Gempa Bengkulu-Mentawai dan Gempa Aceh


earthquake.jpgSahabatku Pak Irwan Meilano, pakar gempa yang sedang berada di Nagoya Jepang, juga selalu mengikuti perkembangan dan peristiwa gempa yang terjadi di tanah-air. Tidak luput juga Gempa Bengkulu-Mentawai. Kali ini beliau berdiskusi dengan ahli-ahli geologi di Indonesia.

Menurut Pak Irwan sepertinya gempa Bengkulu-Mentawai 2007, merupakan kebalikan dari gempa Aceh-Andaman 2004. Beliau termasuk yang menyakini bahwa gempa Aceh 2004, adalah gabungan dari segmen-segmen gempa kecil yang ternyata merobek (ruptured) pada waktu yang bersamaan. Tidak ada bukti historical earthquake (sampai saat ini) bahwa segmen sepanjang lebih dari 1000 km itu pernah robek bersamaan selain pada desember 2004. Yang ada adalah gempa sekala 7-8, di pantai barat aceh(1968), di sekitar kepulaun nicobar(1881) dan andaman(1941).

:( “Pakdhe, kok batuan bisa dirobek-robel kayak kertas aja ta dhe ? Atau niru Thukul ya ? Tak robek-robek …. “
:D “Memang kalau dibandingkan diameter bumi yang
7,926.41 miles (12,756.32 kilometers), kulit bumi atau kerak ini sangat tipis hanya 30-40 Km saja dan memang sepertinya bisa dirobek-robek” :P

Tetapi kebalikannya dengan gempa Aceh 2004.
Pada gempa Bengkulu-Mentawai 2007 yang merupakan bagian dari segmen tahun 1833 (M9). Segmen 1833 yaitu dari mulai utara Enggano sampai ujung Siberut [1]. Tetapi segmen ini ternyata pecah menjadi segmen yang kecil. Gempa 12 september memecah segmen Bengkulu (M8.4) dan gempa 13 September memecah segmen Mentawai (M7.8). Grup kami [2] telah menghitung distribusi slip, berdasarkan inversi data teleseismik. Disimpulkan bahwa dimensi dari gempa mentawai yaitu 240x120km(panjangxlebar) dengan besarnya slip rata-rata pada bidang gempa 6.5m.

Secara teoritis gempa susulan akan berada pada bidang gempa utama, sehingga gempa tanggal 13 september, berada di luar wilayah gempa Bengkulu. Sehingga merupakan gempa utama dari segmen yang berlainan.

:( “Wah kok mirip dengan hipotesa Pakdhe yang menyatakan dari segment yang lain [Pusat gempa itu melangkah ke utara]. Mbok udah Pakdhe ngurusin gempa aja?”
:D “Lah mengko aku ga bisa beli kamera Nikon yang baru thole”
:( “woo gajinya kecil ya dhe?”
:D “Hust …. ! itu tugas mulia, kita ini berhutang pada para ahli-ahli yang sangat berjasa ini”

http://www.seis.nagoya-u.ac.jp/sanchu/Seismo_Note/2007/070912.jpgYang agak mengkhawatirkan sebenarnya implikasinya.
Panjang bidang dari gempa Bengkulu yaitu 240 km dan gempa Mentawai 120km, sehingga masih ada bagian segmen dari gempa 1833 yang belum pecah. Yaitu kira2 sepanjang 200-280 km atau ekivalen dengan gempa magnitude 8.0-8.6.
Pertanyaannya kapan itu akan terjadi? seharusnya tidak akan lama lagi.

:( “Whaddduh, tidak lama lagi itu berapa lama, Pakdhe?”
:D “Kita tidak pernah tahu secara tepatnya thole. Tetapi kita harus waspada dengan mempersiapkan kalau hal itu terjadi”

Ingat ini bukan ramalan, tetapi amaran untuk tetap waspada terhadap gempa. memang bukan hanya untuk penduduk sekitar, tetapi juga untuk pemerintah pusat di Jakarta serta pejabat terkait. Persiapan ini bukan hanya mempersiapkan diri, namun juga perbekalan nasional yg mencukupi apabila bencana ini benar-benar terjadi. Termasuk diantaranya adalah penelitian yang dilakukan secara serius, komphrehensif dan menerus (kontinyu).

Dan jangan lengah hanya konsentrasi disini saja, masih banyak segment-segment patahan lain yang tidak boleh lepas dari pengamatan. Termasuk sesar-sesar yang ada di selatan Jawa itu.

Referensi Pak Irwan :

[1] Natawidjaja et al, JGR,2006
[2] http://www.seis.nagoya-u.ac.jp/sanchu/Seismo_Note/2007/070912.jpg

About these ads

61 Tanggapan

  1. Gimana nih perkiraan cuaca jabar dan sekitarnya?kacaw

  2. bagaimna ya pakdhe dengan isu gempa tgl 26 bsk??
    pa benar ya dalam wktu deket ne bakalan terjadi…
    kami sebagai warga udah strees karena banyak nya isu2 yg beredar.. udah siap isu ne muncul lagi isu yg baru.. jadinya tambah pusing pakdhe…!!!
    tolong sarannya ya pakdhe, bgmana menyikapinya..”

  3. Gempa: 40 maut dalam tsunami di Sumatera

    JAKARTA, 26 Okt – Seramai 40 orang dilaporkan maut dan lebih 300 lagi hilang dalam bencana tsunami yang berlaku selepas gempa bumi kuat berukuran 7.2 pada skala richter yang melanda Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Isnin malam.

    Perkara itu disahkan pegawai daerah Kepulauan Mentawai, Edison Saleleobaja.

    Sehingga pukul 2 petang ini, pihak Badan Nasional Pengurusan Bencana (BNPB) belum memastikan identiti korban dalam kejadian itu.

    Mereka yang hilang dipercayai melibatkan 10 rakyat Australia dan Jepun yang berada dalam sebuah kapal bernama Southern Cross milik Sumatran Surfariis.

    Pihak kedutaan Australia di Jakarta juga yakin bahawa rakyatnya berada di dalam kapal itu. Bagaimanapun BNPB belum mengesahkan kebenaran maklumat itu.

    “Maklumat itu sedang kami sahkan, belum jelas maklumat dari lokasi kejadian dan kami masih menunggu,” kata Maryadi, petugas BNPB kepada Bernama.

    Beliau berkata pasukan daripada badan itu belum berada di Mentawai kerana sedang memberi tumpuan kepada ancaman letusan Gunung Merapi di sempadan Yogyakarta dan Jawa Tengah serta banjir di Wassior (Papua Barat).

    “Tsunami itu berketinggian tiga meter dan meluap hingga 400 meter ke darat,” katanya.

    Media Online Nasional melaporkan dua perkampungan disapu bersih oleh tsunami yang berlaku di kawasan penggemar sukan luncur air itu, namun Maryadi belum dapat mengesahkan perkara itu.

    Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan gempa bumi berukuran 7.2 pada Skala Richter berlaku pada pukul 9.42 malam Isnin, pada kedudukan 78 kilometer Barat Daya Pagai Selatan, Mentawai Sumbar, pada kedalaman 10 km.

    Badan itu mengeluarkan amaran potensi tsunami kepada masyarakat sejurus selepas gampa itu, namun menarik balik amaran ancaman itu kemudiannya.

    — BERNAMA

    Korban di Mentawai 108 Tewas, 502 Hilang
    Breaking News / Nusantara / Selasa, 26 Oktober 2010 20:06 WIB

    Metrotvnews.com, Mentawai: Jumlah korban gempa dan tsunami di Pulau Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, bertambah. Sebanyak 108 orang tewas dan 502 lainnya hilang. Hingga kini pencarian korban masih berlangsung.

    “Dari sejumlah posko bencana melaporkan. Hingga kini total yang meninggal 108 orang, dan 502 hilang,” kata Ketua DPRD Kepulauan Mentawai Hendri Dori Satoko saat dihubungi Metro TV, Selasa (26/10) malam.

    “Situasi di daerah Mentawai belum kondusif. Masyarakat masih trauma. Kami sedang menfokuskan untuk melakukan pencarian korban dan membantu korban jiwa,” ujarnya.

    Pihak DPRD Mentawai dengan gubernur akan melakukan rapat untuk membahas bencana di Mentawai. “Kami sudah dihubungi pihak gubernur untuk melakukan rapat,” tambahnya.

    Sebelumnya gempa berskala 7,2 Skala Richter yang disusul dengan gelombang Tsunami melanda Pulau Pagai Selatan, Senin (25/10) malam.(*) -metrotvnews

    Tsunami Mentawai, 40 Tewas dan 400 Hilang

    Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter di pinggir Pantari Desa Bulasok, Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, menimbulkan gelombang tsunami, Senin (25/10), pada pukul 21.40 WIB, yang menewaskan 40 orang dan 400 orang dinyatakan hilang.

    Menurut Kepala Penanggulangan Bencana Wilayah Pagai Selatan Joskamtir mengatakan, jumlah korban tewas masih simpang siur namun data terakhir benar menyebutkan ada 40 orang tewas dan sekitar 400 orang hilang. Saat itu ada korban tewas yang tengah memancing di pinggir Pantai Pagai Selatan, diperkirakan ada 33 orang yang tengah memancing belum diketahui nasibnya.

    Bupati Mentawai Edison Saleleo Baja mengatakan, saat ini korban tsunami memerlukan bantuan berupa bahan makanan, tenda-tenda, dan lainnya.

    Gempa 7,2 skala Richter disusul gelombang tsunami merusak sejumlah kawasan di Kabupaten Mentawai. Berdasarkan informasi sementara terdapat 9 peselancar asal Australia dikabarkan tewas, mereka dinyatakan hilang setelah kapal yang membawa peselancar itu diterjang gelombang tsunami.
    , inil adalah musibah bagi saudara-saudar kita sebangsa, bantuan yang konkrit dibutuhkan disini, kami akan berangkat membantu disana badi donatur yang bersimpati melalui rekenig BCA 3312097289, kami akan siapkan posko segera

  4. [...] gempa bengkulumentawai dan gempa aceh quot; dongeng geologi Pada gempa Bengkulu-Mentawai 2007 yang merupakan bagian dari segmen tahun 1833 (M9) Panjang bidang dari gempa Bengkulu yaitu 240 km dan gempa Mentawai 120km, sehingga masih (Sumber Artikel) [...]

  5. Kini banyak ku temui ilmuwan kahayalan baik itu Prof atau Dr, setelah sering terjadi gempa
    – Gempa besar terjadi 200 taunan ( kasus Nabire
    hanya selisdish tiga bulan gempa lebih besar terjadi lagi)
    – setelah gempa utama gempa susulan akan lebih kecil
    (kasus sumatra barat dan bengkulu awalnya gempa
    kecil-kecil diahkiri gempa besar)
    – sosialisasi anak-anak kalau ada gempa pas jam belajar
    segera masuk kekolong meja (kasus Bengkulu padang
    yang gedungnya robuh sekolahnya)
    – Kalau ada gempa tidak sempat keluar segera ambil
    posisi dipojokan (kasus nias rumahnya yang masuk ke
    dalam tanah)
    – tsunami akan terjadi kalau gempa lebih dari 7 SR (kasus
    pangandaran 5,8 Sr)
    – gempa yang potesi merusak diatas 6,5 (kasus yogya)
    dan masih banyak lagi kebohongan yang dibikin.

    saking bingunya untuk tetap mendapat pengakuan dari masyarakat dan negara bikin ramalan akan terjadi gempa akhirnya pemerintah daerah bikin gelar siaga bencana, eh tertnyata bohong lagi, dan saya lebih yakin lagi kalau ber teori tentang lempeng bumi pasti juga bohong ayo prof Dr mana yang pernah melihat sendiri apa lagi ngukur

    pak prof Dr kami hanya butuh kenyamanan hidup jangan dikirim ilmu khayalan

  6. halo pak de….

    saya ambil ya masukan dari pakde ni tuk menambah wawasan saya.

  7. mo lari kemana lg nih gempa…pesisir sumatra udah jawa udah walau msh sebagian…saatnya daerah timor leste dan sulawesi kali nih.

  8. Semoga anda yang terkena musaibah dan bersabar dengan ketentuan ilahi… berbanyak-banyaklah beristifar…..amin yarabbala’alamin… kerjakan yang disuruh dan tinggalkan yang dilarang allahsubhanahuwata’ala….

  9. ^_^ o_O

  10. Semoga pihak berwenang tanggap dan punya sense mitigasi bencana. Terimakasih atas sharing informasi yg berharga.

  11. Asr… Teman kakak, kalo kmu dngar isu bakal dtg ny Bencana di Jakarta, skrg disini bulan September ini, kakak udh mmprediksikan bhw Bencana itu tdk akan dtg lagi. Prcaya’lah sama Kakak oxe. Tenang aja dh. Kakak jamin gak bakal dtg lagi tuh Bencana. Tanx’s

  12. Alow pk de…mau nanya ne pk de gempa brusan yg trjadi ada ssulanya ga?txs

  13. asalam mualaikum wib ; wahai engkau manusia yang tinggal di bumi sumatra kini kamu telah di tegur dengan tuhan mu allah swt untuk berbuwat kebaikkan sewaktu semasa kamu hidup dan masih berdiri sebelum kiamat besar yang lebih dahsyat akan datang lagi wasalam froom jakarta

  14. aku tinggal dipadang tepatnya diteluk bayur yang mana dekat perairan laut. aku merasa ngeri baca semua posting posting tentang gempa. tidak bisa terbayangkan apa yang akan terjadi jika gempa dahsyat itu akan terjadi.
    aku juga pernah dapat postingan dari berita di cnn, bahwa gempa itu akan datang dalam waktu dekat ini, cuma pemerintah kota padang tidak mau menyabarkan berita ini. padahal ahli geologidari california sudah menyelidiki. yA Allah, jauhkan kami dari semua ini. aku hanya ingin berkumpul dengan semua keluarga saat gempa terjadi.

  15. hehehe

  16. Gempa (bencana alam yang disebabkan oleh adanya keinginan alam “bumi” untuk merobah bentuk dan strukturnya, dan itu semua pasti kehendak-Nya. Namun gempa berdasarkan jalur lempeng dan ketebalannya serta besar jatuhan lempengan setiap kali penjatuhan dengan volume dan ukuran besar tertentu atas jatuhannya, mungkin bisa didekati dengan pendekatan – pendekatan ilmu statsitik dan ilmu “gaya” yang mungkin dapat memperkirakan besar keretakan akibat adanya tarikan dari besar volume jatuh lempengan yang kiranya memberikan rekasi keretakan pada bidang lainnya. Atau kalau seandainya itu lempengan-lempengan yang dapat dilihat, kenapa kita tidak mencoba dengan cara teknologi baru yakni dengan jalan menjatuhakan benar atas lempengan itu, apakah dengan cara peledakan atau cara lainnya yang kiranya tidak mendatangkan dampak negatif yang besar di kemudiannya. Artinya pada garis – garis jalur lempengan diledakan dengan serentak hingga dia juga dapat jatuh serentak hingga dapat mencari titik kestabilan. Dampaknya kira-kira gimana ya Pak ?
    Dan yang patut kita tiru dan contoh ialah apa yang dilakukan oleh Nabi Musa di bukit Thur, dimana disaat terjadi gempa Dia Nabi Musa sebagai pemimpin Langsung berdo’a, Ya Allah, bila ini terjadi akibat kesalahan dan kebodohan pengikutku, maka matikan atau siksalah amba bersama-sama mereka. Ya Allah. Benar-benar pemimpin yang patut juga ditiru !

  17. yg perlukan skrg adalah masyarakat bengkulu-sumbar adalah TAUBAT NASUHA jalankan syariat islam,dzikir kpd ALLAh,cegak prbuatan keji dan mungkar,jalankan perintah ALLAH dan jauhi sgla larangannya,tawakal,istiqamah,jalani hdp ini sprti apa yg tlh diajarkan Rasulullah SAW, insya Allah sebesar apapun kekuatan gempa yg diprdksi pakar2 gempa didunia ini atas izin ALLAh tdk akn kita rasakan dampaknya atas perlindungan ALLAH SWT,kita hidup di bumi ALLAH

  18. Saya sekali seminggu bolak balik padang-mentawai, jadi kalo sedang diatas kapal penyebrangan ditengah laut terjadi gempa disusul tsunami gimana cara penyelamatan diri? kapal itu kan ibarat kotak korek api ditengah danau pak Dhe. gimana donk….! jadi simulasi penyelamatan jangan yang didarat aja, bagi yang ditegah laut jg hrs ada simulasinya,ya gak?…

  19. Orang tua saya adalah asli bengkulu (sekitar daerah Sukamerindu), dan sudah terbiasa dg gempa. waktu saya kecil, juga sering merasakan gempa, namun tidak pernah sekuat September. Waktu itu mama saya sedang shalat maghrib, tanah tempat berpijak seperti dilipat-lipat… Bagaimana jadinya kalau kekuatannya 8,3SR ?
    Mohon pencerahannya…agar saya bisa kasih masukan kepada orang tua saya disana.

  20. pakde tolong kasih penjelasan tentang siklus 200 tahun gempa di bengkulu? apakah pasti kejadian gempa dan tsunami besar di bengkulu akan terjadi lagi? sudah 2 minggu masyarakat di bengkulu ngak tenang karena isu gempa dan tsunami yang akan terjadi tanggal 23 desember 2007!

  21. pak de gimana perediksi gempa di bengkulu? masyarakat di bengkulu sekarang cemas karna isu gempa dan tsunami berkekuatan besar?

  22. Isu Gempa tgl 23 Desember memang bikin panik seluruh warga di bengkulu.saat ini tgl 18 Desember semua penerbangan ke jakarta telah penuh dibooking warga yang mau keluar bengkulu.entah itu warga yg ketakutan untuk mengungsi atau memang sdh ada rencana untuk berlibur akhir tahun.yang jelas para nelayan bengkulu disisi pantai barat sumatra telah libur kelaut walaupun tidak semuanya.
    warga di kabupaten mukomuko bengkulu sudah banyak yang mengungsi.
    bagaimana menurut pak dhe ?
    tidak ada seorangpun ahli gempa yang mengatakan kalau tidak akan ada lagi gempa besar di sumatra.mereka hanya dapat mengatakan kalimat sakti :
    TIDAK ADA ALAT DAN TEKNOLOGI APAPUN YANG DAPAT MEMPREDIKSI TERJADINYA GEMPA ( isn’t it ironic ? )
    kasihan masyarakat bengkulu mereka seperti sedang menunggu vonis mati,sedangkan sosialisasi tentang cara-cara bagaimana kita meghadapi gempa saja tidak ada,bagaimana dengan RISK MANAGEMENT ? bukankah semua ahli tahu kalau disepanjang pantai barat sumatra merupakan daerah rawan gempa ?
    bagaimana dengan EARLY WARNING SYSTEM ?selama saya ada di bengkulu dan merasakan beberapa kali gempa belum pernah saya mendengar ada bunyi-bunyian (apakah itu sirene atau apapun namanya )yang memperingatkan warga akan adanya bahaya tsunami( gempa september 2007 di bengkulu menurut bmg berpotensi tsunami ),mereka sekarang hanya pasrah yang mereka tahu gempa pasti akan datang walaupun tidak akan tahu kapan akan terjadi.yg jelas isu gempa tgl 23 desember 2007 telah sukses membuat masyarakat was-was,bagaimana komentar pak dhe ?
    apakah pak dhe akan mengatakan kalimat sakti seperti diatas ?
    – jangan pak dhe dah basi buat masyarakat bengkulu -

  23. ikutan ya pakdhe..

    hm..jadi sedikit terbuka wawasannya…
    kebetulan vy orang bengkulu asli,keluarga besartinggal di sana..Vy lagi kul di negeri orang..rada takut juga waktu ada berita klo bakalan terjadi gempa yang lebih besar dari gempa terakhir kemaren. Vy ngerasaain waktu gempa yangtaun 2000 itu..gmn klo beneran yax??truz, sekarang katanya lagi beredar kabar klo gempa besar yang diprediksikan itu bakal terjadi tgl 23an desember ini…menurut pak dhe??

    ya..sudah seharusnya masyarakat yang daerahnya rawan bencana gempa di”melek”kan dengan bencana yang -walau- sudah sedemikian akrab dengan mereka,,

    danke atas jawabannya pak dhe…

  24. Dear pak De,

    sebelumnya terim kasih banyak atas informasinya tentang gempaBengkulu.. saya akhirnya sedikit tau tpi menjadi semakin takut..

    saya putra bengkulu tapi sekarang tinggal di jkt.
    minggu kemaren saya sempat di telp orang tua dan di jelaskan kalo di Bengkulu sekarang suansananya semakin panik karena banya isu2 tentang bakal ada gempa susulan yang sangat dahsyat kira2 9 SR yang di ramalkan akan terjadi pg tanggal 23 Desember ini..
    di sinyalilr katanya info itu di dapat dari para peneliti Lua negri yang sekarang bannyak datang ke bengkulu untuk melakukan penelitian…

    disamping itu ..
    ada juga informasi yang katanya di dapat dari salah satu pegawai Pemprov bagian penangan bencana.. katanya minggu lalu telah datang beberapa truk yang membawa bantuan untuk antisipasi gempa gede tersebut..
    aneh nya bantuan itu bukanlah berbentu sandang maupun pangan.. tapi kata nya kantong mayat..

    saya ngga tau itu isu ato bener..
    tapi yang pasti di Bengkulu lagi pada panik..

    untuk Pakde..
    mohon bantuannya,..

    apakah bener kalo gempa yang GEDE tadi bakal menimbulkan tsunami?
    dan apakah bener kalo akan terjadi pada tanggal 23 Desember ini?

    mohon pencerahannya Pak de.. karena masayarakat sudah semakin resah dengan isue2 ini..

    yang saya sesalkan sampai saat ini. belum ada pernyataan resmi dari pemerintah untuk menanggapi masalah ini..

  25. Pakdhe! Sampeyan iki nakut-nakutin orang aja. Tapi ada baiknya. biyar wong-wong pada sedikit melek masalah gempa.

  26. pemerintah indonesia bagiku udah cukup bodoh untuk menangani gempa

  27. thx y,sudah membantu tugas ku…

  28. Menurut saya,mengapa skarang ini gempa sering trjadi merupakan tanda datangnya the end day,kn baru gempanya aja,nah bentar lagi gunung ama angin topannya..tobaaat yuk bro…

  29. gempa yang terjadi setiap saat di wilayah indonesia. saya rasa peingatan bagi kita supaya interopeksi diri.
    karena moral bangsa yang kian hari makin bertambah parah dan sangat nyimpang dari norma dan etika agama. untuk itu perlulah kita berkaca pada kenyataan /pristiwa yang kita alami ahir2 ini. dan kita harus membenahinya.

  30. sebenernya sich itu semua adalah kehendak yang di Atas..jika yang di Atas menghendaki itu akan terjadi tapi jika tidak, ya ga terjadi juga,. kita berdoa aja semoga yang 9 SR itu g kan terjadi. berserah diri pada Allah SWT.

  31. Salam kenal,Pak Dhe..
    Kalau melihat ulasan tentang gempa Aceh yang skala 8 dengan luas segmen 1000 km ,apa tidak terlalu berlebihan jika dengan luas 280 km akan memicu gempa 8,6 ?
    Mohon pencerahannya untuk saya yang awam ini..
    Terima kasih.

  32. Halo..buat pemprov se indonesia, bagaimana kalau pemprov sekepulauan(gabungan provinsi) wajib punya helikopter kargo sehingga kalau ada bencana mobilisasi akan langsung berjalan,masyarakat kita saya rasa sudah pintar untuk evakuasi bencana,namun tidak ada salahnya di sisipkan dalam kurikulum pelajaran anak2, ok thanks mas-mas dan para pakar

  33. gepa bumi….
    ngeri ah

  34. Hallo Pakde…
    salam Kenal Ya..

    agak Melenceng dikit ne dari topik..
    saya sedikit tertarik dengan posisi gunung krakatau
    kira-kira menurut pakde kapan siklus gempanya disitu…

    dari selatan pulau jawa dan patahan sumatera sudah mulai aktif ni…
    trims udah di approve fs nya…

  35. Ok semua infromasi, perhitungan tehnik, analisa dan apaun yang dilakukan itu adalah boleh-boleh saja. Tapi mbok ya juga masyarakat itu diingatkan disamping waspada juga instrukpeksi diri tentang hubungannya sebagai hamba dengan sang Kholik sang pencipta. Karena tidak ada satupun kejadian (bahkan daun kering yang jatuhpun) tanpa se-ijinNya (Allah). Departemen Agama coba ikut berperan dalam membangun mental spiritual masyarakat. Mneghimbau dan mengajak untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah, apalagi ini bulan Ramadhan.

  36. Salam kenal,Pak.
    Orang tua saya di Padang,saya dapat berita ada kabar bahwa sekrg lempeng/segmen itu ada di bawah pulau mentawai. Berdasarkan berita yang beredar di Padang, masyarakat Padang dan Mentawai tinggal menunggu kapan lempeng atau segmen itu patah.
    Malah masyarakat sudah diminta berhati-hati pada tanggal 25 – 28 September 2007 ini, karena bakal ada gempa yg hebat dengan dugaan skala 9,9 skala.
    Apakah ada kemungkinan tsunamiya,Pak?
    Saya jadi khawatir.
    Terima kasih.

  37. Ada kurang dikit tentang terbentuknya tsunami, yaitu gerakan patahannya vertikal (bukan gempa vertikal). Artinya ada “vertical displacement” yang merupakan gerakan menganggu kestimbangan air.
    Gempa bengkulu gerakannya didominasi lateral, memang ada komponen vertikalnya tetapi kecil.

  38. salam kenal,
    setahu saya indonesia memang rawan gempa dan tsunami. Potensinya besar sekali, karena memang banyaknya lempeng dan adanya dua jalur gempa. Saya pikir jika satu bagian mengalami gangguan, bisa jadi yang lain juga akan mengalami gangguan. Dan setahu saya, tsunami itu bisa terjadi kalo gempanya vertikal, artinya ada bagian yang naik dan ada yang turun, dengan kekuatan lebih dari 6,5 SR dan kedalaman gempa kuran dari 30 km. Apa benar demikian?

  39. kira-kira kapan gempa itu akan muncul lagi di daerah mentawai dan apakah kemungkinan daerah yang bukan pinggir pantai akan terkena gempa seperti yang terjadi di daera mentawai ….?

  40. Salam kenal pakdhe…
    Panjang bidang dari gempa Bengkulu yaitu 240 km dan gempa Mentawai 120km, sehingga masih ada bagian segmen dari gempa 1833 yang belum pecah. Yaitu kira2 sepanjang 200-280 km atau ekivalen dengan gempa magnitude 8.0-8.6.
    Pertanyaannya kapan itu akan terjadi? seharusnya tidak akan lama lagi.

    kebetulan saya tinggal di Bengkulu dan ikut merasakan kerasnya guncangan gempanya, paniknya mencari tempat ketinggian Pakdhe…
    dan melihat fakta diatas bahwa masih ada sebagian segmen gempa yg belum pecah dan di perkirakan akan adanya gempa susulan yang lebih besar tidak lama lagi. Saya nga bisa ngebayanginnya Pakdhe jika terjadi gempa susulan yg lebih besar (isu nya bisa mencapai 9 SR !!!)
    Mohon penjelasan yg lebih detailnya lagi Pakdhe , apakah gempa susulan tersebut masih tetap pada daerah Bengkulu dan sekitarnya???
    matur nuwun Pakdhe…..

  41. kalaulah patahan-patahan bumi dan bahkan pergerakannya dapat dianalisi mengapa sampai saat ini terjadinya gempa tidak bisa dianalisis waktu akan terjadinya, Kemudian bagaimana kemungkinan lanjutan gempa dibengkulu tanggal 12 sept, 7,9 sr. terlalu banyak isu kami jadi bigung dalam ketakutan.

  42. Pra kiraan buat gempa lagi di daerah mana ya ……
    kali ja bisa prepare,he3x…..
    thanks ya pak wat jawaban na….

  43. salam kenal, pakde (ikut2an yg lain manggil ‘pakde’.. gpp kan ya? :D)
    saya lagi belajar tentang gempa. blog-nya saya link ya.
    btw, tulisan2 pakde ini sangat membantu. terima kasih.

  44. gimana potensi gempa di selatan pulau jawa…saya baca di PR katanya akan ada gempa lagi dengan kekuatan 9 SR, gimana tanggapan nya Pakde…

  45. Ini mirip sebuah papan puzzle( segmen ) yang biasanya dimainkan anak-anak. Lempeng-lempeng itu ( terutama continental crust – fore arc ) sudah terbagi menjadi beberapa potongan “puzzle” yang dirangkai satu sama lain atau semacam balok yang tersambung pegas seperti teori yang pernah dipaparkan oleh kang Vicky. JIka satu potongan puzzle bergerak atau posisinya abnormal, maka akan mencari keseimbangan stress ( stress balance ). Akan ada yang akumulasi stress, namun juga ada yang akan release stress. Sehingga bila satu gerakan “puzzle” atau lempeng atau menurut uraian diatas adalah segmen, maka akan mendomino lempeng berikutnya walau bisa jadi dua kemungkinan, stress akan terserap sementara atau bahkan bersinergi dengan stress yang sudah ada di lempeng/segmen berikutnya sehingga mampu menggerakan lebih hebat. Yang paling dikuatirkan pertama adalah gerakan sinergi atau release stress yang mendadak atas dorongan dari segmen lain yang akan terjadi di zona sepanjang subduction ( tumbukan ) lempeng besar samudra ( australia ) melawan lempeng benua ( eurasia ). Ada potensi memicu tsunami. Yang kedua adalah efek stress terhadap lempeng benua ( dalam hal ini Sumatra- Jawa )memicu patahan yang sudah terbentuk dari akibat adanya arah stress australia, yakni patahan tersohor Semangko yang memanjang dari Lampung hingga Aceh disepanjang Bukit Barisan. Patahan Semangko ini unik berupa sesar busur, dan sampai sekarang masih sangat aktif. Kedua efek ini yang amat sangat perlu diwaspadai. Artinya selain subduction, masih ada patahan aktif Semangko yang ada dipermukaan. Ini mirip yang terjadi di Bantul Mei 2006 lalu. Sesar Opak teraktifkan lagi !!! Dahsyat akibatnya.
    Kang Vicky bisa lebih lanjut mendongeng Sesar Semangko ini yang pernah mengguncang Liwa – lampung, Kerinci – Jambi, Bukit Tinggi, hingga di Leuser.

  46. doddy: juga nggak ngerti harusnya terangkat apa tenggelam seinget aku dulu baca dia bilang tenggelam….tapi barusan nyokap aku ngasih kabar dia abis baca koran padang… according itu koran, 75 persen mentawai itu udh patah2… jadi logikanya kalo udah patah2 tinggal nunggu ambruk aja dong.. duh syerem mikirinnya..apalagi kalo punya keluarga dan temen disana…. udah deh… gempa entar aja 200 tahun lagi tunggu.. setelah udah ada technology canggih bisa nyetopin gempa, atau gempanya bisa dislow motion biar org bisa nyelamatin diri…….
    thanks yah blognya bermanfaat buat kaum awam..

  47. Beberapa tahun yang lalu saya pernah membaca disalah satu media cetak yang terbit diibukota, didaerah Ciputat, Kab. Tangerang, Provinsi Banten itu ada patahan gempa mulai dari Ciputat sampai ke museum Nasional. Menurut berita tersebut katanya sudah mati (tidak berfungsi lagi) kira-kira matinya sudah 500 tahun, apakah benar atau tidak. Apabila sudah mati patahan tersebut 500 tahun apakah masih bisa menimbulkan gempa dengan ukuran berapakah ? Terima kasih Pak …

  48. Boleh juga pak soal ikannya … ide yang bagus … ditunggu :)

  49. Wah pertanyaan soal ikan ini menarik,
    aku tulis terpisah nanti saja, nggih ?

  50. Wah, orang-orang kok ribut gempa. Katanya lempeng di bawah laut dirobek-robek sepanjang ratusan kilometer, manusia takut akan terjadi musibah gempa dan tsunami apalagi diperkirakan tahun 2008 mungkin kekuatan gempa 8 sekian skala richter.

    Tapi yang heran ya … kok ikan di laut tenang-tenang aja ga pernah diributin karena gempa sekian dahsyatnya, kok tidak ada berita berapa ratus ton ikan mati.

    Sedangkan bom ikan saja yang kecil itu bisa menghasilkan beribu-ribu kilo ikan yang mati. Apa BMG ga pernah mematau akibat gempa tersebut terhadap populasi ikan di laut ? Dan juga terumbu karang. Apa perlu dibikin satu badan yang hampir menyamai BMG untuk mematau ikan mati akibat gempa di laut dan tsunami.

  51. mo tanya nih pak dhe..
    aku tinggal di padang, apakah kemungkinan gempa besar akan terjadi di padang? karena sudah terjadi pengenduran stres di bagian bengkulu namun di bagian padang (mentawai) blum.
    dan aku mohon beri tahu ke email ku tentang apa aja yang berhubungan dengan gempa/tsunami yang diperkirakan akan terjadi di padang/kawasan sumatra.
    terimakasih.

  52. bukannya pak kerry sieh dan pak danny natawidjaja malah meneliti terumbu karang yang terangkat akibat beberapa gempa di kepulauan mentawai? salah satunya gempa dahsyat yg terjadi thn 1833. harusnya kepulauan mentawai bukan tenggelam tapi malah terangkat. buktinya ya terumbu2 karang yang terangkat itu.
    Saya jadi berpikir, kalo saja gempa di utara enggano thn 2000 tidak terjadi, berapa kira2 kekuatan gempa di bengkulu tahun ini? bisa-bisa lebih dari yang tercatat kemarin. Yang penting masyarakat sudah sadar akan potensi gempa dan tsunami yg selalu mengancam di bumi sumatera dan jawa shg bisa tahu tindakan2 apa yg hrs dilakukan kalo terjadi bencana tsb. kita hanya bisa membantu dgn doa & insya Allah sumbangan seikhlasnya.

  53. terima kasih pakde atas informasinya.

  54. keluargaku dipadang.. aku sendiri dinegri orang.. dulu pernah baca di Time magazine… pakar bernama Kerry Sieh bilang yang ditakutin sewaktu-waktu kepulauan mentawai bisa tenggelam,dan itu bisa diramalkan besok atau 30 tahun akan datang…(majalahnya setelah beberapa bulan gempa Aceh) aku jadi takut bacanya…
    … pakar kerry itu udah menyarankan resident yg tinggal dikawasan pantai menjauh dari pantai… lagi..
    duh.. aku jadi takut nih.. tiep menit memantau USGG mulu…
    pemerintah harus cepet turun tangan ya… pemerintah liat kerusakan dan korban nggak banyak karna org padang udah biasa sama gempa dan lagian gempanya terjadi saat sore ,kalo malem yg ditakuti…
    tsunami warning system kelarnya 2009 ….
    tinggal berdoa aja obatnya..

  55. akan ada gempa lebih besar lagi pak Dhe….waduh

  56. saya sangat berterima kasih

  57. Assalamualaikum Wr Wb

    Salam Kenal..
    Untuk Info Bantuan Gempa Bengkulu..klik :

    http://mercsolo.wordpress.com

  58. memang goncangan yg saya rasakan mmg berbeda dgn gempa jogja yg kata wong jowo “diteplekke”

    kondisi topografi bengkulu yg bergelombang memang menguntungkan bengkulu, yg saya amati ada beberapa patahan2 minor yg reaktivasi, bahkan di tengah2 komplek perumahan, rumah je keneng sesar ya sigar…
    untuk dampak tsunami (kalaupun terjadi) agak berkurang dgn topografi yg demikian

    nah…sing dadi tanda tanya, besaran gempa yg terjadi sampai saat ini bukannya manurung eh..menurun, tp malah naik turun malah berkisar di angka itu dengan selang waktu yg relatif tetap
    Dari terakhir jumat, 14 Sept pukul satu siang sampai sekarang belum terjadi gempa yg berskala sama, bahkan terkesan nothing’s happen
    Apakah akan ada pelepasan gaya yg lbih gede?
    pulau terluar bengkulu tersusun oleh terumbu, so bengkulu semakin naik ya?asal naiknya jangan cepet2….bisa merusak HaTi(Harta & properTi)

    Pakdhe wonten 3D views gempa bengkulu?+profil dasar laut bengkulu (hasil sonar mungkin)?

    nuwun

    Paijo

  59. Sebenernya bukan nambah stress saja yg dikhawatirkan, tetapi “release stress” (melepas regangan) yg sudah tertumpuk ini yang akan memicu gempa. Kalau menambah stress itu ketika ada pergerakan plate yang tertahan. Gempa merupakan “release stress” bukan menumpuk stress.
    Walaupun bisa jadi pergerseran ketika gempa merupakan penjalaran stress dari segmen satu ke segment lain, tetapi logikanya kan “stress”nya berkurang karena berubah menjadi energi getaran yang mampu merusak itu.

  60. Nanya ya Pakde, bagaimana perkiraannya terhadap
    selat sunda, apakah nambah “stress”? Makasih pakde..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.211 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: