Evolusi # 1. Sejarah singkat bumi dan kehidupannya


geotimespiral.gifUntuk melengkapi pengetahuan kita bersama tentang proses evolusi yg ramai didiskusikan dibanyak tempat, juga ada yg bertanya disini. Berikut adalah sejarah singkat dari bumi serta kehidupannya. Tentunya sejarah singkat dari bumi ini diperlukan sebagai awal untuk ndongeng tentang evolusi.

Untuk soal dimensi atau satuan waktu coba bandingkan usia Homo Floresiensis (…iensis ! jangan salah tulis) yg diperkirakan hidup 18 ribu tahun lalu dengan usia bumi yang diperkirakan 4,6  Milyar tahun). Homo floresiensis ini diketemukan di Gua Liang Bua tahun 2003 Flores, Indonesia. Dan barusan diumumkan sebagai mahluk hidup yg berbeda spesies dengan manusia saat ini.

Bayangkan Homo Floresiensis (manusia kerdil di Flores) ini baru berusia 18 000 tahun, sedangkan usia bumi 4 600 000 000 000 tahun !

  • Bagi yg suka mendalami science … bayangkan betapa lambatnya dan pelannya proses evolusi ini berjalan. Sebuah proses ‘ilusi waktu‘ yg tidak mudah diungkap dan diterima setiap orang begitu saja.
  • Bagi yg suka agama …. Tuhan menciptakan alam ini dengan sangat lama dan berhati-hati … Jadi kita perlu menjaga !

Evolusi adalah sebuah teori ilmiah tentang perkembangan mahluk hidup. Ketika ada yg bertanya apakah berarti manusia dari kera ? Mestinya langsung ngamuk-ngamuk.

:) “Blaik … saya mesti njawab gimana ? Emange nenek moyangku munyuk ?”
:D “Katanya sih nenek moyangku orang pelaut … wupst ! “:D

Untuk belajar tentang evolusi dari ilmu geologi lebih baik dimulai dari pengenalan jaman-jalan serta dimensi waktu geologi dulu ya.

Sejarah Bumi

Bumi tempat segenap makhluk hidup termasuk manusia telah terbentuk kira-kira 4 600 000 000 tahun lalu bersamaan dengan planet-planet lain yang membentuk tatasurya dengan matahari sebagai pusatnya.

Sejarah kehidupan di bumi baru dimulai sekitar 3.500.000.000 tahun lalu dengan munculnya micro-organisma sederhana yaitu bakteri dan ganggang. Kemudian pada 1.000.000.000 tahun lalu baru muncul organisme bersel banyak.

- :) “Lah dhe, trus 2 milyar tahun itu ngapain aja ?”

Pada sekitar 540.000.000 tahun lalu secara bertahap kehidupan yang lebih komplek mulai berevolusi …. (mm sik sik … sebaiknya aku sebut berubah dulu deh. Kalau denger kata evolusi nanti ada yg ngga stuju :).

Perkembangan perubahan tetumbuhan diawali oleh Pteridofita (tumbuhan paku), Gimnosperma (tumbuhan berujung) dan terakhir Angiosperma (tumbuhan berbunga).

Sedangkan perkembangan dan perubahan hewan dimulai dari invertebrata, ikan, amfibia, reptilia, burung dan terakhir mamalia, kemudian terakhir kali muncul manusia. ….. (wupst ! kebablasan ! Soale mesti ada yg maunya kesana kan ?)

Kalau dalam ilmu sejarah kita mengenal jaman-jaman dengan nama-nama khususnya. Misal Jaman Batu, Jaman Majapahit, Trus ada yang membagi lagi dengan Kala, Masa dan sebagainya. Dalam ilmu geologi juga mirip. Ada yg disebut “jaman“, “kala“, “periode” dan sebagainya.

Kalender Geologi dapat dilihat seperti dibawah ini :

Skala Waktu Geologi

 

Masa Arkeozoikum dan Proterozoikum bersama-sama dikenal sebagai masa Pra-Kambrium.

Nah sekarang apa saja yg dipercaya oleh ahli geologi, apa yg terjadi dengan mahluk hidup pada masa-masa itu.

Masa Arkeozoikum (4,5 – 2,5 milyar tahun lalu)

Arkeozpoikum artinya Masa Kehidupan Purba

archaea.jpgMasa Arkeozoikum (Arkean) merupakan masa awal pembentukan batuan kerak bumi yang kemudian berkembang menjadi protokontinen. Batuan masa ini ditemukan di beberapa bagian dunia yang lazim disebut kraton/perisai benua.

Coba perhatikan, masa ini adalah masa pembentukan kerakbumi. Jadi kerakbumi terbentuk setelah pendinginan bagian tepi dari “balon bumi” (bakal calon bumi). Plate tectonic / Lempeng tektonik yang menyebabkan gempa itu terbentuk pada masa ini. Lingkungan hidup mas itu tentunya mirip dengan lingkungan disekitar mata-air panas.

Batuan tertua tercatat berumur kira-kira 3.800.000.000 tahun. Masa ini juga merupakan awal terbentuknya Indrosfer dan Atmosfer serta awal muncul kehidupan primitif di dalam samudera berupa mikro-organisma (bakteri dan ganggang). Fosil tertua yang telah ditemukan adalah fosil Stromatolit dan Cyanobacteria dengan umur kira-kira 3.500.000.000 tahun.

Masa Proterozoikum (2,5 milyar – 290 juta tahun lalu)

Proterozoikum artinya masa kehidupan awal.
Masa Proterozoikum merupakan awal terbentuknya hidrosfer dan atmosfer. Pada masa ini kehidupan mulai berkembang dari organisme bersel tunggal menjadi bersel banyak (enkaryotes dan prokaryotes).

Kalau istilah-istilah ini dipelajari di ilmu biologi, mestinya di SMP sudah diajari kan ? Enkaryotes ini bakal menjadi tumbuhan dan prokaryotes nantinya bakal menjadi binatang.

Menjelang akhir masa ini organisme lebih kompleks, jenis invertebrata bertubuh lunak seperti ubur-ubur, cacing dan koral mulai muncul di laut-laut dangkal, yang bukti-buktinya dijumpai sebagai fosil sejati pertama.

Masa Arkeozoikum dan Proterozoikum bersama-sama dikenal sebagai masa Pra-Kambrium.

Jaman Kambrium (590-500 juta tahun lalu)

Kambrium berasal dari kata “Cambria” nama latin untuk daerah Wales di Inggeris sana, dimana batuan berumur kambrium pertama kali dipelajari.

Banyak hewan invertebrata mulai muncul pada zaman Kambrium. Hampir seluruh kehidupan berada di lautan. Hewan zaman ini mempunyai kerangka luar dan cangkang sebagai pelindung.

Fosil yang umum dijumpai dan penyebarannya luas adalah, Alga, Cacing, Sepon, Koral, Moluska, Ekinodermata, Brakiopoda dan Artropoda (Trilobit).
Sebuah daratan yang disebut Gondwana (sebelumnya pannotia) merupakan cikal bakal Antartika, Afrika, India, Australia, sebagian Asia dan Amerika Selatan. Sedangkan Eropa, Amerika Utara, dan Tanah Hijau masih berupa benua-benua kecil yang terpisah.

Jaman Ordovisium (500 – 440 juta tahun lalu)

Zaman Ordovisium dicirikan oleh munculnya ikan tanpa rahang (hewan bertulang belakang paling tua) dan beberapa hewan bertulang belakang yang muncul pertama kali seperti Tetrakoral, Graptolit, Ekinoid (Landak Laut), Asteroid (Bintang Laut), Krinoid (Lili Laut) dan Bryozona.

Koral dan Alaga berkembang membentuk karang, dimana trilobit dan Brakiopoda mencari mangsa. Graptolit dan Trilobit melimpah, sedangkan Ekinodermata dan Brakiopoda mulai menyebar.
Meluapnya Samudra dari Zaman Es merupakan bagian peristiwa dari zaman ini. Gondwana dan benua-benua lainnya mulai menutup celah samudera yang berada di antaranya.

Jaman Silur (440 – 410 juta tahun lalu)

Zaman silur merupakan waktu peralihan kehidupan dari air ke darat. Tumbuhan darat mulai muncul pertama kalinya termasuk Pteridofita (tumbuhan paku). Sedangkan Kalajengking raksasa (Eurypterid) hidup berburu di dalam laut. Ikan berahang mulai muncul pada zaman ini dan
banyak ikan mempunyai perisai tulang sebagai pelindung.
Selama zaman Silur, deretan pegunungan mulai terbentuk melintasi Skandinavia, Skotlandia dan Pantai Amerika Utara

Jaman Devon (410-360 juta tahun lalu)

devon.jpgZaman Devon merupakan zaman perkembangan besar-besaran jenis ikan dan tumbuhan darat. Ikan berahang dan ikan hiu semakin aktif sebagai pemangsa di dalam lautan. Serbuan ke daratan masih terus berlanjut selama zaman ini. Hewan Amfibi berkembang dan beranjak menuju daratan.
Tumbuhan darat semakin umum dan muncul serangga untuk pertama kalinya.
Samudera menyempit sementara, benua Gondwana menutupi Eropa, Amerika Utara dan Tanah Hijau (Green Land).

Jaman Karbon (360 – 290 juta tahun lalu)

karbon.jpgReptilia muncul pertama kalinya dan dapat meletakkan telurnya di luar air. Serangga raksasa muncul dan ampibi meningkat dalam jumlahnya.
Pohon pertama muncul, jamur Klab, tumbuhan ferm dan paku ekor kuda tumbuh di rawa-rawa pembentuk batubara.
Pada zaman ini benua-benua di muka bumi menyatu membentuk satu masa daratan yang disebut Pangea, mengalami perubahan lingkungan untuk berbagai bentuk kehidupan. Di belahan bumi utara, iklim tropis menghasilkan secara besar-besaran, rawa-rawa yang berisi dan sekarang tersimpan sebagai batubara.

Jaman Perm (290 -250 juta tahun lalu)

“Perm” adalah nama sebuah propinsi tua di dekat pegunungan Ural, Rusia.
Reptilia meningkat dan serangga modern muncul, begitu juga tumbuhan konifer dan Grikgo primitif. Hewan Ampibi menjadi kurang begitu berperan. Zaman perm diakhiri dengan kepunahan micsa dalam skala besar, Tribolit, banyak koral dan ikan menjadi punah.

Benua Pangea bergabung bersama dan bergerak sebagai satu massa daratan, Lapisan es menutup Amerika Selatan, Antartika, Australia dan Afrika, membendung air dan menurunkan muka air laut. Iklim yang kering dengan kondisi gurun pasir mulai terbentuk di bagian utara bumi.

Jaman Trias (250-210 juta tahun lalu)

Gastropoda dan Bivalvia meningkat jumlahnya, sementara amonit menjadi umum. Dinosaurus dan reptilia laut berukuran besar mulai muncul pertama kalinya selama zaman ini. Reptilia menyerupai mamalia pemakan daging yang disebut Cynodont mulai berkembang. Mamalia pertamapun mulai muncul saat ini. Dan ada banyak jenis reptilia yang hidup di air, termasuk penyu dan kura-kura. Tumbuhan sikada mirip palem berkembang dan Konifer menyebar.

Benua Pangea bergerak ke utara dan gurun terbentuk. Lembaran es di bagian selatan mencair dan celah-celah mulai terbentuk di Pangea.

Jaman Jura (210-140 juta tahun lalu)

jura.jpg

Pada zaman ini, Amonit dan Belemnit sangat umum. Reptilia meningkat jumlahnya. Dinosaurus menguasai daratan, Ichtiyosaurus berburu di dalam lautan dan Pterosaurus merajai angkasa. Banyak dinosaurus tumbuh dalam ukuran yang luar biasa. Burung sejati pertama (Archeopterya) berevolusi dan banyak jenis buaya berkembang.

Tumbuhan Konifer menjadi umum, sementara Bennefit dan Sequola melimpah pada waktu ini.

Pangea terpecah dimana Amerika Utara memisahkan diri dari Afrika sedangkan Amerika Selatan melepaskan diri dari Antartika dan Australia.

Jaman ini merupakan jaman yang paling menarik anak-anak setelah difilmkannya Jurrasic Park.

Jaman Kapur (140-65 juta tahun lalu)

cretaceous.jpgBanyak dinosaurus raksasa dan reptilia terbang hidup pada zaman ini.

Mamalia berari-ari muncul pertama kalinya. Pada akhir zaman ini Dinosaurus, Ichtiyosaurus, Pterosaurus, Plesiosaurus, Amonit dan Belemnit punah. Mamalia dan tumbuhan berbunga mulai berkembang menjadi banyak bentuk yang berlainan.
Iklim sedang mulai muncul. India terlepas jauh dari Afrika menuju Asia.

Jaman ini adalah jaman akhir dari kehidupan biantang-binatang raksasa.

Zaman Tersier (65 – 1,7 juta tahun lalu)

Pada zaman tersier terjadi perkembangan jenis kehidupan seperti munculnya primata dan burung tak bergigi berukuran besar yang menyerupai burung unta, sedangkan fauna laut sepert ikan, moluska dan echinodermata sangat mirip dengan fauna laut yang hidup sekarang. Tumbuhan berbunga pada zaman Tersier terus berevolusi menghasilkan banyak variasi tumbuhan, seperti semak belukar, tumbuhan merambat dan rumput.

Pada zaman Tersier – Kuarter, pemunculan dan kepunahan hewan dan tumbuhan saling berganti seiring dengan perubahan cuaca secara global

Zaman Kuarter (1,7 juta tahun lalu – sekarang)

Zaman Kuarter terdiri dari kala Plistosen dan Kala Holosen.
Kala Plistosen mulai sekitar 1,8 juta tahun yang lalu dan berakhir pada 10.000 tahun yang lalu. Kemudian diikuti oleh Kala Holosen yang berlangsung sampai sekarang.

Pada Kala Plistosen paling sedikit terjadi 5 kali jaman es (jaman glasial). Pada jaman glasial sebagian besar Eropa, Amerika utara dan Asia bagian utara ditutupi es, begitu pula Pegunungan Alpen, Pegunungan Cherpatia dan Pegunungan Himalaya

Di antara 4 jaman es ini terdapat jaman Intra Glasial, dimana iklim bumi lebih hangat. Manusia purba jawa (Homo erectus yang dulu disebut Pithecanthropus erectus) muncul pada Kala Plistosen. Manusia Modern yang mempunyai peradaban baru muncul pada Kala Holosen.

Flora dan fauna yang hidup pada Kala Plistosen sangat mirip dengan flora dan fauna yang hidup sekarang.

Nah kalau semua diatas tadi digambarkan secara grafis dapat dilihat seperti dibawah ini:

garis waktu

Perhatikan bumi terbentuk 4 milyar tahun lalu. Tetapi kehidupan baru muncul semilyar tahun lalu. Bahkan "manusia purba" adanya baru 2 juta tahun lalu .

—————

Referensi: Museum Geologi Bandung
Anda dapat mengunjungi museum geologi ini dengan alamat :
Jl. Diponegoro No 57 Bandung Indonesia 40122, Telp.: 62 – 022 – 7203205 – 8 Fax. : 62 – 022 – 7202669
Buka Setiap hari dari pukul 9.00 sampai Pukul 15.00
Kecuali Hari Jum’at Libur

Bacaan selanjutnya :

Sumber gambar internet (dah lupa detilnya, yg jelas donlod ajah ! :)

About these ads

200 Tanggapan

  1. […] evolusi # 1 sejarah singkat bumi dan kehidupannya Untuk melengkapi pengetahuan kita bersama tentang proses evolusi yg ramai didiskusikan dibanyak tempat, juga ada yg bertanya disini. Berikut adalah sejarah (Read More…) […]

  2. […] ada yang mengenal istilahpitilah umur dalam geologi sperti yang pernah ditulis disini Evolusi # 1. Sejarah singkat bumi dan kehidupannya dikenal istilah Holocene. Nah, batuan ini diusulkan sebagai pertanda untuk Anthropocene, masa […]

  3. […] Bumi yang sekarang ini kita pijak terbentuk kira-kira 4.54 milyar tahun lalu. Bumi telah melewati banyak fase mulai dari ditabrak bulan, dihujani meteor, munculnya lautan pertama, dsb. Tulisan menarik mengenai sejarah bumi bisa dilihat di wikipedia atau di situs pakdhe Rovicky. […]

  4. ya itulah kita, seharusnya kalau kita mendapatkan informasi haruslah dipahami, ditimbang dan diteliti lebih lanjut, jd tdk hanya menggunakan literatur2 yang blm tentu benar literatur itu (misalkan teori darwin). bukankah para pakar penganut teori darwin sudah mulai terbantahkan dengan teori yang baru (harun yahya) yang berpedoman pada literature alquran dan diteliti lebih lanjut dengan penelitian ilimiah. mari kita belajar sama2 berdasarkan kata hati dan pemikiran yang positif.

  5. kalau sekarang jamannya manusia dan semoga ditangan manusia saat ini bumi bisa terselamatkan dan bahkan masih bisa tetap terjaga

  6. Wow, amazing blog structure! How lengthy have you been running a blog
    for? you made blogging look easy. The entire look of your site is excellent, as smartly as the content material!

  7. i like 5c13nc3 43f32

  8. apa benar manusia thu bearasal dari evolusi monyet?

    atau memang sudah dri sono ny udah jdi manusia?

    pie ada lgi yg bilang bhwa manusia brasal dri hewan yg bsa hidup di drat n air
    mna sih yg bnar?

  9. Analoginya, yaitu dg membandingkan besar kepala kita dg besar bumi…gak akan nyampe mas bro

  10. manusia hanya bisa meneliti,bumi itu ibarat buah kelapa masbroo.
    Gitu aja ribet,,org yg ga paham sebut namaku 3 kalee… Allahu’alam wassawab

  11. Dengan ini saya jadi yakin dan percaya jika di luar angkasa sana ada kehidupan lain. Dan setelah kiamat nanti saya juga yakin kehidupan baru akan di mulai lagi. Makasih gan infonya

  12. […] : Dongeng Geologi Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. This entry was posted in […]

  13. minta izin share di fb ya mas,,

  14. Subbahannallah Allah Maha Besar, Tiada Tuhan yang patut disembah Kecuali Dia ( ALLAH SWT )

  15. gk penting infonya, gk penting blognya.

  16. Jadi begitu ya sejarahnya…

  17. apakah itu benar menurutmu

  18. ALLoh lah yang mnciptakan dunia dan manusialah yg meneliti
    wlapun gk percaya 100% sich….
    tpikan klo di fikiir2 bner jg penelitian manusia.
    kita kan blm pernah lihat dinosaurus tp setelah diteliti di temukan fosilnya.
    brarti benarkan ilmu sains tersebut….
    tpi jgn percaya 100% dulu sama yg namanya darwin soalnya dia pasti gk mungkin benar 100% dia kan bkan TUHAN.
    tp kalau kita mau yg sebenarnya pahamilah AL-QURAN disitu telah ada rincian bgmna bumi diciptakan dan bagaimana bumi dihancurkan..
    kitu di dunia hnya sementara istilah jawanya NENG NDONYO IBARAT MAMPIR NGOMBE………..jdi lakukan lah yang terbaik agar bisa merasakan indahnya dunia ini….//./';.;';

  19. bagaimana kita anda bisa tau masa terbentuknya bumi. padahal anda lahir di masa n jaman sekarang………………………………..?

    memang semua cerita itu anda ada literaturnya?
    sebenernya saya sangat penasaran buanget dengan apa yang anda telah tulis.
    tq……………………….

  20. karena dengan belajar manusia dapat menjalani hidup…….
    Agama atow Sains sama2 menyuruh kita untuk belajar, jdi gak perlu saling adu argumentasi.

  21. […] Evolusi # 1. Sejarah singkat bumi dan kehidupannya […]

  22. saints kadang membingungkan,,,tapi jika di teliti dan di dalami dengan baik dan tekun sains itu akan menjadi pelJran yang sangat mengasyikkan……..
    ya………..seperti aku ini,,,yang dulunya tidak suka sains,,tapi sekarang udah suka banget yang namnya sains…..banget………..banget

  23. Didalam alquran,,itu sudah ada petunjuk untuk semua yang ada di Dunia,.sedikit gambaran Alquran yang diturunkan ke Nabi Muhammad SAW. merupakan Kitab yang paling lengkap dan sempurna tidak ada bandingannya,,,,

  24. hem,,
    semuanya gak ada yang benar gak ada yg salah,,
    la trus gmana??
    semua yg ada di dunia adalah relatif,,
    hanya tuhan yg kekal,,
    kita gak akan pernah tau duluan mna telur dan ayam,
    jangan berdebat alah,,,
    ayo berbuat yang baik,,,

  25. wah lama banar bumi bru trbentuk. tapi melalui web ini sya dapat mengerjakan tugas saya

  26. ya allah,, emang gak pada cape’ ya nulis sgitu banyak?? tapi ya gak papa kalo udah niat si………………………. itung itung + info

  27. sebenarnya semua benar,antara kitab suci dan ilmu,semua itu saling berhubungan…walaupun d al qur’an tidak ada yg menerangkan tntng teori revolusi darwin,tp kn pastinya kita sebagai manusia yang mengembangkan penemuan2 itu sendiri…Tp terserah juga mw percaya sma teori itu kagak….klo aq sih gx prcaya…nyatanya kera2 sekarang kagak jadi manusia koq… :D

  28. […] Evolusi # 1. Sejarah singkat bumi dan kehidupannya Posted on 4 Februari 2007 by Rovicky i 45 Votes […]

  29. Tulisan ini mudah di baca dipahami. Ini baik sekali untuk pelajar , sebab para pelajar banyak yang males baca apa lagi ilmu pengetahuan yang sifatnya teoritis masih banyak perbedaan pandang. Tapi saya setuju dan bermanfaat untuk membantu saya mencari bahan ajar . Makasih

  30. bagaimanakah gambaran awal muka bumi?????????????

  31. bayak amatttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

  32. Om, ta’ ambil lagi ya artikelnya ke FB ku.
    Cuman tanya, kalau Nabi Adam itu, manusia pertama dalam arti apa ya?

    –> Ya, Adam manusia pertama terutama dalam arti agama atau keyakinan. Mahluk pertama yang memiliki keyakinan ya Adam (versi agama). Dalam sains banyak ragam perdebatan. Ada yg menganggap awal kesadaran akan dirinya, ada yg menganggap awal memasak makanan (membuat api), dll.

  33. Teori kan cuma perkiraan…blm tentu bener teorinya c darwin…dya kan bkn tuhan,,,jd ga tw semuaanya gmn kejadian2 bumi…percayaa deh ama alquran gmn kejadian2 alam,,terciptanya bumi…jgn mw trz2an dbohongin ama teorinya yahudi…yg jlz,,nabi adam itu manusia pertama dbumi ini…bukan si monyet flores ituu…

  34. ilmu sejarah dan ilmu agama (kitab suci) itu beda bro??
    jadi disini jangan di hubungkan, ga akan ada kaitannya.
    di kitabsuci tertulis : hari pertman Allah menciptakan bumi. Hari kedua Allah menciptakan udara …….bla…bla…sampe hari ke tujuh Allah menciptakan manusia pertama bernama adam seorang lelaki dan Allah memberinya teman bernama Hawa yg diambil dari tulang rusuk adam. (INJIL : kitab kejadian)
    Allah tidak membicarakan dinosaurus atopun teori darwin (manusia berasal dari monyet)
    yg perlu kita percayai adalah bahwa Allah menciptakan manusia serupa gambaraNYA.
    .
    semua tergantung pada diri kita masing2. mau pilih percaya pada Kitab Suci = Allah/Tuhan/Sang pencipta.
    ato… percaya pada buku sejarah = Manusia
    perlu anda ingat, KENAPA MALAIKAT BISA BERUBAH MENJADI IBLIS. karena mereka terlalu menyelidiki dan tidak percaya pada Allah.
    Iblis tak lain hal nya spt para ilmuwan (atheis).
    semakin pintar seseorang, semakin ia tidak percaya akan terus mencobai kebesaran Tuhan.
    .
    yang berlalu biarlah berlalu. kita hidup untuk hari ini dan yg akan datang

  35. askum ………..
    knpa si kita hrus mempelajari semua nya itu
    bhkan hya dgn pmhman ja udh cukup mnrut ku ya
    apa bisa dgn bljr dan akhir nya kita ga phm kan klu gtu sama aja ya ga
    wlw kta ga bljr tpi klu kta paham atas smua nya
    ga usah bljr jga ga papa kan ????

  36. evolusi itu fakta atau mitos,,dalam harunyahya.com ,,bertentangan dengan penciptaan

  37. If you want to find a black lava lamp we are the black lava lamps champions.
    Have you been looking for the perfect Black Lava Lamp for a great deal? Our Black Lava Lamps shine in the light and look stunning in the dark. We love using black light lava lamp products throughout our house to bring life to the rooms and help things stand out. We have the Best Prices on Black Lava Lamps.
    CheapLavaLamps.com offers a wide range of lava lamps that are sold in various colors, sizes and styles.
    We have had many motion lamps on sale They are in the same era as disco balls and black lights. Buy lava lamps at an affordable rate and you just might have it for years to come. Light up a dark room today.
    This page: http://www.nationallampoon.com/marty/pligg_b995/story.php?id=13012
    explains our process in detail.
    If you want to find black lava lamps do not miss this opportunity.
    Visit our stor to find the best deals on home lighting See which lamp will look right in your room. This offers Plasma in a Contemporary way that brings attention and helps you relax. You might think about our high quality yellow lava lamps as a compliment to a black lava lamp. One of our most popular products in this category are black and white lava lamps. These lamps are amazing. We also have quite a few color choices available. Large Lava Lamps can really make a huge impact.
    Lava lamps have fascinated and mesmerized the public for decades.

  38. Pada dasarnya, ilmu mengenai ini cukup bagus. tetapi saya lebih berpegang pada prinsip (segala makhluk, benda, ruang dan waktu. ada yang menciptakannya / membuatnya seperti hp,tv, dll.), BUKAN TERBENTUK DENGAN SENDIRINYA.
    untuk itu saya berharap pada kebesaran TUHAN YME, dan perlu diketahui pula bahwa sebesar apapun bumi ini, seluas apapun galaxi ini dan sedalam apapun lubang hitam pada tata surya ini, apapun itu akan menemui ajalnya / segala sesuatu akan lenyap termasuk kita semua, tetapi hanya DIALAH / TUHAN yang kekal dan abadi yang ALFA dan OMEGA (awal dan akhir), saya tidak tahu apa yang terjadi pada Charles Darwin sekarang, mungkin Dia menyesali teorinya sendiri setelah merasakan API KEKAL. trimakasih untuk kesediaan ANDA membaca komentar Saya.

  39. goodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgoodgood

  40. Em…..em ….. menarik atas artikelnya
    jadi tau tapi agak bingung dan percaya gak percaya.
    Segala sain untuk ilmu itu baik tapi kalau sain sudah melupakan sang pencipta itu sudah tidak baik, sehebat,sekuat,sepintar apapapun manusia,bahwa ilmunya berasal dari Allah sang pencipta.Jadi sebagian yg kita tahu adalah berasal dari sang pencipta, namun perlu penyaringan juga untuk meneliti kebenarannya, soalnya iblis kan ada disamping kita,jadi jangan terkecoh.kalau mau selamat ya jalanin aja yg udah berjalan dan pasrah sama pencipta, sejauh apapun manusia berfikir gak akan pernah sanggup menandingi kemampuan alam, karena alam lebih tua daripada kita,hehehe…..he,inget jangan sampai salah tafsirya.ntar kebablasan lagi.

  41. Mas aji: Anda ga boleh men-judge Pak Dhe ga kenal Tuhan. Anda kenal Tuhan, pernah ktemu Tuhan? Terlalu picik klo ngomong gt. Anda salah menangkap maksud Pak Dhe…
    Kita harus menjaga bumi ini, bukan krn di suruh Tuhan, tapi untuk diri kita sendiri. Untuk kelangsungan hidup kita. Klo anda blajar earth science, Bumi udah ada sejak 4.6 miliar tahun yg lalu, dan sejak itu sudah banyak fenomena yg terjadi di bumi misalnya beberapa extinction events (“kiamat”) yg memusnahkan makhluk hidup. Tapi apa yg terjadi setelah “kiamat”2 tersebut? bumi tetap ada dan makhluk berikut nya hadir (ato makhluk lama yg survive).
    Intinya : Klo kita ga menjaga bumi ini, effectnya ke kita sendiri. Bukan ke Tuhan. Tuhan ga bakal blg secara langsung ke kita harus apa. Makanya Tuhan kasih kita otak utk berpikir. Use it.
    Maaf klo ada kata2 krg berkenan.
    Maju trus pak dhe utk tulisan2 sciencenya. Two thumbs up :)

  42. saya pikir tema sejarah ini akan dimulai dr asal mula dunia ini. tp ternyata dimulai dr bumi yg sdh ada. yg saya tahu (walo sedikit), pembahasan tentang evolusi akan selalu dimulai dr yg tdk ada menjadi ada. bukan dr yg sdh ada trus bagaimana perkembangannya.

    salam,

  43. sangat menarik…..

  44. “Bagi yg suka agama …. Tuhan menciptakan alam ini dengan sangat lama dan berhati-hati … Jadi kita perlu menjaga !”
    mbok jangan sinis2 sama agama pa’dhe..
    Seakan-akan karena Tuhan bersusah payah bikin bumi trus kita harus bantu Tuhan untuk menjaganya, ato paling ga buat balas budi lah kita ikut menjaga agar tidak sungkan numpang di bumi. kek nya pa’ dhe g kenal ma Tuhan dech..padahal g gitu dhe,, Tuhan ciptain alam semesta n isinya ga ada susahnya palagi cuman bumi, soalnya kalo Tuhan ciptain alam semesta ne besusah payah n minta batuan buat jaga ato minta balas budi pasti dia bukan Tuhan.. karna dia g memenuhi sarat2 jd Tuhan: AL-KHALIK – Yang Maha Pencipta. Yang Maha Kuasa Menciptakan segala sesuatu, seluruh alam semesta, dan segala Makhluk di dalamnya, AL-BARI’ – Yang menjadikan segala sesuatu, AL-QODIR – Yang sanggup melaksanakan semua hal yang dikehendaki, AL-HAFIEDZ – Yang Memelihara dan Menjaga semua Makhluk-Nya, AL-MUGHNI – Yang dapat memberikan segala kebutuhan Makhluk, AL-GHONIYYU – Yang tidak membutuhkan sesuatu apapun (sarat2 lengkap jadi Tuhan lihat AL-ASMAUL-HUSNA)…dah jelas disini Tuhan ciptain alam ga susah n ga butuh. Lama!!!????? kata siapa?? itu kan ukuran kita (makhluknya) kalo bagi Dia yg ga terikat ruang n WAKTU mana ada LAMA…!!!!???

  45. kmn lo dul ,, koq g nongol lagi…
    jadi ga lucu ne..

  46. science……………. membuat hidup lebih berarti!
    dan yang pasti FANTASTIS banget!!!

  47. wahhhh……
    hebat thu……
    betul…betul….betul

  48. wahhhhhhhhhhhhh hebat………….hebat…………..hebat…………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  49. apa bner smua yg ada d atas ya? ga mungkin manusia bs membuktikan’. tuhan itu sangat ajaib

  50. yoi sobb………..kita hrus pcya dgn adanya dinosaurus….mski pun lom prnah lhat langsung…..v mau nya si lhat dgn mata kepala sendiri baru percaya 100 % …………trus mo tanya nie bozz….
    -katanya manusia berasal dari monyet kok bisa???
    tapi kan klo dalam kitab umat islam nabi adam aja g mirip monyet beliau kan orang pertama di bumi????apa karna para ilmuwan nya semua orang kreitiani????mana yang bener bozzz………

  51. lha sing mau t tanya itu:

    -bagaimana proses terjadinya makhluk bersel satu?

    – bagaimana bisa makhluk bersel satu berkembang menjadi bersel banyak?

    -Asal muasal manusia dari mana, jelas bukan monyet kan? toh manusia juga bukan berasal dari telur. Apa ada penjelasan secara ilmiah g?

    – Homo Floresiensis itu apa boleh saya artikan sebagai hewan yg menyerupai manusia?

    Jwb y Ommmmmmmmmm

  52. Great post. I found fabulous knowledge over here. I like to read informative blog’s and I found it here.

  53. Para Blogger Iklan kan Blog anda semua
    Di http://iklannyata.blogspot.com .
    Blog Iklan gratisssss & Tingkatkan PageRank Blog anda

  54. orang yg sombong yaitu orang yg tidak maw mendengarkan orang lain,merasa benar,huh kelaut aja lo abdullah trus lo nyemplung.emangnya tanpa belajar lo bisa jdi ikut comment jga disina,lo kok bisa jdi taw komputer dan segalanya apa itu bukan sains,katanya yg lo perhatikan cuma mati aja.tpi knpa lo bsa sains,dwuh yg goblok siapa sih nih,tolong pak rosiky kasih taw dong siapa yg bloon atw yg siapa sarap.

  55. Tuhan menciptakan segalanya untuk kita pelajari,belajar dan belajar trus biar ngk dongo,nabi muhhamad jga nyuruh kita belajar kok,bukankah kita dapat pahala,klw ilmu yg kita turunkan itu bermanfaat bgi orang lain,maaf nih pak rosiky klo ada yg coment ngk enak diatas.saya dukung terus ilmu pengetahuan biar orang indonesia dan islam lebih maju.pak tlong berikan lg ilmu2 yg bpak rosiky taw dpt pahala loh pak tpi yg bisa dipertanggung jawabkan.trima kasih

  56. ada foto foto manusia purba yang ada di museum geologi bandung gak???

    –> Ivy, manusia purba ya ga ada fotonya … jaman dulu belom ada kamera lah yaw … :) Tetapi kalau maketnya ada. Juga ada maket kehidupan manusia purba di Trinil Coba lihat disini http://www.givangkara.com/wp-content/uploads/2009/02/pe-trinil.jpg

  57. Evolusi adalah sebuah teori ilmiah tentang perkembangan mahluk hidup. Ketika ada yg bertanya apakah berarti manusia dari kera ? Mestinya langsung ngamuk-ngamuk. :) “Blaik … saya mesti njawab gimana ? Emange nenek moyangku munyuk ?”
    …………….
    Sing turunane Den Wanara Anoman, Sugriwa, Subali, Anila ..
    Hayooo ngaku ……….

  58. Ilmu sains jelas membuktikan bahwa bumi tercipta selama ratusan tahun.
    bukan seperti yang dikatakan di alkitab dsb…
    disinilah mereka gagal menjelaskannya

  59. addddddduuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhh…..pokoknya qt sebagai umat Tuhan wajib mempelajari tanda-tanda kekuasaannya, terasuk mempelajari bgmn bumi terbentuk. tolong dunk dlm mmbahas saint dan teknologi jgn hnya mnyangkutpautkan dengn satu keyakinan saja seperti mas abdul. buka mata dan pikirannya jgn hanya dibutakan oleh agamanya saja.

  60. aduh… kok pusing ya…?

  61. quwh….bgung ney….bsop2 yang juelaz yowp….

  62. halo…
    saya ikut gabung ya,,,
    saya pikir semuanya hebat
    maampu pertahankan prinsip masing2
    saya acungi jempol buat para pengkoment dan pembuat artikel…..
    dan bagi qaya opini itu sangat membantnu pengetahuan saya….
    ini akan menjadi nilai positif bagi pembelaajr yang edukatif
    teima kasih

  63. begitu teruuus sedikit2, lama2 tercipta banyak bunyi/suara mereka yg dpt dimengerti oleh mereka satu sama lain. suara2 mereka yg mempunyai maksud tsb kemudian mereka ajarkan kpd anak turun mereka, dan itulah sekarang yg dinamakan bahasa. semua kayaknya pakai proses lambat laun,sangatsedikit demi sangatsedikit. apakah itu jg berlaku bagi proses kemunculan makhluk hidup kah ya ? jg pd umumnya proses perubahan yg ada, dari yg sederhana ke yg lebih komplek/canggih. klo pakaian misalnya dari gak ada menjadi saat ini bermacam2 dan mewah. klo buat kemunculan makhluk hidup, pertama kali adalah tumbuhan, bisanya cm berkembang biak. trus lahir hewan tak cm berkembang biak, tp jg bergerak dan berperilaku. lalu kemudian manusia, disamping memiliki apa yg dimiliki tumbuhan dan hewan jg mempunyai akal

  64. wah jd bingung bahas masalah ini..klo semua makhluk hidup dibumi ini dari evolusi faktanya ga lengkap tapi klo mialnya manusia itu datang dari surga, harusnya manusia itu punya budaya2 surga yg dibawa ke bumi ini.. bahasa surga misalnya,teknologi surga misalnya, pastilah adam dan hawa mengajarkannya kepada anak turun, turun temurun dan akhirnya ke kita semua, seperti halnya kita tau bermacam sesuatu dari orangtua induk/ yg lebih tua dari kita. kayaknya manusia itu dlm hal teknologi pakaian misalnya, nggak langsung bisa seperti sat sekarang ini. awalnya sama sekali ga pakai apa2 trus mulai membalut badan mereka dg dedaunan,akar lalu setelah berakal mereka bisa bikin pakaian dari berbagai macam bahan seperti saat ini. bahasa pun awalnya bersuara pun takbisa , setelah bisa bersuara mereka mulai artikan arti dari suara mereka ,suara begini isyarat untuk satu hal apa,suara begitu untuk maksut lain lagi

  65. ………lanjutan atau gini..seandainya 4 juta tahun lalu ada orang ambil gambar jenis hewan kemudian gambar itu dia simpan ,kan saat ini sudah pas kira2 menempuh waktu 4 juta tahun, kita bisa langsung bisa bandingin untuk cek kebenaran teori evolusi …..tapi itu juga imposible ya..yesus aja baru 2000 tahun yg lalu, mesir kuno itu baru 5000 tahun yg lalu, pethecantropus hidup dulu di indonesia tapi itu baru 10000 tahun yg lalu lagian dia jg ga punnya kamera ooi.. duhh gimana ya…? gimana caranya mengetahui jenis n bentuk hewan di masa 4 juta tahun yg lalu . ee ngomong2 hewan dimasa 4 juta th lalu dah jadi batu tuh, fosil namanya , pernah denger kan? nah itu aja ,amati fosil2 yg umurnya 4 jutaan yg lalu bandingin ama hewan yg ada sekarang..kalo masih persis ga berubah berarti teori evolusi gugur,tapi kalo beda/berubah berarti mreka berevolusi..n teori evolusi benar chooi…selamat mencoba.

  66. saran buat mas danhen:kera/gorila selamanya tidak akan berubah jadi manusia karena tidak sesuai dg teori evolusi (baca tentang evolusi).proses evolusi proses yg sangat panjang,ga cukup 100 duratus tahun ,1000 duaribu tahun. kalo inngin buktikan kebenaran teori evolusi, coba amati satu jenis makhluk hidup, apa saja. kalo perlu ambil gambarnya sekarang, kemudian setelah 4 juta tahun anda amati lagi ( proses evolusi minimal 4 – 7 juta tahun ) terjadi perubahan atau ga.. kalo terjadi perubahan berarti teori evolusi benar . kalo gak berubah berarti teori evolusi omong kosong. selamat mencoba………wah imposible ya kayaknya..gini aja tak kasih tip,,,,,anda ambil gambar hewan sekarang trus anda tinggalkan pesan sama orang di 4 juta tahun yg akan datang suruh amati lagi hewan tersbt berubah atau ga.. ……….berlanjut

  67. evolusi?menarik lhooo…seperti kata pakdhe.. pertama tatasurya terbentuk,gas atmosfer mengembun jd air laut,kemudian timbul organisme,,,organisme berkembang n bervariasi muncul spesies baru..ribuan ,jutaan. kmudian yg tadinnya bumi cuma bola batu tumbuh ganggang lelumutan purba bersamaan dg itu pula lahir hewan. hewan terus berkembang bervariasi berevolusi. lalu muncul manusia gak langsung ganteng/cantik kaya mas/mbak. manusia dulu ga bisa ngomonng/nulis kaya kita sekarang lho..lamalma bisa nulis n ngomong. stelah bisa ngomong mereka salinng berkomunikasi dan tukar pikiran. ada yg tulis pikiran2 dia ,mengenai macam2 apa yg mreka liat mreka dengar mreka rasakan. berlangsung hingga kini ,mreka juga berpikir tentang jati diri mreka .saya dari mana..mau kemana

  68. salam kenal!!!!!!!!!
    name qu sila amanda
    kalau mau buka fs ku ketik aja
    balqizz_mutcc@yahoo.com

  69. bumi ternyata perbentukannya sangat rumit

  70. ggg

  71. wah… bumi ini panjang ya umurnya sudah 6.5 miliar tahun selamat deh buat bumi kt ini semoga makin lama lagi umurnya.tp yang harus kita perhatikan lihatlah kehancuran bumi kita uda di nama-mana semua karna ulah siorang (GILA)…
    ya!.. orang gila(harta) dia hancurkan bumi ini demi uang,kasihan bumi kita ini,ya mudah-mudahan si bumi tidak marah,.. kalo marah mati kita…
    mulailah menanam pohon setiap satu orang yang ada di dunia!
    karna si bumi bicara(jika pohon terahir telah di tebang dan sungai terahir telah kering baru manusia sadar bahwa uang tidak bisa di makan..)

  72. Salam Kenal utk Pak Dhe,

    Matur nuwun atas dongengnya, nambah wawasan spy bisa membaca ayat2e Gusti Alloh yang terbentang di alam ini.
    tambah ngelmuku – iso keno nggo crito neng anak putu.

  73. Saya komen lagi
    Perbedaan itu hal yang wajarkan dan bisa menambah pengetahuan…
    Saya dulu di SMA belajar tentang Biologi, ingat Mas Rov pengetahuan itu tidak selamanya benar contohnya saja tentang teori Darwin manusia asalnya dari kera alias monyet……..
    Saya tidak terima semua manusia adalah turunan Nabi Adam as sedangkan kita selama ini bealajar tentang pengetahuan dari orentalis barat yang selalu menyelewengkan hakikat sebenarnya.

    Malah saya balik bertanya itu orang utan yang ada di kalimantan dan gorila satu spieses yang hampir mirip dengan manusia beribu2 tahun hidup disana dan sekarang di urus sama manusia tetap saja tidak berubah menjadi manusia………………………….

    DNA, gen manusia tidak sama dengan kera atau monyet……………….

    Kalau teori darwin di percaya sampai sekarang apakah mungkin kera bisa di hamili oleh manusia atau sebaliknya manusia di hamili kera……………………NGERI KALI!!!!

    Sperma dan ovum kera dan manusia sangat berbeda jauh, sorry alat kelamin juga sangat berbeda.

    Sekali lagi ilmu pengetahuan tidak selamanya benar kita terlalu percaya pengetahuan orentalis barat, memang ada benarnya tetapi ada salahnya juga buktinya teori Darwin.

  74. SEMUA NI BIKIN MUDENK !!!

  75. TAHUN-TAHUN YANG SUDAH KITA MASIH BISAH MELIHAT BITANG YANG UNIK DI DEPAN MATA.SKARANG KITA HANYA BISAH MELIHAT MELALUI MEDIA – MEDIA ELEKTONIK DAN ITU SEMUA PUN SUDAH TDAK SEBAGUS YANG AWALYA KARENA TAMBAH DIKEMBANGKAN LAGI JADI TIDAK LAH UNIK.DAN DULU KITA MASIH BISAH MENGHIRUP UDARA YANG SEGAR ,SKARANG INI SEMUA YA TELAH KENA POLUSI DAN TIDAK SE SEGAR DULU LAGI.ITULAH PERBEDAAN DENGAN JAMAN DULU.MESKIPUN SKARANG LEBIH MODEREN NAMUN TIDAK BISAH SAMA DENGAN YANG DULU LAGI…??

  76. selamat siang pak…sye dr malaysia…
    ingin bertanye tntg sejarah tentang perkembangan ajaran tarikat dr nenek moyang kita terdahulu dr zaman rasulullah sehingga sekarang..sekian..wslm..

  77. terima kasih, artikelnya mantab.

    kalo punahnya dinosaurus pada zaman kapur itu sebabnya apa ya?
    kemudian pada zaman permian juga apa yang menyebabkan kepunahan?

  78. informasinya tolong diberi keterangan dan gambar atau foto tentang sejarah bumi

  79. bumi !!

    menurut saya,bumi adalah tempt tgal smua makhluk.so ga cuma manusia sja hewan dan tumbuhan jg.
    dan klo omng2n bumipst terkait olh air ?

    iy ga?

  80. BELUM SATUPUN ADA KEBERHASILAN MANUSIA DALAM MEMBUKTIKAN ORGANISME PERTAMA ITU BERASAL DARI SESUATU YANG TIDAK HIDUP…. sekarang sudah jaman sangat Canggih, tapi belum ada seorang pun yang bisa buat sel hidup dari campuran dan reaksi unsur kimia anorganik…. bagaimana pendapat anda ?

  81. uuuuuuupzzzz,,,kita hrus bisa nenjaga bumi kita yang tercinta yua kan,,,,

  82. mungkin kalo di bayangkan dunia itu suda ada dari jutaan tahu bahkan ribuan sampai milyaran tahun lalu.tapi pada saat itu suda ada ehidupan atau tidakya

  83. mang bener adam dan hawa nenek moyang kita? anak dari mereka kan cowo smua, bahkan 1 org mati.gmn caranya memperoleh keturunan dengan 1 org cowo?

  84. ANJING LhOe …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

  85. PUKAK SETAN !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  86. dasar pembohong loe kalo bohong nanti masik neraka lHo…………………………….

  87. kehidupan…
    dimulai dari awal…
    dan ending pada bagian akhir.

  88. Pak Rovicky, saya haturkan banyak terima kasih dapat dan begabung dalam blog bapak yang isinya sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan serta wawasan dan akhirnya dapat meningkatkan ke imanan kita pada Sang Pencipta Allah Azawazala,pemilik alam semesta beserta isinya. Ilmu yang bermanfaat pahalanya akan mengalir tiada henti walaupun kita sudah di liang kubur. Semoga blog bapak ini dapat terus berjaya dan lebih banyak lagi artikel nya, yang mudah dan dapat difahami juga oleh anak-anak usia dini.

    Saya ucapkan selamat berkarya dan berjuang dan sukses selalu

    Wassalamu’alaikum WR WB,

    A.R.Hakim

  89. Seluruh alam semesta ini terbentuk dari zat organik dan anorganik,jadi sangat jelas bahwa semua yang ada di alam semesta ini mempunyai korelasi satu dengan yang lainnya, yang berbeda adalah bahwa dari bahan dasar yang sama itu kemudian masing2 terbentuk menjadi suatu kesatuan kombinasi zat2 yang berkembang sesuai dengan karakteristik tebentuknya zat2 tersebut secara bersamaan ada juga yang berkembang sendiri2. Menyadur dari seorang penulis buku bahwa kalau yang namanya makluk hidup dan benda mati itu kalau dibelah menjadi 2 terus-meneruuus ujung2nya tinggal berupa sebesar zat saja bahkan sampai pada tataran atom kecilnya, Itulah keagungan Allah, Beliau menciptakan alam beserta isinya ini begitu sempurna dari yang tak ada menjadi ada, dari yang bersel satu sampai sesempurna manusia.Pejalanan alam semesta ini begitu puanjaaaang (4,5 milyar th adalah perkiraan usia bumi, lalu alam semesta berapa ??? ada yang tahu?)dan bahkan kita pun belum tahu dengan pasti apakah ada kehidupan lain diluar planet ini, kita tak tahu seberapa jauh batas alam semesta ini, itulah kekuasaan Allah, kita tak akan mampu menggali semua rahasia itu, sungguhpun seperti Pak De katakan sampai turunan ke 100.000, lha baru sampai turunan cucu atau buyut saja kita sudah tidak saling nyambung, apalagi mata rantai yang jutaan bahkan miliaran tahun.Sungguhpun ada scientist paling hebat saat itu atau nanti setelah dia wafat, anaknya atau orang lain kan tidak bisa langsung nyambung apa yang telah dia ketahui…kita harus set back pelajari lagi yang dia ketahui…masih bagus kalau terus nyambung, kalau pakai bingung dulu .. bisa2 jadi blank lanjutannya . Ini identik bagaimana susahnya merangkai mata rantai evidence jutaan bahkan milyar tahun yang kita perlukan untuk menyambung cerita fosil2 yang kita bicarakan disini yang keberadaannya kita tak tahu dimana apa dipermukaan bumi atau nun jauh didalam bumi, yang jelas rentang waktu itu ada dan dalam rentang waktu itu tentu ada “evident” entah itu fosil(flora atau fauna) atau kejadian alam apa. Science perlu kita gali, sebagaimana kita dianjurkan,(bukan untuk sombong dihadapan NYA) justru semakin kita tahu rahasia2 itu semestinya akan membawa kita semakin sadar akan keagungan Allah S W T, semua yang terjadi dialam semesta ini ada dalam sepengetahuan NYA. Maha sempurna Allah,mudah2an coment ini bisa mempertemukan dua kubu.

  90. makasih ya, kak!
    saia pake buat tugas sejarah nih XDXD :)

  91. bagaimana vegetasi jaman karbon itu?

  92. yang penting kita ini cucu Nabi Adam saw, yang mengetahui hanyalah Allah SWT. Kalau mau mengerti yang lebih jelas tentang bumi dan kebesaran-kebesaran allah baca al-qur’an.

  93. keren juga ni blog…bisa tambah2 ilmu…thank’s bwt yang punya karena bagi2 ilmu n pengetahuannya…
    u/yang ribut2 itu..mbok ya jangan ribut toh..
    ilmu itu ada karena adanya kekuasaan ALLAH SWT..kehidupan dunia harus dijalanin dengan seimbang..ga timpang…dunia ada u/akhirat..akhirat ada u/kehidupan yang abadi…
    kalo science+teknologi itu berhala (kata Mas Abdullah..maaf2 ni Mas),kenapa ALLAH SWT ngasih akal pikiran manusia..buat mikir…nyari ilmu…bisa ngembangin ilmu itu jadi Teknologi…
    ilmu yang bermanfaat itu bisa jadi bekal di akhirat nanti mas…
    nyari ilmu yang bermanfaat,digunain u/yang bermanfaat,itu ibadah..dan harus dijalanin dengan penuh iman dan taqwa..insyaALLAH..barokah,pahalanya di bawa sampe Yaumil Qiyamah..amiin..

  94. wew thank’s ya

  95. Wallahu alam…Hanya allah yang tau rahasia bumi ini…..kita sebagai manusia jangan sok tau….kalau kita mau tau awal bumi ini bagaimana bentuknya…kita diwajib kan MATI dulu…nah kalo udah berada dalam sorga baru deh kita bisa jalan2 mo liat2 bumi kita dahulu kala dengan izin allah…tapi bagi yang masuk neraka kaya gua…he..he..mana bisa mecahin masalah bumi kita pada saat dahulu kala…:)) kalo dah di sorga mau apa aja akan diijin kan allah lho….misalnya mau liat fhoto2 kerajaan atlantis (kalau memang ada) he..he…kidding

  96. sebetulnya bisa jadi manusia sebelum adam juga pernah ada…..
    buktinya…..percakapan malaikat dengan tuhan ALLAH sewaktu adam diciptakan. tuhan mengatakan bahwa ia akan menciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi…namun sang malaikat berkata “manusia nantinya akan bertumpah darah dan melakukan pengrusakan diatas bumi ini dan saling berperang” nah….dari sana kita mengetahui secara awam….sedangkan ALLAH maha tau…namun kenapa si malaikat begitu tau kalau2 si manusia akan membuat kehancuran dimuka bumi…???? nah bisa jadi dulu juga pernah diciptakan makhluk hidup di bumi ini yang pengetahuannya lebih hebat dari manusia sekarang dan mungkin saja namanya bukan manusia….tapi mungkin xxx ato yyy ato zzz (ufo kali ya…:D..??) dan manusia xxx itupun melakukan perang hancur-hancuran di muka bumi..makanya malaikat bisa mengeluarkan kata-kata seperti diatas kepada ALLAH karena dulu juga ada khalifah namun habis karena kehebatan peradaban mereka sendiri (perang)

  97. wah kalau gitu bumi ini sudah terbentuk lebih dari 10.000 tahun yang lalu donk!!!!!! lalu pertanyan gue nih, lalu siapa donk yang hidup pada tahun itu dan kira2 bumi ini sudah berumur berapa ya? tolong di jawab ya

  98. aq mau tanya lagi,,,,
    apakah jaman dulu ada binatang dinasaurus???????///
    apakah sekarang binatang itu masih ada??///////
    tolong dijawab pertanyaan qu yg td n skrng ini!!!!!!!!!!!

  99. aq mau tanya,,,,,,,
    knp bumi ini bisa jd darat????????
    padahal kan dulu bumi diisi dgn lauatn!!
    sipa manusia pertama kali yg buat menjadi daratan??
    apakah allah yg membuat semuanya?????////

  100. luar biasa memang… segitu takutnya manusia pada pertanggungjawaban pribadi sehingga selalu menggunakan justifikasi metafisik sebagai aksioma hidupnya…

    1. soal ketiadaan fosil transisi, jika teman2 mengerti “masalah penentuan spesies (the problem with species)”, maka dengan sendirinya teman2 akan sadar mengapa “fosil transisi” selalu elusif…

    2. evolusi tidak meniadakan ‘sang pencipta’, jika ga ngerti mungkin teman2 ada baiknya baca lagi tentang evolusi…

    sadarlah kawan2 bahwa aksioma yang anda gunakan tidak selalu pasti benar. Seperti ilmu, padi kian berisi kian merunduk…

    -w-

  101. memang Tuhan adalah maha agung…. dengan kedasyatan penciptaannya…. baik yang ada bi bumu maupun yang ada di langit…. pokoknya sungguh luar biasa….

  102. God is very the best! Dia dapat mengatur antara kehidupan masa lalu dan kehidupan sekarang!! Dia telah memberi bukti kpd manusia bahwa di kehidupan masa lalu terdapat berbagai macam makhluk hidup. Thanks GOD!!!

  103. Tuhan sungguh luar biasa. Dia dapat mengatur segala sesuatu yang ada dibumi ni!! artikel evolusi ini sangat cocok untuk kalangan pelajar. agar kita dapat mengerti kehidupan2 yang ada di masa lalu!!!!!!!!!~!!!!!!!

  104. Alhamdulillah ada orang yang bersedia menggunakan pendengaran, penglihatan dan otaknya, sesuai tuntunan Allah. Kalo merujuk pada Kitab” Allah, memang kurang lebihnya seperti itulah kejadian alam ini, dari yang mulanya kabut gas/nebula atau dalam istilah quran nya itu dukhon. kemudian menjadi padat, bumi yang mati baldah mayyitan, kemudian turun air hujan maan, hiduplah bumi itu kemudian tumbuhlah nabatan, dan kemudian tumbuhan bermutasi menjadi hewan, dan hewani bermutasi menjadi al-insan ahsanu taqwim.

    Kalo darwin bilang manusia itu dari monyet aja udah pada ribut, apalagi kalo dibilang bahwa manusia itu dahulunya tidak bisa disebut apa”, bukan tumbuhan bukan hewan, دَابَّةٍ daabbati (segala sesuatu yang ada dibumi) itu dicipta dari air, dari airlah tumbuhan awal tumbuh, yang kemudian menjadi hewani .. baru lah ber-evolusi menjadi manusia. dan kejadian itu terjadi berjuta tahun lamanya, bukan masalah bagi Allah, kun fayakun.

    Dan seburuk-buruknya دَابَّةٍ daabbati adalah manusia yang tidak tunduk patuh terhadap perintah Allah.

    Begitulah Sunatulloh penciptaan pada alam, agar bisa dijadikan petunjuk bagi manusia. Allah bukan tukang sulap, kun fayakun sim salabim tiba” jadi, tetapi segala sesuatu yang Allah kehendaki pasti jadi. Tatkala kebanyakan manusia berpikiran Allah itu seperti tukang sulap, kun fayakun langsung jadi kehendakNya, tidak heran mengapa umat yang mengaku beriman kpd Allah menjadi TERBELAKANG dalam segala bidang. Yang dipikir hanya kuburan, apakah itu umat sinagog, gereja maupun masjid. yang semestinya merekalah -yang notabene umat Allah- yang memanage bumi ini, bumi milik Allah ini.

    Kalo memang kun fayakun itu seperti sim salabim nya tukang sulap, kenapa dibutuhkan 23 tahun untuk Muhammad Rosululloh menang dalam membawa risalahNya?

    ada tertulis dalam kitab, “Allah-ku bukan Allah nya orang mati, tetapi Allah-ku itu Allah-nya orang-orang yang mau hidup berdasarkan ismeNya”.
    Orang yang mau mengelola bumi untuk rahmat seru sekalian alam.

    ALLAH-KU BUKAN TUKANG SULAP !!!

  105. hmmm…ya..ya..

  106. […] Juni 18, 2008 pada 8:05 am · Disimpan dalam Tak Berkategori Evolusi # 1. Sejarah singkat bumi dan kehidupannya […]

  107. Duh….
    ngapain didebatin masalah evolusi,,jelas-jelas dari ilmu agama,biologi,dll. Ga ada yang bisa membuktikan, dah ganti darwinisme sama harunisme (Harun Yahaya). Semua pertanyaan saudara pasti terjawab, dah!!!

  108. Assalammualaikum bwt smuanya
    makasih atas smua comendnya..aku suka she kalau mempelajari tentang revolusi,tapi sayang banget,aku gx bisa mempelajari truz,cz aku kburu masuk Program IPA she,,tpaku msh hobi baca2 tntg smua itu..
    Tentang revolusi itu pelajaran yang menarik dan mengasyikkan,,apalagi tentang manusia pada zaman purbakala dan tentang perubahan revolusi pada binatang(sapi,dinosurus,dll)smua itu bener2 jauh diluar dugaan ku..
    Pokoknya Syiiiiiiiiiiiipppppppppppppp deeeeeeeyyyyyyyyhhhhhhhh..thanx ya bwt smuanya yang dah mw bca tulisanku ini,,mumgkin agak sedikit aneh atau agak gimana gitu,,,cs aku juga masih belajar she…jadi ya mohon dimaafin ya bwt smuanya……….
    thanx yyyyyyyy
    Wassalammualaikum

  109. mungkin komentar saya bisa mendamaikan antara pemahaman agama dan teori ilmiah darwin. dari national geographic telah diketahui bahwa manusia saat ini hanya terdiri dari satu species saja, yaitu homo sapien. sedangkan spesies2 lainnya secara mengejutkan punah. Dan diketahui juga bahwa spesies manusia sebelum homo sapien muncul, hampir tejadi kepunahan. para ilmuwan menyebutnya dg zaman leher botol dari populasi manusia saat itu. Di zaman ‘leher botol itulah diketahui spesies kita, yaitu homo sapien, muncul. Dan dari kemunculan homo sapien inilah, pertama kali dikenal ritual2. kesimpulannya, mungkinkah Adam A.S adalah Homo Sapien pertama? bukan manusia pertama?
    Dalam Alquran disebutkan juga bhw malaikat protes dg penciptaan Adam karena setahu mereka, manusia hanyalah perusak bumi saja. Dari mana mereka(para malaikat) tahu hal itu? Mungkinkah karena telah ada manusia sebelum Adam, yang telah berbuat kerusakan di muka bumi???

  110. MAS, ni tulisan anda bagus, tapi sy mau cari inform ttg. 5 teori terbentuknya bumi & tata surya, yg salah satunya “HIPOTESA NAILBILL” (klo g salah) mohon anda teerbitkan yow! coz sy uda cari2 tp g ktemu????

    MAKASIH ATAS BANTUANYA.

  111. Saya kurang setuju dengan yang namanya teori evolusi Darwin jika dilihat dari segi manapun baik itu dari segi ilmu pengetahuan apalagi agama sudah terlihat begitu jelas semuanya Gak MASUK AKAL

  112. Saya kurang setuju dengan yang namanya teori evolusi Darwin Coz jika dipandang dari manapun baik itu dari segi ilmu pengetahuan ataupun agama jelas aja dan sangat begitu jelas tidak masuk akal

  113. saya tidak akan meninggalkan komentar apapun, yapi saya ingin bertanya, apakah bumi yang kita diami sama dengan bumi yang nabi Adam diami?
    karena bukankanh pada zaman nabi Nuh ALLAH telah menghancurkan bumi beserta isinya melalui air bah yang sangat dahsyat.

  114. Saya coba beri pencerahan, bahwa science itu bukan theology. Jadi atmosfirnya berbeda. Mereka mempunyai kebenaran yang berbeda, jangan dicampurdukkan. Ok

  115. Semua mahluk, mulai dari atom sampai dengan manusia, berasal dari satu bahan yang sama, yaitu
    suatu partikel terkecil di alam semesta yang saya tidak tahu namanya.

    Partikel terkecil itu berasal dari bahan non partikel yang lebih halus lagi yang saya tidak tahu namanya.

    Jadi semua mahluk berevolusi dan berevolusi dari bahan yang sama.

  116. T: “Jika ini benar, maka harus ada bukti yang menunjukkan bahwa fosil-fosil berusia lebih tua memiliki tingkat keanekaragaman yang lebih sedikit dibandingkan fosil-fosil muda. ”

    –NE :
    Kesalahan Pertama Pak Taufik. Tidak ada sebuah “keharusan” dalam kaidah science. Sains berkembang karena adanya evidence (petunjuk), skali lagi ini juga bukan prove (bukti), tetpi hanya tanda-tanda (petunjuk) saja.

    T: “Tidak hanya itu, fosil-fosil berumur lebih purba haruslah lebih sederhana dibandingkan fosil-fosil makhluk hidup yang muncul pada zaman setelahnya, yang semakin rumit dalam hal struktur dan bentuk.”

    –>NE :
    Kesalahan kedua, anda perlu membaca tulisan Pakdhe tentang pitfal yang aku tulis sebelumnya. Bahwa istilah sederhana dan rumit itu sangat merancukan. Apakah anda pikir virus itu sederhana ? Bagaiaman mungkin virus dan bakteri dapat “berpikir” (dalam tanda kutip) tanpa otak untuk mempertahankan diri dari serangan obat-obatan.

    T: “Ternyata bukti fosil berbicara sebaliknya, menentang keyakinan evolusionis.”

    –> NE
    Kesalahan ketiga adalah menggunakan ilmu sebagai keyakinan. C’mon ini pengajuan kaidah ilmu sains bukan ilmu agama untuk dipercaya.

  117. Teori evolusi itu secara tak langsung sudah merambah ke ranah “keimanan”, secara sadar jelas mempertentangkan dengan kelompok pemaham penciptaan (creation) dan kaum beragama , di beberapa Negara malah teori ini begitu mendapat hati dan di legalkan untuk diajarkan mulai dari pendidikan dasar, jadi kalau ada oknum yg menawarkan konsep Creation ata sesuatu teori yg berbau “invisible hand” dianggap sebagai against the law, upaya-upaya kelompok evolusionist untuk membentengi paham ini juga termasuk dengan menyerang pemahaman kelompok creationist dan kaum beragama, yang paling umum kita dengar adalah :” Al-kitab bukan science!” maksud mereka tak pada tempatnya menjudge Ilmu manusia dengan informasi dari al-kitab, di nilai oleh isi dan informasi yg tertera di Al-Kitab, termasuk juga diantaranya membentengi teori evolusi ini dengan pendekatan metode dan cara berpikir yg pakem menurut mereka, kalau tak mengikuti cara tersebut nanti tak Ilmuah. Kaum Crationist dan kelompok beragama manganggap teori evolusi ini sebenarnya telah mencoba mereduksi sifat yg melekat padaNYA yakni Maha Pencipta (sesungguhnya siapa sih yg bisa mereduksi Kekuasaan dan kebenaran Allah SWT?), jadi kalau teori evolusi tersebut benar silahkan saja hadapi semua sanggahan yg datang walau bagaimanapun pola pendekatannya, Coba kita simak dari beberapa tulisan teramktub :”Darwin menyatakan bahwa keanekaragaman makhluk hidup berawal dari satu nenek moyang yang sama, yang kemudian berevolusi”. Dengan kata lain, satu nenek moyang ini kemudian mengalami perubahan sedikit demi sedikit dalam kurun yang sangat lama untuk kemudian membentuk beraneka ragam kehidupan yang ada sekarang, baik dalam hal jumlah spesies maupun tingkat kerumitannya.

    Secara sederhana sejarah evolusi makhluk hidup dapat diibaratkan sebagai sebuah piramida atau kerucut terbalik. Berawal dari satu titik puncak kerucut di bagian paling bawah, lalu semakin ke atas semakin melebar seiring dengan berlalunya waktu.
    Jika ini benar, maka harus ada bukti yang menunjukkan bahwa fosil-fosil berusia lebih tua memiliki tingkat keanekaragaman yang lebih sedikit dibandingkan fosil-fosil muda. Tidak hanya itu, fosil-fosil berumur lebih purba haruslah lebih sederhana dibandingkan fosil-fosil makhluk hidup yang muncul pada zaman setelahnya, yang semakin rumit dalam hal struktur dan bentuk. Ternyata bukti fosil berbicara sebaliknya, menentang keyakinan evolusionis.

    Setelah evolusionis dibuat bingung dengan Ledakan Kambrium, kini muncul ledakan lagi yang tidak sesuai dengan pernyataan teori Darwin: Ledakan Avalon. Temuan ini, yang diterbitkan jurnal ilmiah terkemuka Science, 4 Januari 2008 oleh Shen, Dong, Xiao, and Kowalewski asal Department of Geosciences, Virginia Polytechnic Institute and State University, Blacksburg, USA, mengenali adanya kemunculan tiba-tiba beragam makhluk
    hidup sekitar 33 juta tahun lebih muda dari Ledakan Kambrium. Tidak hanya itu, beragam kehidupan ini sama sekali berbeda dengan yang ada pada Ledakan Kambrium,
    dengan kata lain, tidak ada kaitan evolusi antara keduanya.
    Tulisan di situs berita Sciencedaily itu mengulas temuan yang bertentangan dengan anggapan Charles Darwin. “Pola ledakan evolusi mengkhawatirkan Charles Darwin, karena ia berharap bahwa evolusi terjadi dengan tahapan lambat dan tetap,” kata Shuhai Xiao, pakar geobiologi di Virginia Tech. Ia menambahkan, “Gagasan Darwin dapat digambarkan sebagai sebuah kerucut terbalik dengan keragaman morfologi yang semakin membentang, akan tetapi rekaman fosil Ledakan Kambrium dan setelahnya lebih tepat digambarkan sebagai sebuah tabung dengan pancaran morfologis di bagian dasar dan penyempitan morfologis setelahnya.” Dengan kata lain, keanekaragaman sudah ada sejak awal kemunculan makhluk hidup, dan muncul secara tiba-tiba. Seiring perjalanan waktu, keanekaragaman itu justru semakin berkurang dengan adanya kepunahan, dan tidak bertambah melalui evolusi. Ledakan Avalon Di antara ledakan fosil yang tidak sejalan dengan Teori Evolusi ini adalah kemunculan sebagian besar kelompok utama makhluk hidup kompleks yang terdapat pada rekaman fosil selama masa Kambrium, yang dikenal sebagai Ledakan Kambrium. Peristiwa ini adalah kemunculan tiba-tiba makhluk hidup, tanpa sejarah evolusi rekaan Darwin, yang terjadi sekitar 542 juta tahun lalu.

  118. Sorry tadi lupa linknya

    http://rovicky.wordpress.com/2007/02/11/evolusi3-awas-lubang-keledai-potential-pitfall/

    Pakdhe terusin dongengan evolusinya dong. Bosen dengan LuSialan

  119. Pak Taufik
    Anda ini mau bicara agama atau bicara ilmu atau sains, sih ? Lah emangnya Adam itu ada kenapa dicari2 fosilnya. Barangkali saja (ini menurut pandangan sains) yg disebut adam hawa itu sekedar mitologi atau kiasan. Manusia harus memikirkan bahwa ini sebuah teka-teki. Lah kalau anda menggunakan ayat ayat kitab suci ya ndak perlu bukti. anda percaya saja titik !
    Tapi sains dimulai dengan dugaan hipotesa. ya tentusaja berangkat dari titik yang tidak sama.
    pakdhe pernah menuliskan tentang pitfal-pitfal yang sering menjerumuskan orang dalam menanggapi teori evolusi.

  120. Kalau saja project itu mau memeriksa (atau siapapun) terhadap DNA di jasadnya almarhum Bunda Hawa di makam Jeddah mungkin curios itu terjawab, dari sisi genom dan umur manusia. Pikiran para evolusionist kadang memang tak murni, sering kali mencampurkan dengan teori penciptaan (creation)..seperti pertanyaan sederhana yg ditulis man teman sebelumnya, bagaimana misalnya makhluk air berevolusi menjadi makhluk terbang dan makhluk darat?..ya terjadi begitu saja! (seperti kun fayakun), betul logikanya kalau makhluk perantara/transisi tersebut pernah ada pasti gampang kan menemukan di lapisan batuan, karena periode kepunahan massal akan meninggalkan abundant fossil trace di beberapa tempat di muka bumi…tapi terus terang memang belum pernah dijumpakan (atau memang tak pernah ada), beberapa binatang purba masih hidup sampai sekarang (bagaimana bisa mereka mengalami stagnasi evolusi?), buaya itu tetap saja begitu bentuknya dari dulu, teori ini jadi seperti “toilets break” apa saja bisa dimasukkan..tak ada konsistensinya.

  121. Pak Taufik,
    uraiannya cukup bagus, saya tunggu uraian berikutnya.
    Yang menarik tentunya evolusi secara global yaitu evolusi mikro (perkembangan DNA, serta internal spesies) maupun evolusi makro (origin of species). Evolusi global (unversal) Yaitu alam sendiri menunjukkan bawan alam semesta juga berpengaruh dalam makro maupun mikro.
    Saya harap manusia tidak tersinggung dengan adanya evolusi pada setiap mahluk ciptaan Tuhan.

  122. hi..hi..hi zaman gini masih percaya teori evolusi?, sejak teori darwin di kedepankan sebenarnya dia sendiri tak menyinggung soal teori evolusi manusia dari monyet, namun setelah waktu berjalan ide untuk mengevolusikan manusia juga di teorikan, kata kelompok evolusionist ” masak sih species manusia tidak berevolusi sementara species lainnya berevolusi?, ini ungkapan yg paling sering kita dengar dari kaum evolusionist, semestinya di jawab saja dengan ungkapan “siapa bilang species berevolusi?”. Jadilah perdebatan sengit di mana saja, kapan saja dan siap saja dari ke-2 kelompok ini, kalau sudah sampai ke diskusi “kera adalah cikal bakal manusia” maka debat ini akan makan bertempoh-tempoh, leluconnya, disuatu seminar sampai sampai ke-2 kelompok ini harus dipisahkan oleh moderator seminar, kelompok pendukung nenek moyangnya manusia sebelah kanan, yang nenek moyangnya sebelah kiri!”. Kaum evolusionist menganggap teori evolusi adalah agama, semua ilmu haruis dikaitkan dengan teori ini kalau tidak..ya tak ilmuah..padahal ilmuah atau tidak hanya sebatas penafsiran pemikiran manusia, jargon-jargon yg dilekatkan manusia, namanya tempelan kan bisa lepas ya..bisa lekang, caranya tergampang hadapkan lagi sama penemuan terbaru dari ilmuah tersebut, penemuan terupdate dan tekbology yg beyond 2000an gitu!. Ini yg sering secara tak sadar di berlakukan oleh kaum evolusionist tersebut, menolak, membantah dan mengignorekan temuah ilmuah terbaru atas kesalahan teori evolusi tersebut. baru-baru ini ada penemuan dan dituliskan “1% perbedaan DNA monyet dan manusia adalah Mitos!!, maksudnya perbedaan itu tak hanya 1%, tapi lebih besar 17%..tapi juga kalau berbeda 1% apa memang mirip??..nggak juga laya, 1% itu berbeda banyak..banyak sekali!!..jadi saja bangsa monyet tak pernah semaju manusia (anak gw bilang pakai celana saja nggak bisa..walau disekolahkan!), tapi tetap saja mereka tak percaya. Tahun lalu hal yg ditunggu-tunggu, akhirnya dipublikasikan hasil genetic map project antara Unesco dengan National Geographic, mereka ambil semua sample darah dari anak bangsa yg ada diseluruh muka bumi, tujuannnya untuk memetakan pemetaan Genom (gen dari pihak ibu yg tak berubah), hasilnya sungguh sangat mengagumkan semua genom manusia berequal dengan manusia africa, sehingga menguatkan teori out of Afica, tahukan teori ini..bahwa manusia adalah produk ciptaan yg berimigrasi ke asia tengah dan menyebar ke west (europe) dan east (asia dan nyeberang ke america), dan mereka menafsirkan umur manusia adalah 200 ribuan tahun (kalau menurut al-kitab Adam as adalah 450ribuan). Sebagai kelompok beriman saya tentunya senang dengan hasil project ini, saya katakan tu kan..tu kan..silahkan lah buktikan, silahkan explore semua mistery..semua toh akhirnya berujung pada kebenaran Allah SWT. Yang jadi pertanyaan Tapi kenapa mereka masih beranggapan manusia pertama dari Africa???, tafsiran saya ..inilah informasi yg di dapat manusia masih sepenggal-sepenggal. Manusia pertaa adalah adam as!, di turunkan di Tanah Haram!!, tersasar ke India berpisah sama Hawa )ke Irak)selama 200tahun. jumpanya di Jabal Rahmah…jadi teringat Khotbah Wada (perpisahannya Nabi Muhammad SAW), wahai manusia..Tuhan Kalian hanya satu yg esa (Allah SWT), dan bapak kalian adalah Adam!!! dst…(masak sih tak percaya sama ucapan Nabi Muhammad), dan lagi rantaian turunanya
    nabi Adam tak tahu kita perkembangannya, kemana mereka menyebar, kemana mereka berimigrasi(mungkinkan nyeberang ke Ethiopia-fossil tertua mirip manusiakan di jumpa disana, …heh..fossil too much imagination, jumpa sekeping ..sekeping lho!tulang tengkorak manusia, bisa keluar deh macam-macam informasi ajaib soal kapasitas, volume otak manusia dll)..sampai turunan manusia Pasca banjir Nabi Nuh kan kita tak pernah tahu penyebarannya??. Jadi coba tinggalkan teori evolusi buat manusia (to be continued)

  123. pak dhe,
    mo nanya… seberapa akurat sih penentuan waktu dr carbon/radioactive dating dlm science sejarah bumi ini? apa pernah di validate/cross check dengan bukti lain utk membuktikan ‘prediksi’ carbon dating itu cukup reliable. mohon pencerahannya..

    salam,
    yg bener2 pengen tau ttg umur bumi

  124. tulisannya sangat funtastic…selain nambah ilmu,juga berguna buat bocorin rahasia.
    dengan adanya forum ini,kita menjadi tau asal mula terbentuknya ‘rumah’kita ini…
    juga mengenai kehidupan pertama di bumi,,,

  125. forum yang sangat menarik dan sedikit ndagel hehehehe…

    tapi btw, mbok debatnya jangan dicampurin urusan agama banget2 dong. ga enak gitu. bukannya apa2, ni kan forum bebas, tar kalo ada yang beda agama dengan kita, mereka ngliatnya islam tu seneng mendebatkan pendapat sendiri2, maap lho…..

    islam tu Rahmatan lil ‘alamin kok….

    membawa kebaikan buat semua…. ya semuanya, entah tu islam ato atheis….

    so, monggo porsi debat agamanya dikurangin, rak nggih mekaten to pakde….

  126. Wah tulisane pakdhe enak dibaca lan ora mboseni. Nanging, saya kurang setuju bahwa manusia itu ber’evolusi’ menurut teorine mbah Darwin. Menurut saya, manusia itu ya berasal dari manusia. Hal ini didasarkan perkembangan ilmu biologi-molekuler dan fisika modern.
    Badan tersusun dari organ. Organ tersusun dari jaringan sel. Sel-sel tersusun dari inti sel dan sitoplasma alias cairan di luar sel. Inti sel tersusun dari rangkaian genetika yang mengandung informasi dan perintah-perintah dasar terbentuknya kehidupan seorang manusia…
    Jadi unit terkecil dari kehidupan ini sebenarnya bukanlah materi. Melainkan, informasi.
    Miturut dongenge eyang EINSTEIN alam semesta ini tersusun dari 4 variabel : materi, energi, ruang, waktu, dan ditambah ‘informasi'(dr ahli2 fisika modern). Kalau kita telusuri lebih dalam, ternyata, materi-energi-ruang-waktu,tunduk kepada variabel utama, yaitu informasi, alias perintah!
    Karena itu, ojo kaget, dalam berbagai ayat-Nya di dalam Al Qur’an, Gusti Allah menyampaikan kepada kita bahwa semua ciptaanNya itu dimulai dengan satu kata perintah saja, yaitu ‘kun’- jadilah’, maka terjadilah segala yang Dia kehendaki! Termasuk manusia…
    Dan para ilmuwan mikrobiologi – khususnya para ahli genetika – baru saja menyelesaikan pemetaan struktur genetika pada manusia. Bahwa ternyata
    genetika manusia terdiri dari sekitar 3-5 miliar kode-kode yang sangat rumit. Dulu dikira gen-gen di dalam tubuh kita ini hanya mewariskan sifat-sifat dasar – bahkan hanya sifat fisik – saja. Ternyata penelitian mutakhir menunjukkan semua itu tidak benar. Struktur gen kita ternyata bisa
    merekam berbagai kebiasaan dan tingkah laku yang kita miliki. Ia merekam karakter dan watak. Ia merekam pola pikir. Ia merekam berbagai sifat yang
    secara berulang-ulang kita lakukan dalam hidup kita.
    Bahkan ilmuwan Jepang Kazuo Murakami menghasilkan penelitian yang sangat mencengangkan, yang mengantarkan dia memenangkan penghargaan Max Planck Award di tahun 1990, dan penghargaan Japan Academy Prize di tahun 1996. Bahwa kebiasaan tertawa pun berpengaruh dan terekam di dalam struktur gen kita. Dan kemudian diwariskan kepada anak cucu kita.
    Jika benar, manusia ini berasal dari makhluk yang lebih rendah derajatnya dibandingkan dengan manusia, mestinya gen-gen mereka terekam dan terdapat di struktur genetika manusia masa kini…
    Lantas, bagaimana realitasnya? Kita tunggu saja hasilnya.
    Walaupun pengetahuan agama saya blm banyak, tp menurut saya agama dan ilmu pengetahuan yg dieksplor manusia harusnya ga bertentangan. Lha wong menungsa iku mung ngiro2 rumus2e Gusti Allah dalam menciptakan alam semesta je. buktine? banyak ilmuwan yg ‘menemukan’ konstanta2… Hanya orang2 berilmu lah yang dapat memahami dg benar kekuasaan-Nya. Makanya Allah memberikan beberapa derajat bagi yg berilmu. Ga hanya ilmu agama aja. Jadi, untuk Saudara ABDULLAH, jangan lupakan dunia. Lha situ kan masih tinggal di dunia kan? Dunia sebagai sarana menuju akhirat! gitu loh

  127. salam kenal pak de

    wah tulisane yahud
    gimana sih caranya nulis begitu banyak.

    sekedar info buat semuanya, kalo evolusi sebenarnya bukan perdebatan lagi tapi cuman tidak ada bukti baik fosil atau bukti-bukti nyata lainnya.

    evolusi adalah perubahan struktur dan fungsi tubuh, tapi nyatanya para scientis tak bisa menunjukkan dimana makhluk akan berhenti mencari kondisi terbaiknya(‘ mestinya kalo manusia terbaik ya semua yg ada di bumi ya jadi manusia dong’).

    para ahli juga gak bisa mengerti knapa muncul begitu banyak populasi dinosaurus dalam satu wilayah dalam jumlah banyak tanpa ada fosil transisi (missing link).(coba berpikir tentang teori penciptaan)

    pernah baca buku anti evolusinya harun yahya sip lah…:)

    coleacanth yg katanya jadi makhluk transisi ehhh..sekarang masih enak-enakan berenang di laut maluku…he..he..he..lol (padahal sudah ada sejak 430 juta thn lalu)
    kecoa ya begitu terus gak ada perubahan…:)

    kalo ada teman-teman marah-marahan yg gak perlu ya gak usah ditanggapi lah

    pak de coba nulis tentang penciptaan jagat raya donk pasti seru.
    bisa dipandang dari segi agama atau ilmu yg ada sekarang.

  128. WOnderFul… GreAt… Muy Bien… :P
    Seneng banged, perdebatannya menjadi memanas, hahahhaa….
    sbnrnya aq seneng banged baca2 ini semua, aq lg cari tugas tentang “Teori Usia Bumi” dari kuliah Hukum ku. Hmmm…. Aq sbnrnya kuliah di Teknik Kimia UNSRI (So ngedobel gitu TEKIM + HUKUM), tapi malah semenjak di Hukum ini aq maleh dikek’i PR eh tugas tentang Sejarah Penciptaan Alam Semesta, so dengan sabarlah Kubaca Semua ini :P
    Yang ada Aq setuju banged, kalo memang Allah ngga suka sama orang yang bodoh!!! Temen2ku banyak yg berjilbab tapi smart2 dan pintar2 , ngga menutup diri dari Science, Science dan Agama harus berjalan beriringan. ^_*

  129. #Abdul
    Sebaiknya mas Abdul segera melepas sarung, sandal, cd (klo pake), dan nggak usah pake komputer, atau bersuduj di mesjid karna semuanya hasil science, catat itu, apa amal soleh yang akan anda jaminkan! jika pekerjaan anda hanya bersujud, bekerjalah untuk duniamu seakan-akan kamu tidak akan pernah mati Abdul.
    Kalo semua orang seperti anda insya Allah tahun 2007 masih Zaman batu.

    Terus berjuang dijalan Allah kawan-kawan, mengagumi kekuasannya dengan ilmu dan membagikannya kepada umat manusia sebagai amal sholeh… Tuhan sangat tahu kemampuan otak manusia.

  130. Assalamu’alaykum Pakdhe…kulunuwun :)

    Alhamdulillah jadi baca teori evolusi lagi…Pakdhe aku lg butuh wacana proses terjadinya bumi & karakteristik lapisan bumi…wis tak ubek2 tulisan pakdhe tp g ada (ato aku aja yg oneng), pls tolong sharingnya ya pakdhe ato misalkan ada link-nya kulo mboten nolak hehehe…seblumnya aku haturkan teirma kasih sebanyak2nya…mohon maaf lahir bathin :)

  131. Zeze
    Evolusi ini tidak terjadi dalam satu atau dua generasi saja. Tapi coba tengok saja hidupnya “satu individu” ayam kira-kira hanya 5 tahun atau maksimum 10 tahun lah. Kalau saja misalnya terjadi evolusi dalam sejuta tahun saja, maka sudah turunan yang ke 100 000. Jadi sudah cucunya cucu cucucucucuccucucucunya cucu cucurucut :P

  132. Pake statistik aja berapa probabilitas nya dua individu mengalami rangkaian peristiwa “kebetulan” istilahnya darwinis tuh yg sama persis.nyoook pake itungan canggih… butuh milyaran tahun lagi tuh prosesnya. Gimana jadinya neh misalnya yg atu berevolusi jadi ayam jantan sedang yg laen jadi bebek cantik. Susahkan ayamnya jadi jomblo….:D

  133. Perbedaan adalah alat untuk mempersatukan…
    so..kalo anda-anda punya pandangan / pendapat yang berbeda jangan Ego yang di kedepankan…
    apalagi menang-menange dewe… ra apik…
    kita harus saling menghargai…

    #abdullah
    untuk sampeyan ni… jo ekstrim ngono tho..???
    kayakke pengetahuan agama sampeyan kurang ya…
    islam ki yang moderen n sedikit radikal dong…
    dalam al-Quran banyak sekali petunjuk tentang kehidupan ini…. tapi nek arep mati… yo lek mati wae.. timbang gawe susah n jengkel sodara-sodara yang lain….
    Allohu Akbar…

  134. apa-apaan ini????
    sangat membosankan, tidak menarik gitu….
    dasar goblok yang buat ni… monyong looo..

  135. zaman sekarang ini teori evolusi dah mulai runtuh

    baca aja artikel tentang runtuhnya teori evolusi ada banyak ko’

    jadi gak terlalu perlu dibahas

  136. dan maaf td diatas ada komentar seolah2 agama anti science…..ingat agama apalagi Islam adalah agama science bagi org2 yg berfikir benar…coba perhatikan salah satu suratnya..yg menjelaskan tentang penciptaan adam…apakah dijelaskan kalau adam awalnya mirip kera, merangkak, terus lama2 kelamaan anak keturunannya akan menjadi manusia sempurna spt sekarang…diayat tsb sdh jelah adam “diciptakan” dari sari pati tanah lalu ditiupkan ruh dan jadilah manusia yg sempurna, kalau malaikat diciptakan dari cahaya, sedangkan jin/iblis diciptakan dari api yg sangat panas…
    intinya saya sangat tdk setuju kalau ada anggapan Islam/Agama tdk sesuai/anti ilmu pengetahuan termasuk Geologi….

  137. maaf komentar nya agak panjang…saya bkn orng yg anti science .. saya cinta science selama science tsb bersifat mencerahkan bukan menyesatkan kita. Ingat ilmu pengetahuan manusia tdk ada apa2 nya dibanding dg pengetahuan Allah…apa yg manusia ketahui smapai saat ini temntang bumi dan isinya?.. jd kita semua jngnlah sampai bersikap sombong dg science seolah2 ilmu pengetahuan yg kita punya saat ini bisa menyelesaikan segala persoalan kita saat ini dan akan datang…

  138. Maaf neh bagi pendukung darwinisme…udh pernah baca belum buku karangan Harun Yahya yg menyangkal teori evolusinya om charles darwin. Disana terekam banyak fakta kalau teori darwinisme selama ini bulsit/bohong belaka…hanya dikarang2 sedemikian rupa seolah2 masuk akal padahal hanya dengan teori2/pertanyaan2 sederhana teori tersebut gugur dengan sendirinya….contonh satu pertanyaan “adakah sampai saat ini ditemukan bukti berupa fosil2 mahluk penghubung antara manusia kera dg manusia yg spt kita sekarang?”…ada ga ilmuan2 geologi yg udh ketemu sm fosil2 penghubung evolusi mahluk hidup tsb?..dan msh banyak lagi teori2 evolusi lainnya yg tdk msk akal..semua itu hanya krn penganut/kebanyakan ilmuan “darwinisme” adalah mereka2 yg anti tuhan , anti penciptaan..mereka tdk akan pernah mengakui kalau jagad raya beserta isinya ini ada yg menciptakannya menjaga dan mengaturnya sehingga mereka memaksakan teori2 mereka seolah2 jagad raya ini terjadi dengan sendirinya/”tanpa penciptaan”…maaf neh agak panjang…

  139. Wah Padhe….blog nya menarik sekali. Saya senang dengan informasi2 yang ada di blog ini..mendetail dan gampang diterima penjelasannya.

    Saya sekalian minta ijin menambahkan url blog padhe ini ke review saya…..

    Trims ya padhe…semoga makin banyak ilmu2 yang terkait dengan bumi ditampilkan…

    Salam.

  140. satu lg, untuk 2 saudaraku yg sedang berselisih tentang urusan Roh ; bukankah Tuhan kita pernah menyuruh berkata Rasulnya ketika ditnyai perihal masalh Roh ; “Sesungguhnya itu adalah termasuk kedalam Urusan Tuhanku, maka tiadalah kamu diberi pengetahuan tentng nya melainkan sedikt”

    lantas, masih maukah kita memperdebatkannya, pdhal telah jelas perkataan dri Tuhan kta kpada kta?
    dan lagi hnya Dialah yg mengusai kunci2 alam gaib?

    bukankah Setan pun tidak beristirahat dari menyesatkan kta, ktka kta berbuat dgn tanpa dilandasi petunjuk dari Allah?

    trimaksih… :>

  141. Halo smuanya, sya mw numpang ngasih komen nih, kalo bsa sih, tolong diperhatikan sma smuanya yah..!

    kalo menurut sya sih gini, berdasarkan apa yg sya yakini. tidak ada pemisahan antara ilmu dri ALLAH dgn ilmu hasil temuan manusia alias Sains. wong yg ngajarin 22nya jg sama2 ALLAH. masa kta mw bilang pinteran kta dripada Pencipta kita. Itu yg pertama. jadi sya mau ngingetin, kalo ILMU PENGETAHUAN itu adalah suatu kesatuan informasi global yg dipahami shingga membuat manusia mengenal siapa Dirinya, therefore, siapa Tuhannya.

    trus yg kedua. kita GA BISA serta merta MEN-JUDGE SMUA AGAMA BERTERNTANGAN DENGAN SAINS!!

    hanya gara2 golongan agamawan dari “agama tertentu” mengingkari kebenaran sains yg dibawa oleh para saintis yg hidup dibawah kekuasaannya, karena dinilai bertentangan dengan kitab suci yg mereka yakini masih murni berasal dari Tuhan. shingga kta dengn sgt sembrono mengambil kesimpulan bahwa “Agama berseberangan dgn Sains”

    memang apa makna “agama yg benar” kalau bukan kebenaran dari pendesain Alam sejagad?

    permasalahannya, lihat dulu agama apa yg bertentangan dgn sains! jgn main menyamaratakan saja smua agama mjdi seolah2 musuh sains!

    baru kita bsa obyektif memandang kebenaran…

    Wong Islam maju dan berjaya dgn gemilang gara2 mereka berpegang teguh pada ilmu yg ALLAH turunkan kpada mereka kok. shingga dengnnya mereka bsa menemukan kselarasan antara Ayat2 Allah di alam, dgn Ayat2 Allah yg diturunkan ke dalam kitabnya. shingga pintu2 kemakmuran pun terbuka bgi mereka dri langit dan dari bumi…

    karna apa? karna petunjuk ALLAH itulah yg mereka jadikan sebagai “software” khidupan mereka…

    dan DIN mereka sebagai “Hardware” nya…

    maka tegaklah kekuasaan ALlah sebagai RAJA MANUSIA . di muka bumi ini sbagai mana tegak kekuasaannya atas ALAM SEMESTA… maka, adakah yg lebih patut dan pantas mengatur dn memerintah selain dripada ALLAH dgn Petunjuk dan Din nya yg Haq? padahal kepadanya lah berserah diri segala apa yg ada dilangit maupun yg dibumi… karena Dia lah Sang Raja yg sebenarnya atas seluruh alam ini. maka siapakah yg mencoba menandingi dan merebut haknya untuk berkuasa dan memerintah dgn mengambil petunjuk dan din selain dari DiriNya melainkan kaum yg celaka?

  142. U/ Mas Sanyoto, Orang kok bisa sakit jiwa ? Jadi roh berbeda dengan jiwa? kalau roh = jiwa ,apakah roh dapat sakit ?
    Kalo menurut saya , nyawa = jiwa, jadi bisa sakit.Binatang punya nyawa atau jiwa seperti manusia.Jadi binatang juga dapat sakit jiwa, contohnya ada penyakit SAPI GILA. Kalau orang membunuh orang, maka polisi dalam proses hukumnya menggunakan pasal-pasal KUHP tentang tuduhan menghilangkan nyawa atau jiwa orang lain. Juga kalau pengemudi ngebut dijalan, ia membahayakan jiwanya sendiri dan jiwa orang lain. Yang lebih tepat ROH = SUKMA = ARWAH, yaitu yang akan mempertanggung jawabkan perbuatan manusia sewaktu hidup didunia. Dia juga bisa bergentayangan kalau terpisah dengan raganya secara paksa.

  143. Awalnya hanya Allah. Kemudian diciptakan alam sesuai teory bigbang yang kemungkinan adalah pemisahan antara materi dan antimaterinya.
    Materi itu awalnya saos energi karena memang materi= energi: kecepatan cahaya.
    Makanya alam materi (dunia) dibantu oleh malikat untuk mengurusinya.Tetapi dunia sebagai langit satu tidak hanya materi murni, namun campuran materi energi dengan komposisi lebih materi.
    Langit kedua komposisinya lebih energi sehingga mahluknya juga berbadan energi.
    Kedua langit itu berdampingan dan membutuhkan oksigen, makanya setan diturunkan kedunia karena api butuh oksigen dan bahan bakar untuk kelangsungan keberadaannya.
    Nah manusia itu juga terdiri dari materi (badan) dan energi (nyawa). Keduanya membentuk raga hidup untuk sangkarnya sang Jiwa atau Roh atau Kesadaran.
    Kalau kita tidur maka kita mati karena kita sebenarnya hanya roh (program aplikasi).
    Saat tidur itulah kita tahu bahwa yang mengatur metabolisme, pertumbuhan tubuh kita ternyata bukan kita. Maka benar jika ternyata badan ini saja kita tak berhak mengakui milik kita.
    Karena hakekatnya kita hanya Jiwa/ Roh yang nantinya akan kembali kelangit 3,4,5,6,7 tergantung kualitasnya. Dan Jiwa bukan materi tetapi masih disebut rahasia Tuhan.
    Jika kita cinta benda/ dunia maka kelak jika bumi sudah rusak dan kesulitan hidup sudah sangat tinggi, dengan bahasa lain rejeki sudah ditarik maka bumi seperti di bulan kering panas ozon rusak. Maka apakah kita ingin tetap cinta dunia??? Mohan koreksi kesalahan saya.
    Trims

  144. thanks yah sangat membantu ku dalam pelajaran sejarah yg membosankan

  145. Yok opo sih rek…
    gak ono salahe ilmu
    kanti ilmu nambah iman
    sing kleru “salah nggae ilmu”
    cak dul iku cocoke dadi bom bunuh diri ae…

    salam buat fera, sabar aja, yakin sama alloh n rosulNya

  146. ass.. saya ingin bertanya
    apa betul air yang ada dibumi ini
    terbentuk karena adanya batuan-batuan yang berasal
    dari planet bumi

  147. Nuwun sewu, melu komentar.
    ga percaya perubahan satu spesies menjadi spesies baru yg beda sama sekali. misale dari ikan jd reptil di darat. apalagi dari munyuk jd manusia.
    Lha wong manusia itu diciptakan Gusti Allah dengan wujud yg sempurna, trus beranak pinak.
    Mungkin bumi berubah terus, mungkin dulu ada makhluk berbudaya lain sebelum manusia, tp tetep gak setuju evolusine darwin.
    Harus pake fakta ilmiah? hmmmm….kadang ga semua bisa dibuktikan secara ilmiah.
    matur suwun. :)

  148. hai,assalamualaikum!
    kutau apa yg kita sgt dekat adalah kematian, gak boleh meremehkan sapapun n apapun krn gak tau kan kita gak tau apapun n sapapun punya masa lalu pahit apalg alloh menyuruh malaikat menyambar seorang manusia pun alam bisa bicara ataupun tapi manusia gak bisa bicara ataupun dgn alam, kalo anak indigo berarti anak milik istimewa atau punya kemampuan lain yg kita gak miliki truz anak indigo akrab sekali dgn alam ataupun lain maka sebaliknya juga, aku tau harus mencari jawaban slamnya tapi gak mudah walaupun aku percaya alloh n rukun iman n islam,truzzz kita saling menghormati,membantu n kasih sayang.
    sebenarnya aku slalu ada di dunia lain kalo tidur langsung dibawa ke dunia lain truz kalo dibangunkan sangat sulit kembali ke semula,hanya bisa slama 1 jam baru kmbl ke semula.
    waktu ada pelajaran guru memberi pertanyaan tuk kita murid “apa nama benua tak penghuni?”
    aku langsung jwb benua atlantis,kt guru bener,tau dari mana? kujwb aku prnh ke sana n bertemu eskimo n org2 n binatang besar tp cuacanya sgt dingin lalu tmn2 tertawa n gak prcy pun guru truz guru heran napa aku bisa jwb n gampang jwb pertanyaan dr guru pdhl mereka blom tau truz aku pilih diam krn tau aku slalu berhubungan dunia lain n slalu sendiri di dunia semula.kuingat waktu kecil kek merasa aneh krn aku beda tmn2 sebayanya seusianya sejak kcl lalu dibw ke psikolog anak truz kek cerita smuanya ke beliau,beliau jelaskan kalo aku anak indigo tp aneh krn blom prnh liet sprti itu brarti aku pertama kali anak indigo milik kemampuan lain beda anak indigo hampir sama. aku slalu ngobrol makhluk halus,binatang,alam. makanya aku aneh yg dikatakan tmnku pun sapapun.kuinget benua ageha org aneh banget tp persis manusia tp milik ekor,telinga panjang tp gak smuanya kok, kata org yg terbang pakai sayap cahaya putih skl sebenarnya sayap keluar dari tubuhnya bilang m seseorang berasal dari bumi tp mereka menyebut bumi adalah bulan mistik “manusia slalu membuat smuanya kehancuran n kacau,lbh baik hati2 krn bisa kehilangan seseorang ataupun lain yg sapapun cintai,percayalah pada yg kalian sembah tapi jgn memberontak n membunuh apapun krn suatu hari bulan ageha akan hilang jd gak bisa menyelamatkan manusia di bulan mistik.kupikir bumi singkatan dari bulan mistik,pasti jaman dahulu kala menggunakan nm bumi adlah bulan mistik maka jmn modren diubah jd bumi agar enteng.aku prcy m alloh n rosululuoh.aku mencintai alloh n rosululoh.
    aku bersyukur kpd alloh.
    sebenarnya sangat lama sekali…
    tlg balasin n jawabin yg kalian tau kpd aku.
    thanks…
    permisi…
    sampai jumpa…
    wasalamualaikum…
    maaf kalo ada boong atau tersingung.

  149. maaf ikut nimbrung, saya sangat tertarik sekali dengan blog ini, tapi gimana kalo ditambahin juga dengan info seputar peradaban kuno dunia? sakira bisa lebih komplit lagi. wasalam

  150. assalamualaikum,
    nuwun sewu kulo nderek nimbrung tapi salut buat kabeh-kabeh sederek ingkang ikut andil kasih comment
    yang tanpa sederek sadari kasih saya new informasi tentang seluk beluk evolusi bumi.
    Pokoke makasih soale saya bener-bener awam masalah evolusi kecuali dari buku SMA.
    Matur sembah nuwun
    Wassalamualaikum.

  151. […] Sebelum membaca dongengan ini ada istiilah jaman-jaman dahulu yang bisa dilihat penjelasannya disini. […]

  152. Mas Dedi
    Pakdhe njelasin lewat pembentukan fosil tuh …

  153. Terima kasih Mas Rovicky.

    Kecepatan proses pembentukan fosil nampaknya harus berpacu melebihi kecepatan perusakan bahan fosil (tulang/cangkang).

  154. Proses pengawetan (preservation) ini tidak hanya karena penguraian bakteri. Ada kondisi tertentu yang sangat khusus sehingga fosil ini tidak terurai. Dan yang perlu diingat adalah fosil ini TIDAK HARUS BERUJUD TULANG.
    Seringkali tulangnya sudah tergantikan oleh mineral-mineral pembentuk batuan.
    Sangking khususnya kondisi ini, preservation atau pengawetan ini bisa memilki chance 1 banding sejuta. Artinya dari sejuta mahluk hidup hanya ada satu yang terawetkan secara alamiah menjadi fosil. Terawetkannyapun tidak lengkap. Kadang hanya tulang panggul, tulang kaki atau cangkang saja.

    Mahluk bersel satu bukannya mahluk moderen atau kuno looh … Kesulitannya adalah, mahluk bersel satu itu tidak semua tersimpan. Ada yg tersimpan salah satunya fosil planktonik maupun bentonik. Ini kita bisa jumpai cukup banyak foraminifera yang menjadi fosil penunjuk umur.
    nanti kapan2 aku crita soal preservation dan soal pembentukan fosil ya.

    Yang penting diketahui adalah mahluk bersel satu yg kita jumpai hidup saat inipun sudah melalui proses evolusi looh :) Jadi bukan berarti kalau mahluk bersel satu yg kita jumpai hanya masa lampau saja.

  155. Fosil bisa menunjukkan bahwa telah terjadi proses pengawetan mahluk hidup yang terkubur di alam yang cukup lama kemudian akhirnya berubah menjadi fosil.

    Tidak membusuknya mahluk hidup ini menunjukkan bahwa pada zaman itu tidak ada bakteri atau mahluk hidup bersel satu yang mengurai tulang belulang dan/atau daging.

    Berarti mahluk bersel satu adalah mahluk modern yang begitu canggih dapat bertahan hidup pada lingkungan yang keras.

    Jika ada fosil mahluk bersel satu, dimungkinkan bukan terjadi pada zaman yang paling tua.

  156. Puta,
    Barangkali ada kelemahan kita dalam memahami kata sempurna. Kata ini bisa saja bukan diartikan terus tidak ada proses selanjutnya tau mandeg. Barangkali kata sempurna yang dimaksudkan dalam kitab adalah sebuah proses yang sempurna.
    Kesempurnaan sebuah ciptaan inilah yang kita pelajari sebagai sebuah hasil ciptaan Yang Maha Kuasa. Ciptaan yang berupa proses yang berlanjut, berkesinambungan, dan berjalan secara “sempurna”. Dan kita sebagai manusia diberikan kemampuan untuk mempelajari proses seperti apakah yang dimaksudkan sempurna dalam kitab suci tersebut.
    Evolusi hanyalah salah satudari sekian ribu proses yang mungkin sedang berjalan bersama-sama, saling terkait, dan saling berhubungan, bahkan mungkin saling mempengaruhi.
    1) Piltdown memang kasuistis dan memalukan science secara umum. Kasus penipuan ilmiah bukan hanya ini. Terakhir aku dengar kasus penipuan science di Korea.
    2)Kalau soal yang membingungkan bukan berarti ketidak benaran sebuah teori. Padhal kita tahu teori evolusipun berkembang. Bukan sekedar Darwinian saja.
    3) “Ledakan” Kambrium ada yg menginterpretasikan karena “efek penyimpanan” (preservation). Dari sesuatu berkulit lunak yang tidak mungkin tersimpan sebagai fosil, menjadi sebuah spesies yang bercangkang, sehingga ada kemunculan mekanisme penyimpanannya dalam batuan. Yang akhirnya seolah-olah dari tidak ada menjadi ada. Bukan berarti dari tidak ada, tetapi dari tidak tersimpan sebagai fosil menjadi tersimpan sebagai fosil.

    Wassalam

  157. Evolusi?? dalam Al-Quran seluruh ciptaan AllAH telah diciptakan dalam keadaan sempurna, evolusi hanya sebuah teori lama yang sekarang sudah tidak berlaku???mengapa 1)kasus Manusia Piltdown tengkorak kepala yang dilansir evolusi antara kera>manusia.tahun 1953 Kenneith Oakley memeriksa ulang fosil trsbt dan ternyata hanya sebuah rahang orangutan yang dilekatkan pada tengkorak manusia.
    2)Fauna Burgess Shale di Kanada, yang menampilkan contoh yang membingungkan dari kelompok invertebrata sekitar 500 juta tahun lalu, adalah sebuah contoh terkenal tentang keanekaragaman pada bagian dasar dari sebuah radiasi adaptif. Apakah S. tchandensis merupakan kera Afrika yang setara dengan penemuan fosil the Burgess Shale?
    3) Teori evolusi tidak mampu menjelaskan Ledakan Kambrium, yakni kemunculan tiba-tiba lebih dari 60 filum binatang di planet kita. Teori ini juga gagal menjelaskan asal-muasal manusia. Fosil yang baru saja diketemukan
    tersebut menjadikan ketidakmampuan ini malah tampak semakin nyata.
    dan masih banyak artikel2 yang membuat teori ini tidak berlaku. salahsatunya masalah DNA!!!
    Untuk saudara “Abdullah” AllAH menyukai orang2 beriman dan mengangkat sedikit lebih tinggi derajatnya untuk orang2 yang berilmu dan beriman.

  158. Ga’ usah ribut mana yang benar. Bisa aja semua benar, kan? Mungkin aja yang namanya 6 hari ukuran Allah itu 4 milyar tahun ukuran kita? Bisa aja bahasa dalam Al Quran memang penuh simbol yang mengungkap berbagai hal yang belum terungkap science?

    Sebenarnya apa perlu sih agama di bawa-bawa dalam forum kayak gini? Juga apa perlu science ditakuti bakal membuat kita ga’ percaya Allah lagi? Kalo’ dasarnya sampeyan beriman, apapun science yang anda pelajari tidak akan menggoyahkan iman anda, bahkan mungkin akan semakin memeprkuat iman anda.

    Bukannya apa-apa, terus terang kurang nyaman aja kalo thread-nya ngaco ke mana mana kayak ini. Kalo’ emang mau mendebatkan antara agama & science, bikin aja blog sendiri khusus untuk hal itu.

    Satu hal lagi, mending jangan terlalu fanatik dengan keyakinan anda. Bayangkan saja, kalo’ ternyata setelah mati nanti yang menyambut di akherat nanti laki-laki berbaju kulit macan tutul, bawa trisula dan punya mata ketiga di jidatnya. Apa anda nggak bakal menyesal setengah modar waktu hidup tidak jadi Hindu?

  159. Ga’ usah ribut mana yang benar. Bisa aja semua benar, kan? Mungkin aja yang namanya 6 hari ukuran Allah itu 4 milyar tahun ukuran kita? Bisa aja bahasa dalam Al Quran memang penuh simbol yang mengungkap berbagai hal yang belum terungkap science?

    Sebenarnya apa perlu sih agama di bawa-bawa dalam forum kayak gini? Juga apa perlu science ditakuti bakal membuat kita ga’ percaya Allah lagi? Kalo’ dasarnya sampeyan beriman, apapun science yang anda pelajari tidak akan menggoyahkan iman anda, bahkan mungkin akan semakin memeprkuat iman anda.

    Bukannya apa-apa, terus terang kurang nyaman aja kalo thread-nya ngaco ke mana mana kayak ini. Kalo’ emang mau mendebatkan antara agama & science, bikin aja blog sendiri khusus untuk hal itu.

    Satu hal lagi, mending jangan terlalu fanatik dengan keyakinan anda. Bayangkan saja, kalo’ ternyata setelah mati nanti yang menyambut di akherat nanti laki-laki berbaju kulit macan tutul, bawa trisual, dan punya mata ketiga di jidatnya. Apa anda nggak bakal menyesal setengah modar waktu hidup tidak jadi Hindu?

  160. numpang mas…jadi heran juga liat si adul nih:))

    menurut saya..orang2 kaya mas abdul ni kalo di minta jadi peserta bom bunuh diri pasti langsung mau nih hehehe piss

  161. -> Mas Agus
    Kemunculan mendadak atau tiba-tiba itu dikarenakan adanya penyimpanan (preservation) yg juga mempengaruhi pengamatan. Contoh mudahnya begini. Kemunculan organisme bercangkang pada kambrium ini dari rekaman fosil yang tadinya tidak ada menjadi ada. Ini disebabkan cangkangnyalah yg menjadikan mudah tersimpan (preserved). Sehingga terlihat dalam catatan seolah-olah terjadi fosil explosion (kemunculan tiba-tiba).
    thing menjadi life thing bukan sentranya evolutionis (biology). Sentranya adalah spesiasi, mekanismenya sendiri bermacam-macam sehingga memunculkan spesies baru.

  162. sorry, tadi ungkapan saya kurang tepat:
    “Something was giving a new form of “thing”, it’s a ‘lifething’.”
    seharuse, ungkapan diatas buat njelasin secara religi, tapi pertanyaan yag haruse timbul di benak evolusionist:
    “There was, instantly, a new form of “thing”, and it had a “life”, it’s a “lifething”. What gave it, instantly, make it “alife”?

  163. eh, pak dhe. aku barusan mbaca lagi seri pertama evolusi ini. ada yang menarik perhatian pak dhe. saya quote kan yaa:
    “Sejarah kehidupan di bumi [b]baru dimulai[/b] sekitar 3.500.000.000 tahun lalu dengan [b][u]munculnya[/u][/b] micro-organisma sederhana yaitu bakteri dan ganggang. Kemudian pada 1.000.000.000 tahun lalu baru muncul organisme bersel banyak.”

    Lha kok iya, evolusi juga hanya bisa bilang [b]munculnya[/b], tapi ndak njelasin kok ya bisa-bisanya tiba-tiba dan sekonyong-konyong [i]mak benduduk[/i] ono bakteri dan ganggang.

    bisa juga disimpulkan bahwa sebelum adanya bakteri dan ganggang tadi yang [i] mak bedunduk[/i] tadi belum ada makhluk hidup.
    Something giving a new form of “thing”, it’s a ‘lifething’.
    dan teori evolusi menganggapnya sebagai “awal evolusi”, tapi evolusi hanya menjelaskan kemunculan mahluk hidup pertama ini secara tiba-tiba, [i]mak jreng!![/i], padahal kan katanya evolusi itu nggak ada proses yang instan begitu.
    Ada nggak Pak dhe, teori evolusi baik yang tradisional (darwin) maupun yang modern yang njelasin munculnya kok bisa-bisanya tiba-tiba muncul makhluk hidup pertama itu?

  164. Buat Mas Abdullah :
    Sungguh Benar !! Hidup di Dunia ini cuma untuk mempersiapkan KEMATIAN, karena hidup kita sesungguhnya BUKAN untuk tinggal Dunia, Dunia cuma tempat singgah, sementara.
    Hidup kita yang sesungguhnya Adalah Akherat, disana lah kita akan HIDUP yang sesungguhnya, KEKAL ABADI.
    Di Dunia ini kita cuma mikirin mati, mempersiapkan bekal KEMATIAN.

    DAN UNTUK MEMPERSIAPKAN KEHIDUPAN DI AKHIRAT, KITA HARUS MEMILIKI ILMU DUNIA

    wassalam

  165. pak Rovicky,

    Ya pak, itu orang yg bikin website nampaknya keliwat semangat ya, sampai bikim klaim yg bombastis. Teori expanding earth memang baru, dan masih diperdebatkan banyak orang (seperti halnya pergerakan lempeng bumi yg juga diperdebatkan ketika awal teori ini dilansir, atau bumi itu bulat. . .). Observasi yg dilakukan Professor S. Warren Carey dari Australia, yg menghitung perkembangan 2-3 cm/thn diameter bumi, sejak jaman mid-Cretaceous. Dengan teori ini pergerakan lempeng benua merupakan konsekuensi langsung dari perkembangan diameter bumi, dimana bumi yg satu daratan semua (benua Pangea?) kemudian pecah menyebar. Tidak ada lautan saat adanya benua Pangea ini. Air/lautan masih dalam bentuk ice sheet diatas daratan benua ini. . .
    Ada juga pengukuran yg dilakukan NASA thn 2002, confirm adanya pembengkakan di garis khatulistiwa?
    Eniwei, nice discussion though. . .

  166. saya pernah mendengar ada hadist yag mengatakan bahwa orang2 pada jamannya nabi Muhammad disuruh belajar sampai negri cina. itu tanda bahwa kita umat muslim tidak disuruh hanya untuk menerima, tapi juga disuruh belajar dan mengamalkan apa2 yang dipelajarinya itu.

    saya dangkal bangat mengenai geologi, tapi dari apa yang saya baca ini benar2 masukan yang berharga. makasih Pa’ Dhe

  167. Pak Kelapadua,

    Memang ada kemungkinan kalau airnya juga bertambah banyak, yang dipertanyakan lantas titik referensinya juga akan bergerak. Kalau menggunakan fisika tentunya ada perubahan gravitasi karena diameter membengkak dengan massa konstant. Penambahan massa dari mana lagi ? Kalau dari tumbukan meteor tentunya jumlahnya tidak akan sebanyak dugaan expanding earth.

    Dari website yg anda tunjukkan kata-kata ini yg menjadikan aku mengernyitkan dahi kalau bicara soal science :
    “The evidence is obvious, unmistakable and irrefutable!”
    Ah apa iya sih ada klaim macam klaim-nya creationist.

  168. @ pak Rovicky, thanks commentnya!
    Tapi air kan ada asal usulnya juga kan? Artinya bisa jadi air juga bertambah banyak, bukan dalam jumlah yg konstan.

    @ Kang odoy ( & yang lain):
    Bisa dilihat teori expanding earth ini di

    http://www.expanding-earth.org/

    http://www.tmgnow.com/repository/global/expanding_earth.html

  169. Memang ada teori expanding earth. Mereka memang mendasarkan atas ukuran diameter Bumi. Saya sendiri belum paham banget teori ini karena kalau bumi mekar berarti air akan mnyusut karen volume airnya relatif konstant. Sedangkan dalam sejarahnya volume Air (H2O) bisa berupa air (permukaan maupun bawah permukaan, es, serta awan … ) jumlah air dalam seluruh siklus air.

    Expanding universe versi astronomi juga ada dengan bukti bahwa lebih banyak teramati bintang2 yang yang menjauh ketimbang yang mendekat.

  170. @ kang odoy

    Excellent explanation, thanks! Cuma itu hipotesa “membengkak” maksudnya adalah diameter bumi yang membesar. Spt yg sudah saya tulis sebelumnya, ada teori (cuma teori lho mas) yg mengatakan diameter bumi hanya 60% dari sekarang. Jadi mungkin waktu mendingin itu diameter bumi hanya 60%, tapi ada reaksi inti bumi yg menyebabkan bumi terus membesar diameternya, sehingga itu kerak yg sudah mengering jadi pecah2, dan “hanyut” terpisah-pisah. Gitu lho! Ntar deh tak google itu teori dari mana. . . Jadi pergerakan lempengan itu, selain lempengan benua itu ngapung diatas cairan lava inti bumi, bergerak terus karena perkembangan bumi itu sendiri. . .

  171. @ kelapadua
    bukan membengkak mas, tapi….gini aku jelasin masa ARKEOZOIKUM yg di tulis Om Rovicky di atas (aku coba pake bahasa awam ya) :

    Pada awal terbentuknya, permukaan bumi masih berbentuk cairan (semacam Lava yang keluar dari gunungapi yg meletus).

    Pada masa ARKEOZOIKUM ini permukaan bumi sudah mendingin dan mengeras. Andaikan bumi itu sebesar buah apel, maka kerak bumi itu kira2 setipis kulit apel tsb. Kerak bumi yg mengeras inilah cikal bakal benua (protocontinent) yang nantinya akan terpecah2 spt sekarang.

    Yang mengalami pembekuan hanya bagian luar permukaan bumi saja, sedangkan bagian dalam masih cair dan membentuk “arus”.

    *Bayangkan kita memanaskan susu murni yg dipermukaannya ada kerak2 susu yg membeku, bayangkan juga apinya hanya di bagian tengah panci saja*. Pada “percobaan” tersebut akan ada arus panas naik dari sumber panas, dipermukaan arus tsb menyebar dan menarik kerak susu sehingga kerak susu tsb bisa pecah2. Kira2 spt itu yg terjadi pd bumi kita ini.

    Kembali ke….bumi : Benua yang tadinya hanya satu benua akhirnya terpecah2 menjadi bbrp benua. Karena sampai sekarang terus bergerak, maka di satu sisi mereka saling menjauh, di sisi lain mereka bertemu kembali dan bertabrakan. Benua2 itu seperti lempeng2 yang bergerak saling menjauh dan saling bertabrakan (teori Tektonik Lempeng).

    Benua Australia kita sedang bergerak menuju Indonesia (benua Asia) kira2 kira2 5-10 cm pertahun. Suatu saat akan bertabrakan dengan Indonesia (kira 10 juta taun lagi, coba itung lagi takut salah). Dulu India pernah terpisah dari Asia, asalnya India terletak dekat Madagaskar Afrika (lupa lagi berapa juta taun yl?). Kemudian India terus bergerak menuju Asia, dan akhirnya bertabrakan, hasilnya adalah terbentuknya Pegunungan Himalaya.

    Subhanallah, Allahu Akbar!!!

    “Kamu lihat gunung-gunung, yang kamu sangka tetap di tempatnya, padahal berjalan sebagaimana halnya awan. Begitulah perbuatan Allah, yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu. Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Surat 27: 88).

    “Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan, dan gunung-gunung sebagai pasak.” (Surat 78 ayat 6, 7)

    “Dan gunung-gunung dipancangkanNya dengan teguh.”
    (Surat 79 ayat 32.)

    “Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka. ” (Surat 31 ayat 10:)

    “Atau siapakah yang telah menjadikan bumi sebagai tempat berdiam, dan yang menjadikan sungai-sungai di celah-celahnya dan yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengkokohkan)nya dan menjadikan suatu pemisah antara dua laut? Apakah di samping Allah ada Tuhan yang lain? Bahkan sebenarnya kebanyakan dari mereka tidak mengetahui.” (Surat 27 ayat 61)

  172. #tukangkomentar
    Hidup di Dunia ini cuma untuk mempersiapkan KEMATIAN, karena hidup kita sesungguhnya BUKAN untuk tinggal Dunia, Dunia cuma tempat singgah, sementara.
    Hidup kita yang sesungguhnya Adalah Akherat, disana lah kita akan HIDUP yang sesungguhnya, KEKAL ABADI.
    Di Dunia ini kita cuma mikirin mati, mempersiapkan bekal KEMATIAN.

  173. mmm. . . saya juga pernah lihat tayangan benua2 bergerak (tadinya satu) terus menjadi yg sekarang, seperti yg digambarkan oleh bung im3ama. Energi benua bergerak dari mana? Ya dari pembengkakan radius bumi itu sendiri. Dari mana bumi bisa membengkak? Gampangnya energinya ya dari inti bumi itu sendiri. Ada gambar yg memperlihatkan bahwa kulit bumi (baca: daratan/benua) ini tuipisss dibanding dengan isi bumi yg notabene cair itu. Cair dan panas itu. Kerak bumi paling banter tingginya 10-20 km, dan diameter bumi itu ribuan km – 12,756km (hayoo yg ahli bumi kasi kita gambar2nya dong). BTW matahari yg sekarang juga membengkak menjadi supernova (super matahari) yg diameternya bisa menyentuh bumi sekarang ini (wah pasti kiamat tuh), dan kemudian mengecil menjadi white dwarf atau bentuk extrim lain, black hole.

  174. Eh, sorry … yang bener bukan 55 abad, tapi 55 juta tahun …

  175. Eh ….. pssst, udahlah jangan bertengkar, ga baek gitu lho. Ntar nambah dosa, ngko ndak kecemplug neroko.

    Ho-oh, yang konsist, tetep dijalur judul gitu lho, yang tak sudi koment di jalur, ya ambil manfaatnya aja dengan sbaik-baiknya ya. Kita berdiskusi and bertukar kaweruh, tuk dapat manfaatnya kan. Sorry ….

    Barusan aku teringat sesuatu bahwa “teori lempeng” katanya pernah diungkap oleh putera Indonesia sendiri, klo gak salah oleh Mr Katili, ……. opo yo ngono yo pak Dhe?

    Bahwa bumi ini “bercangkang” lempeng-lempeng batuan yang selalu bergerak dan saling bergesekan-berdesakan dan menumbuhkan daratan dan gunung-gunung. Kiro-kiro ngono lah, yak-e.

    Beberapa tahun lalu aku dapat model animasi dari orang singapore, yang menggambarkan pergerakan benua-benua, dan terbentuknya kepulauan di asia tenggara dari 55 abad yang lalu. (Sayang aku ga tau cara nempelin filenya di sini, biar bisa di download temen2, karena besar sekali, sak CD dewe rek).

    Namun dapat kuceritakan, betapa hebat ….. karena sebelum lahir teori lempeng itu, ternyata jauh-jauh hari Al-Quran telah menyinggung begini:
    “Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan seperti jalannya awan” (QS 27:88)

    Bener-bener dalam reka-animasi (55 juta tahun) itu tampak bahwa betapa benua-benua, pulau-pulau, gunung-gunung itu bak berjalan seperti awan.

    Yang jadi pertanyaan; lha trus sebenernya gerakan itu karena apa ya, energinya dari mana, apalagi dikatakan buminya bisa tambah bengkak (kata bung Kepaladua lho … eih Kelapadua yo, … sorrrrii bung, maap2!). Pada hal semakin lama energinya kan semakin berkurang, untuk membengkak pun kan perlu energi.

    Nah pak Dhe, mohon ditanggapi dhooong.

    Wassalam,
    IM

  176. Lah kok njlentreh tekan ngendi ngendi…

    terusken aja pak dhe…
    emang di dunia ini banyak macam kok, yang setuju monggo, yag gak setuju ya monggo…
    Mas Abdullah, kalo mas gak tau science, mungkin sekarang mas Abdullah gak bisa ngeblog n baca blog lho mas (maaf kalo kurang berkenan)

    gitu aja kok repot

  177. Memang kita semua akan ditanya dan dimintai pertanggung jawaban di akhirat oleh Allah, apa yang dipertanggung jawabkan ? ya tentu saja bagaimana kita meng-Imani dan menjalankan ibadah sesuai yang diajarkanNya melalui Al-Qur’an. Dengan cara apa , salah satu caranya adalah dengan mempelajari hukum-hukum Allah yang telah tersaji dimuka bumi ini agar selain kita mengakui kebesaran Allah sekaligus juga untuk kemakmuran manusia di muka bumi ini. Alam semesta ini adalah ayat-ayat Allah seperti yang ada di dalam Al’qur’an, yang wajib kita baca, juga wajib kita pelajari untuk apa, ya tentunya untuk memakmurkan bumi ini, menjaga bumi ini agar tidak rusak. Samakah orang berilmu dengan yang tidak berilmu ?

  178. Dul !
    Apa gunanya hidup kalo cuman mikirin mati ?

  179. # maztegh
    ILMU Yang paling kita perlukan adalah ILMU untuk menghadapai 2 Malaikat di ALAM KUBUR;
    Malaikat ini ga ngerti Science, mereka cuma ngerti IMAN dan AMAL SHOLEH manusia;

  180. Ngomong2 evolusi bumi, kalo nggak salah ada bahkan ada yg berteori bumi aslinya berdiameter hanya 60% dari sekarang, terus dia berkembang (membesar). Kalau nggak salah baca, perkembangan diameter bumi sekitar 1-2 cm per tahun. Nggak banyak sih, tapi membuktikan bahwa bumi tetap membengkak. Menurut teori ini juga, itulah sebabnya bentuk benua2 itu gathuk satu sama lain, yg paling jelas terlihat antara afrika bagian barat dan amerika selatan bagian timur. Mangkanya benua2 ini bergerak saling menjauh karena buminya sendiri melar. . .pelan-pelan. . . Buatku teori ini very interesting, jadi pergerakan benua2 itu ada sebab muasalnya. . . ada energi awal gerak itu, yaitu dari pembesaran bumi itu sendiri. . . Seperti halnya matahari yang akan cenderung membesar sehingga akhirnya menjadi super nova, demikian juga kecenderungan planet planet di tata surya yg cenderung membengkak. Akhir dari matahari sendiri sangat menarik, karena dari supernova menjadi white dwarf atau jadi black hole.

    Kalau teori evolusi manusia atau mahluk yg dibuat Darwin akhir abad 19 itu mah saya nggak percaya sama sekali. Darwin hidup dijaman belum ada fasilitas bedah DNA, atomic miscroscope dst, dimana dengan mudah dilihat bentukan DNA harus terjadi sekaligus, tidak bisa sebagian-sebagian, karena kalau tidak sebagian protein akan menghancurkan sel lain (semisal itu). Teori Darwin sudah dipatahkan dengan sebuah experimen terkenal yaitu perkembang biakan lalat buah yang diberi radiasi nuklir. Dengan radiasi ini lalat dipaksa berevolusi. Hasilnya? Mengerikan. Bukannya lalat berubah jadi binatang yg lebih tahan radiasi (jadi kecoa kali?), tapi malah deformasi bentuk, alias cacat. . . Jadi bentukan2 evolusi yg dipaksakan alam (survival for the fitest) tidak berlaku. . .

  181. *(&^@$&*)$…. sirahku kok ngelu Pak Dhe…. !!??
    Durung nyandak mungkin yo….

  182. Assalamu alaikum,

    Mohonlah difahami, bahwa KUN FAYAKUN – milik Alloh, itu bisa jadi “Mak Jenggeleg” jadi! Dan Jadilah.
    Tapi KUN FAYAKUN – yang hanya milik Alloh itu, juga berlaku atas “Proses”, termasuk kejadian alam semesta ini. Mak Bleger! Dan Jadilah, berjalanlah, berproseslah proses-proses-proses tersebut seiring hukum alam (sunnatullah) yang berlaku ….. sampai afwan-afwan terlahir di muka bumi ini-dan kemudian berdiskusi di sini. Semua “dalam proses”, mulai dari nol-Bigbang maupun minus-nol-Bigbang hingga sekarang – tiada kan lari dari Kun Fayakun-Nya.

    Emangnya, “mak jenggeleg”! jadilah Abdullah, … jadilah Rovicky? langsung kumisan lagi. Wahhhh ………duh duh duh duh … blaik.

    Kita mempelajari dan memahami alam smesta ciptaan Alloh, tuk coba lebih mengenal dan lebih mendekat kepadaNya. Bukan menyembah apa yang kita pelajari kan? tidak ber-salah-kaprah, membuta/menutup hati, melainkan mengingat Alloh yang memerintah kita IQRO’ dengan “berfikir/memikirkan”… karena kita dibekali akal.
    (Aqal bersemayam di qolbu, jk di komputer: akal=programmer, otak=alat fikir/analisis menyerupai soft- sekaligus hard-ware).

    by the way,

    Ada beberapa situs peninggalan arkeologis (man-made) di bumi, yang menunjuk bahwa umurnya ratusan juta tahuns ago. Yang konon katanya itu jauh lebih lampau dari perkiraan turunnya Adam di bumi, (eh kapan sih mbah Adam kita datang di bumi? tolong!).
    Dan mudah-mudahan tidak salah; ada ayat dlm Al-Quran (tapi tolong! lupa ayat & suratnya), kurang-lebih bahwa dulu pernah diturunkan generasi manusia yang bahkan berkebudayaan >> canggih, kemudian telah dimusnahkan (qiamat?)-dan kemudian digantikan dengan generasi manusia baru (maaf afwan jika salah, karena lupa mohon dingatkan/koreksi).

    Pertanyaan/Soal: Apakah sebelum Adam-kita ini pernah diturunkan Adam yang lain di bumi ini ???? yang generasinya pernah mencapai tingkat kebudayaan jauh lebih tinggi (+ mungkin juga lebih besar fisiknya).

    Nah, mirip seperti kata Dhe Vicky:
    Kalau awal dari waktu atau Jam nol tahun nol itu turunnya ADAM. Tahukah anda bahwa sebelum ADAM, mungkin sebelumnya pernah diturunkan ADAM yang lain di bumi ini?

    Walloohu a lam bishowab.
    Wassalam
    im3ama

  183. Kagem mas abdullah,

    Mas, teknologi dan saint itu adalah hasil karya para Ulul Albaab, yg (berdiri, duduk & tidur2an) terus menerus berpikir ttg penciptaan alam (QS 3:190). bahkan dg iptek manusia bisa mengenal Tuhannya, spt Einstein yg atheis akhirnya sadar ttg adanya Yg Maha Mengatur alam semesta. (dia bilang: Tuhan tdk sedang main dadu).

    Penciptaan alam dlm enam masa (kata hari/ yaum-ayyam lebih bermakna masa/periode/tahapan, karena siang-malam blm ada, matahari blm tercipta). Banyak ayat dlm Al Qur’an ttg 6 masa ini. Memang Allah Maha Kuasa, jadi boleh dong kalo Dia berkehendak KUN (jadilah) alam dalam 6 masa, FA YAKUN (maka jadilah) alam dlm 6 masa.
    So, gak ada yg bertentangan antara akal dan wahyu.

    Berdiskusi ttg ilmu adalah lebih baik daripada ibadah tanpa didasari ilmu. Bahkan tidurnya orang berilmu itu lebih ditakuit setan daripada ibadahnya orang tak berilmu.

    Afwan, mas abdullah, ya… ini bukan menasehati, tapi sekedar urun rembug. khoirun naas anfa’u hum lin naas dimanapun/diruang apapun dia berada.

    salam,
    maztegh

  184. Salam kenal semuanya,
    Pak Dhe,
    Ada pertanyaan yg belum Panjenengan jawab (dari mas agus); mengenai bukti-bukti (fosil) dari binatang yg dalam masa transisi. Kok dari fosil2 yg ditemukan tdk ada yg menunjukkan adanya makhluk transisi tsb? mis. setengah invertebrata =>setengah ikan => setengah amfibia => setengah reptilia => setengah burung =>setengah mamalia. yg paling sering diekspos: setengah kera => setengah manusia (yg penuh dg rekayasa demi ideologi atheis, imperialis). Kalo evolusi berjalan lambat, harusnya fosil2 dari semua makhluk ada dong, baik yg utuh/sudah jadi maupun yg setengah2 itu. bagaimana evolusi menjelaskan mamalia laut yg hidup bersama ikan laut???? atau mamalia terbang bareng burung (:kelelawar)???

    bahkan banyak fosil dari berbagai macam jenis hewan ditemukan dalam periode waktu yg sama (periode kambrium).

    Allah memang mencipta makhluk dari air, tapi belum tentu berawal dari dalam air/laut. Bahwa air merupakan syarat utama adanya kehidupan, itu pasti.

    demikian sedikit “umpan”, mohon klarifikasinya.
    Pak Dhe, nyuwun ngapunten, kalih nyuwun penjelasanipun sdh bener belum pendapat saya diatas.

    Salam

  185. Pak Dhe,
    Saya tertarik dengan sejarah bumi yang ditulis pakDhe ini, salah satu nya adalah kepunahan dinosaurus, seperti artikel yang saya cuplik kan ini…

    “The end of the Cretaceous, about 65 million years ago, is marked by a minor mass extinction. This extinction marked the demise of all the lineages of dinosaurs save the birds. …dst…”

    Apakah kepunahan massal ini bisa terjadi di jaman2 yang akan datang ya,…cara prediksi nya gimana ya pak Dhe…

    Kalo seandainya manusia punah, apa akan ada manusia lagi ya…

    Saya sedang membayangkan juga, kalo dulunya homo sapiens bisa ber-evolusi sampai sepintar yang sekarang ini, dengan umur yang sama ke depan, seperti apa ya pinter nya manusia…

    Salam
    Sigit Ari

  186. Mau tanya soal BIGBANG nih Pak Dhe, apakah BIGBANG yang dulu-dulu itu pusatnya sama seperti BIGBANG yang sekarang ini? Ataukah ada alam semesta yang lain diluar alam semesta kita PakDhe?

  187. MAs Samson
    Kalau awal dari waktu atau Jam nol tahun nol itu BIG BANG. Tahukah anda bahwa BIGBANG yg terakhir ini sebelumnya juga pernah ada BIGBANG ?
    BIGBANG yang sekarang (terakhir ini) menurut Hawking merupakan BIGBANG yang ke delapan.
    Lah kok tahu ? Ini menurut penelitian “BIGBANG echo”. Bahwa dulu juga pernah ada bigbang-bigbang … :D
    tambah mumeth !

  188. wah..wah, mungkin bukan 6 hari, tapi 6 masa, dan dalam teori big bang(dunia masih melar), terjadi 6 masa perkembangan alam raya (sekarang – pun msih melar)

    wallahua’lam bishowab.

    samsonasik.

  189. mengenai evolusi kita selalu menengok ke belakang, misalnya saja teori terjadinya makhluk hidup dari makhluk bersel satu kemudian menjadi makhluk bersel banyak, ada juga yang berkeyakinan bahwa manusia adalah hasil evolusi dari kera. Tapi saat ini kera ada, manusia juga ada, tapi bukti evolusi yaitu manusia setengah kera yang hidup tidak ada, ingat evolusi menuntut perubahan sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang luamaa…, jadi bukti hidup itu seharusnya ada. Belum lagi jika evolusi harus memprediksi manusia saat ini akan berevolusi menjadi makhluk apa lagi? Atau apakah evolusi “berhenti” sampai dengan makhluk bernama manusia?

  190. ini juga lagi ga nyambung..
    aku juga lho mas anung..lagi baca2 blog pak rovicky..eh nemu pak abdullah lagi ke WC..eh ngeblog ding..
    INGEN KOMEN ANDA :
    Alhamdulillah, saya sedang belajar meluangkan waktu buat mesjid.
    Sedangkan nge-BLOG saya anggap seperti ke WC, bukan tujuan sekedar keperluan dan tak perlu lama-lama 10 menit cukup.

  191. ada salafi dimana2..kok kebanyakan online yah? apakah prioritasnya dakwah lewat internet??
    (maap gak nyambung ama isi tulisan diatas)

  192. Hi Anto
    Ga papa “bertempur” disini. Aku jadi tahu apa pendapat beberpa orang tentang science/ilmu trutama geologi.
    Penerimaan tiap2 orang terhadap ilmu tidak selalu mudah. Bahkan kita juga punya pengalaman, dulu ada seorang scientis dihukum mati karena melawan agamawan … :(

  193. #Abdullah
    Justru dengan sains dan teknologi itu kita berusaha untuk semakin menyadari akan tanda2 kekauasaan Allah, bukan menutup mata seperti yang saudara sampaikan…
    wah2..sepertinya saudara Abdullah ini tidak konsisten (maaf ya pak rovicky, kalau saya ngomentarin nih orang..)..
    katanya ngeblog itu seperti ke WC cuma butuh waktu 10 menit aja…kok dimana2 saya temukan anda menyebar komen?atau kalau tebakan saya salah, mungkin anda bisa membaca secepat kilat (ato malah ga baca sama sekali?)…trus ngasih komen secepet kilat juga (meskipun banyakan ga nyambung..)…
    maaf lho pak rovicky sekali lagi, blog anda jadi medan pertempuran..(eh saya ngga anggep ini pertempuran kok..)…btw tulisannya sangat mencerahkan.

  194. Dengan maksud tidak untuk mengecilkan pendapat yang lain …. Sebetulnya kita bisa belajar dari “EVOLUSI” … evolusi khan intinya atau bisa kita baca dengan : BERUBAH dari yang purba jadi modern, dari jelek menjadi lebih baik, dari jahat menjadi baik ….
    Jadi menelusuri “yang lalu”, “yang pernah terjadi” menganalisa proses nya …. pasti ada pelajaran dan hikmahnya …. Wong Tuhan itu mau nya hanya supaya kita itu tau APA, SIAPA dan UNTUK APA KITA ADA …..

  195. Wah Gusti Allah itu senang sekali kalau diketahui. Jadi apapun yang Gusti “lakukan” terhadap alam buatannya ini akan menarik diteliti. Dan ilmu yang diperoleh akan bermanfaat bagi mahluknya yang bernama manusia yg mempelajarinya.
    Bagaimana cara mengetahui penciptaan bumi menurut Gusti ? kalau yang muslim ya tentunya sudah tau ayat berikut “Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rizkinya, dan kepadaNyalah kamu kembali setelah dibangkitkan.”…

    lah brarti kayak pakdhe kalau fieldtrip berkunjung ke lapangan itu ya Dhe ?

    dilanjut duonk !

  196. Assalamualikum wr wb
    Teknologi dan Saints adalah berhala baru yg kita sembah tanpa kita sadari.
    ALLAH menciptakan dunia ini hanya dalam 6 hari saja, dgn dua huruf saja, KAFF dan NUN maka Jadilah! (FAYAKUN).
    Udahlah mas…
    Capek bahas teknologi dan saints… umur kita udah banyak terbuang sia sia.
    mending sisanya kita habiskan untuk buat persiapan kita di kehidupan kita yg kekal abadi nanti.. AKHERAT..

  197. Memang sering kali faktor Waktu / periode menjadikan bias dalam memahami proses perubahan alam ini, bayangin aja proses jutaan tahun kok difahaminya kaya’ baru kemaren terjadi.
    Tapi yang perlu tetap diingat itu semua juga Teori yang bisa diganti nanti asal ada teori baru yang lebih masuk akal. Jadi kalau gak setuju dengan Darwin (Oops langsung nunjuk :-D) harus membangun teori baru yang penjelasan prosesnya lebih masuk akal. It’s just an Idea :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.374 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: