke orang Padang (terutama ke tukang tradisionalnya) ini bukan promosi lho.

  47. om Vicky, mudah2an masih ingat aku. aku putrinya pak Ben. trims atas tulisan2nya ttg gempa2 di indonesia. mantap dah! aku yg lagi ‘nyantrik’ di Potsdam utk blajar gempa aja nggak sempat bikin ulasan macam ini.
    kebetulan riset S3 ku juga tentang jogja EQ aftershocks and its associate stress diffusion, om. baru mulai juni lalu, jadi belum bisa bicara banyak. yg jelas fokusnya ke eq risk and early warning. mudah2an kelak banyak manfaatnya bagi org banyak. amin.

  48. Ternyata saling berkait :-s, jogja tempat tinggal ku kini… dan jadi saksi dahsyatnya gempa.. kampung halaman perantauanku skr kena..

    kira2 besok menjalar kemana lagi pak dhe?

  49. Dear pakDhe,

    Konversi skala gempa M6,4 kalau ke Richter berapa ya…

    Ilmu Geologi ternyata penting ya Dhe, luas dan bermanfaat..

    Regards
    Sigit

  50. wah bagus skali blog ini pakdhe

    mg ke depan lbh byk lg kajian2nya ok..

  51. patahan patahan itu nantinya apa bisa PATAH pakdhe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.511 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: