Rahasia Sumur Zamzam – 1 (Geologi)


sumber http://2.bp.blogspot.com/Selama ini kita mengenal sumur Zamzam dari buku-buku agama. Namun sebenarnya ada sisi ilmiah saintifiknya juga looh. Cabang ilmu geologi yang mempelajari tentang air adalah hydrogeologi.

- :( “Lah, ya sudah semestinya PakDhe membahas dari sisi ilmiahnya, dhe. Kalau khasiatnya nanti aku tanya Wak Haji sebelah aja ya, Dhe. Eh, Pakdhe mau umrah lagi kapan, Dhe ?”
+ :D “Emang mau apa ?”
:( “Ya oleh-oleh air Zamzam to, Pak dhe ? looh emange nopo saya boleh ngikut nderek ?”

Khasiat air Zam-zam tentunya bukan disini yang mesti menjelaskan, tapi kalau dongengan geologi sumur Zam-zam mungkin bisa dijelaskan disini. Sedikit cerita Pra-Islam, atau sebelum kelahiran Nabi Muhammad, diawali dengan kisah Isteri dari Nabi Ibrahim, Siti Hajar, yang mencari air untuk anaknya yang cerita selanjutnya bisa ditanyakan ke Wak Haji disebelah ya. Sumur ini kemudian tidak banyak atau bahkan tidak ada ceritanya, sehingga sumur ini dikabarkan hilang.

Sumur Zam-zam yang sekarang ini kita lihat adalah sumur yang digali oleh Abdul Muthalib kakeknya Nabi Muhammad. Sehingga saat ini, dari “ilmu persumuran” maka sumur Zam-zam termasuk kategori sumur gali (Dug Water Well).

Dimensi dan Profil Sumur Zam-zam

Bentuk sumur Zam-zam dapat dilihat dibawah ini.

zam-zam.jpgSumur ini memiliki kedalaman sekitar 30.5 meter. Hingga kedalaman 13.5 meter teratas menembus lapisan alluvium Wadi Ibrahim. Lapisan ini merupakan lapisan pasir yang sangat berpori. Lapisan ini berisi batupasir hasil transportasi dari lain tempat. Mungkin saja dahulu ada lembah yang dialiri sungai yang saat ini sudah kering. Atau dapat pula merupakan dataran rendah hasil runtuhan atau penumpukan hasil pelapukan batuan yang lebih tinggi topografinya.

Dibawah lapisan alluvial Wadi Ibrahim ini terdapat setengah meter (0.5 m) lapisan yang sangat lulus air (permeable). Lapisan yang sangat lulus air inilah yang merupakan tempat utama keluarnya air-air di sumur Zam-zam.

kabah21.jpgKedalaman 17 meter kebawah selanjutnya, sumur ini menembus lapisan batuan keras yang berupa batuan beku Diorit. Batuan beku jenis ini (Diorit) memang agak jarang dijumpai di Indonesia atau di Jawa, tetapi sangat banyak dijumpai di Jazirah Arab. Pada bagian atas batuan ini dijumpai rekahan-rekahan yang juga memiliki kandungan air. Dulu ada yang menduga retakan ini menuju laut Merah. Tetapi tidak ada (barangkali saja saya belum menemukan) laporan geologi yang menunjukkan hal itu.

Dari uji pemompaan sumur ini mampu mengalirkan air sebesar 11 – 18.5 liter/detik, hingga permenit dapat mencapai 660 liter/menit atau 40 000 liter per jam. Celah-celah atau rekahan ini salah satu yang mengeluarkan air cukup banyak. Ada celah (rekahan) yang memanjang kearah hajar Aswad dengan panjang 75 cm denga ketinggian 30 cm, juga beberapa celah kecil kearah Shaffa dan Marwa.

Keterangan geometris lainnya, celah sumur dibawah tempat Thawaf 1.56 m, kedalaman total dari bibir sumur 30 m, kedalaman air dari bibir sumur = 4 m, kedalaman mata air 13 m, Dari mata air sampai dasar sumur 17 m, dan diameter sumur berkisar antara 1.46 hingga 2.66 meter.

Air hujan sebagai sumber berkah

cekungan-makah.jpg

Kota Makkah terletak di lembah, menurut SGS (Saudi Geological Survey) luas cekungan yang mensuplai sebagai daerah tangkapan ini seluas 60 Km2 saja, tentunya tidak terlampau luas sebagai sebuah cekungan penadah hujan. Sumber air Sumur Zam-zam terutama dari air hujan yang turun di daerah sekitar Makkah.

Sumur ini secara hydrologi hanyalah sumur biasa sehingga sangat memerlukan perawatan. Perawatan sumur ini termasuk menjaga kualitas higienis air dan lingkungan sumur serta menjaga pasokan air supaya mampu memenuhi kebutuhan para jamaah haji di Makkah. Pembukaan lahan untuk pemukiman di seputar Makkah sangat ditata rapi untuk menghindari berkurangnya kapasitas sumur ini.

Gambar disebelah ini memperlihatkan lokasi sumur Zamzam yang terletak ditengah lembah yang memanjang. Masjidil haram berada di bagian tengah diantara perbukitan-perbukitan disekitarnya. Luas area tangkapan yang hanya 60 Km persegi ini tentunya cukup kecil untuk menangkap air hujan yang sangat langka terjadi di Makkah, sehingga memerlukan pengawasan dan pemeliharaan yang sangat khusus.

Nah tulisan kedua nanti akan dodongengkan tentang monitoring dan pengawasan serta pemeliharaan kualitas air termasuk menjaga apa saja isi kandungan air Zamzam.

:( “Pakdhe, jangan lama-lama nulis yang keduanya ya ?”
:D “Mengapa hampir semua agama memiliki air suci ya ?”

Model 3 dimensi dari reservoir Sumur Zam-Zam. Dibuat oleh SGS (Saudi Geological Services)

Model dalam peta dari reservoir Sumur Zam-Zam. Dibuat oleh SGS (Saudi Geological Services)

Tahukah kamu bahwa sumur zam-zam pernah kering ?

Sumur Zam-Zam mengering Ah masak bisa sih ? (klik)

 

Bersambung Rahasia Sumur Zamzam -2

About these ads

99 Tanggapan

  1. Air kencing Onta yang gak bawa berkah broo.

  2. Super-Duper website! I’m loving this! Will come back again – taking you feeds also. Thank you so much, a wonderful job!

  3. subhanallah,,,,,,betul2 amaze…

  4. Jangan pernah bilang. Kalau kita dibohongi sama encik-encik itu! ntar kuwalat.

  5. Looh pakdeku ini malah beriman banget. Menggunakan imannya untuk beramal dan mengambangkan serta menebarkan ilmunya.

  6. silahkan mendongeng, tp tolong dongengnya dikaji lagi… coba anda baca penemuan2 baru ttg pengkajian al Qur’an dlm konteks sains,,, InsyaAllah kita akan lebih beriman kpd allah, dan mengakui kelemahan dan ketidakberdayaan kita…. yaa salaam, sallimna wal muslimin……

  7. kita sering sombong dengan ilmu pengetahuan yang sebetulnya datang dari otak dan hati yang buatan Alloh SWT, seseorang diukur bukan hanya dari ilmu pengetahuan yang mumpuni, tetapi juga dari keimanan kita kepada sang pencipta… maaf semoga tulisan yang anda buat, bukan untuk manafikan keberadaan kekuasaan Alloh SWT, karena beberapa yang saya baca tetang air zam-zam dilihat dari sudut pandang ilmiah mereka kebanyakan menafikan kekuasaan Alloh SWT, silahkan cek di google tentang air zam-zam dari sudut ilmiah, semoga tulisan anda tidak ada korelasinya dengan mereka.

  8. Walaupun sudah dijelaskan secara ilmiah melalui penelitian hidrogeologi, namun fenomena tentang sumur Zamzam tetap saja masih mengundang banyak pertanyaan, misalnya :
    – Apakah mungkin sumber air sumur zamzam hanya bersumber dari zona tangkapan yang hanya seluas 60 km2, dengan tebal akuifer celah hanya sekitar 0,5 meter?
    – Apakah dimungkinkan ada sumber air lain (akuifer) yang jauh dari Kota Mekkah?
    = Apakah sebanding antara pengisian kembali dengan pengambilan air sumur Zamzam yang berlasung terus menerus selama 24 jam/hari dan 365 hari/tahun?

  9. pengetahuan baru.keagungan Alloh tak dapat dipungkiri

  10. Pak.. saya mau tanya ttg batu hajar aswad itu asalnya dari mana kah ? trims

  11. yang dijual itu air zamzam murni atau uda campuran pak?

  12. Asalamualaikum…
    Segala Puji Bagi ALLAH Tuhan Semesta Alam.
    Sedikit tambahan dari saya, bahwa kondisi geografis disekitar sumur zamzam sekarang bukanlah kondisi yang sebenarnya. Menuruh ahli geografi daerah tersebut jaman dahulu datar, itu diketahui dari struktur tanah bagian atas dengan struktur tanah bagian bawah pernah mengalami penggundukan dan jika diteliti dari waktu itu terjadi di zaman siti hajar saat dia membutuhkan air untuk anaknya SUBHANALLAH…

  13. Subhanallah……
    mudah2an artikel ini bermamfaat bagi kita semua dan menambah wawasan ilmu pengetahuan,,,,

  14. asyik juga dongengannya, tapi waktu saya di mekah paling sedikit 5 liter air dikonsumsi jamaah sehari, itu hanya untuk minum saja jadi kalau jumlah jemaah 3,5 juta berarti 729.167 liter per jam untuk kebutuhan air minum saja. belum yang dibawa pulang 10 liter perjamaah kalau 40.000 liter / jam wah ndak cukup dong. tapi itukan dongeng ada lagi yang lain ????


    –> kalau anda baca bagaimana Pemerintah Saudi mengelolanya, maka bisa diketahui bahwa Saudi menyimpan air zam-zam pada musim non-haji, dan mengeluarkannya pada musim haji.

  15. walaupun bisa dijelaskan secara geologis (ilmiah) namun tetep aja sumur zam-zam ada yang belum bisa dijelaskan secara ilmiah

  16. subhanallah…
    semoga semakin bertambahnya ilmu kami semata mata hanya untuk beribadah kepadamu ya Allah, serta mengungkap rahasia kebesaran dan kekuasaanmu..
    Amien…

    Manteb dongengnya pakdhe..

  17. asalamualaikum
    zam zam artinya kumpul. didunia ini banyak sekali orang yang bernama zam zam,termasuk adiku

  18. wahhh pantes ga habis2

  19. YA ALLAH.. SUNGGUH BESAR KUASAMU.. JADIKANLAH KAMI ORANG-ORANG YANG BERIMAN PADAMU YA ALLAH.. MOGA IMAN YANG DIBERI MENJAMIN KAMI KE SYURGA.. DENGAN KEAJAIBAN SUMUR TELAGA ZAMZAM INI ..LEBIH MEMBERI KESEDARAN PADA KAMI.. AMINNN

  20. Terima kasih atas informasinya,,,,
    oh yah, boleh ga ana nanya?????
    apakah kualitas air zamzam sama dengan kualitas mata air yang ada di seluruh alam????
    sebelumnya terima kasih yaaa

  21. Memang, kalau mau cari persamaannya yaa kayak tulisan di atas gitu.
    seperti Zodiak, kadang-kadang kita maresa apa yang di tuliskan cocok benar dengan kita punya masalah/keinginan tetapi kenyataannya 100% tidak benar.
    Jika benar menurut ilmunya tentu ada tempat lain yang serupa dengan air Zam-zam, atau bisakah dibuat sumur zam-zam yang sama di sekitar mekkah juga dengan menarik garis lurus dari sumur zam-zam yang ada.

    Subhanallah,

  22. Subhanalloh, sungguh mahasuci Alloh. Memang sudah selayaknya mata air zam-zam ini harus terus dikonservasikan dengan peran hidrogeologi dimana daerah recharge dan dischargenya disterilkan dari segala bentuk bangunan yang menyebabkan dan memicu terjadinya clogging (penyumbatan) pada fractures sebagai media transport fluida. Memang sudah jelas terbukti secara ilmiah bahwa media transport fluida melalui fractures akan mampu mentransport air dalam jumlah yang sangat significant serta kontinuitas yang baik namun mungkin rawan terhadap clogging yang dapat disebabkan oleh peranan langsung manusia, seperti banyaknya zat-zat kimia yang ikut terlarut dalam sampah-sampah organik dan non organik yang memicu pertumbuhan dan penyebaran algae maupun organisme lain sebagai dampak modernisasi kehidupan manusia.

  23. memang luar biasa air zam zam,

  24. assalamualaikum warrahmatullah wabarrakatuh….

    baru tau cerita detilnya disini..
    selama ini kita hanya dengar cerita dari kakek, nenek, bapak, ibu, keluarga, sahabat dan handai taulan yg berangkat ke mekkah.
    good..good…good..
    karena disni infonya lengkap…
    ok..lanjut bosss

  25. Assalamu alaikum! It’s in Malaysian langughe? this publish are in english? or my be you can translate this post?
    BarakaLlah, very interesant images.. I want to anderstand text (((

  26. Bril,
    Betul sekali, diatas itu secara sederhana hanya ilmu pengantar yang mudah bagi geologist tapi bisa menjadi ilmu baru baru orang lain. juga yang ini : http://rovicky.wordpress.com/2007/06/28/rahasia-sumur-zamzam-2/

    Keistimewaan bukan karena turun dari langit !
    Keistimewaan adalah ketika sebuah fenomena (alam) ini dipelajari dengan seksama, teliti dan kontinyu.
    Pencerahan atau enlightment terhadap apa itu ilmu hidrologi, merupakan suatu keajiban otak manusia yang selalu akan bermunculan bersama-sama dengan sebuah pembelajaran.

    Keajaiban itu “dicari” bukan jatuh dari langit :)

  27. Mo nanya nih, apa istimewanya sih sumur zam-zam dengan sumur lainnya yang ternyata sama2 sumur galian / buatan Manusia (Dug Water Well)
    Kirain sumurnya terjadi secara ajaib alias dikirim dari surga oleh Allah SWT
    Kira-kira biar pemerintah Arab tambah kaya, cuma usul aja nih pak dhe, bikin satu lagi donk sumur typical yang sama hehehe
    biar ntar kalo Indonesia kekeringan, bisa import air minum dari Arab.
    Trus menurut saya ilmu yang anda jabarkan hanya sekedar ilmu pengantar geologi teknik biasa, tidak lebih.
    Terima kasih

  28. ya allah, pengen minum nie…bersambungnya jangan lama2 y

  29. makasih atas pengetahuannya,jadi+ilmu apalagi ilmunya tentang sumur zam zam jadi+asyiiiiiiik

    cukup tentang komentarku trimssssssss pisszzz!!!!!!

  30. Terima kasih ats informasinya. kunjubgi juga Blog ana di wwww.dakwahfirdaus.co.cc

  31. dongengnya bagus saya suka @buuaaguussss!!1!!!

  32. makasih atas pengetahuannya,,,
    seharusnya situs Islam lebih banyak lagi mencari, mengupas dan mempublikasikan ketidak-benaran yang dibuat2 kaum yang tidak suka Islam…
    karena banyak orang Islam yang masih kolot dan tidak mengerti apa yang telah mereka lihat dan dengar…

  33. asyik yee brow,,, tambah2 elmu. eh clh,,eh slh lg., tmbh ilmu gto loooh. makasih.

  34. waaaaahh… keren ya…cumur zam zam i2… jd tmbh pngthuan nih… doain q cpt haji ye preeenn… Ntar tak oleh2in aer’y….

  35. pak kl yag ke2 udh kluar akiu dksh tau lwt e-mail iach…
    plizzzzz…..

    –> Looh kan ada di bagian akhir itu udah tinggal di klik aja : http://rovicky.wordpress.com/2007/06/28/rahasia-sumur-zamzam-2/

  36. Lagi-lagi cuman bisa.. mangut-mangut nih…
    wah… memang benar-benar ilmu anda luar biasa ya…
    semoga barakah dengan mau berbagi seperti ini.
    Makasih… makasih…

  37. Bagus banget trims ilmunya pak

  38. berarti pada tempat lain di lembah yang sama, ketika digali sumur akan dapat air dengan kualitas yang sama dengan air zam-zam ya???

  39. Pak de, kemarin dulu waktu haji 2007, air zam zam nya dah dalam bentuk galon plastik biru muda dan dipasang pada dispenser khusus dengan pilihan natural dan barrid/dingin. Kenapa air zam zam tak boleh di panasin /u kopi misalnya? Kalo cebok juga tidak boleh pakai air zamzam, apakah dianggap tidak menghormati? Ada alasan keilmuan tidak, pak de. Trus air destilasi air laut yg dibagikan pake truk tangki ke majmuah2/hotel itu di “resirculasi”/tidak.., soalnya banyak yg gattal di badan2 stl 4-5 hari menginap. Wass.

  40. Assalamualaikum saudara
    maaf ya. sy copy gambar sekitar makkah. teramat cantik.
    mohon maaf sekali lagi.
    regards
    hajjah

    –> Wah ya ga usah minta maaf wong ngga salah kok. Silahkan aja :P

  41. wah makacih infonya mas rovicky :-)

  42. [...] hay unos dibujos sobre las aguas subterráneas de La Meca. Por [...]

  43. Setahu saya sumur zam zam tidak memiliki urat air.
    Air ada dengan sendirinya.Coba cek ke ahli Hydrogeology yang sudah beribu ribu kali menyelidiki perihal sumur zam zam.

    Trims

    –> Mungkin Anda belum baca yang ini :

    http://rovicky.wordpress.com/2007/12/06/darimana-asalnya-air/

  44. artikelnya keren banget…muat dan jabarin lagi donk tentang fenomena-fenomena lainnya yang banyak orang tahu tapi tidak mengerti tentang itu dan hanya sekedar tahu…

  45. penjabaran ilmiahnya (kimia,fisika)donk tetang khasit air zam zam

  46. [...] kalau kata para ahli yang dikutip Pak Dhe itu, luasnya hanya 60 km persegi dan jejaring hujan juga cukup langka di Mekkah sedangkan di sisi lain jumlah peminum air zam-zam sangat banyak. Maka tentulah sumber air zam-zam [...]

  47. Nama bengkel abang gw Zam zam,pelanggannya buaaaaanyak lo,apa kebejulan ya,padahal niatnya biar rame g t lo.

  48. Lillahita’ala air zam zam air biasa lillahita’ala jadi luar biasa

  49. Keren Cing !

  50. pendapat pribadi saya ,kalau air zam2 bukan air biasa dan kayak nya juga kita tdk blh blg air suci.itu menurut pendapat saya,karna saya ada pernah ksn,wkt saya kerja di jedah dan allahmdulillah saya dapat menunaikan ibadah haji.

  51. mmmm seru ya…
    bagus tuh
    tpi klo bisa khasiat air zamzamnya dibahas lebih dalam lgi gitu….
    ditunggu yeeeeee

  52. Assalamualaikum…. pakDhe!!!
    bagus bgt lmunya!!
    tggu sambungannya ya
    ojo suwe”

  53. good article.
    did you write similar article at ardiansyahputra.wordpress.com?

    http://ardiansyahputra.wordpress.com/2007/10/07/di-balik-khasiat-air-zam-zam/

  54. apapun itu air zamzam tiada lain adalah air biasa.Semuanya kembali kpd iradat Allah, karena hanya Dia yang menyembuahkan sgl penyakit (asy syafi’). Perlakuan kita thd air zamzam sama saja dg perlakuan kita pd Hajar Aswad yg tiada lain krn mutaba’ah ilarrasuul (meniru contoh Nabi saw).Toh smua ciptaan- Nya tiada yang sia-sia.

  55. pergi ke makkah dulu masuk ke kaabah dan liat sendiri kering apa tidak baru bicara benar enggaknya…kalo cuman kata orang buat apa nyalahin org lain,dosa lagi.

  56. nah dengan adanya info ini maka semakin ngawurlah kesaksian dari ali makrus atamimi alias makrus margiyanto yang mengatakan bahwa zam – zam di madinah (hah orang sedunia dah pada tahu zam – zam di makkah!) dan katanya zam – zam sudah kering jadi air zam – zam yg ada sekarang adalah PDAM arab! (dasar pembohong!)

    Coba Pak diterangkan ke dia pak tentang air zam – zam.

    Sangat bermanfaat Pak postingannya dan semoga Allah memberkahi ilmunya. Amiinnn

  57. Alhamdulillahirabbil’alamin. Barakallahu lana walakum. amin.

  58. Ass. Mohon info nya apakah lanjutan ceritanya sdh ada?Cerita ttg zam zam ini sangat menarik baik dari sudut keilmuan maupun kejiwaan.Bisa diakses dari sumber mana lagi. Thank’s buat Pak De…insya Allah ada ganjaran pahalanya.

  59. Assalamualaikum Wr Wb

    Saya pernah punya pengalaman juga waktu kesana dengan air Zamzam. Sejak kecil, isteri saya punya sakit reumatik yang susah disembuhkan. Setiap kena air kakinya, atau sedang mencuci pakaian reumatiknya selalu kambuh. Pada saat di Makkah isteri saya sedang mencuci pakaian dan langsung kambuh. Temannya menyarankan untuk dibasuh air Zam zam, alhamdulilah langsung sembuh setelah dibasuh dair zamzam di masjid, dan sampai sekarang sembuh total ( sudah 13 tahun ).
    Menurut saya bukan karena air zamzam mengandung mineral yang bisa menyembuhkan segala penyakit, tetapi doa kita yang dikabulkan oleh Allah swt, pada saat minta disembuhkan sambil minum air zamzam. Kalau air zamzam bisa menyembuhkan segala penyakit, tentu saja sudah dijual di toko obat/apotik. Jadi kalau mau sembuh dengan air zamzam, tentu saja harus ke makkah sendiri, atau minta kepada orang yang baru pulang dari sana, dan sekaligus didoakan orang itu.

    Wasalam WrWb

    Andi A

  60. Pak Rovicky,

    apa pernah membaca/mendengar studi seismic (dangkal) di sekitar sumur zam zam ? Atau survey geolistrik / resistivity ? tolong di share yaa.
    terima kasih

  61. hanya seperti sumur biasa ….tapi khasiatnya luar biasa dan sudah banyak yang membuktikan.
    Artinya, kalau memang benar-benar diimani, akan terjadi seperti yang kau imani.
    Rupanya tidak susah mencari zamzam di Indonesia, kalau melihat komposisinya yang kaya ion, sudah ada yang “serupa” tapi tak sama….minuman pengganti ion macam pocari sweat kan ?
    Kalau yang ini memang harus bayar lah…

  62. TOP BGT

  63. jadi kalo zam zam ga beda jauh donk sama sumur yang ada di belakang rumah gwe

    ” kan sama-sama dari sumur dan air hujan juga cuma kalo zam zam di makkah dan ini di belakang rumah gwe “

  64. Allahumma Sholli Ala saidina Muhammad Waalaali saidina muhammad..( Waalali…salah , mestinya wa ala ali aidina Muhammad )

  65. air zamzam bisanya di simpan nenek gue untuk di usapin ke muka kakek gue 3 kali sehabis sholat sunat 2 rakaat hajat (terserah jam berapa aja) sebelum keluar kamar sholat/musholla/masjid ,kalau mau perang ……katanya biar kakek gue nggak kelihatan oleh musuh.sebelumnya cuma baca………..= bismillahirrahmannirrahim.takutku kepada Allah.dari lubuk hatiku yang paling dalam.aku menyatu dengan ANGIN .aku menyatu dengan AIR .aku menyatu dengan TANAH.aku menyatu dengan API. berkat cinta ALLAH , berkat cinta RAULULLAH.jadikanlah …jadikanlah…jadikanlah ya Allah.Allahumma Sholli Ala saidina Muhammad Waalaali saidina muhammad.La khaula Wala kuwata illa billahil aliyil addjhim ,Walhamdulillahirabbil alamin.=…………………..[bukan untuk main - main ya.., dan bukan untuk coba- coba .., harus di yakini bener.--- m.studi 021 - 99813210 ]

  66. di bandung ada jual air zam zam ?

  67. Setau saya jawatan hidrologi yang mengatur. Memang tidak setiap lokasi bisa ada sumur zamzam (kualitas) terutama dikontrok oleh rekahan. Namun apapun modelnya, saya yakin harus ada peraturan utk melestarikannya. Tidak hanya dengan iman tapi juga dengan akal dan ilmu.
    Penggalian sembarangan juga sangat mungkin menghilangkan sumber airnya

    Apapun model geologinya akan terus berkembang sesuai data dan analisa geohidrologi pada setiap waktu. Hingga nanti, model geologi akan berkembang.
    Model pak Roficky cukup sahih dengan data yg ada. Kalau ada data baru tentu akan berubah. Sayangnya saya sendiri sulit menemukan info laporan hidrologinya. Kalau ada yg punya silahkan dishare disini. Saya akan tertarik melihatnya.
    Wassalam

  68. boleh tanya kalau begitu setiap penggalian sumur air di daerah mekah maka akan mendapat kan air ( dikarenakan resivoar yg sama , dilihat dari gambar ( alluvial wadl ibrahim dan kekar2 batuan diorit) saya pernah membaca dalam buku laporan geohidrologi tidak setiap daerah di mekah dapat di buat sumur (pertentangan dengan gambar). sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  69. bgs bangat dong air zam-zam.bgs kalo bisa disalurkan ke sluruh dunia.

  70. Pakdhe,

    Kalau Gunung Magnet yang di dekat Madinah itu penjelasannya gimana?

    Ditunggu dongengnya ya!

  71. lho…ngomongin soal sumur Zam-Zam kok sampai sumur lapindo :):) jaka sembung bawa golok ini
    makasih banget Om Rovicky, membuka mata hati geologi banget

  72. kapankahlumpur lapindo aakn perakhir? yang salah siapa, apakah dari pihak perusahan yang salah, pertanyaan sederahana ini tolong di jawab ya………..

  73. Lumpur Lapindo adalah akibat dari Grup Bakrie (NDB) yang menyakiti seorang anak wali qutub yang sedang menjalani kehidupan seorang pengusaha dimana tagihan kepada mereka tidak dibayar dan di biarkan dengan semena-mena, dimana kejadiannya di wisma bakrie kemang 1 hari sebelum lumpur mulai meledak, dan pada saat itu anak wali qutub tersebut berdoa pasrah kepada Allah dalam tangisan… its true, dialah yang mampu menutup lubang sumur itu.. haqul yakin

  74. bisa dipercaya nggak tuh?

  75. menarik sekali artikelnya…
    aku dapat artikel ini malah dari koran harian bangsa Rabu, 4 juli 2007 yang menyebutkan situs web ini… terus aku buka… ternyata benar..

  76. Wah bagus nih…

  77. salam n salut kagem pak dhe.

    Iya, pak dhe, dongengnya muantab banget….mak nyuss..
    Selama masih di dunia, segalanya pasti bisa kita pelajari (dijelaskan secara rasional). Hanya keterbatasan manusia saja yg membuat masih buanyak hal2 yg blm kita mengerti hukum2 yg berlaku pada hal tersebut (kronologis ilmiahnya; dlm bahasa santrinya: sunnatullah).

    Kita ingat bahwa Tuhan telah mengajarkan Adam semua nama (ilmu) benda2 (materi) seluruhnya.

    Monggo pak dhe, dipunlanjut….

  78. Kalau biacara khasiat itu khasiat air Zamzam ….
    Pakde ngeles bicara rahasia sumur Zamzam … bukan air Zamzam :D

  79. Kok gak ada penjelasan ilmiahnya ttg khasiat”nya?
    Padahal itu yg saya harapkan..

  80. wow..keren banget! Subhanallah!!

  81. Subhanallah, segala segala sesuatu di dunia ada manfaatnya.
    Ilmu Geologi sangat kompleks, hal2 yang terkait geo especially geology tidak mudah dan bahkan tidak bisa diketahui secara pasti. juga ilmu geodesi saja, masih susah dicerna apalagi geologi.
    saya rasa ini pengetahuan yang sangat bermanfaat. thanxs

  82. Wah menarik nih, tentang Zamzam!
    Khasiatnya sangat banyak insyaAllah, menyembuhkan setiap penyakit insyaAllah,
    Sebelum minum dianjurkan baca do’a ini: “Allahumarjuqna ilman nafiaan,Rijqan halalan,Wasyifaan minkulida’in (Ya Allah kurniakan kpd kami ilmu yang bermanfaat,Rezeki yang halaldan kesembuhan dari segala penyakit)”
    pengalaman saya di mekkah
    malam2 saya sakit keras, demam, masuk angin, mungkin karena kecapean! saya pening harus bagaimana?biasanya kalau sakit saya tak berani mandi/wudlu,saya tayamun aja,kalau mandipun harus pakai air panas.
    Tapi waktu itu saya sudah di halaman masjidil haram, saya duduk aja, dalam keadaan letih, ambil tayamun, sholat sambil duduk. Lepas tu baru saya ingat (dapat ilham kali) bahwa Zamzam itu obat segala penyakit…saya jalan kaki kebelakang, ke pancuran zamzam, saya wudlu,saya basuh kepala,badan dengan air zamzam banyak2..eh..Alhamdulillah selepas itu segar lagi.
    Yang kedua penyakit gatal di kulit saya terutama bagian paha, saya minta obat ke dokter dikasih ctm,saya minum, nggak sembuh-sembuh, sy ingat zamzam, boleh menyembuhkan semua penyakit, akhirnya saya gosok2 dg zamzam. alhamdulillah sembuh.
    yang ketiga penyakit rorombeheun(robek2 bawah kaki)
    selama di mekah kaki sy jadi rusak, mungkin karena pengaruh debu di sana. Kemudian di medinah saya baru ingat kalau zamzam itu boleh menyembuhkan segala penyakit, Lalu bawa kaki saya saya cuci dengan sedikit zamzam berulang2..eh alhamdulillah sembuh.
    Saya pergi hajji menemankan ibu yang lanjut usia,2 thn lepas (akhir 2005-awal2006)

  83. Air sumur zamzam dari air hujan? Hmm…apa ya khasiatnya?

  84. mantab ilmunya pak dhe

  85. matur nuwun pakdhe…
    ilmune manpangat buangett…
    matur suwun sanget pakdhe

  86. *kecewa*

    Da ada mistiknya, he…

    Makasih ilmunya pak, jangan lama-lama, sambungannya ditunggu.

  87. Pengetahuan bagus dan sangat menarik.

  88. siip tenan kang RDP ki..

  89. Waaahhh……
    Jadi inget mata kuliah geohidrologi….Berarti sumur itu terletak pada area intermontain basin, jd pasti logis jika air mengumpul di area tersebut…..
    Saluuuuttt banget sama Pak Vicky…..

  90. muantabbbbbbbbbbbbbbb

  91. Sip.
    Jadi + elmu :)
    Masuk del.icio.us deh :D

  92. ooo gitu ya….:) makasih dech buat pengetahuannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.577 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: