Rahasia Sumur Zamzam – 2 (Monitor dan pemeliharaan)


Sambungan – 1

zamzam.jpg

Sumur Zamzam ini, sekali lagi dalam pandangan (ilmiah) hidrogeologi , hanyalah seperti sumur gali biasa. Tidak terlalu istimewa dibanding sumur-sumur gali lainnya. Namun karena sumur ini bermakna religi, maka perlu dijaga. Banyak yang menaruh harapan pada air sumur ini karena sumur ini dipercaya membawa berkah. Ada yang menyatakan sumur ini juga bisa kering kalau tidak dijaga. Bahkan kalau kita tahu kisahnya sumur ini diketemukan kembali oleh Abdul Muthalib (kakeknya Nabi Muhammad SAW) setelah hilang terkubur 4000 tahun (?).

zamzam-jaman-dulu.jpgDahulu diatas sumur ini terdapat sebuah bangunan dengan luas 8.3 m x 10.7 m = 88.8 m2. Antara tahun 1381-1388 H bangunan ini ditiadakan untuk memperluas tempat thawaf. Sehingga tempat untuk meminum air zamzam dipindahkan ke ruang bawah tanah. Dibawah tanah ini disediakan tempat minum air zam-zam dengan sejumlah 350 kran air (220 kran untuk laki-laki dan 130 kran untuk perempuan), ruang masuk laki perempuan-pun dipisahkan.

:( “Looh Pakdhe katanya sekarang sudah tidak boleh lihat, ya ?”
:D “Ya, dulu aku masih sempat melihatnya le, sewaktu umrah tapi setahun berikutnya ditutup, waktu datang lagi berhaji tahun 2003″

kabah21.jpgSaat ini bangunan diatas sumur Zam-Zam yang terlihat gambar diatas itu sudah tidak ada lagi, bahkan tempat masuk ke ruang bawah tanah inipun sudah ditutup. Sehingga ruang untuk melakukan ibadah Thawaf menjadi lebih luas. Tetapi kalau anda jeli pas Thawaf masih dapat kita lihat ada tanda dimana sumur itu berada. Sumur itu terletak kira-kira 20 meter sebelah timur dari Ka’bah.

Montoring dan pemeliharaan sumur Zamzam

Jumlah jamaah ke Makkah tiga puluh tahun lalu hanya 400 000 pertahun (ditahun 1970-an), terus meningkat menjadi lebih dari sejuta jamaah pertahun di tahun 1990-an, Dan saat ini sudah lebih dari 2.2 juta. Tentunya diperlukan pemeliharaan sumur ini yang merupakan salah satu keajaiban dan daya tarik tersendiri bagi jamaah haji.

Pemerintah Saudi tentunya tidak dapat diam pasrah saja membiarkan sumur ini dipelihara oleh Allah melalui proses alamiah. Namun pemerintah Arab Saudi yang sudah moderen saat ini secara ilmiah dan saintifik membentuk sebuah badan khusus yang mengurusi sumur Zamzam ini. Sepertinya memang Arab Saudi juga bukan sekedar percaya saja dengan menyerahkan ke Allah sebagai penjaga, namun justru sangat meyakini manusialah yang harus memelihara berkah sumur ini.

Pada tahun 1971 dilakukan penelitian (riset) hidrologi oleh seorang ahli hidrologi dari Pakistan bernama Tariq Hussain and Moin Uddin Ahmed. Hal ini dipicu oleh pernyataan seorang doktor di Mesir yang menyatakan air Zamzam tercemar air limbah dan berbahaya untuk dikonsumsi. Tariq Hussain (termasuk saya dari sisi hidrogeologi) juga meragukan spekulasi adanya rekahan panjang yang menghubungkan laut merah dengan Sumur Zam-zam, karena Makkah terletak 75 Kilometer dari pinggir pantai. Menyangkut dugaan doktor mesir ini, tentusaja hasilnya menyangkal pernyataan seorang doktor dari Mesir tersebut, tetapi ada hal yang lebih penting menurut saya yaitu penelitian Tariq Hussain ini justru akhirnya memacu pemerintah Arab Saudi untuk memperhatikan Sumur Zamzam secara moderen. Saat ini banyak sekali gedung-gedung baru yang dibangun disekitar Masjidil Haram, juga banyak sekali terowongan dibangun disekitar Makkah, sehingga saat ini pembangunannya harus benar-benar dikontrol ketat karena akan mempengaruhi kondisi hidrogeologi setempat.

Badan Riset sumur Zamzam yang berada dibawah SGS (Saudi Geological Survey) bertugas untuk

  • Memonitor dan memelihara untuk menjaga jangan sampai sumur ini kering.
  • Menjaga urban disekitar Wadi Ibrahim karena mempengaruhi pengisian air.
  • Mengatur aliran air dari daerah tangkapan air (recharge area).
  • Memelihara pergerakan air tanah dan juga menjaga kualitas melalui bangunan kontrol.
  • Meng-upgrade pompa dan dan tangki-tangki penadah.
  • Mengoptimasi supplai dan distribusi airZam-zam

:( “Mestinya ya emang gitu ya Pak Dhe. Walaupun Sumur Zamzam ini dipercaya telah diberkati Allah tentunya manusianya harus menjaga berkah dari Allah. Bukan trus nrimo trus pasrah bongkokan saja, ya?”

Perkembangan perawatan sumur Zamzam.

Dahulu kala, zamzam diambil dengan gayung atau timba, namun kemudian dibangunlah pompa air pada tahun 1373 H/1953 M. Pompa ini menyalurkan air dari sumur ke bak penampungan air, dan diantaranya juga ke kran-kran yang ada di sekitar sumur zamzam.

Uji pompa (pumping test) telah dilakukan pada sumur ini, pada pemompaan 8000 liters/detik selama lebih dari 24 jam (note: perlu referensi angka yang lebih sahih) memperlihatkan permukaan air sumur dari 3.23 meters dibawah permukaan menjadi 12.72 meters dan kemudian hingga 13.39 meters. Setelah itu pemompaan dihentikan permukaan air ini kembali ke 3.9 meters dibawah permukaan sumur hanya dalam waktu 11 minut setelah pompa dihentikan. Sehingga dipercaya dengan mudah bahwa akifer yang mensuplai air ini berasal dari beberapa celah (rekahan) pada perbukitan disekitar Makkah.

Banyak hal yang sudah dikerjakan pemerintah Saudi untuk memelihara Sumur ini antara lain dengan membentuk badan khusus pada tahun 1415 H (1994). dan saat ini telah membangun saluran untuk menyalurkan air Zam-zam ke tangki penampungan yang berkapasitas 15.000 m3, bersambung dengan tangki lain di bagian atas Masjidil Haram guna melayani para pejalan kaki dan musafir. Selain itu air Zam-zam juga diangkut ke tempat-tempat lain menggunakan truk tangki diantaranya ke Masjidil Nabawi di Madinah Al-Munawarrah.

Saat ini sumur ini dilengkapi juga dengan pompa listrik yang tertanam dibawah (electric submersible pump). Kita hanya dapat melihat foto-fotonya saja seperti diatas. Disebelah kanan ini adalah drum hidrograf, alat perekaman perekaman ketinggian muka air sumur Zamzam (Old style drum hydrograph used for recording levels in the Zamzam Well).

Kandungan mineral

Tidak seperti air mineral yang umum dijumpai, air Zamzam in memang unik mengandung elemen-elemen alamiah sebesar 2000 mg perliter. Biasanya air mineral alamiah (hard carbonated water) tidak akan lebih dari 260 mg per liter. Elemen-elemen kimiawi yang terkandng dalam air Zamzam dapat dikelompokkan menjadi

  • Yang pertama, positive ions seperti misal sodium (250 mg per litre), calcium (200 mg per litre), potassium (20 mg per litre), dan magnesium (50 mg per litre).
  • Kedua, negative ions misalnya sulphur (372 mg per litre), bicarbonates (366 mg per litre), nitrat (273 mg per litre), phosphat (0.25 mg per litre) and ammonia (6 mg per litre).

Kandungan-kandungan elemen-elemen kimiawi inilah yang menjadikan rasa dari air Zamzam sangat khas dan dipercaya dapat memberikan khasiat khusus. Air yang sudah siap saji yang bertebaran disekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah merupakan air yang sudah diproses sehingga sangat aman dan segar diminum, ada yang sudah didinginkan dan ada yang sejuk (hangat). Namun konon proses higienisasi ini tidak menggunakan proses kimiawi untuk menghindari perubahan rasa dan kandungan air ini.

:( “Jadi apa donk Dhe ajaibnya Air Zamzam ini ?”
:D “Wah menurut Pakdhe sih ketika kau mempelajari air selalu saja ada keajaiban. Apalagi air Zamzam. Tahukah kamu tubuh laki-laki mengandung 60 – 65 persen air, sedangkan perempuan 50 – 60, sedangkan bayi hampir 70%-nya terdiri dari air ?”
:( “Pantesan bayi itu ngompol terus, isinya air doank sih” :P

Tahukah kamu bahwa sumur zam-zam pernah kering ?

Sumur Zam-Zam mengering Ah masak bisa sih ? (klik)

Sumber :

About these ads

108 Tanggapan

  1. Seorang ilmuwan terkenal Jepang, Dr Masasro Imoto, pernah berkata, “Air zamzam memiliki beberapa keistimewan yang tidak tertandingi oleh air biasa.”

    Merujuk pada sejumlah kajian ilmiahnya terhadap air zamzam dengan teknik nano, ternyata hal itu tidak mampu mengubah karakteristiknya sedikit pun. Apabila setetes air zamzam dicampur ke dalam 1000 tetes air biasa, maka air tersebut akan memiliki berbagai keistimewaan air zamzam.

    Ketua Lembaga Hado untuk riset ilmiah di Tokyo ini, mengatakan, dia telah melakukan beberapa kali eksperimen dan penelitian terhadap air zamzam yang didapatnya dari orang berkebangsaan arab. Secara singkat, dia mengatakan, air zamzam adalah air yang diberkahi, tidak ada duanya.

    Menurutnya, tidak ada satu pun jenis air yang menyerupai butiran-butiran kristalnya. Seluruh laboratorium yang ada tidak mampu untuk mengubah karakternya.

    Harian Ukaz pun mengutip pernyataan ilmuwan Jepang yang merupakan pencetus teori kristialisasi molekul air. Teori ini telah dianggap sebagai lompatan ilmu pengetahuan yang tidak tertandingi. Ajaibnya, bacaan basmalah yang ada di dalam Alquran pun dan biasa dibaca kaum Muslimin sebelum makan dan minum, ternyata memiliki pengaruh terhadap kristal-kristal air.

    Air yang dibacakan basmalah menciptakan pengaruh yang mengagumkan. Dia membentuk kristal-kristal air dalam formasi yang sangat indah. Ketika air tersebut diperdengarkan bacaan Alquran, maka terbentuklah kristal air yang memiliki desain figuratif sangat bening dan jernih.

    Dekan Fakultas Darul Hikmah, Dr. Sahir al Quraisyi menyatakan, Imoto merupakan pencetus teori kristalisasi molekul air yang meneliti berbagai pengaruh eksternal air, baik dari penglihatan maupun pendengarannya.

    Sumur zamzam yang tak pernah kering pun disebutkan, memiliki komposisi garam dan mineral yang tetap stabil. Tidak ada sekalipun orang yang mengeluh sakit atau terganggu kesehatannya karena minum air zamzam.

    Jika pada sumur-sumur biasa terjadi pertumbuhan organisme seperti hewan (bakteri) atau tumbuhan (lumut) didalamnya sehingga air tak bisa dikonsumsi, maka pada sumur zamzam tak ditemukan keberadaan organisme apapun. Luar Biasa

  2. Kalau di inggris ada air kemasan yg katanya zam2 dan berbahaya setelah di teliti adalah zam2 palsu. Ngak beda dengan di indonesia saat ini yg baru2 ini ketahuan ada pabrik di jateng membuat kemasan air zam2 persis dengan aslinya (bukan airnya) dari arab saudi mulai dari packing sampai logo. Tapi yg jelas kalau mau asli bisa dirasakan bedanya antara air sulingan dengan zam2. Dan mengenai keunikan dan keajaiban air zam2 ini hasil temuan kelompok ilmuwan dari Laboratorium Carso – LSEHL di Lyon Perancis. Menurut laporan dari hasil ini , tingkat arsenik dalam air Zamzam yang diambil pada “sumbernya” jauh lebih rendah dari jumlah maksimum yang diijinkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Luar Biasa. Dan masih banyak lagi keunikan2 lain mengenai air zam2 ini.

  3. nice posting :)

  4. Jelas dong ZAM ZAM itu membawa berkah… kan setiap pulang haji membawa nya… Bagi ARAB SAUDI kan jelas memelihara air ZAM-ZAM itu.. Kalau itu sampai kering nanti kan bisa kehilangan umat yang mau HAJI.. bayangkan aja…Pakdhe kalau haji tidak lagi datang… sumber DEVISA, PENGINAPAN dsb bisa kosong dong Pakdhe… Lantas penghasilan ARAB dari Pajak, Devisa, Penginapan dsb… gimana… yang jelas Kita tidak bisa lagi membantu SAUDARA_SAUDARA kita di ARAB biar selalu hidup lebih sejahtera dong PAK Dhe….. wkwkwkwkw

  5. Alloh selalu konsisten dengan sunnahnya. bahwa keajaiban itu dalam perspektif otak manusia. penjelasan ilmiah adalah keajaiban otak manusia yang sepenuhnya ciptaan Alloh. dan tentang sumur zam-zam memang masih menyimpan banyak misteri dan keajaiban yg bisa dilogikakan manusia, tapi Alloh juga memberikan batasan mana-mana hal yang akan tetap menjadi misteri untuk manusia mengambil hikmahnya Wallohua’lam……

  6. ini berita bohong ya???

  7. Wah…kuasa allah yg mmbri nikmat air sumur zam2?subhannalloh…

  8. Sumur zam zam tak pernah kering …?
    Dari beberapa komen ada yang sedikit menggelitik bersinggungan dengan area keyakinan. Tapi klo saya boleh berpendapat bagaimanapun juga air sumur itu berasal dari air hujan yang terkumpul di padang pasir sekitarnya. Jika dirasa suplainya berkurang karena saban tahun jama’ah haji dan umrah selalu meningkat bisa jadi pihak pengelola akan berusaha dengan memperpendek proses dari air laut menjadi air tawar untuk kemudian “dirembeskan” melewati batuan dan hamparan pasir, sehingga kandungan mineralnya tak jauh beda dengan jika air laut menjadi air hujan dahulu sebelum menjadi air tawar dan akhirnya muncul sebagai air zam zam.
    Cuma bedanya disitu ada campur tangan manusia, karena tuntutan akan kebutuhan air yang senantiasa meningkat
    Dengan begitu kebutuhan akan selalu tercukupi berapapun kebutuhannya.
    Justru disinilah rahasianya manusia dibekali akal dan pikiran untuk turut menjaga “air zam zam tak pernah kering sepanjang masa”.
    Tak usahlah dicari cari siapa membohongi dan siapa pula yang merasa dibohongi
    Tapi ini pendapat pribadi lho pak dhe….. Klo salah jangan dimarahi ya….
    Eh… saya iri lho dengan anda dah berkunjung kesana berkali-kali, sedangkan saya sekali saja belon pernah masih ngantri gek duooooowo banget. Wassalam.

  9. [...] Nah tulisan kedua nanti akan dodongengkan tentang monitoring dan pengawasan serta pemeliharaan kualitas air termasuk menjaga apa saja isi kandungan air Zamzam Bersambung Rahasia Sumur Zamzam -2 [...]

  10. [...] Sumur Zamzam – 2 (Monitor dan pemeliharaan) [...]

  11. Subhanallah, air zamzam adalah suatu konsep hidrologi yg sangat matang sehingga selama bumi masih ada air zamzam tidak akan pernah habis. Air zamzam berasal dari 2 pegunungan tertinggi di dunia (peggunungan Himalaya dan pegunungan Alpen) yang mengalir sampai ke cekungan Mekkah (yang merupakan cekungan terendah didunia) melewat ribuan bahkan jutaan batuan sehingga air zamzam banyak mengandung berbagai mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Secara logika tidak ada yang aneh disini, tapi konsep hidrologi adalah sesuatu yang sangat luar biasa.

  12. subhanallah….

  13. hujim

  14. untuk melihat Allah tentunya dengan mata hati tapi untuk melihat air zam zam di sumurnya yang nampak dengan mata fisik kenapa tidak boleh? meragukan…..
    Padahal hal yang ragu ragu hukumnya makruh sampai qaram. Benarkah sumur itu air aslinya masih? atau air yang di suling kemudian dilewatkan sumur itu? ragu ragu……….
    Diatas tadi dinyatakan : Air yang sudah siap saji yang bertebaran disekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah merupakan air yang sudah diproses sehingga sangat aman dan segar diminum, ada yang sudah didinginkan dan ada yang sejuk (hangat)………….ragu ragu……….masihkah air zam zam asli?

  15. Terima kasih atas informasinya…

    Semoga barmanfaat untuk semua yg membaca komen2 dari temen2 lainnya….
    Salam kenal semua

  16. AIR SUMUR ZAM ZAM .ADALAH AIR SUMUR BIASA.KURANG LEBIH SAMA SEPERTI SUMUR2 LAINNYA DI PADANG PASIR.
    KITA DIKASIH OTAK OLEH ALLAH BUAT MEMIKIR DENGAN ILMU PENGETAHUAN,BUKAN MELEBIH -LEBIHKAN SESUATU.ATAU MALAH BERPIKIR TAHYUL.
    BERPIKIRLAH RASIONAL AGAR PIKIRAN KITA TIDAK MENYESATKAN.
    COBA RENUNGKANLAH DAN MULAI BERPIKIR RASIONAL YANG BENAR.

  17. Khasiat Zamzam…
    Didalam sains air itu memiliki kekuatan, untuk lebih lengkapnya baca buku The Power Of Water. Air dapat menyerap energi dari tempat sekitarnya, baik itu energi Positiv maupun Negativ. Contohnya kondisi ikan yang di budi dayakan di daerah perkotaan dengan pedesaan berbeda. Walau[un tempatnya sama sama tenang dan bersih dari polusi. Ikan yang di budi daya di dareah perkotaan cenderung lebih mengalami stres sedangkan di daeah pedesaan sangat aktif sehingga memberikan kualitas yang berbeda saat jadi makanan. Inilah contoh bahwa air dapat menyerap energi dari alam sekitarnya. Jika Energi disekitar baik maka air itu memiliki energi baik jika buruk maka akan berdampak buruk sekalipun itu air dalam kondisi yang bersih dan jernih.

    Itu tadi dari segi Ilmu Pengetahuan,dan dari segi Agama yang mana saya adalah orang Islam saya percaya bahwa Segala sesuatu baik itu Ilmu atau alam tidak dapat terpisah dari hubungan Agama. Point yang saya ingin sampaikan disini bahwa air zamzam memiliki energi yang luar biasa baik itu untuk tubuh atau jiwa karena setiapa hari dikelilingi oleh jutaan ribu orang yang naik haji dengan membaca ayat ayat dan dzikir memuji Tuhannya. Sudah pasti air yang ada didaerah situ pasti menyerap energi yang sangat besar khasiatnya.

  18. kok pada ngomong umur sumur zam-zam ratusan tahun? yang benar ribuan tahun semenjak bayinya nabi ismail yang hidup pada 2000 tahun lebih sebelum masehi, artinya sumur itu usianya sudah 3000 tahun lebih bukan sekedar ratusan tahun, baca sejarah dong dan sejarah yang paling benar itu Al-Quran berikutnya adalah al-Hadits

  19. Tulisan Bapak tentang dan komentar-komentar di atas buat saya menambah tebal keyakinan akan KEKUASAAN ALLAH & KEBENARAN AJARAN ISLAM yg di ajarkan melalui ROSUL nan agung, MUHAMMAD S.A.W. Syukron..

  20. bagus mana dengan air REVERSE OSMOSIS, karna waktu saya tes, air zam – zam sangat jelek dan air RO / Oxy bagus, gak ada perubahan warna. trus katanya mineral dalam air itu gak bagus, bener gak ya..???. .

  21. Yang jelas tidak ada duanya tentang air zam-zam ini. Saya dah buktikan. 8 tahun tersimpan, tidak ada lumut, kotoran sedikitpun. Bahkan seorang teman tersimpan 14 tahun gak ada kotorannya. Bersih, tidak merubah rasa.
    Kegungan Tuhan tidak bisa dinalar. AIr Zam-zam tidak akan pernah habis dan selalu mencukupi/ Bayangin jumlah jamaah haji setiap tahun kurang lebih 4 juta. Kalau tiap jamaah haji membawa pulang rata-rata 10 liter, berapa juta liter air zam-zam diambil dalam waktu satu bulan. Belum kalau ramadan. Adakah sumber air yang demikian besar diambil tanpa kekurangan dan sekian lama bertahan. Hanya ALLAH yang tahu, kuasa ALLAH yang menjaga kemurnian.
    Menurut saya penemuan oleh Kakek Rasulullah, menunjukkan betapa kekuatan Islam yang dibawa Nabi semakin membuktikan kebenaran risalan Muhammad (Islam).

  22. Assalamualaikum, Wr,Wb…..
    Pakde ambil judulnya kok… RAHASIA sumur ZamZam…?
    apa karena sumurnya sdh gak bisa dilihat lagi…
    akhirnya jadi rahasia pakde….!
    Ada yang membuat keyakinanku bertambah… waktu membayangkan keluarnya air zamzam dari batuan beku (Diorit ) melalui celah/rekahan…sejak Nabi Ibrahim/ Ismail sampai sekarang masih terus mengalir….tanpa henti…

    Disekitar Mekkah terdapat lapisan pasir ( gurun pasir ) yang sangat luas…..
    Yang mau tak tanyakan….menurut Pakde… air permukaan yang meresap di gurun pasir berpengaruh gak dengan keluarnya air di sumur zamzam….?
    Trimakasih, Wassalam…..

  23. Saya ada informasi teknologi dari korea yang memproduksi sebuah produk yang mampu merubah air biasa yg kita minum menjadi air yg kwalitasnya mendekati air zam-zam. bagi rekan yg ingin memiliki produk tersebut bisa berhubungan dengan saya (HP. 0813 6915 9374) thanks.

  24. ternyata air zamzam itu berguna buat kesehatan

  25. wah. tulisannya pak dhe kontroversi….hihihi

  26. Subhanallah walhamdulillah wala ila hailallah wallahu akbar lahaula walakuata ila billah hil aliyyil adziim…

  27. Assalaamu’alaikum Pak Dhe,
    Artikel dan comment dari pak Dhe sangat bagus dan bijak. Sangat ilmiah. Kalo ada kupasan ilmiah tentang air zam-zam lagi monggo di publish.
    Dari artikel dan comment2 diatas bisa diambil pelajaran/pencerahan bagi saya terutama dan mungkin untuk temena-teman lain.
    1. ketika melihat orang coba menalar sesuatu dibalik keajaiban dari Allah (seperti zam-zam), bukan berarti orang itu tidak meyakini (meragukan) akan kekuasaan Allah. Tapi justru dengan penemuannya itu bertambahlah keimanannya, meskipun seandaianya dia gagal menalar hal tersebut dia pun tetap beriman. Jadi, mengilmiahkannya bukan berarti ragu terhadap kebenaran Allah.
    2. Allah memberikan berkah-Nya seperti zam-zam bukan untuk dibiarkan begitu saja. Tapi disyukuri dengan cara memelihara dan memanagenya.
    Alhamdulillaah..suwun pak dhe…

  28. subhanallah.. kuasa Allah..

  29. Luar biasa manfaat air zam-zam itu yo. dengan kandungan mineral yang begitu tinggi memang sangat membantu setiap orang yang melakukan perjalanan di daerah tersebut, yang kondisi udaranya sangat berbeda dengan Indonesia yang adem. artinya, kalo kita di Indonesia setiap hari minum air zam-zam bisa ada kemungkinan juga kurang bagus, makanya air zam-zam gak ada di Indonesia. Wallahualam…

  30. Betapa besarnya keagungan dan kekuasaan Allah. tapi kenapa kita masih lalai menjalankan perintahNya. Astaghfirulloh

  31. mad … emang sumur ente keriiing…
    mad mad … wong isu ko yakin…
    air zam zam ama air biasa kan beda mad…

  32. ana Taqjubbbbb……

  33. Ahmad
    Kalau anda meyakini isu itu, yang pasti sih ada yang menipu. Ntah Arab yang menipu atau isu yang menipu :)

  34. wahai orang arab berilah penjelasan kpd kt semua disini…peace!

  35. ada isu klo sumber air zam2 sdh kering dan air yg skrg ini bukan dari sumur zam2 melainkan dr sulingan air laut….klo itu semua bener, brarti kt semua tertipu dong sm orang arab.

  36. Saya seneng sekali semua bisa berkomentar dengan pendapat dan ilmu masing-masing. Tapi yang perlu diyakini adalah bahwa ilmu manusia terbatas, sedangkan ilmu Allah maha luas.
    Terkadang manusia baru bisa mendapatkan jawaban atas makna larangan dan perintah Allah setelah sekian ribu tahun dari turunnya Al Qur’an.
    COntoh :
    Umat Islam dilarang makan babi. Ternyata setelah diselidiki oleh ilmuwan, babi mengandung cacing pita yang tidak akan mati walaupun telah dilakukan proses pemasakan.

    Umat Islam diwajibkan membasuh dengan tanah dan air jika dijilat anjing. Karena setelah dilakukan penelitian, kuman yang ada di air liur anjing tidak akan hilang walau dicuci dengan sabun. Cukup dengan tanah dan air saja.

    Jadi mungkin saat ini, kemampuan manusia meneliti secara total tentang air zam-zam belum terkupas tuntas, tapi yang perlu diyakini adalah bahwa Allah pasti tidak pernah salah tentang segala hal yang telah dicantumkan dalam Al Qur’an.

  37. Alhamdulillah, Segala puji bagi Allah SWT yang telah menciptakan segala sesuatu di muka bumi ini tanpa sia-sia. Artikel ini sangat menarik dan menjadi pengetahuan baru bagi umat.

    Karena itu, kepada Pak dhe, mhn maaf saya ikutan nyontek dan saya copy paste artikel ini. Saya akan coba sebarluaskan. Saya percaya, masih banyak yang perlu digali lagi.

    Saya bukan ahlinya untuk berbicara ini. Memang yang saya tahu dan informasi yang sebelumnya saya dapatkan, sumur zam-zam yang ada saat ini berasal dari sumur zam-zam yang terjadi sejak zaman Nabi Ibrahim melalui istrinya siti hajar dan putranya Ismail. Sumur ini kemudian digali kembali oleh Kakek Nabi Muhammad SAW yang bernama Abdul Muthalib.

    Pak dhe, mungkin akan lebih komplet lagi, bila ada keterangan yang menyatakan tentang relokasi atau penggalian sumur zam-zam ini dilakukan kembali atas perintah siapa? Khususnya di zaman pemerintahan kerajaan arab saudi?

    Matur nuwun pak dhe atas informasinya. Sekali lagi, mhn ijinnya untuk nyontek.

    Wassalam.

    syafik

    –> Syafik, Kisah yang pernah saya dengar penggalian oleh Kakeknya Nabi Muhammad. “Perintah” itu konon dari mimpi beliau ketika sedang tidur di hijir Ismail. Itu bukan jaman kerajaan Arab Saudi. Kerajaan Arab itu baru muncul setelah kekhalifahan terakhir. Pada jaman sebelum Nabi lahir, daerah mekkah ditinggali oleh suku-suku (tribes), bukan kerajaan. MAsing-masing suku bertanggung jawab pada bidang masing-masing.

  38. terima kasih sangat bermanfaat sekali ilmu pengetahuannya untuk menambah wawasan dan dan tentunya menambah iman kepada ALLAH SWT

  39. thanks for your information

  40. dongengnya bagus saya suka

  41. Sumur Zam-zam yang sekarang ini secara arkeologis (sejarah) diketemukan kembali oleh kakeknya Nabi Muhammad. Tetapi “dipercaya” secara agama sudah ada sejak jaman Nabi Ibrahim.
    Jadi bisa bener bahawa sumur Zam-zam yang sekarang ada itu terletak pada lokasi dimana Siti Hajar menemukan mata air. Tetapi bisa juga yang aslinya ini disekitar-sekitar situ saja. Karena menurut kisahnya tidak jauh dari lokasi ketika Siti Hajar lari dari bukit Sofa ke Marwa.

  42. aku bingung nih, air zam-zam itu udah ada sejak Ibrahim atau baru ditemukan Mohammad

  43. Subhanallah…

  44. [...] Materi di bawah ini kita ambil dari: rovicky.wordpress.com [...]

  45. Sangat baik dan bermanfaat, saling link kang. Artikel ini juga dapat kita copy paste untuk melengkapi tulisan kita? Tentu kita sebut sumbernya.
    Suwun

  46. SUBHANALLAH…..!!! MARI LAH KITA TERUS MENSYUKURI NIKMAT ALLAH SWT INI, DENGAN TERUS MEMANFAATKAN DAN MENJAGA KEBERKAHAN DARI SUMUR ZAM-ZAM INI.

  47. Tapi…denger2 air yang sekarang di urus pemerintah arab tentang air dari sumur zam-zam ga asli lagi. tapi dari air yang di olah dari tempat lain. gimana nih para haji/hajah tahu yang mereka bawa asli dari air sumur zam-zam atau bukan.?????? d

  48. Subhanallah… Alangkah Maha Besarnya Kuasa Allah… Indonesia yang ada di daerah tropis harusnya tidak kekurangan dengan air… tapi knapa sering terjadi kekeringan.

  49. allah telah merahmati sumur zam-zam,tapi ingat ALLAH lahlah yang punya kuasa atas kehidupan manusia.jangan kita jadi orang2 yang syirik,amin

  50. kok air zamzam gak ada kandungan kloridanya?

  51. ALLAH HUAKBAR !!!!!SUNGGUH MANUSIA TIDAK AKAN SAMPAI DAN MAMPU UNTUK MEMPELAJARI KEBESARAN ALLAH DAN RAHASIA NYA. SALAM LESTARI………….(FALAH)

  52. iya air zamzam banyak manfaatnya lebih karena kandungan mineral yang tinggi ketimbang air dari tempat yg lain.. mungkin Allah memberikan keberkahan kepada kota Makkah berupa air tsb.

  53. as.w.w, semoga Allah selalu memlimpahkan rahmat pada kita sekalian, amin……., salam kenal….salut buat pemilik blog. saya harus mulai dari mana…ya…karena sudah banyak komentar2 para pakar baik secara keilmuan maupun pakar keagamaan.
    yang pertama saya menceritakan pengalaman saya sewaktu melaksanakan umrah…pada hari pertama memasuki kota mekkah malam hari kami langsung melaksanakan ibadah umrah, maka setelah selesai dan istirahat tidur di hotel, bangun subuhnya kaki terasa sangat sakit karena di indonesia tidak terbiasa jalan kaki, tapi karena sudah waktu subuh saya paksa untuk ke masjidil haram, dan disana saya meminum air zam-zam dua gelas dengan cara menghadap ka’bah gelas dipegang pake tangan kanan sambil memohon kepada Allah untuk kesembuhan kaki saya, dan ini saya lakukan setiap sebelum dan sesudah sholat wajib, alhamdulliah besoknya kaki tidak sakit lagi, padahal kalau di indonesia, pernah begitu minimal 1 minggu baru sembuh. wallahualam.
    untuk komentar mengenai perbedaan antara ilmu pengetahuan dan al-qur’an saya rasa tidak ada perbedaan karena al-qur’an adalah merupakan petunjuk bagi umat islam dan seluruh manusia, jika ada perbedaan, itu adalah karena manusia belum bisa mempelajari ilmu pengetahuan tersebut dengan sempurna, padahal kalau nanti ilmu geologi mengenai sumur zamzam sudah ditemukan pasti akan klop dengan ilmu al-qur’an. kalau tidak bisa juga, pasti hal tersebut diluar kemampuan ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia. kalau sudah demikian maka ber imanlah kepada Allah, karena Allah maha perkasa penguasa langit dan bumi, dan kepada Nya kita akan kembali, semoga jangan ada yang tersinggung, kalau ada saya mohon maaf terlebih dahulu, sekian wasalam, fachri ubadiyah

  54. saya kira sebagian besar yang kasih comment di sini masih belum terbiasa minum air zam-zam :) jadi masih dalam ‘kerangka teori dan hayalan dan keinginan untuk menonjolkan diri’ doang :)
    kalo mo coba buktiin, di jakarta banyak kok yang jualan air zam-zam. di condet ada, di tanah abang ada.
    cobain deh minum tiap hari, baru comment.

  55. Sebagian penduduk saudi kan emang tiap hari minum air zam2 (lewat pdam saudi)?
    mereka kayaknya masih oke2 ajah :)

  56. orang arab itu sangat memegang rahasia,bagi pengikutnya yang berkhianat hukumannya pasti pancung,jadi bila ada rahasia-rahasia yang penting,jangan coba-coba di bocorkan,atau kepala yang jadi taruhannya.Saya rasa pasti ada yang dirahasiakan di balik sumur zam-zam itu.Di indonesia saja yang curah hujannya yang sangat tinggi saja takkan bisa mempertahankan air Sumurnya,untuk minum sekeluarga saja sdh habis.

  57. Kita harus sering membaca kisah Nabi Ibrahim as akan mengetahui timbulnya air Zamzam

  58. Saya kira kalau Pakde melihat dari sisi ilmu ya pasti ga cocok kalau dilihat sebagai keyakinan. Ilmu itu pastinya berbeda cara pandang dengan Al Quran. Apa iya ada orang yang selama bertahun-tahun “hanya” meminum air zamzam saja ? Aku sepakat mungkin saja memang tidak menyehatkan kalau “terlalu” banyak sesuatu kandungan mineralnya. Susah dibuktikan. Kalau keyakinan kan ngga perlu bukti.

  59. saya agak kurang pas dengan kata – kata ” Meminum air zamzam setiap hari selama hidup mungkin bukan hal yang baik.” terlepas dari persediaan yg katanya bisa habis, namun saya rasa tidak pas rasanya terlontar kalimat tersebut. Saya yakin, apa yg diberikan Alloh kepada hamba-nya apalagi dibahas dalam Quran adalah hal yg tidak menyehatkan.

    kemudian tentang asumsi hujan 50mm pertahun Kalau daerah tangkapan hujannya 60 km2 dan curah hujan total pertahun 50 mm (0,05 m),maka suplai air kesumur pertahun = 3 juta m3. (Di beberapa daerah dengan luas 60 km2 di wilayah Indonesia curah hujan 50 mm ada yang dicapai hanya dalam 1 – 2 jam saja .).Bila pertahun jamaah haji 2 juta orang dan tiap orang bawa 1 jrigen 20 literan, maka air yang diambil baru diambil 2 juta X 20 liter=40 juta liter= 400 ribu m3. Jadi cukup aman dari kekeringan. —–> saya setuju jika curah hujan 50mm. memang di sini curah hujan sangat2 kecil. bahkan bisa dibilang 30 menit gerimis saja setahun. namun apakah semua air hujan akan bermuara ke zamzam ? dan apakah anda hanya menganggap air zamzam hanya dikeluarkan untuk oleh2 ? 1 jirigen 20 lilter kan hanya untuk oleh2. berapa yg diminumum di tempat, berapa yg dijual, berapa yg diambil saat umroh, dll.

  60. Kang Agus Safar artikel analysis ionnya aku kirim langsung ya ?
    Tolong alamat emailnya donk, kirim ke aku dulu di rovicky@gmail.com
    Salam buat kluarga.

    Saya quote salah satu alineanya


    “the zam-zam waters contain an abnormally high level of anions and cations compared to the natural mineral waters and the tap waters that were analyzed. It is obvious from this result that this water is of totally different quality than the available natural mineral water and tap water. Its medicinal value is probably partially attributed to its abnormally high mineral content”

  61. Ass.Wr.Wb
    Piye Kabare Pa’Dhe.
    Ada yang ingin aku tanyakan dari tulisan di atas “Tidak seperti air mineral yang umum dijumpai, air Zamzam in memang unik mengandung elemen-elemen alamiah sebesar 2000 mg perliter”.
    1. Apakah yang dimaksud dengan kandungan elemen-elemen alamiah tsb adalah nilai dari Total Disolved Solid (TDS)air zam-zam…?
    2. Ada ga keterangan yang menyebutkan bahwa angka sebesar 2000 mg merupakan angka dari hasil analisa air zam-zam in situ ataukah setelah hasil “menjaga kualitas melalui bangunan kontrol” (water treatment plant..?).
    OK. trims pa’dhe……sukses 4u.

  62. Waduuh….. sampe 2x Salam…….maklum sudah lama gak kirim komentar ke blognya pak dhe Rovicky….nyuwon sewu nggih pak dhe…..

  63. Wah menarik juga membaca tentang air zam2….barusan saya merasakan lagi air zam2 dari seorang teman yg barusan pulang haji.

    Saya pernah membaca artikel yg judulnya lupa bahwasanya pemerintah arab saudi mempunyai PDAM yg mana airnya merupakan hasil destilasi / penyulingan air laut, air sulingan ini selain disalurkan via pipa ke rumah2 masyarakat juga disalurkan ke Mekkah dan Nabawi melalui pipa utk menjaga kwalitas dan kwantitas distribusi air zam2….apa ini benar pak dhe…?

    Tentang komentar orang yg mengatakan :

    Apa bener sih itu air berkhasiat? katanya sudah berpuluh puluh tahun lalu sumur zamzam itu kering dan yang dipakai sekarang adalah air PDAM orang orang bodoh saja membesar besarkan
    Komentar oleh maksiat — 22 Agustus 2007

    Cukup menggelitik juga komentar orang ini, mungkin kalau sudah membaca bukunya “Masaru Emoto ttg The Power Of Water” dgn disertai keterbukaan dan kejujuran hati mungkin akan berobah juga pandangannya…….lah iya air zam2 itu didoakan yg baik2 oleh orang sejagat……otomatis bentuk kristal hexagonal dari air zam2 akan lebih baik dan sempurna……inilah yg membuat air zam2 itu berkhasiat………..Masaru Emoto San membutuhkan waktu yg sangat lama utk meyakini hal ini…….

    Padahal sejak dari zaman dahulu air sering dipake oleh mbah dukun2 atau kyai2 utk sarana mengobati orang sakit…………Subhannallah…..memang kesembuhan itu adalah milik ALLAH hanya dilewatkan dari beberapa sarana spt dukun, dokter, orang pinter dll……mungkin sesuai dgn hadis qudsi yg mengatakan : “ALLAH itu sesuai dgn prasangka hambaNYA” ……ada salah seorang teman dokter di yogya yg meneliti ttg hal ini lho…?

    Katanya seluruh sel2 dan metabolisme tubuh bekerja mengarah menurut apa yg kita prasangkakan, akhirnya teman tadi berhasil mempertahankan thesisnya utk menjadi dokter ahli penyakit dalam……..Maha Benar ALLAH dgn segala firman2NYA…..

    Salam,
    AIR

    Salam,
    AIR

  64. pre settlement cash advance advance cash settlement advance cash chicago settlement

    There no fax payday advance loan advance cash loan? payday ?

  65. -> Sofyan J Anom
    Wah kalau pertanyaan yang belum terjawab buanyak Mas Sofyan. Misalnya soal fracture basement ini. Tidak hanya dalam hydrogeologi, dalam perminyakanpun masih banyak yang belum tahu bagaimana cara memodelkan “fracture basement”. Saya malah membayangkan kalau saja kita tahu bagaimana memodelkan fracture basement yang dipelajari dari Sumur Zamzam ini akan sangat bermanfaat dalam industri Migas. Jadi akan ada manfaat lain yang “ditimba” dari sumur ajaib ini, kan ?

  66. Membaca uraian Pak Rovicky di atas, apa yg selama ini merupakan mitos menyangkut sumur Zam-zam telah mendapat penjelasan ilmiahnya (baik yg meneguhkan maupun yg menyangkal). Namun, dari sekian banyak penjelasan ilmiah mengenai sumur Zam-zam, masih adakah pertanyaan yg tersisa, yg hingga saat ini belum terjawab (masih menjadi rahasia yg belum terungkap), ditinajau dari perspektif iilmiah, khususnya hidrogeologi?

  67. Pada th 2000, saya sempat melihat sumur air zam-zam dengan pipa warna biru dan ditutupi oleh kaca yang tebal. Thn 2003, sudah nggak bisa lihat pompanya lagi alias tangga turun untuk ke lokasi air zam-zam sudah ditutup. Pertanyaan yang masih menyelimuti saya adalah sumbernya dari mana apakah dari laut atau air hujan. Kalau dari laut, berarti harus ada tekanan yang super kuat untuk mendorong air tersebut agar bisa sampai ke Makkah yang di tempat lain tidak keluar. Fungsi kapilaritas, wallahu’alam??!! Jarak laut terdekat ke Makkah antara 70-80 km. Itupun lokasi Makkah dikitari oleh batuan kristalin nan sangat kompak, a.l. Jabbal Nur. Kalau lewat fracture, fracture yang mana, karena batuan semuanya sudah mengalami weathering yang kronis. Kalau air zam-zam berasal dari hujan, kelihatannya nggak mungkin sebab hujan sangat-sangat jarang, air hujan juga sulit infiltrasi masuk keserap bumi mengingat litologinya sekitar Makkah adalah batuan beku dan kering (wetability rendah ?!). Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaaha illallah Allahu akbar.

  68. jd ingin minum air zam zam,,,,,,,,

  69. assalamualaikum
    ketika membaca artikel ini, rasanya bulu kuduk saya berdiri meskipun telah telat membaca, tetapi alhamdulillah dipertemukan dengan ini. pak saya pernah membaca artikel juga bahwa air zam-zam susunan partikelnya lain dengan air biasa. kalau air biasa partikelnya hanya seperti intan tetapai masyaAllah air zam-zam partikelnya seperti berlian yang selalu berkilauan. saya mohon untuk diberi penjelasan tentang hal ini.maaf jika ada salah kata.wassalam

  70. sungguh luar biasa mukjizat air zamzam.Puji syukur kepada Allah yang telah memberi umat Islam kelengkapan untuk hidup sehat, salah satunya air zamzam. Saya sering minum, untuk mempercayainya anda harus membuktiab sendiri, yaitu dengan minum air zamzam sesuai tata cara yang dituntunkan nabi.

  71. wah,ttg Pdam, sy bnr2 berterimakasih atas infox..

  72. air zam-zam juga bagus untuk merukiyah orang looo…
    maksudnya bagus untuk mengobati orang..
    adek saya kmaren teriak-teriak, sama ibu saya diusapin air zam-zam…subhanallah.. langsung diem
    subhanallah

  73. pak de yg terhormat…
    Assalamualaikum wr wb…
    apakah ada persamaan antara sumur zam zam dgn sumur lumpur yg di porong sidoarjo…??
    makasih pa de..
    wassalam wr wb

  74. “Bahkan pertanyaan yg masih aku ga bisa menjawab adalah … siapa yag menemukan sumur Zamzam ini ? Aku sih menjawab secara ilmiah ya Kakeknya Nabi. Karena beliaulah yg paling akhir menjumpai dan sampai sekarang masih ada.
    psst konon pernah juga tuh airnya sedikit atau kering.”

    pakdhe bukankah sumur zam-zam adalah salah satu irhas (mukjizat sebelum kenabian) nabi ismail waktu kecil yang menghentakkan kakinya ketanah kemudian, siti hajar mengucapkan zam-zam yang artinya berkumpullah-berkumpullah. air ini lah yang membuat mekkah seperti sekarang, karena menurut riwayat sejarah jazirah arab. bahwa mekkah dulunya adalah lembah yang tandus yang bahkan tidak berpenghuni. mohon maaf kalo tidak melihat dari segi geologi, tapi dari segi sejarah.

    @ Nadegnow,
    Yang anda tulis diatas itu dari segi keimanan. Kalau dari segi sejarah yang terbaca hanya sampai Kakeknya Nabi Muhammad yg menemukan kembali setelah terkubur ribuan tahun. Mujizat itu bisa saja selalu ada … saya juga yakin, Tetapi bentuknya bisa tidak sekedar tetsan air, tetapi juga tetesan ilmu.

  75. Soal khasiat itu hampir semua air berkhasiat. Karena itu air sering dipakai sebagai lambang sumber kehidupan secara simbolik. Secara ilmiahpun banyak yang menganggap air sebagai awal kehidupan :)

    Akan halnya PDAM di Saudi, sebenarnya bukan itu maksudnya trus air diambil dari sungai sumber sekain sumur Zam-zam dan diproses. Tetapi Air zam-zam ini dikelola oleh sebuah badan khusus, dan perlu diketahui bahwa air zam-zam yang kita minum di Makah-pun sudah diproses (tanpa merubah rasa) sehingga lebih higienis dan juga perlu diatur distribusinya (ada yg dikirim ke Madinah, masjid Nabawi). Jadi badan (semacam PDAM) ini memang ada tetapi sumber airnya tetap dari Sumur Zam-zam.

  76. apa bener sih itu air berkhasiat? katanya sudah berpuluh puluh tahun lalu sumur zamzam itu kering dan yang dipakai sekarang adalah air PDAM orang orang bodoh saja membesar besarkan

  77. Terimakasih ilmunya pak rovicky, sy kenal bapak sejak msh mhs,kalo soal bagi2 ngelmu bapak jagonya, ditunggu ngelmu2 selanjutnya ya pak, mohon ijinnya kalo saya mau nulis tentang hidrogeologi daerah arid saya ambil studi pustaka dari bapak,terimakasih atas perkenannya

  78. Matur nuwun soal informasinya tentang sumur zamzam, sangat menarik :). Terutama tentang stratigrafi di sekitar Ka’bah yang sudah lama saya cari-cari. Sudah beberapa lama saya mencoba mengembangkan model2 yang “mungkin” bagi kejadian menggemparkan yang menimpa tentara bergajah dibawah pimpinan Abrahah menjelang kelahiran Nabi SAW. Pasukan besar yang disebut-sebut musnah oleh serbuan burung-burung yang berbondong-bondong (thayran ababil) yang menghujaninya dengan batu-batu panas (sijjil). Jika kita merujuk pada ayat-ayat kauniyah yang dipahami di masa kini, serta dengan ciri-ciri kehancuran yang diciptakan oleh hujan batu panas ini, dalam bentuk luka-luka bakar yang mengerikan itu serta menelaah sedikit kondisi geologi Makkah dan sekitarnya, saya berhipotesis kejadian itu lebih disebabkan oleh tumbukan benda langit, alias tumbukan meteor, dengan skenario tumbukan yang mungkin mirip kasus Sikhote-Alin di tahun 1947 silam. Jika dikaitkan dengan kasus erupsi vulkanik, koq rasanya ‘jauh’ ya, sebab vulkan2 di sekitar Makkah selain sudah tererosi berat (hingga menyisakan lapangan vulkanik/Harrat dengan kerucut2 tufa kecil saja) jaraknya juga jauh2 mencapai ratusan kilometer.

    Sebelum membaca artikel sumur zamzam ini, permukaan Wadi Muhassir (5 km dari Ka’bah) – lokasi hancurnya pasukan gajah itu – diasumsikan sebagai hasil pelapukan basalt yang memang umum dijumpai di tanah Hijaz (Simkin dan Siebert, USGS, 1994) sebagai produk vulkanisme 25-30 juta tahun silam bersamaan dengan pembukaan Laut Merah. Untuk target basalt ini, estimasi kecepatan tumbuk meteor-meteor itu sekitar 300 km/jam. Namun dengan informasi baru soal alluvial Wadi Ibrahim ini, yang demikian tebal, nampaknya saya harus menghitung ulang kecepatan tumbuk itu karena respon alluvial terhadap tumbukan benda langit sangatlah berbeda dibandingkan batuan kompak seperti basalt disebabkan oleh perbedaan densitasnya.

    Terkait sumur zamzam ini, ada dua hal yang perlu digarisbawahi. Pertama : benar, sumur zamzam itu diketemukan (digali) kembali oleh Abdul Muthalib. Namun masa ‘menghilangnya’ sumur zamzam (yang dulu berwujud telaga) itu tidaklah sampai 4.000 tahun. Merujuk pada Prof. Yahya (Yahya. 1985. Perpindahan-Perpindahan Kekuasaan di Timur Tengah. Jakarta : Bulan Bintang), dr. Maurice Bucaille (Bucaille. 1974. Bibel, Sains dan al-Qur’an. Jakarta : Bulan Bintang) dan National Geographic (Abraham, Journey of Faith. National Geographic, Dec 2001), Nabi Ibrahim AS (dan juga Nabi Ismail AS) hidup di sekitar abad 18 BCE (Before Common Era). Sepeninggal Ismail AS, lembah Makkah dihuni oleh suku Jurhum dan pada masa inilah telaga zamzam mengering, yang terjadi menjelang invasi dan aneksasi Makkah oleh suku Khuza’ah. Beberapa lama kemudian suku Khuza’ah ditaklukkan oleh suku Quraisy, keturunan Ismail AS. Dan pada masa Quraisy inilah sumur zamzam digali kembali oleh Abdul Mutthalib, yakni pada abad ke 6 CE. Sehingga dari abad 18 BCE hingga 6 CE terdapat rentang waktu maksimum 24 abad alias 2.400 tahun surya. Jika digunakan itung2an tahun bulan, maka rentang waktunya menjadi (2400/33) + 2400 = 2.472 tahun bulan, karena 33 tahun surya = 34 tahun bulan. Ini jauh dari angka 4.000 tahun.

    Kedua : kandungan mineral air zamzam. Sayang pak RDP nggak mencantumkan pH-nya, namun dengan kandungan Natrium, Kalsium, Kalium dan Magnesium yang melimpah serta di sisi lain juga terdapat Sulfur yang melimpah pula, ini mengesankan batuan akuifer air zamzam ini adalah kombinasi sedimen marin dengan endapan vulkanik (terestrial ?). Ini sangat jarang dijumpai pada sebuah waterspring ataupun hotspring, menurut saya. Ambil contoh saja mata air panas Parangwedang, dekat Parangtritis, yang menjadi salah satu penanda patahan Opak. Meski lokasinya tidak jauh dari Gunung Merapi dan berdiri di atas batas alluvial muntahan Merapi dan sedimen marin dari Pegunungan Selatan, namun mineral di hotspring ini lebih didominasi unsur2 sedimen marin sehingga bersifat basa. Kira-kira kenapa ya sehingga bisa muncul keunikan pada air zamzam ini ?

  79. tulisan yang bagus mas…. (memang RDP kagak ada mati’nye’….)
    great… keep posting truss mas.. (mencerdaskan kehidupan bangsa…)

  80. Pak dhe,
    Jarang lho, ada orang yg tanpa pamrih menyebarkan ilmunya, kados panjenengan. (maksudnya:tdk membawa2 keyakinan/ideologinya dlm penjelasan atau mengarahkan kesimpulan utk membenarkan ideologinya sendiri).

    Thanks pak dhe, tdk hanya ini yg menarik hingga mbuat aku senang belajar lagi hal2 baru meski diluar background ilmu waktu sekolah+kuliah dulu.

    Seringkali manusia “malas” memfungsikan akal pikiran dan memanfaatkan anugerah pada dirinya yg lain secara lebih optimal dikit. Itulah yg bikin orang cepet pasrah (dlm artian negatif): “Jangan bicara begitu, bagaimana Allah saja yang mengatur”. Kalo saja orang2 yg tinggal di Mekkah punya pikiran spt ini (pasrah scr negatif), bisa kita bayangkan betapa tambah amburadulnya kegiatan ibadah haji tiap tahunnya. Tapi yg kita lihat sekarang adalah sebuah usaha riel manusia utk menjaga Amanah Allah; begitu banyak produk2 IPTEK yg menopang kehidupan sehari2 di sekitar Ka’bah. tidak perlu dijelaskn satu persatu; yg pernah/sering kesana akan paham hal ini. Termasuk air zamzam diatas.

    Manusia mempunyai rencana, manusia juga yg melaksanakan, dan manusia sendiri yg akan menerima akibatnya. Dan Allah Maha Kuasa, Maha Tahu atas segala sesuatu, semuanya akan bertanggung jawab kepadaNya.

    Suwun

  81. Cobain …. manusia whajib mengetahui ciptaannya, untuk lebih mengerti dan mengenali kekuasaanNya.

  82. Allah maha kuasa

  83. Jika air zam zam bersumber dari laut, maka akan ada kandungan NaCl (garam dapur) yang tinggi.

    Namun, jika memang dalam perjalanannya dari laut sampai Mekkah terdapat filter/ lapisan batuan yang dapat menyerap ion Cl dan Na, maka air akan berkurang kadar garamnya.

  84. Wah…
    Jadi pengen lihat langsung nih..

  85. Saya pernah baca (tapi sorry, lupa dimana tepatnya) bahwa air sumur zamzam berasal dari air laut. Konon ada rekahan bawah tanah yang bermuara di laut dan berujung di sumur zamzam. Air laut merembes melalui rekahan ini, dan mengalami proses destilasi secara alami selama mengalir melalui pasir gurun. Dalam perjalanannya, air ini juga membawa sejumlah mineral dari batuan/pasir yang dilewatinya. Ini menjelaskan kenapa sumur zamzam tidak pernah kering (dan semestinya tidak akan pernah kering selama air laut masih ada :) , atau selama tidak ada yg menyumbat rekahan tsb), serta kenapa kandungan mineral didalamnya begitu tinggi. Wallahu a’lam.

  86. Alhamdulillah.
    May GOD always bless you and also for all readers.
    Wassalam.

  87. wah saya jadi terkesima dengan cerita zam-zam ini…
    memang kalau punya ilmu harus dibagi-bagi yah…jadi yang ikutan pinter deh kaya bapak…(belom brani aah panggil pa’ dhe kaya diatas, wong blom kenal…salam kenal yah…)

    Allah memberikan jalan dan fasiltas bagi kita, tak sepantasnya kita tidak merawat dan menjaganya…

    wasalam

  88. Subhanallah….
    ternyata masih ada orang yng tau dan mau berbagi elmu sperti bapak…
    boleh ya pak saya copy elmunya…. Thank’s
    ada yng ke3 ngak … pak…
    wassalam

  89. terima kasih buat paparan pakdhe dan ompapang diatas…
    nambahi ilmu saya nih…

    sya setuju pakdhe, intinya ternyata dibalik kandungan mineral zam zam yang tinggi, rupanya Alloh memang sudah membuat rencana yang paling bagus, bahwa kandungannya emang dibuat tinggi agar menjaga konsumsi/demand terhadap air zam zam juga gak berlebih sehingga sumur gak akan “asat”

    @ompapang
    wah om, paparanya detil banget, termasuk “pupuk” sumbangan dari para jamaah.. hehe
    tapi bener juga, dan sama sekali gak kepikir juga ya sya :)

  90. yah, memang…
    Alloh berkuasa membuat segalanya…
    agar manusia berfikir

  91. Mungkin masih banyak “keanehan” yang terjadi pada sumur zam-zam, tapi dalam hal ini pikran kita jangan dipaksa untuk merasionalkan hal tersebut, maksud saya, jika ada sisi yang tidak terjangkau, kita “lepaskan dulu”. Semua atas kehandak Allah.
    Seperti teman saya yang beberapa waktu lalu pulang dari Brunei. Orang Brunei, ketiak ditanya masalah minyak yang terdapat di bawah tanahnya yang secara rasional akan habis, mereka menjawab, “Jangan bicara begitu, bagaimana Allah saja yang mengatur”. salam.

  92. Tentang air zamzam pernah ditayangkan di televisi. Pemerintah Arab Saudi menggunakan sinar laser untuk menjaga kemungkinan adanya bakteri dalam air zamzam. Air zamzam dipompa dan didistribusikan melalui jaringan pipa ke seluruh kota Mekkah.

    Manusia harus memelihara air zamzam ini karena Alloh telah menjadikan manusia sebagai khalifah di muka bumi.

    Perjalanan air zamzam bawah permukaan yang cukup deras, memungkinkan pelarutan mineral yang lebih intensif dari batuan yang dilaluinya.

  93. Masya-Allah, kajian ilmiah yang cukup bagus. Mencerahkan…!?

  94. Benar2 ajaib,n Kok bisa ya sampai ratusan tahun airnya ga kering. yang ngambil airnya kan jutaan orang. Padahal sumur di rumah saya saja pasti kering kalo kemarau. Cuma di pake sekeluarga aja. Wah,………memang benar2 ajaib.

  95. Pak Rovicky ijin mencantumin blog Bapak di Blog saya.
    Maturnuwun Pak.

  96. pak dhe dan om papang kajian ilmiah yg sangat bagus ttng air zamzam. kyaknya rahasia allam di islam itu emang agak unik. bagaimana kok bisa jenis mineral di air zamzam itu bisa sebanyak itu? trus kenapa air zamzam itu debitnya ga berkurang, walaupun berkurang tidak begitu banyak.?Masya Allah……..
    tapi tetap kita coba mencari alasan2 logis, biar gimanapun pasti ada alasan logis.
    makasih artikelnya pak dhe

  97. tambahan:
    200 cc/hari yang bener 200cc/orang -hari
    200 gr/hari maksudnya 200 gr/orang-hari

  98. Terima kasih pak dhe, air zam-zam pesenanku dulu sudah tersaji.
    Kalau daerah tangkapan hujannya 60 km2 dan curah hujan total pertahun 50 mm (0,05 m),maka suplai air kesumur pertahun = 3 juta m3. (Di beberapa daerah dengan luas 60 km2 di wilayah Indonesia curah hujan 50 mm ada yang dicapai hanya dalam 1 – 2 jam saja .).
    Bila pertahun jamaah haji 2 juta orang dan tiap orang bawa 1 jrigen 20 literan, maka air yang diambil baru diambil 2 juta X 20 liter=40 juta liter= 400 ribu m3. Jadi cukup aman dari kekeringan.
    Btw, lama kelamaan tanah di Mekah akan subur sekali (kaya akan unsur hara), sebab dari 2 juta orang jamaah tersebut akan menghasilkan pupuk urea cair paling tidak 4 ribu m3 perhari ( 200 cc/hari) dan pupuk padat semacam pupuk” kandang” = 4 ribu ton perhari ( 200 gr/hari). Kalau itu diimbangi dengan pelestarian sumber air dan dikelola dengan baik, alam disana akan ijo royo-royo sepanjang tahun.

  99. Aku kok ngga percaya sumur ini akan kering, Pakdhe. Kayaknya harus diyakini bahwa Allah akan selalu menjaga rumahnya.
    Bukanlah Ka’bah dan lingkungan sekitarnya ini disebut “Baitullah” ?

  100. Kalau miskontrol, ya bisa saja hilang begitu saja. kenapa tidak ? Paling2 semua ribut trus menyatakan gara-gara banyak dosa lah … banyak maksiat lah … seringkali nuansa non ngilmiah akan lebih kenceng ….
    Bahkan pertanyaan yg masih aku ga bisa menjawab adalah … siapa yag menemukan sumur Zamzam ini ? Aku sih menjawab secara ilmiah ya Kakeknya Nabi. Karena beliaulah yg paling akhir menjumpai dan sampai sekarang masih ada.
    psst konon pernah juga tuh airnya sedikit atau kering.
    Tapi keajaiban bisa saja muncul dari otak pengelola … dengan membuat hujan buatan ? … bagiku itu juga miracle “membuat otak yang bisa mengatur cuaca/hujan” :)

    > Sekarang aja air zam-zam sudah banyak dijual di tanah abang. So buat
    > yg pergi haji dan lupa beli air, cukup mampir di tanah abang aja dan
    > beli di sana.
    > Kalau bisnis kayak begini berkembang, potensi habis-nya air zam-zam
    > akan makin besar.

    Dulu tahun 2005 ada air “kemasan” diberinama (label) Air Zamzam dijual di Inggris dan akhirnya DILARANG karena mengandung ARSEN http://www.food.gov.uk/news/newsarchive/2005/oct/zamzam
    Banyak yang menduga palsu, tapi kalau dilihat dari kandungannya sebenernya air ini juga anomalous untuk jenis “hard carbonated water”, sering juga dikenal dengan air mineral.
    Ini juga miracle … sebuah usaha “memalsukan yang justru menyelamatkan” air sumur dari ‘demand’ yang terlalu besar …..
    whallah tergantung dari mana mata memandang ya ? :P

  101. Kira-kira apa ya yang akan terjadi kalau ternyata kontrol tidak berjalan sesuai rencana dan air zamzam habis ?

  102. Pakdhe … tolong dijitakin itu si Tole :P

  103. Silahkan saja kalau mau dibagi-bagi ke kawan2 lain,
    Salam buat rekan2 PusdiklatMigas

  104. pengetahuan yg menyejukkan…saya izin utk masukkan ke website lokal di pusdiklatmigas ya pak…

  105. Mas Ibrahim,
    Memang kandungan mineralnya sangat banyak dibanding air mineral biasa. tetapi aku yakin ada kadar tertentu yg diperbolehkan. Meminum air zamzam setiap hari selama hidup mungkin bukan hal yang baik. Itulah sebabnya (barangkali) mengapa air Zamzam berasal dari sumur yg jumlahnya terbatas, bukan dari danau atau lautan yang berlimpah.

    Sakjane aku dewe masih tertegun.
    Mungkin aku terlalu mudah menjelaskannya, lah namanya juga membuka rahasia alam :). Tapi aku sendiri sedang tercenung pingin ngitung berapa jumlah hujan pertahun dan berapa air yang keluar disedot utk jamaah yang 2,2 juta pertahun … lah penduduk sekitarnya apa ya ngga mau ikutan nyedot air sumur, ya ?
    Ada sih yang bilang air tanahnya sangat-sangat dikontrol utk mensuplai Sumur Zamzam.
    Ah bagiku ya masih banyak rahasia disana.

  106. Kandungan elemen alamiahnya lebih banyak dari air mineral biasa, berarti lebih bagus ya untuk kesehatan. Pak Dhe, kalo dari segi electromagnetis air-nya ada nggak ya?

  107. Allah Maha Besar, Maha Pencipta …. Masihkan kita meragukan-nya?

  108. Sungguh ajaib …. sumur yang menurut geohidrologi hanya seperti sumur biasa kok bisa bertahan ratusan tahun ya ?
    Tapi Pakdhe percaya ya, sumur itu sudah ada sejak jaman Nabi Ibrahim atau memang diketemukan oleh Kakek Nabi ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.369 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: