Benarkah Indonesia itu Atlantis ?


picture20[1]

Laut dangkal (shelf)

Banyak sekali pertanyaan di blog ini maupun lewat imil serta berseliweran setelah adanya artikel di Pikiran Rakyat. Saya memang tergelitik, tetapi saya yakin bagi seorang geologi yang memilki naluri “krono-logis” akan dengan mudah menyangkalnya.

Berikut obrolan ringkas dari diskusiku dengan si Komo sahabat saya geoscience juga tentang hal ini. Dan kesimpulannya jelas … Indonesia bukanlah Atlantis menurut argumentasi yang dikemukakan di Pikiran-Rakyat ini.

Krono-logis adalah usaha manusia untuk melihat sbuah kejadian berdasarkan atas urutan waktu (“chrono”).
Nah Sahabat saya ini dengan menggathuk-nggathuk urutan waktu saja bisa menolak pendapat seorang Phd yg menuliskan pendapatnya di Koran Pikiran Rakyat itu

On 11/10/06, Sulastama Raharja <Komo> wrote:
Beberapa waktu lalu lihat film tentang atlantis, dan tempat yang dicurigai sebagai peninggalan atlantis itu malah ndak ada yang di indonesia, ujuk2 kok ada yang mengklaim bahwa atlantis itu di indonesia.

Nek menurut Flint and Skinner, terbentuknya samudera atlantik pada jaman triassic, kira2 255-210 juta tahun yang lalu. Pada saat itu yang ada baru conifers, cycads, mamalia primitive dan dinosaurus. Jadi seandainya kerajaan atlantis benar2 ada, kerajaan itu tidak tenggelam pada saat terbentuknya samudera atlantik.

Ini satu strike dari Komo menyatakan ketidak selarasan antara diskripsi atlantis versi geologi dengan versi arkeologis (kalau memang ada).
Lah ya bener kan wong wektu itu manungsa aja belum ada. Beruk saja masih belum ada kok :D

Nek saya baca2 lagi,

1. Pak Santos menetapkan bahwa pada masa lalu itu Atlantis merupakan benua yang membentang dari bagian selatan India , Sri Lanka , Sumatra , Jawa, Kalimantan, terus ke arah timur dengan Indonesia (yang sekarang) sebagai pusatnya.

Jaman Es terakhir

komo: kalau melihat figure 20 dari http://www.bernardharrisonandfriends.com/pdfs/continental.pdf , pada jaman es antara 1,6 juta – 100 ribu tahun yang lalu, daerah yang saat ini di namakan indonesia sudah tidak menyatu. Pada saat air laut surut, sumatera, kalimantan dan jawa menyatu dengan asia, maluku, papua menyatu dengan australia sementara sulawesi dan nusatenggara sebagai pulau2 sendiri. Jadi ketetapan Pak Santos spekulatif dan kurang akurat. Hal ini didukung oleh jenis2 fauna yang berbeda antara Papua dengan Jawa/Sumatera/Kalimantan, fauna2 di papua lebih mirip dengan autralia dan fauna di jawa/sumatera/kalimantan lebih mirip dengan di Asia.

picture23[1]

Out of Africa (migrasi manusia purba)

2. Teori Plato menerangkan bahwa Atlantis merupakan benua yang hilang akibat letusan gunung berapi yang secara bersamaan meletus. Pada masa itu sebagian besar bagian dunia masih diliput oleh lapisan-lapisan es (era Pleistocene) ….. Di antaranya letusan gunung Meru di India Selatan dan gunung Semeru/Sumeru/ Mahameru di Jawa Timur. Lalu letusan gunung berapi di Sumatera yang membentuk Danau Toba dengan pulau Somasir, yang merupakan puncak gunung yang meletus pada saat itu. Letusan yang paling dahsyat di kemudian hari adalah gunung Krakatau
(Krakatoa)….

komo: “Super Volcano Toba terjadi 73.000 BC tahun yang lalu, merupakan letusan terhebat dalam 2 juta tahun terakhir. Teori plato di atas jadi kurang akurat karena menyebutkan letusan Krakatau yang paling dasyat. Mengacu kepada http://mirrorh.com/timeline.html, Atlantis Kingdom(?) mungkin ada pada 23.400 B.C , jadi tidak mungkin letusan Toba menenggelamkan Atlantis, karena letusan Toba terjadi sebelumnya.

3. Ilmuwan Brazil itu berargumentasi, bahwa pada saat terjadinya letusan berbagai gunung berapi itu, menyebabkan lapisan es mencair dan mengalir ke samudera sehingga luasnya bertambah. Air dan lumpur berasal dari abu gunung berapi tersebut membebani samudera dan dasarnya, mengakibatkan tekanan luar biasa kepada kulit bumi di dasar samudera, terutama pada pantai benua. Tekanan ini mengakibatkan gempa. Gempa ini diperkuat lagi oleh gunung-gunung yang meletus kemudian secara beruntun dan menimbulkan gelombang tsunami yang dahsyat.

picture18[1]

Danau Toba adalah Mega Volcanic Crater

komo: agak susah dimengerti kenapa letusan gunung berapi menyebabkan lapisan es mencair.
Letusan super volcano Toba menyebabkan terjadinya penurunan suhu bumi 4-5 derajat, letusan gunung Tambora menyebabkan tahun tanpa musim panas di Eropa. Yang mungkin terjadi akibat letusan gunung berapi adalah debu akibat letusan gunung berapi terlempar ke atas/ udara, berada di tamosfer bumi cukup lama dan menghalangi sinar matahari sehingga terjadi penurunan suhu bumi. Tekanan sedimen dan air di dasar samudera menyebabkan gempa merupakan spekulasi yang kurang akurat, mengenai penyebab gempa bisa dilihat di http://earthquake.usgs.gov/learning/kids/eqscience.php atau di
http://earthsci.org/education/teacher/basicgeol/earthq/earthq.html#OriginofEarthquakes .
Dan kalau mBak Bibin mau mengajari anak2 di Taman Pintar tentang gempa bisa dilihat di http://earthquake.usgs.gov/learning/kids.php

4. Soal semburan lumpur akibat letusan gunung berapi yang abunya tercampur air laut menjadi lumpur. Endapan lumpur di laut ini kemudian meresap ke dalam tanah di daratan. Lumpur panas ini tercampur dengan gas-gas alam yang merupakan impossible barrier of mud (hambatan lumpur yang tidak bisa dilalui), atau in navigable (tidak dapat dilalui), tidak bisa ditembus atau dimasuki.

komo: Secara logis, pernyataan di atas susah diterima nalar. Bagaimana lumpur dari laut bisa meresap ke dalam tanah di daratan? Yang mungkin terjadi adalah, lumpur di endapkan pada suatu cekungan, berulang-ulang pada suatu periode tertentu. Karena perubahan muka air laut, pengangkatan dsb, maka daerah itu terekpose ke permukaan.

5. Santos menampilkan 33 perbandingan, seperti luas wilayah, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi, dan cara bertani, yang akhirnya menyimpulkan bahwa Atlantis itu adalah Indonesia . Sistem terasisasi sawah yang khas Indonesia , menurutnya, ialah bentuk yang diadopsi oleh Candi
Borobudur, Piramida di Mesir, dan bangunan kuno Aztec di Meksiko.

komo: data yang dibandingkan seperti apa ya? Kok langsung njujuk ke kesimpulan yang sama? Sistem pertanian di Indonesia yang memakai teras sebenarnya mulai kapan? Borobudur ki dibangun belum terlalu lama, pada saat wangsa syailendra berkuasa di Jawa, dan tidak sejaman dengan Aztec dan Piramida.
salam,
komo

dengan mudah mas Komo menggathukkan dengan data geologi yang sangat jelas terlihat adanya “mismatch” dalam uji krono-logis.
Mas Komo yang bukan Phd saja dengan mudah menyangkal pendapat seorang Phd hanya dengan uji Krono-Logis . Pak dhe yakin kamupun bisa memulai berpikir krono-logis, kan ?

Memang banyak bangsa yang mengalami mental inferiority, karena ketertinggalannya trus “ngundat-undat” dengan menyatakan looh aku “dulu” hebat looh !

Yang penting kamu sekarang gimana ?

Apa saja benua-benua yg dikenal di bumi ini silahkan baca ini :

About these ads

388 Tanggapan

  1. biasalah.. mental frustasi akibat dari inferiority kompleks nya sebagian orang indon, karena dari sebuah keterbelakangan yang masih jauh dari kemajuan-kemajuan yang sudah dilalui negara-negara maju seperti Eropa, Jepang, dsb.. tidak usah naif, bukankah dapat dirasakan dan dilihat secara gamblang bahwasannya negara kita memang tidak terpungkiri berada dalam jejeran “third world countries”?.
    akibat dari depresi serta kesirikan hati inilah akhirnya mereka menghibur diri dg klaim-klaim delusional seperti atlantis sampai-sampai memelintir agama untuk dijadikan superioritas ilusinya.
    biarkan saja sekumpulan orang tahayul retarded ini bekoar-koar, toh secara rasional dan konkrit yang kita saksikan itu apa hasil dan buktinya, bukan koar-koarnya yang ternyata memang tidak sepadan dengan peradaban negara kita hari ini. korupsi, mudah di provokasi, tidak mau mengaku bersalah tapi mencari kambing hitam, tidak punya budaya malu, jam karet, tata tertib dan kebersihan tidak terbudaya dengan baik, dsb. berkaca saja dari REALITA-REALITA demikian, sudah lebih baik kah dari negara-negara maju eropa serta jepang? tapi tetap masih menganggap dirinya superior dari mereka dengan realita yang ada serta karangan-karangan cerita tahayul? LOL memang kumpulan orang-orang tolol !

  2. yg punya blog ini gue sangat yakin kalo nenek moyang nya berasal dari monyet ,kaum nya charles dharwin yg ngaku2 berpikiran ilmiah, padahal monyet zaman dulu sampai zaman sekarang gitu2 aja bentuk nya,,,,wkakakakkakak….. kaum2 sang penerima teori mentah2

  3. Kesimpulannya adalah atlantis itu Sundaland artinya negri sunda, penguaanya adalah orang sunda, situs gunung padang dan piramida sadahurip garut adalah peninggalan nya.

  4. haha seperti anak TK mengkritik Profesor :))

  5. wahh ramai sekali komennya :D , bukti indonesia kritis, setiap permasalahan ada yang pro dan kontra
    tp yang jelas, hemat saya, jika anda2 yang mengakui dan percaya keberadaan benua atlantis coba buktikan secara sains, apakah pendapat anda yg ‘sains itu’ bisa membantah chrono-logis? jgn hanya berpendapat dan mendukung org yg mempunyai gelar lbh tinggi (prof santos dkk)

  6. ATLANTIS = KANDIS

  7. Reblogged this on iwanb86.

  8. Games like Sudoku, puzzles, word games are few of the games could be a
    scam! A figura que realiza movimientos raros y err?
    Lamente el Qix – una extra? Whether you are playing the game online or
    offline, definitely recommend getting this game.

  9. Apa tidak terlalu mengada-ngada Mas ?

  10. Atlantis bukanlah benua sejarah atau benua geologis. Dalam klasifikasi jenis2 benua, Atlantis termasuk benua mitos bukan benua scientific. Scientific artinya dijelaskan keberadaannya dengan kaidah sains. Termasuk didalamnya uji Krono-logis, urutan waktu. Kalau dg uji Krono-logis saja sudah ga cocok ya secara science dianggap tidak benar. Kalau scr mitos silahkan saja dikembangkan. Boleh ditambah uji klenik supaya lengkap. Science bukanlah satu-satunya uji kebenaran. Wong kebenaran itu saja hanya didefinisikan atau kesepakatan. Jadi biarlah jalan sendiri-sendiri uji kebenarannya.

  11. yg punya blog melarikan diri ga bertanggung jawab

  12. “dengan mudah mas Komo menggathukkan dengan data geologi yang sangat jelas terlihat adanya “mismatch” dalam uji krono-logis.
    Mas Komo yang bukan Phd saja dengan mudah menyangkal pendapat seorang Phd hanya dengan uji Krono-Logis . Pak dhe yakin kamupun bisa memulai berpikir krono-logis, kan ?”

    Kenapa saya merasa si penulis ini atau si komo itu sombong ya?

    Sangat karakteristik org “sok pintar” Indonesia. Rumongso biso, bukan biso rumongso.

    Gini ya mas, bukannya saya mengalami penyakit inferior akut seperti yg anda bilang. Saya juga tidak terlalu memikirkan apakah atlantis bener ada di Indonesia atau enggak. Tapi org2 seperti anda yg merasa punya sedikit pengetahuan tapi sudah merasa tahu segalanya.

    Tapi janganlah gegabah, untuk bilang sesuatu gak mungkin. Pada abad 18 ditemukan sebuah peta kuno di turki, pada waktu itu dianggap biasa saja, seperti peta2 kuno yg lain. Tapi setelah era astronot, baru di sadari bahwa peta tersebut mempunyai tingkat presisi yg sangat tinggi dan bahkan ahli2 di bidangnya (NASA) menyebut untuk membut suatu peta dengan presisi seperti itu harus naik ke angkasa dan melihat bumi dari atas. Sekarang siapa yang bisa pada masa abad2 terdahulu untuk naik ke luar angkasa?

    Banyak hal yang dinamakan misteri kehidupan dan itu tidak melulu bisa dijelaskan dengan sains. Sebenarnya bukan tidak bisa dijelaskan, tapi sains itu selalu berkembang, dan apa yg ada saat ini bukanlah sains/teknologi yg terbaik.

    Anda boleh tidak sependapat, tapi sikap merendahkan anda sungguh keterlaluan.

    Sangat tipikal org “sok tahu”. Bukannya saya mendukung/tidak mendunkung Prof Santos. Prof. Santos pasti juga puya alasan kuat kenapa dia bisa melahirkn teori itu. Tetaplah respek melihat sesuatu yg berbeda dengan pikiran kita, toh kalo salah juga anda tidak rugi, benar juga tidak rugi.

  13. Dimanapun atlantis itu, harusnya kita bangga karena banyak orang di belahan dunia mengagungkan ”INDONESIA” dan jika kalian tunas indonesia, capailah masa depan mu dan buktikan bahwa indonesia memanglah ”ATLANTIS” di masa depan, bukan hanya dalam cerita/ mitos.

  14. hem… padahal prasasti sudah berbicara akan korelasi antara salah satu nabiullah dan penguasa nusantara dengan simbol kebesarannya… ilmu dan iman adalah utama… bahaya adanya fasilitas membuat postingan secara bebas seperti saat ini bisa menimbulkan para penyampai pesan langit yang benar dengan yang salah saling bercampur baur…mengombang-ambingkan pemikiran dan iman rakyat…biarkan para gajah putih dan kuda putih yang berlari membuka kunci dikejar janji…sekiranya elang jawa telah kembali dari kahyangan mungkin kebesaran para penyembah matahari yang beralih baju kebesaran akan dibangkitkan kembali oleh keturunan pengirim surat emas… dan pondasi yang dibangun oleh utusan turki ratusan tahun lalu akan menanti untuk dibangkitkan kembali…oleh ratu dari rakyat… di negeri lima tonggak bhumi…

  15. Atlantis itu digambarkan sebagai bangsa besar, barometer dunia, bangsa maju, dengan teknologi jauh melampaui masanya…bandingin sama indonesia……..sedihhhhh

  16. ini orang ilmu serendah comberan pake mengkritisi santos yg setinggi langit :) itu openheimer gak skalian di kritik :) penelitian harus di kritisi dg penelitian, bukan dg copas sana sini cuk….

    Bravo Indonesia Raya: Dream Theater maniak ye bro! gw setuju sama elu, ini pikiran orang yg nulis sampah banget!

    Indonesia JAYA!

  17. woow… bagus… Jika hal itu benar terjadi, maka indonesia bisa terkenal… dan tercatat dalam sejarah dunia… :D

    –http://ebookbiologi.blogspot.com

  18. Aku yakin, orang yang menulis artikel ini kalau dia hidup di masa saat Bung Tomo berteriak-teriak membangkitkan semangat anak-anak Surabaya untuk bertempur melawan Belanda, dia pasti lebih memilih masuk kamar dengan lesu untuk tidur. Sambil leyeh-leyeh orang ini akan bilang, “Ah, Belanda kok dilawan?! Gak akan menang. Sudahlah, biar saja mereka masuk ke wilayah republik. Yang penting kehidupan kita terus berlanjut seperti biasa.”

    Aku terbawa nuansa geli saat membaca artikel ini, bingung untuk menentukan tulisan itu hanya ditujukan untuk dongeng atau mau diupload dengan standar jurnal ilmiah?! Kalau hanya dongeng kenapa tersirat adanya nafsu yang mendalam untuk menghakimi pikiran orang lain. Kalau tujuannya sebagai tulisan sekelas jurnal ilmiah kenapa blog ini disebut sebagai dongeng?! Terlihat adanya kondisi tidak stabil, bingung mau berdiri di tataran eksak ataukah lebih baik ambil amannya saja dengan menyebut sebagai dongeng.

    Benar atau tidaknya Atlantis di Indonesia, benar atau tidaknya Atlantis itu eksis di masa lalu, tidak akan merubah masa depan negeri ini. Indonesia akan tumbuh besar, entah dulunya Atlantis atau hanya gundukan lempeng bumi labil yang ditumbuhi tanaman dan semut. Setiap orang berhak beranggapan bahwa masa lalunya memang jaya dan besar, karena itu adalah refleksi untuk masa depan. Sebuah refleksi bahwa kita memiliki kemampuan yang lebih besar dari yang kita pernah pikirkan sebelumnya. Ini sebuah sudut pandang positif yang pada akhirnya men-drive psikologis kita untuk benar-benar berjuang untuk jadi yang terbaik. Aku yakin, orang seperti penulis artikel ini yang mengaku berada dalam kelompok para ahli tidak akan cocok jadi motivator. Semial dia dipilih jadi pelatih suatu cabang olah-raga yang akan diterjunkan ke Olimpiade maka para atlitnya akan kalah sebelum berperang. Dia akan melarang para atlitnya untuk berpikir bahwa mereka adalah orang-orang besar di masa lalunya. Orang ini akan merecoki pikiran para atlitnya dengan cerita-cerita, yang mungkin juga secara kronologis pula uraiannya, yang melemahkan dan membuat atlit tidak semangat, kehilangan kebanggan akan perjuangan untuk mendapatkan sebuah pencapaian yang tinggi. “Kalian bukan atlit besar! Kalian adalah atlit kampungan! Masa lalu kalian selalu diisi oleh kekalahan! Masa lalu kalian tidaklah seperti yang kalian agung-agungkan!!! Aku punya buktinya!!! Ini ada artikel majalah sport yang aku kliping secara kronologis sejak kalian masuk ke pusat pelatihan ini!!! Isinya hanya berita tentang kekalahan kalian di setiap perlombaan, termasuk Olimpiade!!! Dan kalau kalian sekarang berpikir memiliki kebanggaan atas masa lalu dan berpikir akan memenangkan pertandingan melawan raksasa-raksasa dunia maka itu adalah sesuatu yang memalukan!!!”

    Kalau ada orang yang bilang bahwa Nusantara ini memiliki masa lalu yang dianggap cerita besar maka memang seperti itu kenyataannya. Orang geologi pasti tahu berapa kali, secara kronologis, wilayah nusantara ini dihancurkan gunung berapi dan gempa. Gunung Tambora sekali meletus saja sudah melenyapkan sedikitnya dua kerajaan. Otomatis catatan sejarah yang tertulis berupa puisi-puisi atau kitab-kitab di perpustakannya juga lenyap. Padahal Tambora baru seumur jagung, belum termasuk bencana-bencana lainnya. Tidak perlu mengingat Gunung Toba, Gunung Krakatau yang gedenya cuma segitu saat meletus langsung membuat kehidupan sedikit mengalami “polarshift”. Orang-orang yang tinggal di wilayah yang penuh dengan tantangan alam adalah orang-orang yang akan tumbuh lebih kreatif dan berbudaya tinggi. Coba piramida paling besar di Mesir dipindah ke wilayah Indonesia, lalu lihat dalam kurun waktu kurang dari 500 tahun pasti akan ambruk. Piramida mesir terlalu dimanja alam selama ribuan tahun, hanya dikikis angin dan cuaca! Angin sepoi-sepoi pun ternyata bisa mengikis piramid Mesir, apalagi jika dihajar gempa dan letusan gunung!!! Shit! (maaf, shit artinya tahi). Beda dengan alam Indonesia, peradaban yang tinggal di tempat ini adalah benar-benar peradaban rollercoaster! Muncul kerajaan, berkembang besar, lalu lenyap. Muncul kerajaan, gunung ngamuk, lenyap. Muncul kerajaan lagi, gempa besar menghempas seperti orang menghempas jemuran sprei hingga butiran-butiran kehidupan di atasnya berterbangan bagai anai-anai. Seharusnya kita malah harus curiga, jangan-jangan Atlantis bukan apa-apa jika dibandingkan dengan peradaban kuno yang ada di wilayah Indonesia. Atlantis hancur oleh satu kejadian alam yang ukurannya super, sementara Indonesia berkali-kali. Atlantis ada atau tidak, apa pun cerita dan legendanya, yang pasti fakta yang ada sudah jelas memperlihatkan bahwa wilayah Indonesia adalah wilayah alam yang tidak bersahabat dengan manusia… hanya peradaban super saja yang pernah tinggal di tempat ini, bro.

    Orang Malaysia, tidak semua, banyak yang menghina Indonesia. Mereka menyebut bangsa kita adalah bangsa miskin dan bodoh. Tercipta hanya untuk jadi kuli dan babu. (kalau dalam kondisi miskin dan bodoh saja PDB Indonesia lebih besar dari Malaysia, lalu seperti apa keadaannya jika negara ini benar-benar jadi negara besar?!) Coba pikirkan itu. Mereka seperti lupa bahwa saat Portugis di abad silam menyerang mereka, kita yang merasa masih saudara berlapang dada membantu mereka meski nyawa taruhannya. Mereka pasti juga lupa, bahwa di wilayah ini yang pernah mengalahkan Pasukan Tartar hanya kita. Pasukan Kubilai Khan yang pernah dikenal dunia tidak pernah kalah saat merangsek ke Timur Tengah dan Eropa, harus pulang kampung dengan tetes air mata. Memaksakan diri pulang dengan membawa sedikit barang jarahan dan tawanan perang, hanya sekedar untuk menutupi kekalahan yang menghilangkan 3000 prajuritnya. Kejadian ini terjadi juga karena mereka sendiri yang datang ke mari untuk memaksa kita “takluk”. Meski kemudian kita bisa menjalin hubungan baik dengan Tartar (Raden Wiajaya mengirim utusan persahabatan/perdamaian ke Kubilai Khan yang ternyata disambut antusias oleh Kubilai Khan). Mongolia saat itu adalah satu-satunya negara yang kekuasaannya mendekati dominasi atas seluruh dunia (global domination). Kalau sekarang mungkin sama seperti Amerika Serikat.

    Di masa lalu China pernah menjadi negara besar. Saat ini mereka tumbuh lagi jadi negara besar. Di masa lalu Indonesia pernah menjadi negara besar dengan mampu mengarungi laut luas hingga Afrika. Saat ini kita telah melihat tanda-tanda kebangkitan bangsa kita. Ada tidaknya Atlantis di muka bumi, tidak akan merubah siklus kehidupan yang telah ditetapkan bagi negeri ini: Menjadi negara besar sesuai dengan siklusnya. Jaman dahulu pemerintahan kerajaan mungkin kurang usil dalam manajemen bencana sehingga meski mereka negara besar masih dengan mudah diombang-kambingkan alam, sekali lagi: diombang-kambingkan! Saat ini Indonesia-baru relatif lebih memahami apa itu bencana alam, peluang dan tantangannya. Ke depan, Indonesia akan lebih besar dari apa yang pernah diperolehnya di masa silam. Indonesia akan menghadapi bencana alam yang belum pernah dibayangkan sebelumnya, tapi negara ini sudah mengerti bahwa dengan menyiasati alam dengan lebih kreatif dan cerdas maka negeri ini akan mencapai titik horizon tertinggi dan melampauinya dengan sangat baik melesat di antara bintang-bintang.

    Orang-orang pesimis, yang lucunya sebagian malah berasal dari golongan ahli, universitas ternama, yang terlalu impulsif menanggapi mimpi-mimpi besar orang-orang senegaranya, tidak akan menghasilkan apa-apa dalam hidupnya. Orang-orang seperti itu akan melihat manusia Indonesia yang bangga dengan tanah airnya, (meski dunia melihat remeh dan menganggap negeri ini miskin, bodoh, dan korup), sebagai warga negara yang inferior akibat penindasan 300 tahun bangsa lain. Kita sudah ada di tempat ini sejak lama bersama-sama dengan kerajaan-kerajaan Asia lainnya, termasuk India dan China. Dan sama-sama menderita akibat merasakan perihnya penindasan penjajah. Australia saja tidak lebih dari seumur jagung berada di kawasan ini, tapi mereka sudah seperti orang yang memiliki superioritas penuh di kawasan. Jangan pernah mencerca mimpi orang, karena kita tidak akan pernah tahu kehendak Tuhan atas orang itu dan mimpinya. Literatur-literatur ilmiah yang resmi diupload ke jurnal-jurnal ternama pada awalnya hanyalah sebuah mimpi, lalu mereka berusaha untuk menggapainya dan jadilah. Lalu orang-orang yang pesimis, yang betah nongkrong di kampus atau di kelompok orang-orang ahlinya, bisanya hanya mengutip literatur-literatur itu hanya untuk menindas mimpi orang lain. Keterampilannya mengumpulkan literatur, seperti pustakawan yang rajin, hanya digunakan untuk menggugurkan ide-ide kreatif orang lain. Ini sebuah cerminan dari kebiasaan, mungkin karena terlalu sering melakukan itu maka yang muncul ya tulisan seperti itu. Sangat cocok untuk jadi dosen penghancur presentasi tugas akhir mahasiswa semester delapan yang sudah terlalu pusing memikirkan biaya hidup, sewa kontrakan kamar kost, susahnya beli buku, harus puasa karena kiriman orang tua telat, harus pinjam komputer teman untuk sekedar ngeprint tugas essai satu halaman, dan lebih menderita lagi saat melihat sebagian besar mahasiswa kaya hanya menghabiskan waktunya di mall nongkrong saling menggoda lawan jenis untuk diajak membuat video porno.

    Seorang Phd dianggap bukan apa-apa dalam perjalanannya mendapatkan pencapaian keilmuannya. Seorang ahli genetika dari universitas yang levelnya lebih bagus dan lebih bergengsi dari universitas paling bagus di negeri ini pun mungkin akan dianggap sebagai penganggur-intelektual karena tulisan-tulisan, yang berasal dari ide-ide dalam mimpinya itu, terlihat absurd dan bertentangan dengan alam dan apa yang disebut sebagai “science”. Aku jadi ingat account YouTube bernama Laode Maskur. Dia benar-benar hebat, pemenang hadiah nobel fisika kelas dunia saja dibantah; orang awam di sekitarnya yang memiliki mimpi-mimpi besar tentang masa lalu, masa sekarang, dan masa depan dalam hidup pasti juga akan dibantahnya.

    Where did we come from,
    Why all we here?
    Where do we go when we die?
    What lies beyond
    And what lay before?
    Is anything certain in life?

    They say, “Life is too short,”
    “The here and the now”
    And “You’re only given one shot”
    But could there be more,
    Have I lived before,
    Or could this be all that we’ve got?

    If I die tomorrow
    I’d be all right
    Because I believe
    That after we’re gone
    The spirit carries on

    I used to be frightened of dying
    I used to think death was the end
    But that was before
    I’m not scared anymore
    I know that my soul will transcend

    I may never find all the answers
    I may never understand why
    I may never prove
    What I know to be true
    But I know that I still have to try
    And don’t dream is over!!!

    Bravo Indonesiaku!!!
    Berkibarlah terus Merah Putih meski lempeng bumi meleleh!!!
    Jayalah selalu meski kita menunggangi lempeng yang saling tumbuk!!! Kita tidak takut menunggangi lempeng bumi yang paling ganas sekalipun!!! Oleh karenanya kita tidak akan pernah takut dengan masa lalu kita!!! Kita juga tidak akan pernah takut menghadapi tantangan masa depan!!!! Lebih baik pulang nama dari pada kabur dari medan perang!!!!
    Jayalah Bangsaku!!!!!!!!

  19. KISAH atlantis baru suatu alkisah / dongeng rakyat, yg belum jelas ujung pangkalnya.
    MIRIP dengan kisah ramayana dan mahabharata, yg sangat ajaib (terbang, senjata luar biasa dll), tapi menjadi dasar suci ajaran hindu.
    MIRIP juga dengan kisah nabi2 di barat, kalao Ibrahim ke bawah mudah di runut …. ujung pangkalnya.
    TAPI sampai sekarang tidak ada yg mampu merunut kisah2 nabi adam sampai nuh, walao kapal nuh ….. di anggap sudah di ketemukan, tapi tetap misterius (ingat .. umur mereka di sebut hampir seribu tahun per orang).
    UJUNG2nya, kalo udah mulai bingung, ingat2lah ajaran islam dan hindu ….. pada akhir nya ajaran yg utama adalah …. banyak2 mengingat dan menyebut nama2 tuhan / zikir dan banyak2lah ber dana / infaq sodaqoh.
    KARENA sesungguhnya kehebatan mereka … bukan lah kehebatan saya, dan dosa mereka bukanlah dosa saya ……… lakum dinukum … waliyadin.

  20. Sekedar berpendapat,

    Atlantis sudah ditemukan…

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8309709

  21. HAL YANG BODOH TENTANG
    PENGAKUAN SEPIHAK ATAS
    ATLANTIS OLEH ORANG
    [[SUNDA

    haddooohhh….

    woooyyy… uing mah kagak bangga kalow pir’aun asalnya dari tarogong juga….

    kalow pengen nyaho Julius Caesar ituh adalah cuma lurah di Babakan Romawi…. Obama ituh Urang Sukaraja Asli… hihihihihihi… doasaaarr… makanyah beli gehu dulu di warung gehu di deket babakan siliwangiiiii…. :D

  22. Oya, sedikit menambahi tentang rumus matematika sejati yg tak bisa dibantah lagi. Konon hanya orang-orang yg mau berfikir dan berakal saja lah yg akan mampu mencerna soal Misteri Keajaiban Fenomena yg sangat-sangat sederhana ini.

    Btw ada yg bisa menjelaskan dan memberi jawaban dari fenomena angka 1-9 di Indonesia? bagaimana sejarah penyebutan angka tersebut dibuat? apakah ada kaitannya dengan hal-hal ghaib?

    Simak baik-baik urutan angka-angka dari atas ke bawah ini :

    1 > Satu + 9 > Sembilan = 10
    2 > Dua + 8 > Delapan = 10
    3 > Tiga + 7 > Tujuh = 10
    4 > Empat + 6 > Enam = 10
    5 > Lima + 5 > Lima = 10

    Perhatikan dengan seksama, penjumlahan dari angka terkecil ke yg terbesar, yg berpangkal pada agka 5 :

    Satu + Sembilan, sama-sama di awali huruf S
    Dua + Delapan, sama-sama diawali huruf D
    Tiga + Tujuh, sama-sama diawali huruf T
    Empat + Enam, sama-sama diawali huruf E
    Lima + Lima, hasilnya sepuluh, sama seperti hasil jumlah diatas..

    Apakah “mungkin” maksudnya diatas itu adalah seperti ini?

    Angka 1 adalah yg Awal, dan angka 9 adalah yg Akhir.
    Angka 2 adalah yg kedua dari awal, dan angka 8 adalah yg kedua dari akhir. Dan seterusnya…

    Jadi, gabungan angka 1 dan 9 yaitu 19 adalah angka fenomena dalam Al-Qur’an!! Salah satu contohnya adalah halaman pembukaan Al-Qur’an ayat pertama dari Al-Fatihah adalah Basmallah yg berjumlah 19 huruf Arab!! yg artinya “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”
    Baru membuka halaman pertama kitab suci Al-Qur’an saja kita sudah disodorkan dengan kata “Pengasih dan Penyayang”
    Itulah kekuatan utama ajaran Islam yaitu saling mencintai sesama dan Cinta akan Kedamamaian yg sebenarnya inti dari segala hal yg mencakup duniawi dan akhirat itu adalah karena Allah SWT.
    Subhanallah! Betapa megah dan indahnya kalam Illahi.

    Lalu bagaimana hubungannya dengan angka 10 (hasil akhir)??
    Tuhan itu 1, Dia tidak beranak serta tidak di peranakkan, 0 (NOL). Karena sesungguhnya Dia lah yg lebih mengetahui segalanya dari apa-apa yg tidak kita ketahui…!!

    Lalu maksud yg berpangkal pada angka 5? apa??
    Inilah maksudnya, rukun iman ada 5, dan rukun Islam ada 5.
    Kalimat Islam ada 5 huruf dan bahkan sholat pun ada 5 waktu!!
    itulah ibadah Utama umat Islam…

    Dan itulah ajaran tauhid yg sempurna!! Dialah Allah SWT yg Maha Awal dan Maha Akhir, tiada makhluk yg menyerupainya atau bisa sederajat dengan Nya, itulah hakikat Tuhan yg sesungguhnya!! Dia lah Tuhan yg Maha Berkehendak dan Maha Mengetahui atas segala-galanya. Bahkan makhluk paling Agung dan Mulia pun yaitu nabi Muhammad SAW mengakui dirinya hanyalah di utus oleh Allah yg tiada Tuhan selain Dia, dengan membawa misi ajaran Islam yaitu “Menyempurnakan Akhlaq”

    Hubungannya dengan komentar saya sebelumnya?? jelas sangat terkait dengan kebangkitan Islam yg akan dimulai di Indonesia…!! (Insya Allah)

    Terus kunci dari fenomena diatas apa??
    Kuncinya adalah Syahadat!! Sebab syahadat itulah kunci menuju surga Nya…!! Sebab hanya islam lah satu-satunya agama yg telah di Ridhoi oleh Nya.

    Dan semoga si “komo-komo” lainnya (jika memang paling pintar) bisa ter ilhami dengan Misteri Fenomena kecil ini, amin.. ;)

    Wallahu alam bissowab,

  23. Yg membuat artikel ini sungguh ngawur bin ngaco! apalagi si komo yg cuma numpang lewat terus kabur (sotoy banget lagi).. ;D

    Coba kita pikirkan sejenak dan renungkan baik-baik :

    Dimana di belahan bumi ini yg punya tanah paling berkualitas dan paling subur sebanding dengan tanah Indonesia? adakah???
    bahkan pohon kurma pun bisa tumbuh di tanah air ini…!!

    Dimana di belahan bumi ini yg memiliki ragam macam kandungan sumber daya alam terbanyak? bahkan terbesar didunia yaitu emas!

    Dimana di belahan bumi ini yg memiliki banyak sekali gunung2 seperti Indonesia? bahkan beberapa gunung termasuk yg terbesar didunia!

    Dimana di belahan bumi ini yg masih menyisakan sisa2 jejak peninggalan zaman purba seperi di Indonesia? komodo buktinya!

    Dimana di belahan bumi ini yg memiliki sejarah kerajaan terbanyak dan terbesar seperti di Indonesia? lalu dimanakah warisan leluhur kita kekayaan emas yg melimpah dari kerajaan2 tersebut saat ini? USA!!

    Dimana di belahan bumi ini yg memiliki banyak sekali pulau2 yg indah serta luasnya lautan yg tiada tanding? bahkan nenek moyang kita adalah pelaut pertama di dunia dalam sejarah dunia maritim!

    Dimana di belahan bumi ini yg memiliki penduduk dengan berbagai macam ras, suku, dan agama yg bermacam2 selain di Indonesia? bahkan bisa saling hidup rukun berdampingan!

    Dan satu lagi yg tidak lama lagi akan segera terbukti kebenarannya yaitu piramida terbesar di dunia ternyata ada di Indonesia! itu pasti!

    Dan masih banyak lagi yg lainnya, bahkan masih teramat banyak…!!!

    Masih ingat dengan penggalan lagu Koes Ploes yg melegenda ini?

    “orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman”

    atau penggalan lirik dari lagu nasional yg ini?

    “Indonesia tanah air beta, pusaka abadi nan jaya.. Indonesia sejak dulu kala tetap di puja-puja bangsa..”

    Jangan remehkan kekuatan dari sebuah lagu, karena kekuatan dari lirik2 lagu tersebut mengandung unsur turun temurun dari ucapan dan pepatah nenek moyang kita mas! jauh sebelum si komo lahir ;D

    Sesungguhnya betapa tuanya negeri ini, betapa hebatnya peradaban tinggi nenek moyang kita, betapa bangganya kita sebagai ahli waris pusaka negeri para raja dan tanah surga ini…..
    Apakah anda tidak……???

    Harusnya kita bangga dengan tanah air yg sangat kaya raya ini dengan kekayaan alamnya yg melimpah ruah tiada banding di dunia seolah-olah tiada habis2nya, walaupun saat ini Indonesia masih terpuruk tapi kelak suatu saat pasti akan bangkit kembali dan mengulang masa kejayaannya, serta akan menjadi pusat mercusuar dunia yg akan menerangi kebenaran sejarah peradaban tinggi manusia di masa lampau yg sebenarnya berawal dari Indonesia dan telah di manipulasi dengan pemutar balikan sejarah oleh kaum zionis! sebab mereka sangat ambisius dengan skenario rancangan mereka sejak berabad-abad lamanya yaitu “New World Order” (Novus Ordo Seclorum) nya, alias Gerakan Satu Pemerintahan Dunia yg dikendalikan oleh bangsa Yahudi yg berpusat di USA. itulah Zionisme!

    Bahkan banyak orang2 berpengaruh dan terpandang di dunia berceloteh begini “USA itu bisa seperti sekarang karena kekayaan dari masa lampau Indonesia” benarkah? biar waktu yg menjawab! Didalam Islam terdapat siklus masa2 kejayaan Islam yaitu tiap 7 abad sekali (bangkit dan runtuh), dan 7 abad ini adalah masa keterpurukan Islam yg sudah habis, yg tidak lama lagi akan segera bangkit serta bersinar kembali menerangi kehidupan manusia yg telah rusak parah saat ini seperti masa2 keemasan Islam sejak zaman khalifah terdahulu.

    Dan tahukah anda bahwa nabi Muhammad pernah berujar bahwa saat Islam itu kembali bangkit dan berjaya didunia akan muncul dari daerah Timur, (negara Islam terbesar saat ini) di Indonesia kah? Wallahu alam.. dan semoga saja iya..

    Mohon maaf, seharusnya artikel menyesatkan yg membuat skeptis dan pesimis bangsa sendiri seperti postingan ini tak perlu dibuat, bahkan kalo perlu dihapus saja mas. Biarlah para kaum zionis saja yg berusaha untuk selalu menutup-nutupi sejarah masa lalu dunia khususnya Indonesia yg serba gemilang demi kepentingan kekuasaan mereka saja, sebagai anak bangsa harusnya kita turut mendukung hasil dari para peneliti atau ilmuwan mengenai sejarah Indonesia, apapun itu hasilnya harus siap kita terima. Dan biarkan waktu yg menjawab semua tentang kebenarannya, yg terpenting kita harus selalu bersikap positif thinking dan jangan selalu sok pintar dengan keterbatasan ilmu yg kita miliki dalam menyikapai suatu hal. Apa sih yg tidak mungkin terjadi di dunia ini jika Tuhan telah berkehendak??? Jangan jadikan seolah-olah otak kita ini adalah Tuhan yg maha tahu dan selalu bisa akan segala-segalanya…!!! (seperti kaum zionis)

    Terima kasih, dan salam buat si komo ya ;)
    Jangan lupa di “LIKE THIS” yo… hehehehe,,,,

  24. Saya jadi curiga jangan-jangan yang disebut dengan KERAJAAN MAJAPAHIT yang dikabarkan pernah berkuasa dari pulau Jawa hingga sebagian wilayah di Asia Tenggara itu dan menajadi pusat peradaban dunia itu sebenarnya adalah Kerajaannya Nabi Sulaiman AS bersama Ratu Saba alias juga kerajaan Atlantis yang hilang.

    MENGAPA ?

    karena terlalu banyak sekali kebetulan yang menjadi kemiripannya, sehingga perlu dicurigai sebagai tanda-tanda kebenaran yang belum terungkap selama ribuan tahun dan yang akan membalikan sejarah dunia :
    1. Sama-sama sukses sebagai penguasa Asia.
    2. sama-sama berpusat di pulau Jawa.
    3. Sama-sama dikelilingi benda-2 berharga.
    4. Sama-sama dianggap sakti mandraguna (bermukzizat)
    5. Sama-sama dikelilingi pohon Maja yang buahnya berasa Pahit.
    6. Sama-sama berkebudayaan dan berperadaban tinggi.
    7. Sama-sama berakhir hancur karena bencana alam banjir.
    8. Sama-sama terletak di daerah subur namun rawan bencana.
    9. Sama-sama memimpin ras majemuk sebagai pusat peradaban.
    10Sama-sama punya raja bergelar Raja Gunung.

    Jadi bisa diduga bahwa :

    KERAJAAN MAJAPAHIT = KERAJAAN SABA = KERAJAAN NABI SULAIMAN AS = ATLANTIS YANG HILANG = THE PROMISE LANDNYA NABI MUSA = TAMAN EDENNYA NABI ADAM AS.

  25. 1.China India Indonesia adalah penduduk yg banyak sekali, dibandingkan penduduk lain, kenapa?
    Karena tempat tinggalnya menyediakan tempat yg subur utk berkembang biak.
    Karena sudah lebih dulu berpopulasi.
    Karena kebudayaannya sudah lebih tua berjalan..

    2.Kekayaan alam indonesia dipakai negara lain, dijajah.. Supaya negara lain jg bs berkembang.. Indonesia nyumbang banyak sda dan sdm..

    3.Indonesia penduduk yg sabar, beraneka ragam.. Toleransi tinggi dan gotong royong, murah senyum, lucu, suka guyon, dan rendah hati..

    4.Tp di tahun2 terakhir indonesia semakin tertekan.. Kelaparan bs melanda negri, bencana, politik, dll.. Hal ini akan terjadi keseimbangan.. Bila tidak bencana manusia baik perang maupun alam bs terjadi.

    5.Ayo kita mulai dr diri kita dulu dan lingkungan kita..menjadikan indonesia bersila ketuhanan, berperikemanusiaan, bersatu, utk rakyat, dan adil sosial. Bhineka tunggal ika.

    Amin, indonesia maju!optimis positif !

  26. KALAU MEMANG BENAR ATLANTIS ADA DI JAWA YA GAK PAPA EMANG KENAPA ? MENTANG2 KITA PERNAH DIJAJAH 300 TAHUN TRUS MINDER ?GAK PEDE ?
    JADI BABU TERUS AJA DI NEGARA TETANGGA.
    TRUS JUALIN KARYA BANGSA AMA MALAYSIA

  27. Kun fayakun! kira-kira artinya “terjadilah” begitulah firman Allah dalam pemahaman Islam. artinya Allah bisa berkehendak semua_nya dan menciptakan atau menghancurkan sesuai keinginan-Nya. Terlepas dari perdebatan “Atlantis” dengan berbagai perspektif (historis, arkeologis, gen, dll), kita hanya bisa melihat apa yang ada sekarang dan mencoba melihat ke belakang (sejarah) baik dari sisi keagamaan (kitab-kitab) atau ilmu pengetahuan, dll. Tidak ada kebenaran mutlak dari sisi manusia (baik sains yang selalu berkembang) ataupun dari sisi sejarah (bergantung perspektif dan kepentingan siapa dan untuk apa).

    Manusia saat ini harusnya belajar dari sejarah tersebut, untuk semakin mendekat pada kebenaran (fakta atau atau yang lainnya). dunia masih banyak diselimuti misteri yang sampai saat ini belum terkuak, hanya samar-samar sambil terus mencari (dengan ilmu pengetahuan dan teknologi) yang kesimpulannya belum tentu benar.

    bicara tentang peradaban, sejarah manusia, tentang alam semesta ini tidak akan pernah habis dan selalu menimbulkan perdebatan, paling selesai di tingkat konsesus (yang diwakili para ahli). ilmu pengetahuan dan tentang tentunya sangat membantu upaya manusia memahami banyak pertanyaan manusia sepanjang masa (sampai juga pertanyaan tentang Tuhan, yang dalam bahasa punya sebutan masing-masing). tujuannya adalah eksistensi manusia itu sendiri untuk melanjutkan hidup dan mempertahankan kehidupannya serta manfaat bagi kehidupannya itu sendiri.

    Dari sisi peradaban, manusia sudah menciptakan peradaban sejak adanya manusia pertama (Adam), contohnya kecil manusia mati dikubur di tanah, terinspirasi oleh burung (mohon koreksi kalau salah), bukan karena perintah Tuhan! di mana anak-anak Adam saling berebut dan akhirnya satu membunuh lainnya (kisah pertama tentang pembunuhan, dan logikanya kita ini sebenarnya cicit-cicit (1000X) dari manusia pembunuh pertama kali kan?)

    Dari situ peradaban dan kebudayaan berkembang sesuai lingkungan, dll yang saling mempengaruhi. Perkembangan budaya dan peradaban tersebut bangun dan hancur silih berganti (yang banyak diceritakan dari teks-teks suci agama), dengan berbagai sebab dan latar belakangnya. Tuhan memberi pengetahuan tersebut melalui Nabi-nabi yang kemudian disebarkan kembali kepada manusia lainnya (yang kita kenal sebagai firman atau wahyu). masalahnhya kan teknologi yang kinal kenal sekarang (kamera, komputer, dll) baru muncul pada awal abad 20an. kalau teknologi tsbt sudah ada puluhan ribu tahun lalu, akan lebih mudah bagi kita (ada dokumentasi chuy). beda kalau misalnya kita bayangkan, kalau manusia masih ada ribuan, puluhan ribu atau jutaan tahun mendatang (yang mungkin teknologinya lebih jauh dari yang kita kenal sekarang), akan memudahkan anak cucu kita ke depan untuk bercerita apa terjadi di jaman kita ini tanpa perlu berdebat atau lainnya (mungkin mereka berdiskusi santai sambil ngopi, tentang penemuan-penemuan dua abad terakhir ini, sambil menikmati perjalan antar galaxy!)

    mengenai benua “atlantis”, peradaban dan kejadian alam yang mengikutinya, untuk saya bisa sangat mungkin terjadi (entah di jaman apa, kapan waktunya, persisnya di mana). dari penemuan para ahli memang faktanya adalah bahwa dulunya daratan yang sekarang “Indonesia” pernah terhubung/menyatu, seperti hanya teori bahwa daratan bumi awalnya sekali bersatu. terlepas dari teori plato yang sebagian menganggap mitos/impian plato atau sebagian meyakini sbg teori. plato hidup di jaman apa, kurang lebih setelah jaman nabi Nuh dan sebelum Nabi Isa kan (lahir sekitar 427 SM – meninggal sekitar 347 SM), jangan-jangan dia pernah ketemu salah satu nabi yang hidup di jaman tsb dan bercerita ke dia, dan sejarah hidupnya seperti apa ya, seperti apakah dia juga jalan-jalan dan keliling dunia, seperti halnya Cheng Ho? bertemu siapa saja dan ngbobrol tentang apa saja? sehingga dari dirinya tercetus tentang atlantis, kayaknya ada yang cerita atau bilang ke dia juga (siapaun itu), karena dia punya legitimasi sebagai ilmuwan dia lebih bersuara dan didengarkan. Hal ini sama halnya perdebatan peradaban eropa (khususnya ilmu dan teknolgi di serap dari Cina yang dibawa Cheng Ho dan pasukannya (buku 1421, Gavin Menzies).

    Bayangan peradaban tinggi pada jaman itu pastinya juga tidak bisa dibandingkan dengan jaman sekarang (gambaran lebih detilnya seperti apa?), termasuknya proses hancurnya/hilangnya bangsa dan peradaban “atlantis” tersebut. Faktanya memang sudah ada peradaban tinggi sejak masa silam dan juga kita tahu banyak bencana alam yang menghilangkan atau menghancurkan peradaban tersebut (kalau dari sisi agama akibat murka Tuhan). menurut saya peradaban tersebut tidak hilang, hanya berpindah dan kemudian berkembang (akibat migrasi, dll), hanya produk peradaban yang hilang, hancur atau tersembunyi.

    Sepertinya kita terjebak dengan sebutan “atlantis” yang diungkap Plato tsb, jangan-jangan nanti ada yang bilang peradaban tersebut sebenarnya masih ada dan terletak di Atlanta (amerika)….;)…weleh….welehhh, yang akan memicu perdebatan baru lagi deh. Seperti halnya penyebutan Tuhan dalam berbagai bahasa, bisa jadi “orang” yang ngomong ke Plato menyebut kata lain yang ditangkap atlantis (sama halnya orang jawa nyebut spur yang aslinya dalam bahasa Belanda), keceletot lidah lah kira-kira. atau istilah Indonesia sendiri pertama kali dicetuskan oleh orang Jerman, yang bermakna geografis (seperti halnya saat ini), yang kemudian dipakai oleh pendahulu kita pada jaman penjajahan, atau Nusantara dalam konteks kerajaan.

    kalau penemuan fosil manusia “purba” tertua di Indonesia sebagai patokan manusia-manusia pertama yang hidup di wilayah Indonesia (atau Asia Tenggara lah), di jaman itulah peradaban manusia “Indonesia” berawal, setinggi apa peradabannya? jawabannya, ukuran apa yang mau kita pakai (apalagi kalau kita runut dengan krono, salah satu teknologi yang digunakan untuk jam Tag Heur)? Ilmu pengetahuan dan teknologi mempermudah untuk menjawab itu. Selain itu, kan jaman itu juga pastinya sudah ada peradaban-peradaban lain yang berkembang (karena manusia selalu menyebar (sifat instingtif untuk mempertahankan dan memperbaiki hidup), jadinya pasti saling berkaitan lah. Sekarang kita tanya, di jaman ini, bangsa mana yang peradabannya paling tinggi? Amerika, Jerman, Perancis Inggris, Jepang, Cina atau negara lain? ya di setiap tempat punya peradabannya masing-masing dan ukuran tinggi itu relatif (berdasarkan ukuran apa? teknologi, budaya, politik atau lainnya?).
    Bencana alam atau keajaiban alam/tempat, juga terjadi di banyak tempat sejak dahulu kala.

    Kebanggaan? untuk aku, aku adalah orang indonesia sekaligus orang Indonesia (pake i kecil daI besar beda….), walaupun secara darah/genetik aku Jawa, Sunda, Arab (kalau menurut teori Openheimer, berarti aku berarti aku orang yang kembali ke kampung halaman), dan aku bangga sebagai orang Indonesia (walau negara ini sedang bobrok).

    Jadi intinya, sejarah masa lalu kita telisik untuk melihat kesalahan-kesalahan pendahulu kita agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama (walau ada ungkapan sejarah selalu berulang), kedua, pelajaran yang kita ambil adalah sisi yang baik yaitu membangun diri, membangun masyarakat dan bangsa. ketiga, kita harus selalu rendah hati, waspada, mawas diri dan tidak jatuh dari lupa diri, kepongahan, dll, yang akhirnya menghancurkan diri kita, sambil tetap fleksibel bergaul di kalangan antar bangsa (tidak minder). kalau kita mampu melakukan itu, maka yang namanya “gemah ripah loh jinawi”, “baldatun thayibatun warobbun ghofur” bisa akan tercapai. kita gak perlu bersusah payah “utak atik gathuk”, atau mempermasalahkan keturunan Yahudi/israel atau agama, ras, suku apapun, karena pada dasarnya kita keturunan Adam dan Hawa dan yang paling jelas kita semua adalah keturunan Pembunuh kan (karena sifat nafsu, serakah dan angkara murka)!?

    salam perdamaian dan kemerdekaan!
    Fauzan

  28. saya serius2 bacanya, ternyata joko sembung :p,
    hehe, pak rovicky bisa aja, :)

  29. mas komo – mas komo..dasar komo. kokehan omong…
    sayang mung okeh omonge.kudune yen garep ngomong neliti sik..ora sah suwe suwe 30 tahun koyo santos..15 tahun wae…nek mung omong tok mengko malah dadi komodo.tukang njilat2.yo pantes komodo ra bakal duwe titel phd xixixi

  30. Yang mengatakan bahwa indonesia adalah benua atlantis yang hilang adalah org yg tolol…

    Mana mungkin benua yg letaknya dekat amerika hilang terus muncul di indonesa.
    Kecuali benua itu jago berenang dan menyelam.

  31. Katanya Indonesa merupakan pulau legendaris,,,,,,,kalo indonesia masuk atlantis berarti,,,,,,,,,,,,,NGIMPI,,,,,Wkwkwkwkwkwkk

  32. Saya pernah baca pernyataan yang tertulis dalam AlKitab Perjanjian Lama di Kejadian Pasal 25 sbb:”Abraham mengambil pula seorang isteri,namanya Ketura.Perempuan itu melahirkan baginya Zimran,Yoksan,Medan,Midian,Isybak dan Suah.Yoksan memperanakan Syeba dan Dedan….dst.”
    Kemudian saya baca pula di 1Raja-Raja Pasal 10 dan 2Tawarikh Pasal 9 yang menyatakan bahwa pada masa pemerintahan raja Salomo/Sulaeman anak Daud pernah dikunjungi ratu negeri Syeba yang membawa rempah-rempah,emas,batu permata dan kayu cendana yang sangat banyak.
    Apabila rempah-rempah dan kayu cendana diyakini sebagai komoditi ekspor dari kerajaan-kerajaan di kepulauan Nusantara masa silam,apakah mungkin ratu negeri Syeba yg di kisahkan AlKitab Perjanjian Lama tsb adalah ratu yang berasal dari kerajaan di Nusantara?
    Kalau ratu negeri Syeba tsb merupakan salasatu keturunan Abraham dari Ketura,apakah mungkin Ketura itu adalah Nusantara?
    Kalau kunjungan ratu negeri Syeba ke istana Salomo/Sulaeman terjadi kira-kira tahun 1500 Sebelum Masehi,mungkinkah Nusantara telah mencapai tingkat peradaban yg maju sekitar abad 15 SM?
    Mengapa kerajaan Salaka Nagara dan kerajaan Kutai yang diyakini sebagai kerajaan tertua di Nusantara baru muncul kira-kira awal masehi?
    Apakah tidak menutup kemungkinan bahwa di Nusantara pada sekitar abad 15 Sebelum Masehi pernah ada kerajaan SYwa BAtara(SYEBA/SABA)?
    Kemudian dalam AlKitab Perjanjian Baru,Matius Pasal 12 ayat 42 menyatakan:”Pada waktu penghakiman,ratu dari Selatan itu(negeri Syeba) akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga….dst”.
    Sekitar tahun 800SM,Yesus/Isa AlMasih berjuang untuk membangkitkan kembali kejayaan Kerajaan Salomo sebagi kerajaan warisan leluhurnya yaitu Daud,Yosua,Kaleb,Musa yang telah menjadi kerajaan jajahan imperium Romawi sejak pada masa pemerintahan Rehabeam anak Salomo.
    Mungkin kemunduran/kehancuran kerajaan Salomo itu seiring pula dengan kehancuran negeri Syeba,hal ini sejalan dengan informasi Kitab AlQur’an Surat As Sabak ayat 15-19.

  33. Sudah ada dua buku yang menulis tentang Indonesia sebagai asal atau pusat budaya dunia…dan dua buku ini sama-sama ditulis oleh para professor dengan melakukan penelitian puluhan tahun…inget ya! puluhan tahun….bukan cuma sekilasan seperti si komo itu… kendatipun demikian, kepastian…benar tidaknya hanya akan terbukti jika sisa-sisa atlantis memang benar ditemukan diIndonesia…jadi dalam hal ini saya masih menunggu…tidak menghakimi benar dan salahnya….tapi terus mengikuti dan menjauhi sikap sok pinter….

  34. Ikut nimbrung… Walau mungkin salah atau benar pendapat ane..nih..( No Sara ya, maaf bila ada kata2 yang ga resmi dan asbun )

    Berikut hal tentang atlantis yg dibicarakan :
    1. Bukan tentang persisnya atlantis di cerita plato
    2.Tapi tepatnya tentang sebuah kebudayaan yg jauh lebih tua dan lepas dr catatan yg kita ketahui sekarang
    3.Tentang kebudayaan di garis katulistiwa

    Berangkat dari sini kita lepaskan dulu pandangan kata “atlantis” tp fokus dulu pada kebudayaan tua.
    Selain Santos,ama plato, dan komo… ketik forbidden archeology, ancient astrounot, van daniken, dll… Banyak bahan utk direnungkan, dan lihat wajah dunia dimana2 kita pergi. Lihat aneka ragam satwa flora fauna itu paling banyak dimana.
    Katulistiwa pasti paling beragam!
    Indonesia dr putih ampe hitam ada. Yang ga ada cuman bule.

    Berikut hal yang menjadi hal pertanyaan penting :
    1. Bs kita lihat orang asia ada dimana2, sejak dulu kebudayaan tua. Bs kita lihat orang asia atau mungkin jenis org mongoloid ( kurangg faham soal ras ) indian di amerika, di amerika selatan, org asia di kutub, Org asia di pasifik, india, indonesia, china, filipin, korea,jepang, asia tenggara. Suku mongoloid tersebar di seluruh dunia, apakah mereka sudah keliling dunia?

    2. Sementara org kulit putih baru thn 1400an oleh marcopolo keluar dr eropa. Dan kaget menemukan banyak org indian dimana2. Sampai2 di amerika disebut indian, padahal yang mereka cari adalah kebudayaan India.

    3.Orang2 asia kebudayaan tua yg tersebear sudah memilki bahasa, kepercayaan, budaya, adab, yang mirip2, kulitnya mirip, orangnya mirip, dll coba deh ke amazon lihat org indiannya mirip bgt ama org indonesia. Saudara kali ya.
    Makanya org eropa nyebut mereka INDIan, dan muke kita disebut INDOnesia.

    Lalu sekarang banyak ditemukan bangunan2 kuno bawah air laut, yang tentunya saat dulu laut masih lebih dangkal dr sekarang!
    Dan saat laut msh lebih dangkal tentunya lebih dr 5000thn tuanya, mungkin 10000rb thn, saat sebelum zaman es mencair.
    Itu bangunan mana bs dibangun dalam air kecuali moyang bs nyelem pake scuba diving.

    Nah tunggu saja arkeologi bule dgn tekno tinggi akan mengungkap lebih banyak bukti bahwa kebudayaan tua lebih tua dr yang kita ketahui.
    Seperti dalam sastra hindu, bahwa manusia sudah beratus ribu tahun di bumi, hanya saja hancur lalu mulai lg peradaban baru, lalu hancur dan berulang kali.

    Jadi ini bukan tentang atlantis persis seperti plato, tp lebih luas dan besar dr itu.

    Masa dr evolusi monyet manusia purba tiba2 bangun pyramid? Ilmu dr mana?
    Katanya pyramid 5000thn lalu, manusia purba kapan lalu?monyet manusia kapan lalu?
    Org asia bs dimana2 pake kapal sketeng ama jalan kaki keliling dunia.
    Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dan laut dangkal paling banyak di indonesia, pastinya mungkin akan banyak peninggaalan di bawah lautnya.

    Jd org Indonesia hayo bangun bangsa agar damai makmur sejahtera sehat sentosa beriman.

  35. Setelah sekian lama menjadi polemik, ternyata benar apa yang ditulis santos bahwa atlantis itu benar adanya di Indonesia. bekas peninggalannya masih terjaga utuh tersebar di jawa, sumatra, sulawesi dan papua.

  36. wah teranyata bukan ya

  37. apakah indonesia atlantis saya masih bingung mm kalau indonesia atlantis aneh juga karena atlantis ada di benua amerika mana mungkin bisa bergeser segitu jauh nya wah emang hebat atlantis mungkin bila atlantis masih ada mungkin teknologi dunia akan semakkin canggih B-) :-)

  38. yang buat blok ini bukan orang indonesia

  39. Percaya ataupun tidak percaya tidak ada yang tidak mungkin, jika Tuhan sudah berkehendak, semua masih misteri. Kemungkinan memang Indonesia adalah bagian dari Atlantis dan kemungkinan juga bukan. Yang terpenting, pada masa Atlantis, manusianya ber-SDM yg tinggi, pandai, berpendirian yang kuat, dan berjiwa dan berbadan kuat. Jika masyarakat Indonesia memang seperti itu,,so,,?

  40. Kakean nyangkem awakmu pakde.. sok teur.. sok keminter.. Huasu tenan koe si komo.. mbok turu wae to bocah.. ra usah nggawe berita2 sing raono gunane koyo ngono iku.. emang arep oleh opo??

  41. inilah makanya secara spiritual, benua atlantis yg hilang itu di “tutup” oleh Tuhan YME. soalnya skrg aja, belum apa-apa sudah banyak bangsa atau suku yang terlalu fanatik dan bangga berlebihan dgn kesukuaannya. ahh, dasar uwong ..kenapa sih ga nyatai aja, kita liat , saksikan, kalau mampu ya nggali-gali juga dikit, …sambil tetep open mind dan open heart, nikmatin aja atuh dongen ini dgn baik hehehe

  42. kita tunggu aja riset yang lebih mantap. banyak sekali teori beterbangan dan belum ada yang terbukti. Salah satunya mengenai keberadaan atlantis ini

  43. setuju sm pendapat yg ni
    “HAL YANG BODOH TENTANG PENGAKUAN SEPIHAK ATAS ATLANTIS OLEH ORANG [[SUNDA]]”

    kata” sundaland bkin rasis

  44. bagus donk indonesia itu atlantis dan harus diakui dulu coz nanti di klaim malaysia …wkwkwkwk

  45. sumber atlantis tuh cuma dr plato
    apa kalian percaya sama orang yg blng bumi itu datar bentuknya…?
    ga ada peradaBan plng hebat selain jaman sulaiman itu kata al quran

  46. yg saya dengar atlantis bkan hanya cerita yg di karang oleh plato..
    tetapi jg sebuah teka teki yg masih di pertanyakan, benar ataukah akal2an orang 2 yang ingin mendapat ketenaran

  47. Banyak hal tentang kepemilikan di dunia diawali dengan klaim. Termasuk klaim kepemilikan sebuah kawasan. Laut China Selatan di klaim oleh China sebagai hal miliknya. Lihat batas klaim china di Laut Natuna.

  48. HAL YANG BODOH TENTANG PENGAKUAN SEPIHAK ATAS ATLANTIS OLEH ORANG [[SUNDA]]

    Dewasa ini, banyak orang Sunda yang mengaku-ngaku sebagai pewaris kebudayaan Atlantis, hanya dikerenakan sebuah buku yang memakai istilah Sunda Land untuk menyebutkan suatu dataran yang tenggelam di Asia Tenggara. Sungguh hal yang bodoh, kerajaan Sunda yang kecil mau disama-samakan dengan kebudayaan Atlantis.
    Sebaiknya pelaku sejarah dan tokoh Sunda hendaknya meluruskan ini, jangan sampai masyarakatnya buta akan sejarah, dan mengaku-ngaku hal yang tak mungkin.

    Sundaland itu hanya sebuah sebuatan untuk suatu paparan benua di SEA, itu dipopulerkan oleh bangsa Erofa, bukan berarti daerah yang masuk kedalam Sunda Land memiliki pengaruh dari Suku Sunda (Jawa Barat/Banten), kerena Sunda Land dan Tatar Sunda/Tanah Sunda adalah hal yang jauh berbeda. Istilah Sunda Land diambil dari Kerajaan Sunda Kelapa, karena pada masa itu, pelabuhan Sunda Kelapa menjadi Pelabuhan Pusat Pemerintahan Penjajah Belanda.

    Orang Sunda banyak ngaku2, padahal mah Kerajaan Sunda/Tarumanegara/Padjajaran tidak memiliki pengaruh besar di Indonesia/Nusantara, pengaruhnya hanya di Jawa Barat.

  49. benar2 kecewa, tulisan di bahasan ini membuat blog ini terlihat tidak ilmiah, malah terkesan lucu dan hanya mencari sensasi..sebaiknya bagi penulis jika tdk ikut meneliti langsung jgn sok nulis. terlebih bisa dilihat nama asli disembunyikan dan memakai KOMO sbg nama alternatif.. Tanya kenapa???

  50. iya..saya setuju dgn mas Adi dan beberapa komentator di ats, mas KOmO ini bukan Phd kok sombong bgt yah.. dan seorang berilmu dan berakhlak bagus itu pasti menghormati org yg berilmu tdk sprti mas KOmO ini.. sementara mas KomO ngomomg2 doank..peneliti dari berbagai negara dtg ke INDONESIA, bukti2 pun sdh mulai terkumpul, ntar klo org yg bisa buat teori yg diakui dunia itu org luar aj baru pd nyesel deh..

  51. aku pengen tau atlantis sekarang dimanayah…..??

  52. silahkan join di group ini utk dptkan info atlantis secaa ilmiah
    http://www.facebook.com/home.php?#!/group.php?gid=133676386682283

  53. mas iki..kemampuan nya di ragukan, mana bisa di percaya

  54. di Indonesia ato ngga yg penting kita jadikan pelajaran
    jangan sampai kita kesombongan sehingga menjadi seperti yg dialami atlantis

    ijin share buat fb, trims

  55. please join group ATLANTIS INDONESIA if want to get more about Atlantis
    http://www.facebook.com/group.php?gid=133676386682283

  56. jangan sombong mas, qt harus menghargai penelitian orang yg ud 30 tahun.. lagian bantahan mas itu lebih baik dibuatkan sebuah buku klo berani??? jadi jangan cuma lewat blog aj.. lagian apa gunanya klo qt atlantis,, tetep aj mas yang masuk surga itu orang yang saleh amal ibadahnya bukan orang yang ada di atlantis.

  57. saya masih bingung mas!!!!
    saya masih percaya klo atlantis kemungkinan besar indonesia
    coba deh mas cek situs http://edukasi.kompasiana.com/2010/02/22/temuan-riset-dna-bangsa-atlantis/

  58. thank you mr admın very good

  59. @ Kangmas Kalimanuk, matur nuwun sanget pencerahannya, mohon alfakir yg tak punya ilmu ini diberi nasehat lebih lanjut

    @ Viea, semoga doa anda dikabulkan oleh Allah SWT.

  60. nambah ilmuuu nih. Jd pgin memperdalam ISLAM. Bdw ganxie yah wat om aziz…. Xiexie nin!

  61. Kang Aziz mulai mengupas biji,
    berangkat ke bobot kata yang lebih banyak bermakna
    dari hanya sekedar obrolan biasa,
    mungkin “Atlantis”diri mulai menjelma,
    dihiruk pikuk “bencana” yang mulai menyelimuti Nusantara.
    Atlantis Negeri besar nan perkasa, boleh jadi hanya gugahan, mengingatkan para pendekar negeri ini yang mulai pupus kharisma, bahwa tempat dimana dia berdiri, pernah menjadi negeri besar yang tidak pernah lekang oleh waktu, namun ketika “hutan-hutan larangan” mulai dibabat, alas-alas roban mulai dijamah, kepala dan ubun-ubun kita mulai panas, nafas mulai terasa sesak dan dahaga mulai tak terpuaskan lagi segelas air yang lewat dikerongkongan, sedang kita masih tetap menari, berceloteh tak sadar diri, padahal baju yang melilit menutup aurat badan, telah terkoyak hampir jatuh membuat diri dan seisi negeri hampir telanjang bulat.

  62. Penghapusan Borobudur dalam kontes keajaiban dunia menurut sy adalah ulah media2 Barat yg mayoritas dikuasai Yahudi, masa menentukan keajaiban suatu situs purbakala diserahkan pada hasil polling di internet atau mungkin lewat sms, menurut saya ini bagian dari taktik persaingan pariwisata. Borobudur, walaupun dikeluarkan dari situs keajaiban dunia takkan pernah kehilangan keajaibannya, Yahudi takkan berani mencederai Indonesia karena secara spiritual mereka tahu bahwa negeri ini adalah negeri keramat bagi mereka, bahkan soal ilmu intelijen saja jauh2 MOSSAD & CIA perlu memperdalam tentang “TILIK SANDHI JAWA” ke Indonesia, insya Allah bangunan2 candi yg terkait dg sejarah para Nabi di Tanah Jawa akan tetap dijaga oleh Allah melalaui tentara2 yg tidak kelihatan maupun tangan2 manusia. Perlu diingat, bahwa nusantara ini diliputi oleh “KEKUATAN2 DIGDAYA” yg memang eksistensinya sudah ada sejak zaman dahulu kala sampai saat ini, para spiritualis dunia mengakui hal tsb dg menunjuk pada “GUNUNG MURIA”, nama muria berasal dari bahasa Ibrani “MORIAH” artinya “GUNUNG PILIHAN ALLAH”, disini tersimpan gong raksasa yg terkenal di seluruh dunia dengan nama “GONG PERDAMAIAN”

  63. tertarik dg ulasan pak Azis yang agak uthak athik gathuk tp emg gathuk, mau nanya apakah ada hubungannya dengan penghapusan candi borobudur dari salah satu situs keajaiban dunia pak? ya siapa tau maksudnya setelah gak jadi keajaiban dunia terus dilupakan orang trus oleh yang-bapak-bilang Yahudi jadi-jadian digali deh..

  64. ga ad ap ap kok…
    hehehehehehe…….

  65. sekedar tambahan informasi.

    jawa berasal dari asal kata ‘jawi’ yg berarti wanua atau kerbau. jadi bangsa yg hidup dr pertanian yg disimbolkan sbg kerbau.

    Wanua. Apakah wanua itu? Apakah anda pernah melihat kerbau? apabila anda bertanya kepada saya, apa itu wanua? maka, saya akan menjawab : “wanua adalah kerbau !”. Kenapa kerbau ? karena saya melihat rumah Gadang di Minangkabau, karena saya melihat rumah adat Toraja, karena saya melihat rumah adat di Minahasa, karena saya melihat rumah Joglo sebagai kandang kerbau di tanah Jawa sebagai kerbau yang ‘bersabda’ dari dalam kandangnya (Sabdo Palon ). Karena di seluruh kesatuan adat di Nusantara saya melihat kerbau sebagai Kosmologi mereka. .

    Apakah anda (dalam hidup anda) pernah berusaha untuk meng-kandang-kan kerbau ? kerbau tidak akan pernah mau di-kandang-kan. Namun, kerbau memiliki keinginan tertentu yang bisa membuatnya betah di dalam kandang. Kerbau memiliki kemampuan untuk membentuk ekosistemnya sendiri. Keinginan itu terbentuk dalam sebuah siklus kehidupan kerbau. Ada kalanya, dimana kerbau harus merumput. Ada kalanya, dimana kerbau harus berkubang. Oleh karenanya, kehidupan kerbau tidak akan bisa jauh dari tanah, air, dan lumpur. Ekosistem yang dibentuk kerbau inilah, yang kemudian menjadi pondasi dasar kehidupan rakyat Nusantara. Di tempat kerbau berada, pastilah banyak air, tanahnya subur, dan cocok untuk ber-thani (kerbau). Kesatuan hidup diantara kerbau dan rakyat nusantara membentuk sebuah ciri kosmologi Nusantara.

    Wanua (selanjutnya setelah ini kita baca sebagai Desa, dari asal kata de-ca yg berarti tanah-air ) merupakan representasi dari Kosmologi Nusantara, yang memiliki Ekologi, Ekosistem serta Ekonomi sesuai dengan Bumi Nusantara Kegiatan Produksi dalam wilayah Desa terutama didasari atas pertanian, peternakan dan perikanan. Dikisahkan bahwa wanua itu merupakan kesatuan komunitas kecil yang berdaulat ( seperti layaknya “desa” sekarang ) dengan pemimpin mereka yang diberi julukan “rama” (artinya: ayah ). Desa tampaknya telah dikenal dan berkembang sebagai simpul musyawarah dalam wilayah-wilayah di Nusantara. Musyawarah diperlukan sebagai media untuk merencanakan sistem irigasi areal persawahan. Semakin luas areal persawahan maka semakin kompleks dan rumit pula sistem irigasi yang dikembangkan. Tanpa adanya musyawarah, mustahil bagi warga desa untuk mengembangkan sistem irigasi mereka. Luasnya areal persawahan juga berdampak pada akses tiap Desa terhadap daerah aliran sungai, yang karenanya melibatkan lebih banyak pula Desa-Desa yang ada dan bergantung pada sungai tersebut. Desa kemudian berkelompok dalam sebuah “watak”. Watak ini kiranya merupakan persatuan dari Desa-Desa. Watak meliputi wilayah yang lebih luas lagi yang otoritasnya dipegang oleh seorang pemimpin dengan julukan “Rakai” ( artinya: kakek ). Seorang Rakai harus memiliki jiwa watak yang mewakili keseluruhan desa pembentuknya.
    Persatuan yang lebih luas dan memiliki hierarki otoritas masyarakat tertinggi adalah “Ratu” ( artinya: nenek moyang).

    jadi jawa tidak identik dengan suku bangsa jawa spt yg dipahami saat ini, tp spirit atau jiwa atau ahlak. tahukan kenapa bangsa nusantara ini ‘keras kepala’ krn mrpk bangsa kerbau yg mandiri dan tidak suka diatur-atur /di’belenggu’ nalarnya (plonga-plongo koyo kebo, berpura2 bodoh jk ditekan). bukankah tidak ada istilah angon kerbau, bangsa2 nomaden-lah di di timur-tengah dan 4 musim (nomadic pastorial/penggembala nomaden) yg angon atau menggembalakan kambing/domba. silakan ‘gembalakan’ terus (dgn semua nilai dan cara hidup asing) bangsa ini, ia akan tetap terlihat ‘bodoh dan dungu’ atau suatu ketika akan bangkit melawan keterjajahannya spt kerbau gila. inilah watak kerbau…..

  66. ooooooooooooooooooooooooooooooowwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    gt toh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  67. hati-hati ajalah, nda usah seneng dulu, lama-lama indonesia nanti jadi ‘eden’ yang dicari untuk dikuasai..
    lha wong tanah ‘perjanjian’ sudah mereka rebut..
    hehe..piss..

  68. walau telat tetap kasih komen ahhh…

    kalo harus pilih SANTOS atau KOMO yng benar ?…ya SANTOS lah … tapi kalo KOMO atau ROVICKY ? siapa tuh, apa anda profesor? atau ahli sejarawan?, hebatnya memberikan pendpat tanpa didukung bukti2 dan survey yang jelas…justru orang ini lebih parah BOHONGnya…w ga heran karna itulah tipical orang indonesia banyak yg jago beromdo ria…dan parahnya banyak orang kita yg langsung percaya kepada mereka yg jago omdo tsb…

    btw..w menghargai karya SANTOS karna bagaimanapun jg telah mengenalkan INDONESIA pada dunia..

  69. Salut buat sdr Aziz & mr. Atlantis, pencerahan anda mmg masuk logika, truskan saja pak…jgn hiraukan org2 yg cuma bisanya ngejek sama ngejudge.
    karena Tuhan telah memberikan akal, hati & pendengaran serta menunjuk manusia utk menjadi Khalifah di Bumi maka pengertiannya mmg manusia berhaq & wajib belajar jg mempelajari sgala sesuatu dgn slalu memakai petunjukNya & Hadits, kalo manusia blm apa2 slalu dikembalikan kpd konteks hanya Tuhan saja yg tau nanti bisa bikin salah persepsi, bikin org2 jd malas berpikir ilmiah serta mencari solusi,malah bisa2 jadi berpikir jahiliah lg nt dihubungi2 dgn mistis, mmg msh bnyk org kita yg gakbisa bedain mana omongan yg bersifat pencerahan dgn yg cuma cuap2, smoga Allah memberikan petunjuk & hidayah serta perlindunganNya kpdmu Aziz cs…amin…

  70. semua hanya Tuhan Yang Tahu, semua orang berhak cuap-cuap!

  71. saya sangat tertarik ingin mengetahui lebih lanjut tentang kebenaran dan tempat peristiwa-peristiwa luar biasa para nabi. yang mungkin bisa membuka tabir asal-usul nusantara dengan lebih jelas.
    untuk saudara Aziz, terimakasih dongengnya sangat menarik, tapi otak saya belum sampe/ belum terlalu paham dengan “tarik garis lurus dari Kabah maka akan ketemu Borobudur”, maksudnya tarik garis lurus bgmn ya?? kalo saya coba tarik garis lurus di google earth kok malah ga ketemu, ketemunya malah di atas nusantara… atau saya yg salah cara nariknya ya?? moho pencerahannya..

  72. masih gak pcya klo Negeri kita ini bekas Atlantis ??

    Sebagai suatu sunatullah (ketetapanNya) yang telah berlaku (terjadi) sejak dahulu, kamu sekali-kali tiada akan menemukan perubahan bagi sunatullah itu.
    QS. al-Fath (48) : 23

    artnya sejarah akan terulang…

    sejarah Atlantis terjadi lg di bekas reruntuhannya yg namanya negeri RI ini, yg dlm proses tenggelam ato mmg tinggal karam?

    Bahtera RI sedang, ato ditenggelamkan oleh :

    - Hutang luar negeri yg kata para ahli keuangan lbh dari 2000 trilyun, yg tiap th bertambah akibat ribanya

    - banjir kasus KKN dari tingkat pimpinan s/d tingkat bawah
    - ratusan juta org hidup dbwh garis kemiskinan
    - puluhan juta pengangguran
    - puluhan juta org n balita kekurangan gizi
    - Tingkat kriminalitas yg tinggi s/d 1000%
    - Tingkat perceraian yg tinggi s/d 400%
    - genersai muda yg rusak ; Perilaku Sex bebas dr dikalangan remaja, aborsi n narkoba meningkat pesat
    - Banjir narkoba krn sbg sasaran pasar jaringan kartel internasional
    - sepak terjang para pemimpin yg bejat
    - berbagai bencana alam ; banjir, gempa, tanah longsor, kebakaran hutan, banjir lumpur dll
    - krisis kepercayaan thd kepemimpinan, hukum n aparatur negara
    - Dll, krisis multidimensional

    Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nikmat-nikmat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat.
    QS. an-Nahl (16) : 112

    Maha benar Allah dgn sgala firmanNya…

  73. Sahabat Barata, kali ini saya ingin berdongeng tentang “Korelasi Ka’bah, Borobudur dan Ilmu Geologi”. Dalam sebuah manuskrip kuno berumur 1418 tahun, orang menyebutnya “ALQUR’ANUL KARIIM” yang artinya “BACAAN AJAIB”, inilah misi rahasia Nabi Muhammad hanya untuk menyampaikan “Bacaan Ajaib”, sedang misi rahasia Nabi Sulaiman di Nusantara ini menyampaikan lintasan asmaul husna “GHANIYUN KARIIM” artinya “KAYA KEAJAIBAN”. Dalam Alqur’an disebutkan bahwa “KA’BAH” adalah “SUMBER ILMU”, artinya kalau ingin mengetahui rahasia sejarah geologis bumi secara pasti, maka keywordnya adalah istilah ka’bah. Setelah kita klik istilah ka’bah dalam Alqur’an ternyata implementasi kalimatnya adalah tentang perintah wudhu dimana bagian terakhir yang disucikan adalah bagian kaki sampai dengan “KA’BAINA” yaitu “DUA MATA KAKI”, maka “ka’bah” berarti “mata kaki” atau “PUSAT PUTAR”, hal ini memberikan informasi kepada kita bahwa Makkah adalah “KUTUB UTARA PURBA” sebelum “ARCTIC”, daratan sebingkah sebelum terbentuknya benua2 dalam Alqur’an disebut “BAKKAH”, menurut Encyclopedia Americana disebut “PANGAEA”.

    Ka’bah juga bisa disebut “SEUMPAMA MATA”, seolah ini perintah dari Allah SAW agar kita memperhatikan mata kita, titik hitam di tengah mata seolah menggambarkan ka’bah, lingkaran yang mengelilingi titik hitam seolah menggambarkan orang berthawab dan lobang kelenjar air mata seolah menggambarkan “SUMUR ZAM ZAM”, sebuah mata air purba yang tak pernah kering. Kemudian perhatikan kepala kita, tarik garis lurus dari mata ke samping kanan atau kiri, maka bertemulah “DUA TELINGA”, klik search google earth, tarik garis lurus dari Ka’bah, maka akan bertemu dengan “BOROBUDUR”, inilah Negeri Nusantara yang dulunya satu benua, dalam Alqur’an disebut “NEGERI SABA”. Kata saba berasal dari bahasa Jawi Kuno “SOBO” artinya “TEMPAT PERTEMUAN”, maka Negeri Saba adalah “SATU BENUA” tempat bertemunya bangsa2 atau “PUSAT PERADABAN”.

    Negeri Nusantara disimbulkan dengan “TELINGA” seolah ingin memberikan informasi bahwa suatu saat kelak akan hadir di negeri ini suatu generasi yang dengan tekun dan sabar suka mendengar perkataan baik. Cobalah teliti desain telinga, didalamnya ada struktur bangunan berbentuk “RUMAH SIPUT” yang berfungsi sebagai kendang telinga, didalam rumah siput ini ada “AIR” yang volumenya stabil tidak boleh kurang tidak boleh lebih, fungsi air ini berhubungan dengan saraf keseimbangan tubuh agar tubuh manusia dapat tegak berdiri dengan stabil, struktur Rumah Siput ini secara proyektif juga ada pada “KA’BAH”, gambarlah ka’bah kemudian masukkan siput dengan meletakkan kepalanya pada sumur zam zam, maka jadilah gambar hamba Allah sedang bersujud. Informasi ini seolah ingin menunjukkan kepada kita bahwa deposit air di Nusantara ini cukup tersedia dan tugas kita adalah menjaga stabilitas sumber air melalui pelestarian hutan2 tropis negeri ini sebagai “PARU-PARU DUNIA”. Sebagai bukti, cobalah lakukan pemindaian melalui satelit atas Negeri Nusantara ini, maka ternyata dibawah laut perairan Nusantara ini terdapat banyak sungai-sungai purba yang sampai saat ini masih aktif, hal ini menunjukkan bahwa dulunya “PERAIRAN DANGKALAN SUNDA” adalah daratan luas yang bersatu dengan daratan Asia, sedang kepulauan nusantara saat ini adalah gunung2 raksasa yang terhindar dari “BANJIR BESAR”, banjir di Negeri Saba ini dalam Alqur’an disebut “SAILAL ‘ARIM”, sampun matur nuwun, dongengnya dilanjutkan di sesi yang lebih seru !

  74. Tak ada suatu negeripun (yang durhaka penduduknya), melainkan Kami membinasakannya sebelum hari kiamat atau Kami azab (penduduknya) dengan azab yang sangat keras. Yang demikian itu telah tertulis di dalam kitab (Lauh Mahfuzh).
    QS. al-Isra’ (17) : 58

  75. VIVAnews – Dikisahkan, sekitar 4.800 tahun lalu, banjir bandang menerjang Bumi. Sebelum bencana mahadahsyat itu terjadi, Nabi Nuh — nabi tiga agama, Islam, Kristen, dan Yahudi, diberi wahyu untuk membuat kapal besar — demi menyelamatkan umat manusia dan mahluk Bumi lainnya.

    Cerita tentang bahtera Nabi Nuh dikisah dalam berbagai buku, sejumlah film dan lain-lain. Sejumlah ahli sejarah dari berbagai negara sudah lama penasaran dengan kebenaran kisah ini.

    Untuk membuktikan kebenaran cerita itulah, kelompok peneliti dari China dan Turki yang tergabung dalam ‘Noah’s Ark Ministries International’ selama bertahun-tahun mencari sisa-sisa perahu legendaris tersebut.

    Kemarin, 26 April 2010 mereka mengumumkan mereka menemukan perahu Nabi Nuh di Turki. Mereka mengklaim menemukan sisa-sisa perahu Nabi Nuh berada di ketinggian 4.000 meter di Gunung Agri atau Gunung Ararat, di Turki Timur.

    Mereka bahkan mengklaim berhasil masuk ke dalam perahu itu, mengambil foto dan beberapa specimen untuk membuktikan klaim mereka.

    Menurut para peneliti, specimen yang mereka ambil memiliki usia karbon 4.800 tahun, cocok dengan apa yang digambarkan dalam sejarah.

    Jika klaim mereka benar, para peneliti Evangelis itu telah menemukan perahu paling terkenal dalam sejarah.

    “Kami belum yakin 100 persen bahwa ini benar perahu Nuh, tapi keyakinan kami sudah 99 persen,” kata salah satu anggota tim yang bertugas membuat film dokumenter, Yeung Wing, seperti dimuat laman berita Turki, National Turk, 27 April 2010.

    Spesimen temuan peneliti Turki dan China di Ararat

    Grup yang beranggotakan 15 orang dari Hong Kong dan Turki hadir dalam konferensi pers yang diadakan Senin 26 April 2010 lalu.

    Kepada media yang hadir saat itu, mereka juga memamerkan specimen fosil kapal yang diduga perahu Nuh, berupa tambang, paku, dan pecahan kayu.

    Seperti yang dijelaskan para peneliti, tambang dan paku diduga digunakan untuk menyatukan kayu-kayu hingga menjadi kapal. Tambang juga digunakan untuk mengikat hewan-hewan yang diselamatkan dari terjangan bah — begitu juga dengan potongan kayu yang dibuat bersekat untuk menjaga keamanan hewan-hewan.

    Penemuan besar ini jadi amunisi untuk mendorong pemerintah Turki mendaftarkan situs ini ke UNESCO — agar lembaga PBB itu ikut menjaga kelestarian perahu Nuh.

    Awalnya, direncananya para arkeolog akan menggali perahu itu dan memisahkannya dari gunung. Namun, hal tersebut tak mungkin dilakukan, meski nilai sejarah penemuan ini sangat tinggi.

    ***

    Gunung Ararat, lokasi penemuan perahu Nabi Nuh
    Diyakini, ketika air surut, perahu Nuh berada di atas Gunung. Meski tiga agama besar mengabarkan mukjizat Nabi Nuh, tak ada penjelasan sama sekali, di mana persisnya perahu itu menyelesaikan misinya.

    Sejak lama penduduk lokal Turki yang tinggal di pegunungan maupun kota-kota lain percaya bahwa perahu Nabi Nuh berada di Gunung Ararat.

    Apalagi, pilot pesawat temput Turki dalam sebuah misi pemetaan NATO, mengaku melihat benda besar seperti perahu di Dogubayazit, Turki.

    Pada 2006, citra satelit secara detil menunjukan benda mirip kapal yang diduga perahu Nuh itu adalah gunung yang dilapisi salju.

    Beberapa ahli lain berpendapat bahwa sisa-sisa perahu Nuh menjadi bagian dari pemukiman manusia — yang selamat dari bencana banjir bah.

    Namun, peneliti yang mengklaim penemu perahu Nuh membantahnya. “Kami tak pernah menemukan ada manusia yang bermukim di ketinggian 3.500 meter dalam sejarah umat manusia.”

    Cuaca sangat dingin di ketinggian 4.000 meter itu oleh para penemu diyakini menjaga kondisi perahu Nuh selama ribuan tahun.

  76. hi bro n sis..klo pertanyaannya ada kata “apakah mungkin”, emangnya ada yg gak mungkin di dunia ini?? bnyk sejarah org2 besar, klo diliat dr sgala sisi awalnya jg pd gak mungkin jd org besar…

    kita liat saja nanti sejarah bisa aja terulang..
    dulu copernicus dgn teori Heliocentis bertolak blkng dgn Geocentis yg sgt dpcy slm berabad2 oleh masyarakat dunia saat itu dpt tentangan dr org2 yg mengaku sbg ahli astronomi di jamannya, bahkan dicap dewan gereja sbg ilmuwan sesat membahayakan negara shg beliau dihukum mati.tapi teori tsb terbukti benar, baru diakui 200thn kemudia stlh ditemukannya teleskop oleh galileo

    setelah itu ada Colombus dgn tesisnya bhw bumi itu bulat, shg org jk berlayar terus ke timur maka akan balik lg dr barat, sama dia jg dikecam habis2an / dibilang gila oleh org2 yg mengaku ahli bumi saat itu

    jaman yunani kuno sblm plato jg ada socrates yg dihukum mati gara2 ilmu kedokterannya menentang penyembuhan dgn cara2 mistis/ perdukunan, mencoba mengembalikan segala sesuatu kpd akal logika ilmiah, malah dtentang hebat oleh para kolega n pemerintahnya.

    klo dliat sejarahnya smua Nabi2 org yahudi, Kristen n Islam jg dianggap sesat di jamannya

    aryo santos cm kunci pembuka dr kotak pandora Atlantis, yg bs mengubah alur sejarah peradaban manusia yg slama ini tlah dianggap kebenaran mutlak slama ratusan tahun,wajar jk ada pro kontra,
    toh scara akademis dia n tmn2 di lembaga risetnya jg bukan kumpulan org2 pandir yg gemarnya berdebat kusir tnp bukti ilmiah (spt kebanyak org melayu), jg waktu yg dihabiskan slm 30 thn bukan wktu yg sbentar utk sebuah riset

    tggu waktu aja nanti ada generasi yg lbh ok membuktikannya, dan mnrt kbr dr tmn member green peace mmg sdg ada rencana utk expedisi ini, jd mdh2n kita smua msh hidup shg bs jd saksi bersejarah ttg kebenaran Atlantis ini…

    Kabar Bencana kehancuran akibat letusan gunung & kehancuran benua Atlantis yg dimuat di Alqur’an

    QS. Luqman (31) : 32
    Dan apabila mereka dilamun ombak yang besar seperti gunung, mereka menyeru Allah dengan memurnikan ketaatan kepada kepada-Nya maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai di daratan, lalu sebagian mereka tetap menempuh jalan yang lurus. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami selain orang-orang yang tidak setia lagi ingkar.

    QS. al-Qari’ah (101) : 5
    dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.

    QS. at-Takwir (81) : 3
    dan apabila gunung! Gunung dihancurkan.

    QS. al-Mursalat (77) : 10
    dan apabila gunung-gunung telah dihancurkan menjadi debu.

    QS. al-Muzzammil (73) : 14
    Pada hari bumi dan gunung-gunung bergoncangan, dan menjadilah gunung-gunung itu tumpukan-tumpukan pasir yang berterbangan.

    QS. al-Haqqah (69) : 14
    dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur.

    Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezkinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nimat-nimat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat. (QS. 16:112)

    Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (suatu mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya. (QS. 17:16)

    Maka apakah kamu merasa aman (dari hukuman Tuhan) yang menjungkir balikkan sebagian daratan bersama kamu atau Dia meniupkan (angin keras yang membawa) batu-batu kecil? Dan kamu tidak akan mendapat seorang pelindung pun bagi kamu.
    QS. al-Isra’ (17) : 68

    Atau apakah kamu merasa aman dari dikembalikan-Nya kamu ke laut sekali lagi, lalu Dia meniupkan atas kamu angin taupan dan ditenggelamkan-Nya kamu disebabkan kekafiranmu. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun dalam hal ini terhadap (siksaan) Kami.
    QS. al-Isra’ (17) : 69

    Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.
    QS. al-Isra’ (17) : 70

    Maka dimusnahkanlah mereka oleh suara yang mengguntur dengan hak dan Kami jadikan mereka (sebagai) sampah banjir, maka kebinasaanlah bagi orang-orang yang zalim itu.
    QS. al-Mu’minun (23) : 41

    Kemudian Kami ciptakan sesudah mereka umat-umat yang lain.
    QS. al-Mu’minun (23) : 42

    Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al-Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. (QS. 12:111)

    Maha benar Allah dgn sgala firmanNya…

  77. hi bro n sis..klo pertanyaannya ada kata “apakah mungkin”, emangnya ada yg gak mungkin di dunia ini?? bnyk sejarah org2 besar, klo diliat dr sgala sisi awalnya jg pd gak mungkin jd org besar…

    kita liat saja nanti sejarah bisa aja terulang..
    dulu copernicus dgn teori Heliocentis bertolak blkng dgn Geocentis yg sgt dpcy slm berabad2 oleh masyarakat dunia saat itu dpt tentangan dr org2 yg mengaku sbg ahli astronomi di jamannya, bahkan dicap dewan gereja sbg ilmuwan sesat membahayakan negara shg beliau dihukum mati.tapi teori tsb terbukti benar, baru diakui 200thn kemudia stlh ditemukannya teleskop oleh galileo

    setelah itu ada Colombus dgn tesisnya bhw bumi itu bulat, shg org jk berlayar terus ke timur maka akan balik lg dr barat, sama dia jg dikecam habis2an / dibilang gila oleh org2 yg mengaku ahli bumi saat itu

    jaman yunani kuno sblm plato jg ada socrates yg dihukum mati gara2 ilmu kedokterannya menentang penyembuhan dgn cara2 mistis/ perdukunan, mencoba mengembalikan segala sesuatu kpd akal logika ilmiah, malah dtentang hebat oleh para kolega n pemerintahnya.

    klo dliat sejarahnya smua Nabi2 org yahudi, Kristen n Islam jg dianggap sesat di jamannya

    aryo santos cm kunci pembuka dr kotak pandora Atlantis, yg bs mengubah alur sejarah peradaban manusia yg slama ini tlah dianggap kebenaran mutlak slama ratusan tahun,wajar jk ada pro kontra,
    toh scara akademis dia n tmn2 di lembaga risetnya jg bukan kumpulan org2 pandir yg gemarnya berdebat kusir tnp bukti ilmiah (spt kebanyak org melayu), jg waktu yg dihabiskan slm 30 thn bukan wktu yg sbentar utk sebuah riset

    tggu waktu aja nanti ada generasi yg lbh ok membuktikannya, dan mnrt kbr dr tmn member green peace mmg sdg ada rencana utk expedisi ini, jd mdh2n kita smua msh hidup shg bs jd saksi bersejarah ttg kebenaran Atlantis ini…

    Kabar Bencana kehancuran akibat letusan gunung & kehancuran benua Atlantis yg dimuat di Alqur’an

    QS. Luqman (31) : 32
    Dan apabila mereka dilamun ombak yang besar seperti gunung, mereka menyeru Allah dengan memurnikan ketaatan kepada kepada-Nya maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai di daratan, lalu sebagian mereka tetap menempuh jalan yang lurus. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami selain orang-orang yang tidak setia lagi ingkar.

    QS. al-Qari’ah (101) : 5
    dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.

    QS. at-Takwir (81) : 3
    dan apabila gunung! Gunung dihancurkan.

    QS. al-Mursalat (77) : 10
    dan apabila gunung-gunung telah dihancurkan menjadi debu.

    QS. al-Muzzammil (73) : 14
    Pada hari bumi dan gunung-gunung bergoncangan, dan menjadilah gunung-gunung itu tumpukan-tumpukan pasir yang berterbangan.

    QS. al-Haqqah (69) : 14
    dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur.

    Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezkinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nimat-nimat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat. (QS. 16:112)

    Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (suatu mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya. (QS. 17:16)

    Maka apakah kamu merasa aman (dari hukuman Tuhan) yang menjungkir balikkan sebagian daratan bersama kamu atau Dia meniupkan (angin keras yang membawa) batu-batu kecil? Dan kamu tidak akan mendapat seorang pelindung pun bagi kamu.
    QS. al-Isra’ (17) : 68

    Atau apakah kamu merasa aman dari dikembalikan-Nya kamu ke laut sekali lagi, lalu Dia meniupkan atas kamu angin taupan dan ditenggelamkan-Nya kamu disebabkan kekafiranmu. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun dalam hal ini terhadap (siksaan) Kami.
    QS. al-Isra’ (17) : 69

    Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.
    QS. al-Isra’ (17) : 70

    Maka dimusnahkanlah mereka oleh suara yang mengguntur dengan hak dan Kami jadikan mereka (sebagai) sampah banjir, maka kebinasaanlah bagi orang-orang yang zalim itu.
    QS. al-Mu’minun (23) : 41

    Kemudian Kami ciptakan sesudah mereka umat-umat yang lain.
    QS. al-Mu’minun (23) : 42

    Maka (masing-masing) mereka mendurhakai Rasul Tuhan mereka, lalu Allah menyiksa mereka dengan siksaan yang sangat keras.
    QS. al-Haqqah (69) : 10

    Sesungguhnya Kami, tatkala air telah naik (sampai ke gunung) Kami bawa (nenek moyang) kamu ke dalam bahtera,
    QS. al-Haqqah (69) : 11

    agar Kami jadikan peristiwa itu peringatan bagi kamu dan agar diperhatikan oleh telinga yang mau mendengar.
    QS. al-Haqqah (69) : 12

    Maka (masing-masing) mereka mendurhakai Rasul Tuhan mereka, lalu Allah menyiksa mereka dengan siksaan yang sangat keras.
    QS. al-Haqqah (69) : 10

    Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al-Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. (QS. 12:111)

    Maha benar Allah dgn sgala firmanNya…

  78. atlantis itu apa sepertinya tak penting.karena indonesia punya sejarah untuk men_tidakpentingkan seesuatu.jadi bersyukurlah jika atlantis itu tidak menimpa indonesia yang gemah ripah loh jnawi ini.karena saat ini memang bencana yang terjadi di tanah indonesia itu ya bekasnya alias reruntuhannya atlantis alias “atlantisce ruins”

  79. ditunggu kelanjutan ceritanya nih gan….

  80. Sahabat “aa” terima kasih apresiasinya, saya setuju dg pendapat anda agar kita, apapun agama kita, tidak termakan oleh dogma, karena dogma sangat anti dialog. “Metodologi Ilmiah” sejauh konsep aslinya sebagaimana disusun konseptornya yaitu IBNU RUSYDI (Averoes, Ilmuwan Muslim Spanyol Abad 12) “Paradigma Ilmu”nya jelas yaitu “Rukun Iman”, tidak ada masalah mendasar bagi kita, tetapi ketika metodologi karya Ibnu Rusydi ini dijiplak oleh FRANCISE BACON ( para ilmuwan Barat menjulukinya “Bapak Metodologi Ilmiah”) “Paradigma Ilmu”nya menjadi : OBYEKTIFITAS, RASIONALITAS, RELATIFITAS dan NETRALITAS, saya menyebutnya “Metodologi Ilmiah” minus rukun iman alias “ATHEIS”, akibatnya peradaban produk “Renaisan Eropa” ini semakin tidak jelas arahnya, dan so pasti menuju “NIHILISME”, lonceng kematian peradaban modern sdh diambang pintu. Mayoritas kampus2 di muka bumi ini, dikuasai oleh “paradigma”nya Francise Bacon ini, dan yang lebih parah dampaknya adalah di dunia muslim, hatinya mengaku beriman tapi otaknya atheis, secara kesat mata mereka memenuhi sudut2 masjid, tapi pada saat yang sama mereka melakukan kejahatan berkedok alasan2 ilmiah misalnya “antisipasi dampak sistemik”, padahal hati nurani menyimpulkan telah terjadi penjarahan atas uang rakyat. Universitas hanya menghasilkan sarjana2 munafik, kepribadian terbelah, karena satu tubuh dikapling-kapling, hati dikuasai walayah agama, sedang otaknya dikuasai wilayah ilmiah. Paradoks peradaban modern ini hanya bisa diluruskan kalo kita kembali kepada “KEBENARAN SUBYEKTIF” sebagai parameter mencari kebenaran yaitu “metodologi ilmiah” berbasis “rukun iman”. Bravo Nusantara !!!

  81. buat bro aziz bsy – metode ilmiah (setidaknya menurut opini saya pribadi) bukan mitos dan tidak pernah menjadi satu-satunya parameter kebenaran. metode ilmiah justru salah satu cara untuk memisahkan mana yang hak dan bathil dalam rangka menuju kebenaran, bukan satu2nya jalan, tapi (menurut saya lagi) paling sederhana, mudah, murah dan efektif karena bisa diterima oleh akal (rasional), tidak perlu sixth-sense atau jenius IQ, SQ, semua ras homo sapien bisa melakukannya.

    kebenaran tidak mutlak, karena, bagaimanapun juga, itu adalah cuma sebuah virtue dari tafsiran dari otak/rasio/akal/whatever yang bersifat relatif.

    saya bukannya tidak setuju dengan cara anda, cuma jika kemudian anda termakan dogma kepercayaan sendiri, menafikan yang lain, berarti anda sama saja dong dengan fihak yang anda tuduh..

    tapi bagaimanapun juga saya sangat apresiasi dan mendukung semangat & tujuan anda, maju terus bro..:)

  82. nusantara terdiri dari 17000 pulau, untuk tinggal sehari saja di setiap pulau, akan menghabiskan waktu 46 tahun lebih!

    potensi sumber daya alam? jangan tanya deh.. kolam susu, tanah surga. ‘tongkat kayu dan batu jadi tanaman’ itu bukan simbol tapi benar-benar arti harfiah.

    kalau anda percaya bahwa tuhan itu ada. tentu tidak akan lepas berfikir bahwa tuhan punya interest khusus dengan bangsa yang ada (atau pernah ada) di sini.

    dan seberapapun bejat karakter pemimpinnya, semua rakyat nusantara sangat-sangat patriotik terhadap tanah airnya. iya kan?

  83. Sahabat “seek the truth”, terima kasih tanggapannya,

    Sebenarnya tulisan saya tidak terkait dengan fanatisme kejawaan, saya sendiri dilahirkan sebagai suku madura 24 karat, saya hanya ingin mengajak anda yang sudah terlanjur BERIMAN KEPADA “DOGMA ILMIAH” sebagai parameter kebenaran, untuk kembali kepada “KITAB SUCI (AL QUR’AN) DAN TRADISI (CERITA RAKYAT/CERTA BERSAMBUNG/AHADITS).
    Menurut saya ‘dogma ilmiah” yang dianut oleh para ilmuwan saat ini sudah “MENJADI BERHALA BARU”, bagi mereka (termasuk anda) “KEBENARAN ILMIAH” adalah satu2nya parameter kebenaran, menurut saya apa yang disebut “ILMIAH” sebenarnya adalah “PSEUDO ILMIAH”, sedang lawan dari ilmiah adalah “TRADISIONAL” alias “TIDAK ILMIAH”, maka jadilah tradisi dan kitab suci sebagai “MITOS” yang tidak ilmiah, padahal “METODOLOGI ILMIAH” yang sudah menjadi “DOGMA” sebenarnya adalah mitos yang diciptakan oleh para ilmuwan. Coba anda jawab pertanyaan saya, apa dasar anda percaya bahwa menurut penelitian para ilmuwan Candi Borobudur dibangun setelah masehi, kemudian tanyakan juga kepada para ilmuwan tentang kebenaran obyek yang mereka teliti, bukankah yang mereka simpulkan baru sebatas tafsir atas suatu obyek ? Hal inilah yang saya sebut sebagai “MITOS KEBENARAN OBYEKTIF”
    Marilah kita susun kembali SEJARAH BANGSA melalui tangan kita sendiri, jangan lagi membebek kepada kaki tangan asing, sudah saatnya kita menggunakan “METODE KEBENARAN SUBYEKTIF” dengan menjadikan “KITAB SUCI DAN TRADISI” sebagai acuan mencari kebenaran jati diri bangsa.

    Tentang keajaiban Candi Borobudur, cobalah teliti perbedaan bentuk fisik batu2 Candi Borobudur antara yang berada di lantai 7, 8 dan 9 ( BENTUK PIRING CAKRAM) dengan yang berada di lantai 1 sampai 6 (bentuk persegi empat). Batuan yang menyusun piring cakram seperti habis di oven dan terbakar menandakan dia pernah terbang dengan kecepatan melebihi cahaya, bagian ini yang dipindah oleh “HAMBA ALLAH BERILMU KITAB” dengan istilah “sebelum mata Nabi Sulaiman berkedib”, sedang bangunan lantai 1 s/d 6 dibangun oleh tentara Nabi Sulaiman termasuk didalamnya tentara dari Bangsa Jin, susunan batunya normal sama seperti batu2 yang berserakan di bekas Istana Ratu Balqis ( Ratu Boko). Cobalah bandingkan dengan cerita rakyat yang berkembang di Jawa bahwa Candi Borobudur dibangun oleh Bangsa Jin dan Setan, atau perhatikan Alqur’an Surah Saba’ ayat 13 : “ Para Jin itu mengerjakan untuk Sulaiman apa2 yang dikehendakinya dari GEDUNG-GEDUNG YANG TINGGI (MIHRAB), dan PATUNG-PATUNG, dan PIRING-PIRING seperti kolam, dan KUALI-KUALI yang tetap. Bekerjalah wahai keluarga Daud untuk bersyukur”.

    Pada lantai 3 Candi Borobudur ada Ayat Allah berupa gambar yang menerangkan tentang penyerahan kerajaan dari Nabi Daud AS kepada Nabi Sulaiman AS dimana dibawah gambar Nabi Daud ada relief berupa “PETI” yang dijaga abdi dalem, peti ini dalam Taurot dan Alqur’an disebut “TAABUT”. Kalo anda pingin lebih yakin lagi silahkan ikut Training DLA “Melintas Dua Subuh di Negeri Sulaiman”, atau pelajari dulu artikel2 di http://www.ssq-dla.com.

  84. wow mr Aziz ni fanatik sekali dgn jawa ya..
    tp dari cerita anda banyak timeline yang aneh.. contoh saja menurut anda borobudur dibgn jamannya nabi daud/david .. menurut para peneliti borobudur setelah masehi loh. di alquran antara nabi isa dan nabi muhammad saw ga ada tuh disebutkan nabi lain… yg ada nabi daud sebelum nabi isa.

    … hanya contoh saja si,, banyak bgt yg janggal timelinenya… eniwei nice story mr….

  85. Tentang pabrik peleburan besi titanium, yang sudah terekspos di mas media baru di Pantai Selatan Yogyakarta, sampai sekarang memang masih belum klir karena masih banyak pihak yang belum setuju. Kalo di Jawa Barat ada di Pantai Selatan Pelabuhan Ratu, kalo di Jawa Timur ada di Pantai Selatan Grajagan Banyuwangi, bahkan di Pantai Selatan Meru Betiri Banyuwangi – Jember sedang dieksplorasi tambang emas oleh perusahaan Yahudi Australia. Sejak zaman dahulu kala sudah ada usaha skala home industri peleburan besi titanium oleh para mpu keris sebagai bahan PAMOR KERIS. Perlu kita ketahui bahwa sejak ribuan sebelum masehi Nusantara ini terkenal sebagai eksportir emas dan besi, bahkan rilief di Kuil Hatshepsut Komplek Piramida Mesir dan Kitab Suci pendeta Mesir Kuno “The Egyptian Book of The Dead” menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Mesir Kuno berasal dari Nusantara, gambar senjata yang diselipkan ke pinggang sebenarnya adalah keris, disamping itu di Rusia, China dan Jepang juga ditemukan keris purba, khusus di Jepang keris purba tsb ditemukan didasar laut. Yang spektakuler baru2 ini ditemukan sebuah Kota Jawa Kuno di Yordania yang telah berumur 4000 tahun sebelum masehi. Rilief Piramida Aztek sama persis dengan rilief di Candi Sukuh Jawa Tengah, ini menunjukkan bahwa sebenarnya Piramida Mesir, Piramida Aztek dan Piramida Borobudur dibangun oleh nenek moyang bangsa Nusantara, adapun bangsa Mesir Kuno dan Suku Maya hanya mewarisi bangunan, kedua bangsa ini hanya tinggal kenangan, musnah ditelan zaman, sedang Bangsa Nusantara sebagai pewaris syah atas bangunan2 tsb masih tetap eksis sampai sekarang, hal ini karena Bangsa Nusantara ini mewarisi DNA PURBA bangsa berperadaban tinggi yang tinggal di NEGERI SABA ( sorga dunia/atlantis ).

  86. pembuatan pesawat pring terbang Oleh TEAM SSQ kami dukung sepenuh hati…
    dengan mampu menciptakan pesawat tsb kelak Bangsa indonesia bisa berbangga. Ayo show to the world…
    mengenai Pabrik peleburan besi titanium di pantai selatan… tolong lebih detail….Selatan mana broo….Jwa barat (sukabumi,garut,Cianjur,ciamis) atau selatan jw tengah Yogya ? atau di selatan jwa timur.. ??????
    mengenai Peleburan besi titanium, apakah bangsa kita belum mampu buat skala home industri ? atau alat2 peleburannya sangat mahal ? tolong jelasin ya boos..

  87. Buat sahabat Box, terima kasih atas sodaqoh ketawanya ya, kalo soal Java Tel Aviv silahkan tanya Kyai Sudrun alias MH Ainun Majid karena saya hanya ngutip beliau ketika bertemu dengan Rabbi Yahudi di Eropah, buat melengkapi artikel saya diatas saya tambahkan fakta2 baru buat direnungkan yaitu dari http://www.ssq-dla.com yang telah menyelenggarakan EKSPEDISI MENJELAJAH NEGERI PARA NABI, situs Nabi Daud dan Sulaiman di Jawa Tengah, situs Nabi Nuh di Jawa Timur dimana di daerah ini terdapat kembaran Gunung Ararat di Turki yaitu gunung tempat berlabuhnya perahu Nabi Nuh, fosil perahu ini setelah diteliti archeolog Belanda menyimpulkan bahwa perahu tsb terbuat dari kayu jati berkapur, kayu ini hanya ada di Jawa. Setelah fosil kayu ini umurnya diukur melalui tehnik Isotop C14, ternyata Nabi Nuh hidup setelah zaman Nabi Ibrahim dan tempat tinggalnya di Tanah Jawa, tentu fakta ini perlu diteliti lebih lanjut.

    Disamping itu ada fakta lain tentang situs Nabi Daud dan Sulaiman di Yerusalem sebagaimana dimuat Majalah Times edisi 1 Februrari 2010, yang memuat pernyataan Ravael Grinberg, seorang dosen di Universitas Tel Aviv. Ia mengatakan, “Secara teori, seharusnya Anda sudah mendapatkan sesuatu hanya setelah melakukan penggalian selama enam minggu. Tapi nyatanya setelah dilakukan penggalian tanpa henti selama dua tahun, tidak ada hasil apapun yang memuaskan.”
    Times menyebutkan, dalam empat tahun terakhir, berbagai organisasi Yahudi ekstrim sudah mengepung kota Jerussalem untuk melakukan penggalian bawah tanah di sekitar dan bawah Masjid Al Aqsha. Termasuk Organisasi Eilad, yang juga focus bekerja untuk mendirikan pemukiman imigran yahudi di Jerusalem. Selain itu, juga lembaga Eir David yang focus melakukan penggalian di Silwan. Menurut Profesor Finskltain asar Israel, yang juga ilmuwan sejarah di Universitas Tel Aviv, “Mereka yang melakukan penggalian bawah tanah di Jerussalem mencampur adukkan antara agama dengan ilmu pengetahuan. Eilad meyakini dogma agama bahwa ada peninggalan sejarah Daud di sana, tapi sampai sekarang tak pernah ditemukan.”
    Selain itu, Profesor Yone Mazarahe, juga pakar arkeologi Israel mengatakan, “Eilad tidak menempukan apapun dari penggalian. Bahkan sekedar plang tulisan Selamat Datang di Istana Daud, juga tidak ditemukan. Mereka hanya mendasarkan keyakinan pada teks teks yang dianggap suci oleh mereka sebagai panduan penggalian.”

    Dari fakta2 ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa Bani Jawi (suku2 di Nusantara) ini adalah Bani Israel yang tetap beriman kepada Nabi Musa dan mendiami tanah yang dijanjikan (THE PROMISED LAND) yaitu Benua Atlantis yang sekarang disebut Indonesia, sedang Bani Israel yang berdiaspora ke seluruh dunia adalah mereka yang dikutuk oleh Allah karena mendustakan Nabi Musa AS. Adapun Bani Israel yang sekarang menjajah Palestina sebenarnya Yahudi jadi2an, maksudnya Bani Israel dari suku ke 13 yaitu SUKU KAZAR, hasil kawin campur Bani Israel yang berdiaspora dengan penduduk lokal dan saat ini posisinya mayoritas. Klaim atas Yerusalem sebenarnya sebuah kekeliruan yang disengaja, padahal Yerusalem, Temple of Solomon dan Taabut yang mereka cari selama ribuan tahun berada di Tanah Jawa yaitu CANDI BOROBUDUR DAN NEGRI SLEMAN di Yogyakarta.

    Dalam Alqur’an “taabut” artinya “kode rahasia kerajaan” yang disimpan oleh Nabi Daud, saat ini “taabut” tsb sedang dibuka rahasianya melalui candi2 yang dibangun sejak zaman Nabi Sulaiman khususnya “Candi Borobudur”, perlu diingat sebenarnya kata “CANDI” berasal dari kata “SANDI” artinya “KODE RAHASIA”, dengan demikian rahasia jejak para nabi akan segera terkuak setelah ayat Allah berupa tulisan bergambar yang ada pada candi2 di Negeri Sleman di “puzzle”kan dengan ayat2 Allah dalam Alqur’an.

    Sebagian besar ummat Islam saat ini terkecoh oleh keyakinan bahwa ” Palestina” adalah negeri yang diberkahi dan Yerusalem adalah kota suci Islam ketiga setelah Makkah dan Madinah, hal ini karena ummat Islam banyak terpengaruh hadits2 Israeliyat khususnya tentang Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Perlu ekstra hati2 dlm mengutip hadits tentang Isra’ Mi’raj karena sebagian besar hadits palsu dan dibuat oleh kaum munafik dari kalangan Bani Israel, para ahli hadits menyebutnya sebagai HADITS ISRAILIYAT. Karena hadits2 inilah ummat Islam di luar Palestina terseret dalam permusuhan dengan Israel dan menjadikan Yerusalem sebagai kota suci ketiga ummat Islam, padahal waktu kanjeng Nabi Isra’ Mi’raj apa yang disebut Masjidil Aqsa sebenarnya adalah Gereja, waktu itu Yerusalem masih dikuasai Roma. Kalo waktu itu dikatakan Nabi menjadi imam shalat berjamaah dengan para Nabi, pertanyaannya shalat apakah gerangan ? Sementara dalam hadits2 Israiliyat tsb dikatakan Isra’ Mi’raj dalam rangka menjemput perintah shalat 5 waktu sebagai hasil transaksi antara Nabi dengan Allah SWT dengan Nabi Musa sebagai konsultannya, pertanyaan berikutnya adalah mengapa harus Nabi Musa yang menjadi rujukan Nabi Muhammad ? Inilah cerdasnya Bani Israel yang telah berhasil menusuk jantung aqidah ummat Islam melalui hadits2 palsunya hingga ummat Islam terpecah belah, energi terkuras habis hanya untuk memikirkan Masjidil Aqsa, sementara Bani Israel karena ketekunannya telah berhasil menguasai dunia melalui infiltrasi kesegenap lini kehidupan. Saat ini fokus mereka adalah Indonesia khususnya Tanah Jawa, mengapa Jawa ? Dalam Alqur’an dikatakan bahwa “ULAMA2 (ILMUWAN) BANI ISRAEL” mengenal Alqur’an sebagaimana mereka mengenal anak2nya sendiri, tentu saat ini sebenarnya banyak ilmuwan Bani Israel yang mengetahui fakta2 yang ditunjukkan oleh Alqur’an, salah satunya adalah tentang Nabi Daud dan Sulaiman.Cobalah kita mengambil ibrah dari kemampuan Nabi Daud As dalam teknologi peleburan besi dan manajemen pengelolaan gunung yang diwariskan di Tanah Jawa ( Atlantis ) banyak meninggalkan bangunan2 misteri semisal Candi Borobudur, Piramida2 Mesir dan Piramida Aztek. Dalam peradaban ini para pendirinya adalah 3 sosok yang luar biasa yaitu Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS dan Ratu Bilqis yang masing2 diberi kelebihan oleh Allah SWT. Sampai saat ini negeri kita adalah satu2nya negeri yang paling banyak diwarisi gunung berapi dan deposit besi titanium tak terbatas, yang tersebar di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa. Besi titanium ini sejak zaman Nabi Daud sampai sekarang digunakan sebagai bahan baku pembuatan senjata khususnya KERIS, besi titanium ini juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan PESAWAT RUANG ANGKASA, dan saat ini disekitar Candi Borobudur sedang dipersiapkan berdirinya Perguruan Tinggi Nuklir yang akan mempersiapkan desain dan pembuatan PESAWAT PIRING TERBANG oleh Tim SSQ, hanya dengan menguasai teknologi pesawat piring terbang, ummat Islam bakal mampu mengalahkan Zionis Israel dan para pendukungnya yang cenderung semakin destruktif di muka Bumi, Yahudi memang hanya bisa dikalahkan oleh Yahudi beriman karena memang kecerdasan dan ilmunya juga sepadan. Tapi aneh bin ajaib, sekarang ini banyak perusahaan2 skala dunia yang secara tersembunyi berafiliasi dengan Israel berlomba-lomba mengajukan ijin untuk mendirikan pabrik peleburan besi titanium di pantai selatan Jawa, sementara perusahaan2 besar lainnya yang sebagian besar juga milik orang Yahudi, baik Yahudi Eropa maupun Amerika sudah malang melintang menguasai hajat hidup bangsa Indonesia, sepertinya mereka akan mengembalikan penjajahan ala VOC tempo dulu (VOC adalah perusahaan milik Yahudi Belanda yang berhasil menjajah Indonesia).

  88. [...] Benarkah Indonesia itu Atlantis ? Posted on 11 November 2006 by Rovicky 14 Votes [...]

  89. @A. Aziz BSY :

    di Kantor Perdana Menteri Israel dan Kantor Kedubes Israel di seluruh dunia terpampang nama Ibukota Israel : JAVA TEL AVIV / JAWA TEL AVIV, dan MAHKOTA RABBI YAHUDI yang menjadi imam Sinagog pake gambar RUMAH JOGLO JAWA.

    hahahaha… msih ada lg yg kek gini. btw, yg bener tuh bukan JAVAi, tapi JAFFA, Jaffa Tel Aviv-Jaffa :

    Jaffa
    n. former port city in western Israel which was made a part of Tel Aviv in 1950 (also Yafo); variety of orange grown mainly in Israel
    n. Jaffa, former port city in western Israel which was made a part of Tel Aviv in 1950 (also Yaffa)
    n. Jaffa, variety of orange grown mainly in Israel

    selengkapnya http://en.wikipedia.org/wiki/Jaffa

  90. Buat sahabat YAZ, sekedar nambain tulisan antum, dalam analisa ini saya menghindarkan diri dari nalarnya ilmuwan maistream yang selama ini menguasai dunia science, yang memang “west oriented”, karena menurut saya para ilmuwan Barat yang mayoritasnya dari Bani Israel berdasarkan Alqur’an mereka hobinya suka membunuh perkabaran maksudnya suka menyembunyikan fakta atau ayat2 Allah. Tentang Peradaban Jawa (Peradaban Atlantis)dikaitkan dengan kiprah Bani Israel, ada fakta yang menarik apabila anda berkunjung ke situs resmi Israel misalnya di Kantor Perdana Menteri Israel dan Kantor Kedubes Israel di seluruh dunia terpampang nama Ibukota Israel : JAVA TEL AVIV / JAWA TEL AVIV, dan MAHKOTA RABBI YAHUDI yang menjadi imam Sinagog pake gambar RUMAH JOGLO JAWA. Dengan demikian apakah Bani Israel merasa menjadi keturunan Jawa ? Yang disebut Jawa adalah seluruh Etnik Nusantara yang dulunya penghuni Benua Atlantis sebelum dikirim banjir besar oleh Allah SWT, setelah banjir besar benua ini pecah menjadi 17.000 pulau yang sekarang disebut Indonesia, hanya beberapa etnik yang masih tersisa, selebihnya menjadi cikal bakal bangsa2 dunia antara lain bangsa India, Cina ( termasuk Jepang ), Eropa, Israel, Arab, dan Indian ( silahkan baca hasil penelitian Prof. Santos selama 30 tahun tentang Benua Atlantis terbitan Gramedia ). Dalam bahasa Jawi Kuno, arti jawa adalah moral atau akhlaq, maka dalam percakapan sehari-hari apabila dikatakan seseorang dikatakan : “ora jowo” berarti “tidak punya akhlaq atau tidak punya sopan santun”, sebutan jawa ini sejak dulunya dipakai untuk menyebut keseluruhan wilayah nusantara, penyebutan etnik2 sebagaimana berlaku saat ini adalah hasil taktik politik de vide et impera para penjajah. Sejak zaman Benua Atlantis, Jawa memang menjadi pusat peradaban karena dari bukti2 fosil manusia purba di seluruh dunia sebanyak 6 jenis fosil, 4 diantaranya ditemukan di Jawa, . Menurut “mitologi jawa” yang telah menjadi cerita turun temurun, bahwa asal usul bangsa Jawa adalah keturunan BRAHMA DAN DEWI SARASWATI dimana salah satu keturunannya yang sangat terkenal dikalangan Guru Hindustan (India) dan Guru Budha (Cina) adalah Bethara Guru Janabadra yang mengajarkan “ILMU KEJAWEN”. Sejatinya “Ilmu Kejawen” adalah “Ilmu Akhlaq” yang diajarkan Nabi Ibrahim AS yang disebut dalam Alqur’an “Millatu Ibrahim” dan disempurnakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam wujud Alqur’an dengan “BAHASA ASLI (ARAB)”, dengan pernyataannya “tidaklah aku diutus, kecuali menyempurnakan akhlaq”. Dalam buku kisah perjalanan Guru Hindustan di India maupun Guru Budha di Cina, mereka menyatakan sama2 belajar “Ilmu Kejawen” kepada Guru Janabadra dan mengembangkan “Ilmu Kejawen” ini dengan nama sesuai dengan asal mereka masing2, di India mereka namakan “Ajaran Hindu”, di Cina mereka namakan “Ajaran Budha”. Dalam sebuah riset terhadap kitab suci Hindu, Budha dan Alqur’an, ternyata tokoh BRAHMA sebenarnya adalah NABI IBRAHIM, sedang DEWI SARASWATI adalah DEWI SARAH yang menurunkan bangsa2 selain ARAB. Bukti lain bahwa Ajaran Budha berasal dari Jawa adalah adanya prasasti yang ditemukan di Candi2 Budha di Thailand maupun Kamboja yang menyatakan bahwa candi2 tsb dibangun dengan mendatangkan arsitek dan tukang2 dari Jawa, karena memang waktu itu orang Jawa dikenal sebagai bangsa tukang yang telah berhasil membangun “CANDI BOROBUDUR” sebagai salah satu keajaiban dunia. Ternyata berdasarkan hasil riset Lembaga Studi Islam dan Kepurbakalaan yang dipimpin oleh KH. Fahmi Basya, dosen Matematika Islam UIN Syarif Hidayatullah, bahwa sebenarnya “CANDI BOROBUDUR” adalah bangunan yang dibangun oleh “TENTARA NABI SULAIMAN” termasuk didalamnya dari kalangan bangsa Jin dan Setan yang disebut dalam Alqur’an sebagai “ARSY RATU SABA”, sejatinya PRINCE OF SABA atau “RATU BALQIS” adalah “RATU BOKO” yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Jawa, sementara patung2 di Candi Borobudur yang selama ini dikenal sebagai patung Budha, sejatinya adalah patung model bidadara dalam sorga yang menjadikan Nabi Sulaiman sebagai model dan berambut keriting. Dalam literatur Bani Israel dan Barat, bangsa Yahudi dikenal sebagai bangsa tukang dan berambut keriting, tetapi faktanya justru Suku Jawa yang menjadi bangsa tukang dan berambut keriting ( perhatikan patung Nabi Sulaiman di Candi Borobudur ). Hasil riset tsb juga menyimpulkan bahwa “SUKU JAWA” disebut juga sebagai “BANI LUKMAN” karena menurut karakternya suku tsb sesuai dengan ajaran2 LUKMANUL HAKIM sebagaimana tertera dalam Alqur’an. Perlu diketahui bahwa satu2nya nabi yang termaktub dalam Alqur’an, yang menggunakan nama depan SU hanya Nabi Sulaiman dan negeri yang beliau wariskan ternyata diperintah oleh keturunannya yang juga bernama depan SU yaitu Sukarno, Suharto, dan Susilo serta meninggalkan negeri bernama SLEMAN di Jawa Tengah. Nabi Sulaiman mewarisi kerajaan dari Nabi Daud yang dikatakan didalam Alqur’an dijadikan Khalifah di Bumi ( menjadi Penguasa Dunia dengan Benua Atlantis sebagai Pusat Peradabannya), Nabi Daud juga dikatakan raja yang mampu menaklukkan besi (membuat senjata dan gamelan dengan tangan, beliau juga bersuara merdu) dan juga menaklukkan gunung hingga dikenal sebagai Raja Gunung. Di Nusantara ini yang dikenal sebagai Raja Gunung adalah “SYAILENDRA” , menurut Dr. Daoed Yoesoef nama Syailendra berasal dari kata saila dan indra, saila = gunung dan indra = raja.
    Jadi sebenarnya Bani Israel yang sekarang menjajah Palestina bukan keturunan Israel asli yang hanya terdiri 12 suku, tapi mereka menamakan diri suku ke 13 yaitu Suku Kazar hasil perkawinan campur Bani Israel yang mengalami diaspora dengan penduduk lokal, posisi suku Kazar ini mayoritas di seluruh dunia. Sedang Yahudi asli adalah “Suku JEWS/JAWA” yang telah ribuan tahun mendiami “THE PROMISED OF LAND” yaitu Indonesia

  91. Bukunya Gus Santos skr sdh banyak beredar di Indonesia krn sdh diterjemahkan oleh Ufuk. Nah, silakan dicermati bw teori yg (masih) dianggap menggelikan ini (Pakdhe juga kan?) layak kaji juga. Dan Gus Santos juga memberi perhatian thd orang2 yg skeptis thd teorinya.
    Hebatnya Santos, dia tidak mencari “nenek-moyang” utk dirinya sendiri. So, itu tdk dlm rangka mental inferiority spt yg disinggung Pakdhe [yg entah kenapa kok mineur banget].
    Sy sih sangat siap utk mempercayai kebenaran Teori Santos. Kenapa? Krn saya bukan geolog! [Itulah enaknya jadi saya! :-)] Padahal saya juga [insya Allah] tdk mengidap sindrom inferioritas tadi!

    @ hady: Sy tdk terlalu setuju dg anda, tp bukan di sini forumnya.

    Gitu dulu. Trims.

  92. KOMO KERJAANNYA NGOCOK AJA…

  93. bung2… peribahasa mengatakan… jdikan masa lalu sebagai pelajaran… kl dianalogikan misalkan spt ini, enak tidak kira2 kl anda berjalan selalu mengadahkan kepala selalu keatas??? capek yg ada… sama dlm proses hidup ga’ selamanya kita selalu melihat ke depan untuk maju, sekali2 kita harus melihat kisah2 lalu agar tak terjerumus dua kali dalam kesalahan yg sama, memang anda mau jatuh dalam lubang yg sama 2 kali??? keledai aja ga’ mau … artiny anda lebih buruk dari keledai… hahahaha… bangsa indonesia ??? lebih jelek dari keledai….

    bangsa ini pernah jaya bung, tp lantaran kesombongan dan keangkuhan bangsa ini yg berasaskan pancasial eh pancasila semua hancur… ingat 30-40 thun belakang bangsa Malaysia berbondong2 ke negara ini untuk mencari sesuatu yg ada di republik kita ini seperti pendidikan, tp sekarang kebalikannya… apa anda tidak malu akan hal itu???

    yg membuat suatu bangsa itu maju ataupun hancur, ya bangsa itu sendiri bukan bangsa lain…

    kl anda mau bangsa ini bisa berjaya lagi, mari kita mulai sekarang, tp kl selamanya anda mendiskreditkan bangsa ini, selamanya akan hancur….

    sekarang muncul ASEAN CHINA FREE TRADE AGREEMENT…

    Apa yg bisa kita lakukan untuk menyelamatkan indutri negara ini yg berdampak pada Eksistensi NKRI dlm percaturan duni internasional????????????

  94. bangkit dari keterpurukan dengan bermodalkan kebanggaan masa lalu? silakan kalo bisa …… hahahaha

  95. kita memang pelawak semua hahahaha

    gimana kalo logikanya dibalik gini

    memang bener indonesia adalah atlantis, dan karena banjir besar hampir semua penduduk atlantis migrasi ke tempat yg lebih aman. yang tinggal hanya segelintir orang yang tidak mampu migrasi karena alasan kekuatan fisik etc ..etc….

    jadilah mereka tetap tinggal di atlantis dan beranak pinak dan jadi bangsa indonesia sekarang….

    jadi nenek moyang kita adalah orang-orang yang lemah yang tidak mampu bermigrasi …..

    hahahaha…..

  96. lw yg lebih lucu lgi… wkwkwkwkwkw

    seharusnya dari sini bangsa ini bisa memulainy kembali, kejayaan masa lalu, ok lah kl seandainya Atlantis memang dongeng belaka, tp pda masa kerajaan Majapahit, Sriwijaya, dll semua membuktikan bahwa Bangsa yg hidup di Nusantara Bukan Orang2 Sembarangan mereka punya peradaban yg tinggi, percumah punya nenek moyang kl ga’ di banggai dan jadiin contoh… yah, mungkin nenek moyang kalian monyet… wkwkwkw…

    ini sebuah hal yg bisa membangkitkan semangat bangsa ini disaat kondisi bangsa yg menurun, peradaban yg rendah, dan segala ke-negatifa-an bangsa ini… ga’ ada slahnya ini dijadikan sebagai pelajaran…

    memang secara fungsi, buat apa kl seandainya indonesia merupakan Atlantis yg hilang??? apa yg bisa kita peroleh.??? ga’ ada. tp apa salahnya kl kita mengambil sisi positifnya dari kisah ini… supaya bangsa ini bisa bangkit dari keterpurukan… malu sama negara2 tetangga……

    Emang Volume otak bangsa “monyet” di Indonesia ini kecil…. dan itu yg di banggain….

    pdahal dalam lagunya : nenek moyangku seorang pelaut…

    tp masih aja ngurus monye2 purba…. wkwkwkwkw

  97. komennya lucu-lucu….. asik juga nih …..

    jadi mikir, kalo memang benar indonesia adalah atlantis trus mau apa? mau membanggakan masa lalu?

    jadi inget waktu ngobrol sama temen dari mesir, waktu sekolah di mesir mereka katanya selalu di bilangin bahwa mesir itu dulu nya adalah bangsa besar, mesir tidak butuh dunia tapi dunia butuh mesir bla..bla..bla …..

    hasilnya? mesir sampai sekarnag masih terpuruk dengan tingkat kemiskian yang tuiinggi …….

    jadi? apa untungnya bicara masa lalu?

  98. Berdasarkan penelitian terbaru dan disepakati oleh para ilmuwan se-asia, di simpulkan bahwa Nenek Moyang Asia Berasal dari Asia Tenggara(Termasuk Indonesia) bisa dilihat di : http://www.antaranews.com/berita/1260526487/nenek-moyang-bangsa-asia-dari-asia-tenggara ,
    dan bukan sebaliknya dan ini semakin menguatkan pernyataan Oppenheimer pada tahun 1998 yang megatakan bahwa Taman Eden(Firdaus/Atlantis) ada di Timur yang karena bencana banjir besar sehinga rakyatnya ada yang mengungsi ke utara, barat dan ke timur serta ke daerah lain sehingga menyebarkan variasi genetik yang beraneka ragam..

  99. Setuju Farid Parmadi

  100. Sanggahan thdp analisa kronologis ABAL2 di atas:

    On 11/10/06, Sulastama Raharja wrote:
    Beberapa waktu lalu lihat film tentang atlantis, dan tempat yang dicurigai sebagai peninggalan atlantis itu malah ndak ada yang di indonesia, ujuk2 kok ada yang mengklaim bahwa atlantis itu di indonesia.

    ==> Lha, intisari dari film khan khayalan, bukan realitas. Ternyata si Komo lebih percaya dan terinspirasi dari film yah.

    Nek menurut Flint and Skinner, terbentuknya samudera atlantik pada jaman triassic, kira2 255-210 juta tahun yang lalu. Pada saat itu yang ada baru conifers, cycads, mamalia primitive dan dinosaurus. Jadi seandainya kerajaan atlantis benar2 ada, kerajaan itu tidak tenggelam pada saat terbentuknya samudera atlantik.

    ==> Manakah yg lebih dulu, samudera Atlantis atau kerajaan Atlantis? Siapakah yg mengatakan bahwa kerajaan Atlantis tenggelam karena saat-saat AWAL terbentuknya Samudera Atlantik?? Si Komo pandai bermain dgn kata-kata rupanya. Misalkan Pulau Jawa tenggelam, lalu si Komo katakan; “jadi seandainya pulau jawa benar2 ada, pulau jawa itu tidak tenggelam pada saat terbentuknya laut jawa”… konyol sekali analisa kronologi abal2 si Komo itu!

    Ini satu strike dari Komo menyatakan ketidak selarasan antara diskripsi atlantis versi geologi dengan versi arkeologis (kalau memang ada).
    Lah ya bener kan wong wektu itu manungsa aja belum ada. Beruk saja masih belum ada kok :D

    ==> Analisa kronologi “gak nyambung” ini selanjutnya jadi makin ngaco…. lah jelaslah, jangankan manusia dan beruk, dinosaurus saja belum ada pada saat AWAL terbentuknya Samudera!!!

    … Hal ini didukung oleh jenis2 fauna yang berbeda antara Papua dengan Jawa/Sumatera/Kalimantan, fauna2 di papua lebih mirip dengan autralia dan fauna di jawa/sumatera/kalimantan lebih mirip dengan di Asia.

    ==> Yg dimaksud Santos dg Indonesia; adalah kecuali Papua (lihat baik2 kover bukunya dong). Percuma si Komo berbelit2 panjang-lebar dgn analisa kronologis jutaan tahun ttg flora dan fauna antara wilayah Papua thdp wilayah Indonesia yg lain. Nggak bakalan nyambung!

    Analisa-analisa seterusnya makin ngawur!!!

    Si Komo bahkan tidak bisa membedakan antara kalimat “yg terdahsyat setelahnya, adalah Krakatao” dengan kalimat anda “yg terdahyat adalah Krakatao”. Antara kalimat “secara beriringan/bersama” dengan “secara tunggal”

  101. Menurut Alqur’an, Kerajaan Atlantis adalah Indonesia yang dulunya adalah satu pulau menyatu dengan daratan Asia, disebut Kerajaan Saba dengan Ratu Balqis sebagai penguasanya, di pulau Jawa terkenal dengan sebutan Ratu Boko. Ratu Boko diperistri Nabi Sulaiman, maka jadilah Nabi Sulaiman penguasa Benua Atlantis, tapi sepeninggal Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis, rakyat Atlantis berpaling dari ajaran Allah, maka Allah mengirim kepada mereka banjir besar yang menyebabkan Benua Atlantis ini terpecah menjadi kurang lebih 17.000 pulau. Peninggalan bangunan Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis adalah Sandi Borobudur, Sandi Prambanan, Istana Ratu Boko. Khusus Sandi (Candi) Borobudur merupakan Sandi (Kode) yang terdapat dlm Alqur’an, reliefnya bercerita tentang kisah Nabi Daud, Nabi Sulaiman, Ratu Balqis dan Burung Hud Hud sebagaimana tertera dalam Alqur’an. Untuk lebih jelasnya silahkan akses http://WWW.SSQ-DLA.COM, semoga menjadi pelajaran berharga bagi generasi yang akan datang, bahwa nenek moyang kita adalah Penguasa Dunia sekaligus Nabi Allah yang membawa Agama Islam

  102. Keberadaan Atlantis aja blom pernah dibuktikan.. Ini malah ngeclaim sana sini Atlantis ada di sini Atlantis ada di situ.. Udah banyak researcher2 dari luar negri yang mencari keberadaan Atlantis, udah banyak teori mengenai Atlantis, lokasi keberadaanya, dan penyebab hancurnya Atlantis, tapi sampai sekarang tidak ada bukti bahwa Atlantis benar2 sudah ditemukan.. Mungkin tidak salah kalo saya bilang bahwa Atlantis hanya ada diangan2 Plato..

    Jadi tolong jangan mudah kepancing sama para conspiracy theorists.. Kalo emang Atlantis ada di Indonesia, mana bukti2 peninggalannya? Masih banyak peninggalan peradaban masa lalu di tempat lain yang lebih canggih dari peninggalan2 peradaban di Indonesia.. Jadi sekali lagi, get your facts straight..

  103. Weleh-weleh orang sekarang jadi pinter semua gara-gara ada internet, coba enggak ada, gimana???..

    Semua pinter nggih to pak de?

    Urun ngobrol soal Atlantic, jangan jangan nasibnya sama kaya Bank Century, iya enggak iya enggak iya enggak iya enggak sampek lupa kalo kita punya anak dan bentar lagi sudah mau kuliah dst dst dst (buat yang punya anak). Disisi lain cuaca udah enggak kondusif lagi buat kita, Capek deh….

    Mungkin lo ya (sekali lagi mungkin). Semua pake teori sama-sama canggih, tapi mungkin (sekali lagi mungkin) pada lupa begitu daratan sangat luas terhempas masuk bumi, maka yang terjadi adalah menarik semua benda2 disekitar daratan luas tersebut ( persis matahari mati, yang ketika mati malah menghisap sekitarnya dengan amat lahap) atau ketika anda masukkan piring ke dalam air maka yang tertarik adalah air di sekitar piring (BUKAN YANG DI BAWAH PIRING). Wheits… saya tahu sebagian bakal ngomong ini bukan air bung/ mas/ pak/ dll… Coba mari lihat kita ini cuma debu kecil di kosmos emang bisa apa???? paling bekoar kaya saya ini kan???

    SILAHKAN TEST ANALOGI SAYA….

    JADI BUAT SAYA SAH- SAH SAJA INDONESIA ADALAH ATHLANTIC. NGATEN PAK DE?… TEMAN2 LHO… KOK JADI DIAM????

    Maaf ya kalo ngga sependapat….

  104. Salam

    Pak Rovicky, tulisan ini bagus sekali. Saya ada pertanyaan nih. Pak Rovicky khan mengutip pendapat Bernard Harrison and Friends tentang kondisi pulau-pulau pada zaman es, yang notabene berbeda dengan pendapat Pak Santos.

    Pertanyaan saya, apa pertimbangan Pak Rovicky lebih mempercayai pendapat Bernard Harrison tsb? Boleh saya tau siapa Bernard Harrison tsb?, soalnya saya cari di google koq gak ada info tentang dia. Terus, pendapat mainstream para ilmuwan sendiri bagaimana, termasuk Pak Rovicky sendiri?

    Terima Kasih

  105. makanya sebagai bangsa tertua didunia, indonesia harus malu dengan dirinya sekarang. berubahlah menjadi lebih baik karena kita adalah bangsa yang besar bahkan dahulu kerajaan2 sriwijaya, kutai dsb disegani sampai seantero dunia.

    sadarlah para pemimpin bangsa!

  106. Dalam kisaran 10.000 tahun sebelum Masehi

    Adam dan Hawa
    Inilah kakek-kakek-kakek-kakek-kakek….moyangnya Harry Narto Puryantoro, begitu dia ada dibumi sudah LANGSUNG BISA LARI ( gag netek dulu pada ibunya ).
    lalu,
    pergi mencari tempat meletakkan sperma untuk menurunkan anak-anaknya
    ( nenek-nenek-nenek-nenek-nenek…moyangnya Harry Narto Puryantoro )

    Manusia benua Atlantis, kau berasal dari keturunan inikah…??? YA ; TIDAK.
    bila jawabnya YA, lalu ke pertanyaan ke dua
    bila jawabnya TIDAK, maka selesai sudah.

    untuk inget-ingetan :
    Nabi Adam

    Nabi Nuh ; air Bah

    Nabi Musa ; piramid

    Nabi Isa ; awal tahun Masehi

    Nabi Muhammad saw ; 571 Masehi, Al-Quran

    Sekarang.

    dari urutan waktu diatas,
    Manusia benua Atlantis, zamanmu terletak pada urutan yang mana ??

    Harry Narto Puryantoro menanyakan 2 pertanyaan ini
    karena ketertarikannya kepada penghuni benua Atlantis, bukan mengenai lokasi tanah yang kerendam air…

  107. Menurut saya, mungkin saja apabila Indonesia itu adalah Atlantis. Karena, di Indonesia banyak sekali terpendam Mutiara, Emas, Batu karang, Berlian dll di dalam laut Indonesia.

  108. “Lha mbok uteg-ke podho kanggo mikir kemakmurane kawulo-alit sing isih podho nelongso. Coba uteg-ke digenahke: benua sing ketok moto ae dirusak, kok malah kurang penggawean mikir sing ora ketok ….. oaLah, kadohan panjangkah mu nggEr…..”.

  109. yang penting sekarang gimana tho Bro…?!

  110. mas aroon, tulisan sampean : “ingat mungkin ini hanya sebuah isyarat bahwa kita ibaratkan bahwa teknologi kita sekarang ini seperti seekor ikan yang lahir besar dalam sebuah akuarium, yang mana ‘teknologi’ ikan tersebut belum bisa mencapai atau bahkan membayangkan bahwa ada ruang hidup yang luar biasa dan tak tergambarkan seperti di lautan bebas…” tak ambil yah.. aku seneng tulisan sampean iki. Tak suimpen trus sbagian tak deleh no tembok pisbuk ku. sepurane yen ora pareng.

  111. Wah analisa attack-nya ngawur ini.
    Tentang pencairan es akibat letusan gunung berapi simak BBC – Earth The Power of The Planet
    Para ilmuwan mengemukakan theory berdasarkan dari bergai hipotesis dan evidence terbaik yang dimiliki, jadi bukan seperti dukun. Kalo memang ada theory atau bukti yang lebih baik, maka theory sebelumnya akan di update menyesuikan yg terbaik. Ngga ada salahnya sebuah theory di release asalkan rational. Mengenai penamaan tempat jangan sok tau kalo ngga pernahbelajar bahasa lain, sebagai contoh kalo ketemu orang yang namanya Muhammad apa mesti dia dari Arab??? Orang2 jaman dulu sangat kental dengan prosa, begitu pula dengan masyarakat Jawa kuno.

    Baca dulu bukunya lengkap agar tau metode dan prosedur perbandinganya. Attack anda lebih irasional tanpa di sertai data faktual yang lebih akurat.

  112. Atlantis itu negeri dari “Idea” Plato.
    Plato kan bermimpi tentang suatu negeri ideal. Lalu dia berteori tentang Atlantis.

  113. kalau bicara masalah atlantis,yg sudah pst ada di sekitar samudra atlantik’lah bukan di indonesia,dr peninggalan saja,sudah sangat beda bgt.pakai logika lah.bro

  114. untuk mengomentari ini, saya hanya mungkin mengulang dari beberapa pendapat teman2 sebelumnya.
    apapun itu hipotesa yang muncul, untuk ukuran pembuktian ilmiah teknologi masa sekarang adalah sangat kecil bisa di buktikan.
    AKANTETAPI!!!, ingat mungkin ini hanya sebuah isyarat bahwa kita ibaratkan bahwa teknologi kita sekarang ini seperti seekor ikan yang lahir besar dalam sebuah akuarium, yang mana ‘teknologi’ ikan tersebut belum bisa mencapai atau bahkan membayangkan bahwa ada ruang hidup yang luar biasa dan tak tergambarkan seperti di lautan bebas…
    silahkan teman2 memikirkan sendiri esensi-nya, karna tak perlu saya menjelaskan lebih jauh…
    selamat berfantasi…karena sejauh apapun yang bisa kita fantasikan, ingat masih “hanya” disekitar “akuarium”…

  115. apakah itu mungkin…?

  116. Wah setahu saya, ide atlantis itu berada di Indonesia adalah dari Stephen Oppenheimer dari bukunya Eden in The East.

    Buku ini intinya menceritakan adanya peradaban yg mungkin jauh lebih tua dari peradaban Mesopotamia, Mesir ataupun Harapa. Letak peradabannya berada di daerah SundaLand. Pada masa ketika Sumatra, Jawa dan Kalimantan masih bersatu dgn benua Asia. Peradaban ini didiami bangsa Autronesia ( Leluhur Bangsa Indonesia dan Melayu lainnya )

    Ketika zaman es berakhir dan Jawa, Sumatra dan Kalimantan terpisah. Sundaland ini tenggelam dan bangsa Austonesia ini berpencar ke semua arah di dunia ini. Yang ke arah barat sampai ke Madagaskar dan ke timur hingga Polynesia (Easter Island). Ke utara sampai Hawai ke selatan sampai New Zealand.

    Bisa dikatakan bangsa Autronesia adalah bangsa yg memiliki penyebaran terluas di dunia dibanding bangsa lain di dunia ini. Penyebarannya hampir mencakup separuh dunia.

    Bisa di bilang ini adalah Theory yg berlawanan dgn Theory Out of Taiwan dari Bellwood yg mengatakan leluhur bangsa Asia Tenggara berasal dari Taiwan. Dan bisa dibilang sejalan dgn Theory Island Origin dari Solheim, hanya Oppenheimer menarik ke kurun yg jauh lebih lama dari Solheim. Peradaban ini diperkirakan Oppenheimer berasal pada zaman 20.000 – 5.000 tahun yg lalu.

    Oppenheimer juga mengatakan kemungkinan penyebaran kebudayaan bertani padi ini juga berasal dari Sundaland ini, ketika sundaland tenggelam budaya ini menyebar ke India dan China. Karna sebelumnya India (Harapa – Indus valley)dan China dikenal sebagai peradaban yg bertani gandum bukan padi.

    Jadi antlantis nya Oppenheimer tidak sama dengan antlantis yg sering diceritakan dalam legenda Atlantisnya Plato dsb.

    Pertentangan antara asal muasal budaya hal yg biasa. Tentang asal muasal bangsa Autronesia (leluhur bangsa Indonesia) dikenal 2 Theory – Out of Taiwan dan Island Origin. Asal muasal budaya Arya (Indo Eropa – leluhur bangsa Eropa dan India) dikenal Theory Aryan Invasion dan Out of India.

    Oppenheimer hanya menawarkan Theory lain tentang asal muasal bangsa Austronesia yg kebetulan berdekatan dengan legenda Atlantis.

  117. benua atlantis tidak ada.

  118. Yang menarik adalah kalo kita mengamati sejarah2 dunia kuno itu selalu ada kesamaan. Seperti bangunan bentuk piramid, hampir diseluruh bagian dunia ada peninggalan kuno yang berbentuk piramid. Pernyataannya adalah? apakah kebudayaan2 itu berasal dari satu sumber? Kalo menurut saya bisa jadi tidak. Pada saat itu kalo manusia ingin membuat bangunan yang tinggi kuat dan tidak mudah roboh, secara gampang2an aja dia pasti akan mencontoh gunung. Dengan dasar yang lebar dan puncak yang mengerucut, Dan tentang kalo Indonesia adalah atlantis menurut saya bisa jadi benar. Saya sempat membaca ada teori dari post2 sebelumnya yang menyebutkan bahwa pada saat itu daratan eropa masih diselimuti salju, bahkan hampir seperti kutub utara. Kalo memang begitu bisa disimpulkan bahwa iklim di Indonesia pada waktu itu kurang lebih hampir seperti eropa. Dan tempat yang terbaik untuk manusia pada saat itu bisa jadi di Indonesia. Dan kalo memang dia tenggelam ! Berarti bangsa Indonesia yang sekarang itu kecil sekali kemungkinan bahwa kita itu keturunan bangsa Atlantis. Karena mereka pasti akan berimigrasi dan mencari tempat tinggal yang lain, atau mungkin kalo disimpulkan bahwa mereka mempunyai teknologi yang luar biasa tinggi ! Mungkin saja mereka bahkan sudah pindah bertahun2 sebelum. Setelah itu baru beribu tahun sesudahnya ada banyak bangsa yang pindah dan hidup disini. Dan yang luar biasa adalah budaya kita, warna kulit dan bahasa yang beraneka ragam. Yang membuktikan bahwa kita berasal dari rumpun yang berbeda-beda. Jadi pendapat saya kalo menilik dari buku Dr Santos adalah bisa masuk akal bahwa kepulauan Indonesia adalah Atlantis, tapi kalo mengenai bangsanya sendiri rasanya bukan. Demikianlah pendapat saya mohon agar para pinunjul memberikan pendapatnya. Nuwun

  119. Atlantis mungkin ada, tapi nggak mungkin di Indonesia. Benar kata Mas Komo. dilihat dari teori Kronologis WAKTUNYA BEDA. Teorinya Mas Santos utak atik waktu, atau malah nggak tahu tanggalan sama sekali.

  120. hhhhhhhhhhhmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm aku masih ragu dengan yang namanya atlantis. dari beberapa situs yg telah aku kunjungi membuat aku jadi bingung

  121. Atlantis ….pasti ado …lah,jawabnyo ado pado….KEMBALI KE LAPTOP…buuukkaaan ..EMPAT ..MATAAA…..TUKUL..TUKUL..TUKUL…., dpd..Pusing..pusing

  122. hmmm …. prcya ga prcya sih ..
    semua itu kuasa Allah .. ga ada yg tau kan ???

  123. apa pun itu…hrs ad pembuktian….

  124. ga papah klo negara gw kaya atlantis,biar negara lain pada iri…

    HoooHooooHoooo

    yang penting rakyat indonesia bisa menjaga negrinya

  125. Atlantis itu ada, pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…pasti…!

  126. dari hari ke hari ..
    koment ke koment…

    semua pendapat dan analisis yg dtuliskan anda2 semua wrga RI yg sy hormati ..
    ada dan tidaknya atlantis hanya dr kita sendri..toh bisa buat bekal ilmu kita dan bisa jadikan dongeng/cerita pd ank cucu kita..

    hanya satu indonesia tidak ada yang lain…

  127. apa bner 2012 kiamat

  128. Mas Rovicky sharusnya yg berpikir ulang…
    Saya bukannya mau menjelekkan teori sejarah tetapi bahwa kenyataannya teori sejarah yang kita pakai slama ini juga salah.
    Masalahnya baru2 ini kan juga ditemukan bahwa ada temuan fosil sepatu yang juga sempurna mirip sistem klep sepatu sekarang dan ditemukan pada lapisan batu tua, ini artinya sebenarnya di zaman itu telah ada teknologi yang canggih pula alias sbnrnya kita menemukan lg penemuan di ms lampau.
    Lho buktinya saja Piramida Mesir stinggi itu dirskan tdk mgkn diciptakan manusia scara smpurna sprti itu, dan diduga kuat zaman itu dihuni manusia raksasa,demikian pula terjadi perulangan di masa manusia raksasa di dataran Jawa, saya kira teori historis ini yang perlu diluruskan.
    Saya s7 dgn pdpt teman saya di atas yg menyatakan adanya teori pemurnian umat manusia di mn manusia mencapai tgkt kesombongan tertentu Allah murka dan membinasakan mereka.
    Sedikit dari yang tersisa akan memulai adanya kehidupan baru dan membangun generasi yang baru, coba deh lihat ini ceritanya mirip Nabi Nuh.
    Dan ini jlas menyatakan teori historis yang kita pakai slama ini juga salah, namanya zaman sdh berkembang smua prlu kita telaah lg.
    Smua yg dlu bnr gk mutlak bnar skrg, dan ini jg bkn brarti saya mengatakan teori yang dinyatakan secara geologis itu benar.
    Tetapi memang pendekatan ini dirasakan lebih baik untuk mengungkap kejadian karena tinjauan historis sendiri itu rancu patokannya.
    Sebaiknya untuk penelitian juga harus ditinjau segi historis maupun fisiknya, karena gak ada yang namanya kesempurnaan dalam ilmu.
    Semua misteri ilahi.
    Demikian pula saya menyangkal teori Darwin maupun teori historis.
    Karena pendekatan ketuhanan yang arahnya metafisika atau di luar batas pemikiran manusia memang terkdg memiliki kekuatan tersendiri.
    Namanya teori sah2 saja disangkal, tp kebebasan berpendpt tdk blh ditindas.
    Dan saya akhirnya lbh menyetujui teori real Atlantis sendiri drpd teori sejarah yg sdh usang tnpa peninjauan kembali fakta2 yg tlah berlaku.
    Lah wong orang ilmu dr luar aja slg menghormati kok wong Indonesia ora ngerti slg menghormati.
    Kita liat aja ini sm dgn kisah Atlantis di mn orgnya yg dlu baek2 malah jd pd edan n kesetanan smua.
    Pantes aja Tuhan marah n ngehukum kita dgn berbagai bencana,
    hrsnya kita yg mikir manjang.

  129. terus berfikir dan meneliti saja…masalah benar dan salah itu milik Tuhan…dulu penemu-penemu teknologi juga dikatakan gila oleh orang-orang, karena memang pikiran mereka belum mengerti..nabi-nagi saja dipeolok2 oleh kaumnya kok..istiqomah.salam

  130. lucu tenannnn……ayo terus..teruusss…

  131. Saya pikir si komo ini orang yang sedikit berilmu dan bingungan, selalu menyangkal teorinya pak santos yang jelas2 diatasnya si komo, ilmuwan kok lawan si komo, ya susah nyambung, heeeeeee

  132. kenalan dulu, i orin. facebook: orin nata…hehehe…numpang tenar gpp ya.
    ok deh, sekarang i mo ‘comment’. Gini aja…daripada pada bingung antara nyambung gak nyambung,mending kita menghibur diri.Lha terlanjur kuciwa je. Biarpun kuciwa alias kecewa, btw i sebagai orang indonesia bangga dengan kekayaan budaya kita. Kan lebih heboh dari atlantis tho? dari sabang sampe merauke (eh salah ya, tolong diedit dong…coz katanya abiz tsunami ada yang ilang satu pulau…tapi bukan atlantis khan? hehehe)lha iya kita kaya budaya. semuanya ada. Kalo i sih jd inget ceritanya borobudur. Dulu kan pernah ketimbun tanah gara-gara gunung meletus tho? Borobudur itu dulunya ada di tengah danau. mungkin kayak danau toba yang ada pulau samosirnya gityu kali yak?! Nah itu candi baru ditemuin ma orang belanda secara gak sengaja,katanya sih gitu..tolong kalo salah diralat yah? coz bukan dari jurusan sejarah je…hehehe…makasih

  133. indonesia banyak dihuni berbagai macam suku …. jika kita melihat suku2 tersebut , maka bisa dikomparasikan dengan berbagai bangsa di seluruh dunia …salah satu contoh : suku irian hampir sama kontur tubuhnya dengan bangsa afrika hanya saja sudah beradaptasi dengan alam setempat (afrika)selama ribuan tahun. dan bukan tidak mungkin jika apa yang diributkan diatas itu bukan sekedar dongeng ataupun legenda..hanya dari bukti2 sejarahlah kita dapat mempelajarinya..terima kasih.

  134. Paling enak nanya ma mbah maridjan aja.Minta “rogoh sukmo” tuh om plato,terus ditanyain, dia cerita atlantis tuh ngarang buat cerpen majalah misteri atau emang bener dia pernah dateng kesana, mungkin naik si komo dino,hehehe…

  135. jika dilihat dari bentang alam di google earth, luas juga cakupan atlantis, dari india sampai papua, dari jepang sampai pulau rote, sebenernya kita ga bisa claim kalau atlantis itu indonesia, sebab mencakup india, vietnam, laos, burma, china selatan, tibet, jepang, malaysia, philipina, png. mereka semua berhak mengclaim atlantis ada di sebagian wilayah mereka. lagipula ngapain dibanggain, lha wong atlantis itu negeri yang rusak moralnya, sehingga Allah murka dan mengazab mereka dengan menenggelamkan atlantis di bawah permukaan laut kecuali mereka yang sadar dan beriman pada tuhan dengan mengikuti perintah Nuh untuk naik kapalnya, (itu juga kalo bener Nuh itu dari atlantis), kalau memang atlantis itu indonesia, berarti kita harus lebih instrospeksi diri kita lebih dalam lagi, jangan-jangan sifat atlantis yang negatif masih ada dalam diri kita, yaitu sombong, serakah, bangga diri, pembangkang kpd tuhan,,, dll kynya masih panjaang tolong anda sebut sendiri, jadi jangan bangga,,,, kalo melihat sisi positifnya bahwa atlantis punya peradaban tinggi, itu benar, berarti kita punya semangat untuk membangun negeri ini untuk lebih maju lagi, tapi kita ingatkan dulu para koruptor dan perusak negeri agar berhenti, sukur-sukur kalo mereka bisa sadar dan kemudian bertaubat sebelum Allah menengelamkan mereka, itu kalau mau di ingetin kalau ga mau ya biarin aja, ntar juga mati sendiri…
    jadi mau di indonesia atau dimana biarin aja yang penting kita bergerak terus untuk maju, merdeka!!!
    satu lagi kalau malaysia masih nge klaim sesuatu punya kita, nanti kita klaim aja kalau malaysia itu bagian dari indonesia, beres kan?

  136. atalntis mau ada di indonesia kek.. di malaysia kek (sapa tau malaysia mengklaim atlantis pusatnya di sana seperti klaim meraka pd apapun yg kita punya), atau cuma mitologi kek.. itu bukan persoalan mendasar rakyat indonesia… tetapi falsafah ttg kehidupan bermasyarakat di atlantis sangatlah pantas ditiru.. ttg wellfare state khususnya,,, supaya indonesia ndak carut marut seperti sekarang..

  137. Saya awam dalam hal teori Atlantis, tetapi sebagai warga negara Indonesia, terlepas dari benar atau tidaknya teori pak Santos ini, saya akan lihat plus dan delta dari tulisan pak Santos. Plus nya adalah, Indonesia akan lebih terkenal dengan promosi GRATIS. Belahan dunia lain yg tadinya tidak pernah mendengar, bahkan tidak tahu Indonesia, akan menjadi mau tahu dan tertarik. Wisatawan akan lebih banyak datang ke Indonesi, termasuk saintis yg akan membuktikan ocehan pak Santos. Kalau para ahli manca negara datang ke Indonesia, mereka harus melapor dan ditemani oleh para ahli Indonesia, sesuai bidang masing-masing sewaktu melakukan penelitian, maka para ahli Indonesia akan dapat belajar GRATIS lagi dari ahli asing, baik ilmunya maupun etos kerjanya (Tidak perlu keluar uang banyak sekolah keluar negeri). Makin banyak wisatawan, berarti pundi-pundi rupiah negara akan bertambah. Makin banyak wisatawan ilmiah, akan makin bertambah pula ilmu para ahli kita. Kita juga bisa belajar dari masa lalu, bahwa betapapun hebatnya kita, ada lagi yg jauh maha hebat, yang bisa menenggelamkan Atlantis hanya dalam satu hari satu malam. Delta(Negatif)nya, setiap wisatawan akan memperkenalkan budaya mereka termasuk dengan budaya pergaulan yang tidak sesuai dengan ajaran agama. Bagaimana menangkisnya ? Yaitu dengan cara pahamilah agama dengan logika (belajar) dan nurani (mintak bimbingan yang maha kuasa pada jalan yg benar). Mohon perlindungan kepada yg maha kuasa agar tidak taklik pada salah seorang guru, walaupun dia punya kharisma dan berwibawa.
    Silahkan menyangkal, tetapi jangan pakai ilmu yg dangkal. Contoh; “Kakek saya pernah bercerita, bahwa kakeknya tidak percaya kalau kapal ada yang terbuat dari besi.Alasannya, jarum ditarok diair tenggelam, apa lagi besi yg lebih besar dari rumah (maklum saya berasal dari pedalaman kaki bukit barisan Sumatera, jauh dari laut).
    Kesimpilan saya Ocehan pak Santos ini akan menguntungkan kalau kita mau memanfaatkanny.

  138. Sedikit menambahkan refrensi dalam diskusi “ATLANTIS”, thx:

    Peneliti AS menyatakan Atlantis is Indonesia

    Benua Kuno Atlantis Ada di Indonesia?

    JAKARTA — Para peneliti AS menyatakan bahwa Atlantis is Indonesia. Hingga kini cerita tentang benua yang hilang ‘Atlantis’ masih terselimuti kabut misteri. Sebagian orang menganggap Atlantis cuma dongeng belaka, meski tak kurang 5.000 buku soal Atlantis telah ditulis oleh para pakar.

    Bagi para arkeolog atau oceanografer moderen, Atlantis tetap merupakan obyek menarik terutama soal teka-teki dimana sebetulnya lokasi sang benua. Banyak ilmuwan menyebut benua Atlantis terletak di Samudera Atlantik.

    Sebagian arkeolog Amerika Serikat (AS) bahkan meyakini benua Atlantis dulunya adalah sebuah pulau besar bernama Sunda Land (Paparan Sunda), suatu wilayah yang kini ditempati Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Sekitar 11.600 tahun silam, benua itu tenggelam diterjang banjir besar seiring berakhirnya zaman es.

    ”Para peneliti AS ini menyatakan bahwa Atlantis is Indonesia,” kata Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof Umar Anggara Jenny, Jumat (17/6), di sela-sela rencana gelaran ‘International Symposium on The Dispersal of Austronesian and the Ethnogeneses of the People in Indonesia Archipelago, 28-30 Juni 2005.

    Kata Umar, dalam dua dekade terakhir memang diperoleh banyak temuan penting soal penyebaran dan asal usul manusia. Salah satu temuan penting ini adalah hipotesa adanya sebuah pulau besar sekali di Laut Cina Selatan yang tenggelam setelah zaman es.

    Hipotesa itu, kata Umar, berdasarkan pada kajian ilmiah seiring makin mutakhirnya pengetahuan tentang arkeologimolekuler. Tema ini, lanjutnya, bahkan akan menjadi salah satu hal yang diangkat dalam simposium internasional di Solo, 28-30 Juni.

    Menurut Umar, salah satu pulau penting yang tersisa dari benua Atlantis — jika memang benar — adalah Pulau Natuna, Riau. Berdasarkan kajian biomolekuler, penduduk asli Natuna diketahui memiliki gen yang mirip dengan bangsa Austronesia tertua.

    Bangsa Austronesia diyakini memiliki tingkat kebudayaan tinggi, seperti bayangan tentang bangsa Atlantis yang disebut-sebut dalam mitos Plato. Ketika zaman es berakhir, yang ditandai tenggelamnya ‘benua Atlantis’, bangsa Austronesia menyebar ke berbagai penjuru.

    Mereka lalu menciptakan keragaman budaya dan bahasa pada masyarakat lokal yang disinggahinya dalam tempo cepat yakni pada 3.500 sampai 5.000 tahun lampau. Kini rumpun Austronesia menempati separuh muka bumi.

    Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI), Harry Truman Simanjuntak, mengakui memang ada pendapat dari sebagian pakar yang menyatakan bahwa benua Atlantis terletak di Indonesia. Namun hal itu masih debatable.

    Yang jelas, terang Harry, memang benar ada sebuah daratan besar yang dahulu kala bernama Sunda Land. Luas daratan itu kira-kira dua kali negara India. ”Benar, daratan itu hilang. Dan kini tinggal Sumatra, Jawa atau Kalimantan,” terang Harry. Menurut dia, sah-sah saja para ilmuwan mengatakan bahwa wilayah yang tenggelam itu adalah benua Atlantis yang hilang, meski itu masih menjadi perdebatan.

    Dominasi Austronesia Menurut Umar Anggara Jenny, Austronesia sebagai rumpun bahasa merupakan sebuah fenomena besar dalam sejarah manusia. Rumpun ini memiliki sebaran yang paling luas, mencakup lebih dari 1.200 bahasa yang tersebar dari Madagaskar di barat hingga Pulau Paskah di Timur. Bahasa tersebut kini dituturkan oleh lebih dari 300 juta orang.

    ”Pertanyaannya dari mana asal-usul mereka? Mengapa sebarannya begitu meluas dan cepat yakni dalam 3500-5000 tahun yang lalu. Bagaimana cara adaptasinya sehingga memiliki keragaman budaya yang tinggi,” tutur Umar.

    Salah satu teori, menurut Harry Truman, mengatakan penutur bahasa Austronesia berasal dari Sunda Land yang tenggelam di akhir zaman es. Populasi yang sudah maju, proto-Austronesia, menyebar hingga ke Asia daratan hingga ke Mesopotamia, mempengaruhi penduduk lokal dan mengembangkan peradaban. Tapi ini masih diperdebatan.

    (imy )

  139. Siapa nama lengkap mbah buyut dari mbah buyut kalian? setelah itu baru ngomongin atlantis. peace bro

  140. NGGAK SETUJU Indonesia Atlantis, soalnya berarti MALAYSIA Atlantis juga dong ? atau minimal tetangganya… negara ter-nggak kreatif sedunia itu nggak mungkin dulunya Atlantis…

  141. kita bukan keturunan bangsa atlantis tapi keturunan indochina (pelajaran sejarah SLTP: nenek moyang bangsa indonesia berasal dari Yunan), karena bangsa atlantis telah dimusnahkan dengan ditenggelamkan, kalo indonesia merupakan bekas benua atlantis mungkin saja ada benarnya tapi kita bukan keturunannya, kita hanya menempati tempat bekas bangsa atlantis berada, seperti rumah kosong yang ditinggal pemiliknya terus kita tinggal dirumah tsb..

  142. :) yang jelas si komo ini teman saya yang sangat suka koleksi taneman. Lha ternyata selain suka koleksi anthurium, si Komo ini juga suka baca buku2nya Plato to? weleh2….hebat tenan

  143. blog bagus

  144. -@ cakra. Bukannya saya pelit atau ogah sharing. Tapi memfotocopy buku secara utuh merupakan tidakan melanggar hukum. Saya sarankan mencari di beberapa toko buku yg lainnya. Nanti kalau saya lihat ada, akan saya beritahukan.

  145. walau indonesia bukan atlantis, walau indonesia negara korup, walau indonesia sarang teroris, walau indonesia titik…… titik…. aku tetap cinta indonesia, hehehe…. yang nga suka ya pergi aja sono gih…

  146. walau indonesia bukan atlantis, walau indonesia negara korup, walau indonesia sarang teroris, walau indonesia titik…… titik…. aku tetap cinta indonesia, hehehe…. yang nga suka ya pergi aja sono gih…
    *peace*

  147. Pak Dhe Rovicky, saya tertarik dengan pro-kontra pembahasan “atlantis=Indonesia” yang anda angkat dalam blogs ini.
    Apabila Pak Dhe dan Si Komo telah mengambil hipotesa tersebut, tentunya Pak Dhe dan Si Komo telah membaca/memiliki buku karya Prof. Arysio Nunes dos Santos tersebut. Kebetulan saya sudah berbulan-bulan mencari buku tersebut namun belum juga menemukannya hingga saat ini, kalau boleh saya ingin meminjam atau di copy-kan buku tersebut (tentang biaya akan saya ganti). terima kasih

  148. ikut nimbrung pakdhe… :)

    kalo ngebahas atlantis, lemuria, jelas gag akan nyambung jika sekedar memahami dg bahasa akal tanpa dengan bahasa keimanan.
    usia Nabi Adam (manusia pertama) saja masih berkisar lk. 10ribu tahun! pernahkah ada studi ilmiah yg mempelajari usia Nabi Adam hingga sekarang? sudahkah ada jawaban tentang usia kerangka manusia di sangiran yg jutaan tahun itu? apakah itu keturunan peradaban Nabi Adam? heheh
    siapakah penghuni manusia sebelum Nabi Adam diturunkan di bumi ini?
    BANU AL-JAAN!so? bukankah atlantis dan kemajuan peradabannya adalah dari kalangan BANU AL JAAN ini?

    monggo dilanjut…

  149. indonesia = atlantis? so what?!
    bener atau nda, kebanggaan itu cuma milik orang atlantis.
    trus kebanggaan kita gmn?
    kita boleh bangga karena :
    1. indonesia = salah satu negara terkorupsi
    2. indonesia = salah satu negara pengrusak hutan terbesar
    3. indonesia = salah satu negara gembong teroris
    4. indonesia = ….

    akh…apa yang mau kita banggakan pada anak cucu kita nanti!

  150. Kalo getu SBY adalah Raja Atlantis dan Barack Obama kecil pernah jadi anak atlantis juga. Kalo cerita Mas Plato (temennya Akri sama Eko) kalo Atlantis itu emang identik sama negeri kita. Emas melimpah di Bombana, Plutonium and Uranium di Laut Jawa (Juga TKW dari Dermayu) rasanya sih emang bener. Inget Lini di Tasik dan Gampo-Balado di Padang kemarin, jangan2 bener kalo kejadian Atlantis II bakal berulang di Indonesia. Pengen juga konfrontir Prof. Santos sama Pak De Rovicky di acara “Kick Andy” biarpun udah cukup terlambat (Eh… Tapi Mbah Santos emangnya masih jumeneng??? jangan2 dah mokat tuh bule!)

  151. Teori Prof santos sebenarnya sangat menarik, kalau yang saya baca:
    1. point ini malah mendukung teori dia, dia ga bilang pulau2 kita jadi satu. Tapi terhubung jadi satu.
    2. Inikan teori Plato bukan Santos bisa aja plato salah prediksi kita aja yang lebih canggih masih sering salah
    3. Kok yang saya baca beda ya, letusan gunung berapi diikuti gempa dan menimbulkan tsunami besar ini yang menengelamkan atlantis.
    4. Point ini belum baca ga bisa kasih komen
    5. Poin lima menurut dia bukan ditarik lurus secara kronologis, karena piramida aztech dan mesir juga ngga sejaman. Maksud dia yang saya tangkap sih: 3 benua dengan jarak yang jauh mempunyai garis persamaan yang jelas yang artinya ada keterkaitan. Padahal ngga ada komunikasi satu sama lain.

    Kalau masalah bangga?!
    Jangan bangga dulu kalau kita baca menurut dia saat atlantis tenggelam/hancur mereka yang berkebudayaan tinggi/kaum elite dan orang pintarnya pergi mencari tempat lain. Dan golongan kelas dua, mungkin ga dapet tiket kapal heheehe, yang tetep tinggal. Artinya berarti kita ini golongan kelas dua!!!!

    Piss ah

  152. Gimana kalo kita claim aja bahwa Atlantis = Indonesia (Sunda land) perkara pembuktian menyusuuuuul…… daripada keduluan sama tetangga sebelah, hayooooo…..

    Ini bekal penting buat anak cucu kita kedepan, dengan mengetahui leluhurnya orang2 hebat dan pusat peradaban dunia, semoga kelak mereka mengikuti jejaknya. Tapi tetp ingat bahwa sehebat2nya suatu bangsa (manusia) tidak bisa mengalahkan Alam Semesta….

    Nenek Moyang ku…orang pelaut = Atlantis……

    Salam…

  153. diskusi yang menarik…

  154. In suatu informasi bagi bangsa Indonesia. Boleh percaya atau tidak, yang penting cukup menarik untuk direnungkan. Mudah-mudahan Indonesia lebih dikenal lewat buku dari Prof. Santos.

  155. Kalau kita ingat cerita nabi Nuh yang kotanya di tenggelamkan oleh Allah SWT, bisa jadi kota nabi Nuh itu yang kita kenal dengan kota atlantis, karena bisa jadi kekufuran manusia kepada Tuhan lebih disebabkan karena mereka merasa sangat pintar dan sangat hebat. saya belum mendengar dimana sebenarnya kota yang ditenggelamkan oleh Allah itu? Kalau ada yang bilang bahwa Indonesia itu adalah Atlantis, wah saya sih senang senang ajah, tapi jangan sampai kita seperti orang malaysia yang suka ngaku-ngaku milik orang lain, hehehe

  156. Indonesia adalah Atlantis yang hilang.Amazing dan Membanggakan.Siapkan mental sbg bangsa besar,siapkan diri untuk selalu bekerja keras.Indonesia majulah….

  157. gagal maning..gagal maning indonesia jadi bagian besar dari sejarah dunia. tapi makasih pakdhe, jadi ngerti juga krono-logisnya atlantis-indonesia :)

  158. setuju ama stanley, ntar malaysia yg klaim bhuahaha.. kan sesama atlantis..

    ngomong2 kenapa di google earth laut dangkal indonesia buram sekali, tidak terlihat dasar lautnya :(, kayak dihapus photoshop.
    yg pasifik lekuk dasar terlihat jelas, juga laut lain, yg laut dangkal indonesia emangnya rata muluskah?

    sapa tahu dasar laut inonesia itu byk arkeologi, kapal2 zaman dulu,atau bangunan…

    armada kapal indonesia yg sederhana dulu sepertinya juga sudah sampai asia,india,arab,dll..

    mungkin.

  159. sudah setuju aja klo benua yg hilang itu, Indonesia. Ntar di klaim malaysia baru sewot sendiri….

  160. Kalau benar Atlantis hanyalah Mitos, berarti punya kans untuk menjadi sebuah sejarah….Atlantis yang digambarkan Plato, mungkin kehidupan manusia sebelum manusia kita sekarang(Ini kalau anda tidak berfaham Darwinisme). Memang benar, Realita yang belum terungkap secara ilmiah selalu dianggap mitos. Tetapi banyak pula mitos yang akhirnya menjadi realita sejarah karena mampu terungkap secara ilmiah….

  161. setuju..
    indonesia the new atlantis..
    asal jangan berakhir sama dengan atlantis.
    :)

    gempa kmrn jadi bikin takut..

  162. beginilah orang2 indonesia…
    saat negaranya di angkat2.. malah kita orang indonesia sendiri menyangkalnya…
    nggak ada bangga sama sekali dengan negaranya….
    trus… tersinggung saat diakui sama negara lain..

    kenapa nggak kita Proklamirkan….

    “INDONESIA. THE NEW ATLANTIS”…..

  163. sblm hindu,budha,islam,kristen org indonesia udh pny agama sndri budhi pakerti

  164. fuck….ak yakin indonesia atlantis.i love u full indonesia.tunjukan jati drmu sbg org indonesia.sbg org yg berbudi pakerti

  165. mengomentari http://rovicky.wordpress.com/2006/11/11/benarkah-indonesia-itu-atlantis/#comment-25197

    Sebelum Nabi Adam ada yg di Bumi lho bos, yaitu Mbah Iblis :) Atau mungkin Mbah Iblis itu yg mendiami Atlantis (Indonesia-Jawa) kita ini yak?

  166. repot amat mikirin atlantis……………….. pikirin ja rumah lo yang hancur kena gempa hahahahahaha

  167. Busyeeeet…pada ngeributin Atlantis, kalo emang bener atlantis ada…para scienties amerika akan berbondong bondong datang ke sana. Yang pasti mereka akan nyelam ke dasar laut dan mempergunakan kecanggihan teknologi mereka, INGAT menurut legenda banyak sekali emas,intan dan permata yang ikut tenggelam di sana. pasti dong para ilmuwan itu akan ngambilin tuh perhiasan…tapi itu kan ga terjadi (Ya ga akan terjadi,wong atlantis sendiri itu mah cuma dongeng) ilmuwan yang menerangkan seperti begitu sungguh keterlaluan, udah gila (apa pura pura gila biar dikira einstein)
    kalo emang atlantis ada,pasti mereka akan menemukan beberapa keterangan tentang atlantis tersebut, siapa kaisarnya,siapa perdana menterinya,siapa ratunya ? ga ada kan? jaman itu belum ada kertas pasti kalo mo nulis di batu atau dipahat, tu kan ga akan hilang oleh air laut,karena bukan besi (kalo besi kan karatan)
    Nah,itulah media yang terlalu banyak bikin macam macam. ga di saring dulu. Kaya gempa kemarin aja…salah satu stasiun TV mengatakan dengan sombongnya bahwa KOTA TASIKMALAYA hancur, bohong…saya aja yang tinggal di kota tasikmalaya,tidak banyak menemukan rumah hancur. Adapun yang hancur itu marupakan rumah tua yang tanpa semen. ada juga yang ambruk karena kayu penyangga rumah itu sudah lapuk, dua hal itu yang menyebabkan ambruknya 5 rumah di KOTA TASIKMALAYA, ingat ya KOTA TASIKMALAYA.
    Menurut saya seharusnya media massa apapun juga bentuknya, berikanlah keterangan dengan BIJAKSANA, dan TIDAK MENAKUT NAKUTI. Bacakan NARASI BERITA dengan intonasi yang betul hingga mudah dimengerti oleh masyarakat umum bukan oleh para ilmuwan.
    Salam dari TASIKMALAYA.

  168. hehehe….. kok pada ribut ama atlantis? bro, atlantis tu kan cuma karangan plato aja, secara ilmiah ja blm dfapat dibuktiin. cerita itu sama seperti cerita mau tidur contohnya roro jongrang, atau tangkuban perahu, atau danau toba. nah pernah gak kita membahas secara ilmiah tentang cerita didaerah kita sendiri dan buat penelitian tentang itu? bye-bye

  169. Kl menurut saya, mau Indonesia atau negara apapun itu, gak jd masalah. Yg terpenting adalah ilmuan Qt jgn cm bs berteori berdasarkan asumsi saja. Kan gak fair jg, kl “menertawakan” teori seorang ilmuan besar yang mana teori tersebut didasarkan atas penelitian dengan teori yg sifatnya asumsi subjektif. Sama halnya dgn supporter sepak bola yang mengkritik habis2an pemain seakan-akan dia lebih hebat…

  170. malaysia juga atlantis kali? haha

    atlantis ato kagak yg penting ekonomi jgn ancur, jgn perang..
    lahir sehat di atlantis, hidup berkecukupan, ga jahatin org,….
    lalu mati direlakan dan dsayang keluarga serta kerabat,

    lalu dikubur di atlantis..

    hidup ibu pertiwi

  171. atlantis dengan segala keanekaragaman yang ada diindonesia,,
    tp sekarang sudah tidak sedekit seni budaya yang diambil oleh negara lain,, malaysia terkutuk…

  172. Sbg (keturunan) bangsa yg hwebat ga perlu nunggu bukti penelitian/persetujuan bangsa lain (inferior bangwet sweeh…), tunjukan n buktikan aja bahwa kita adalah bangsa yang maju,beradab, dan berkpribadian( ga kaya si maluy )

  173. wah seru ternyata..
    nggak ngira tulisan ini bakal dikomentari sedemikia banyak….

  174. gue niih pria atlantis..habis minum LMEN sihhh…

  175. Ingat Nabi Muhamad SAW terbang dengan kecepatan yang sangat tinggi dan itu tidak bisa disamai dengan pesawat terbang tehnologi yang ada sekarang.

    Renungkanlahhhhhh hey manusia…………..
    Maaf beribu2 maaf…………….
    Sorry gue hanya mengingatkan semuanya, kita hidup pasti akan mengalami mati, tetapi sebetulnya kita hidup hanya kita meninggalkan jasad saja di dunia dan sebetulnya kita bisa terbang setelah meninggal itu nyata bukan bohongan atau khayalan cooooyyyyyyy………………..

    Renugkanlahhhhhhh

  176. Terus terang saja setelah saya baca tentang Atlantis saya sering baca tentang sejarah Nabi, ini semuanya menjadi pelajaran bagi kita.Negara Arab saudi tadinya di di kuasai oleh orang2 yang banyak bermaksiat, pada jaman para Nabi banyak penduduknya yang peradabannya maju tapi mereka banyak berdosa yang akhir di tenggelamkan oleh gempa besar contoh satu saja kaum Nabi hud yaitu Ad peradabannya maju dan angkatan perangnyanya juga hebat tapi karena mereka banyak berdosa akhirnya di tenggelamkan oleh gempa besar tanah dibawah menjadi tanah di atas dan tanah di atas menjadi di bawah dan tidak akan bisa di ukur dengan tehnologi apappun juga.Loe baca semuanya tentang sejarah Nabi………………………………………………………..
    cobalah loe semua baca tentang sejarah para Nabi
    Kalau Loe sudah baca dan masih tdk percaya loe gobloooookkkkk semuanya, dan tdk percaya dengan keberadaan mereka sama dengan tdk beriman menurut orang yang beragama islam :
    Catat
    1. Nabi Adam berumur diturunkan ke dunia dan di dunia diberi umur panjang 1000 tahun lebih.(Dulu diciptakan Adam Allah swt langsung menjadi dewasa tdk beribu dan tidak berbapak dan hidup di surga tdk tahu berapa tahun? kalau masih tdk percaya aduhhh………..memang ini tdk bisa di ukur dengan ilmu pengetahuan karena itu rahasia Aallah swt).
    2.Tinggi badannya 40 meter karena disesuaikan dengan umur.
    3.Generasi selanjutnya Nabi Nuh adalah turunan kesepuluh (10) dari nabi Adam umur di dunia selama 950 tahun.Saya singkat saja karena terlalu panjang.
    4.Supaya kalian tahu Nabi Daud adalah seorang manusia biasa tapi bisa bikin baju besi dan besinya tanpa di tenpa oleh api tapi dengan tangannya seperti malam yang bisa dibikin sekehendak hati mau di bikin apa loe masih tdk percaya ………………
    5.Aku loncat langsung ke waktu masanya Nabi Sulaiman Loe baca di Al-quran tentang hubungannya dengan Ratu Bilqis bisa memindah kan singgasana Ratu bilqis hanya sekejap mata oleh anak buahnya dan ilmunya dari alqitab (masa itu Alqur’an belum diturunkan) loe masih menganggap hayalan dan loe masih tidak percaya, wah gue harus ngomong apa sama loe…………
    Ini memang tidak bisa di ukur dengan ilmu pengetahuan/tehnologi jaman sekarang.
    Dan harus tahu pada jaman Naabi Sulaiman Eksport-Import barang misalkan seperti pasir dan bahan bangunan dll melalui tenaga angin barang itu terbang begitu saja tapi tepat sasaran.Dan kadang2 saya berpikir apa mungkin jaman Atlantis pada masa jaman Nabi sulaiman karena Nabi Sulaiman berumur 170 tahun sedangkan masa jaman atlantis orang2nya berumur sampai 200 tahun.Apa loe masih tidak percaya, coba untuk orang Islam baca lagi Alqur’an jangan hanya jadi pajangan saja……………..
    Dan baca lagi keajaiban di masa Nabi Sulaiman.
    Loe masih tidak percaya, wahhhh gueeeeee harus ngomong apaaaaaaaa…
    6. Lu ingat Nabi Isa as, Nabi Isa lahir tanpa Bapak.Lahir Dari Ibunda Siti Mariam, jaman dulu kaumnya tidak percaya sampai sekarang kaum umat Nabi Muhamad saw sendiri banyak yang tidak percaya bahwa Nabi Isa lahir tanpa Bapak. Dan itu tidak bisa dibisa di ukur dengan tehnologi kedokteran modern sekarang da umat Islam harus percaya hal itu………….
    7.Ingat Nabi Muhamad SAW Isra mi’raj dari masjidil Aqsa ke sidratul munthaha langit ke tujuh hanya dengan 1 hari saja pada waktu itu umatnya tidak percaya di katakan bahwa itu cerita bohong cerita hayalan. eeeehhhhhh sampai sekarang umatnya juga tidak percaya. Wahhh gue haarus bilang apa …….yah… geblekkkkkk bangget…….
    Ingat Nabi Muhamad SAW terbang memakai “BUROQ” sejenis kuda terbang yang persis sama dengan “UNICORN” dijaman Atlantis……
    Ingat akhir kiamat ini Nabi muhamad SAW akan tetap memakai “BUROQ”/”UNICORN” jadi BUROQ/UNICORN masih ada hanya kita tidak tahu.
    Dan ini tidak bisa di ukur oleh ilmu pengetahuan/tehnologi sekarang, tapi itu nyata bukan khayalan………………………
    Loe semua ini cerita bohong/khayalan, hanya satu kata aku ucapakan LOe semuanya “BERDOSA”………………………………………..

  177. yang penting saat sekarang..
    masa lalu hanyalah memori, masa depan hanya impian..
    dua duanya ilusi..
    yg penting masa sekarang.
    maju indonesia!
    pokoknya ekonomi adil makmur sejahtera!

  178. orang2 semacam rovicky, sarmast, dll nantinya pasti akan tenggelam sendiri!! mereka bersifat semu!! mereka tdk mengetahui kebenaran yg sesungguhnya, dalam hal ini adalah kebenaran bahwa indonesia adalah atlantis yg hebat dan dipuji peradabannya! hidup indonesia! merdeka!! saya bangga menjadi orang timur, yaitu indonesia!!!

  179. saya sangat tdk setuju dgn si rovicky!! sok pinter!! bagaimanapun saya sangat setuju dgn ilmuwan brazil yg bernama arysio dos santos ini, karena beliau telah mematahkan teori dari ilmuwan amerika keturunan persia yg bernama robert sarmast. Si sarmast bodoh ini mengatakan bahwa benua atlantis adalah di cyprus!! di situlah munculnya bangsa superior, begitulah kata ilmuwan bodoh ini!! klaim penemuan dari sarmast ini telah mengecoh penduduk dunia, sehingga byk keuntungan2 finansial yg didapat oleh sarmast cs dari banyaknya wisatawan yg mengunjungi cyprus dgn volume yg berkali-kali lipat!! sementara di lain pihak sang ilmuwan yg bernama Prof. Arysio dos santos ini sangat jujur dan benar dalam mengungkapkan letak benua atlantis yg sesungguhnya!! yaitu di ndia bagian selatan dan wilayah di laut cina selatan hingga ke indonesia yg ternyata pusat dari atlantis ini berada di Indonesia! maka memang benar bahwa kebangkitan manusia di akhir zaman adalah dari timur! sebagaimana peradaban manusia pertama kali (adam.as) bermula dari timur!! pokoknya saya sangat kecewa terhadap si rovicky ini!!

  180. cocok kalo indonesia dulunya atlantis. negeri yang diazan dengan ditenggelamkan. karena orang2nya banyak dosa. sama kaya sekarang (emang gw orang apa yah ? wekekek) dikasi tsunami aceh, gempa pangandaran dan jogja, lumpur sidoarjo kaga mempan. Emang orang2 atlantis tuh ndablek2 …. By : Orang atlantis … wehehehe …

  181. iya iyalah.

  182. Menurut Plato Bumi itu dulunya datar, tetapi kenyataan ternyata bulat mungkin dulu plato menganalisa karena yang di jumpai daratan datar semua datar atau sambung menyambung menjadi satu sebagian lautan tapi lebih banyak daratan.Saya yakin bahwa Atlantis itu ada sama dengan sejarah cleopatra yang di bilang mitos ternyata ada….
    Dan Atlantis hilang memang hanya dalam satu hari itu bisa terjadi kalau TUhan penguasa alam menghendaki karena kerusakan oleh perbuatan manusia itu sendiri, tapi tdk semuanya bangsa Atlantis di musnahkan dan tdk semuanya masyarakat Atlantis berlaku maksiat ada sebagian yang masih beriman dan di selamatkan mungkin daratannya sebagian menjadi pulau2 dulu tdk ada pulau Indonesia ini menurut pendapat saya setelah saya membaca ceritanya.

    Sekali lagi saya yakin ini bukan mitos.Bahwa Atlantis itu ada persis seperti cerita Ratu Cleopatra yang ternyata juga sama kerajaan hancur karena gempa besar.

  183. aq percaya kok…..
    atlantis tuh adaaaaa!!aq pernah baca cerita tent ATLANTIS.bagusssss bangets decs bukunya….

  184. oh ya semua negara yg ada di katulistiwa itu suburnya bukan main….
    surganya dunia..
    ga ada salju..
    tiap hr hangat..
    makanan berlimpah..
    apapun tumbuh subur..

    cerita mahabharata tuh bener kayaknya.. perang nuklir sejenisnya..

    aku sih prefer cerita zaman nenek moyang indonesia kerajaan hindu buddha dulu kalo soal religius disangkutpautkan teknologi ilmiah.

    saat air laut masih dangkal/ zaman es… indonesia/katulistiwa daerah yg paliing hangat dan subur.

    setelah banjir besar/es mencair.. nah indonesia byk yg tenggelam..

    kita perlu pake satelit tuh untuk lihat sisa2 kebudayaan di kelautan indonesia, kudu dibuktikan dulu.. sebelum cerita maya internet ini jd pelajaran wajib sd di sekolah.

    eh ada yg bisa info tentang pyramid di china???
    bahwa daerah Xi an china byk sekali pyramid…

    liat youtube dan google.

    maklum gw org ga ada kerjaan, doyannya misteri internet, lebih seru dr harry potter, atau kuntilanak di bioskop.

  185. berikut pandangan ngawur saya..
    yg tanpa riset ilmiah dan hanya analisa angin kentut..
    tapi aku suka dgn analisa teori yg gw karang2 harsil racun internet…

    nih tolong dikritik!!!!!
    bukan SARA ya, no SARA please.. ini hanya cerita dunia maya gombal.

    atlantis.. terlepas dari indonesia atlantis… tp nyambung…

    kita lihat dulu sejarah indonesia..
    indonesia dulunya kerajaan hindu dan buddha..

    Hindu dan buddha adalah agama yang berasal dari india..
    begitu kuatnya pengaruh india ke indonesia..

    yg bisa dibilang indonesia itu bagian dari india..

    indonesia artinya : kalau saya tidak salah,
    indo = india
    nesia = kepulauan
    indonesia = kepulauan india

    karena pada saat org bule menemukan indonesia, budaya kita mirip sekali dgn india. hindu dan buddha.

    hindu dan buddha mengalami byk kemunduran pesat sejak budaya barat ( islam dan kristen masuk ke indonesia )
    VOC Portugis Belanda membawa gold glory dan gospelnya yaitu kristenisasinya. mereka menjajah dan mengkonfert org pedalaman indoensia utk menjadi pekerja mereka, budaya indonesia tradisional saat itu dianggap terbelakang dan memuja patung, tidak beradab.
    kita dijajah dan dijadikan manusia kelas dua/budak.

    bukan cuman di indonesia tapi juga perancis inggris spanyol ke amerika latin… disitu org pedalaman keturunan pyramid Aztec dijadikan budak dan dijajah serta dianggap tidak beradab.lalu dikonfert untuk menjadi bagian budaya barat.
    amerika latin yang dulunya banyak org indian, sekarang jadi fasih berbahasa spanyol portugis perancis inggris dan sudah putus hubungan atau lupa dengan budaya nenek moyang mereka.

    sudah jelas para penjajah dulu selalu menghancurkan budaya lokal, dan menggantinya dgn budaya mereka. lihat saja org indian di amerika. dan sejarah indonesia yang dijajah 300thn lebih.

    di indonesia khususnya…yang terjajah menjadi ikut terkonfert ke dalam budaya muslim yg menjadi kompetitor kristen saat itu dalam hal menyebarluaskan pengaruh barat ( arab dan eropa adalah barat disini ) yg berusaha menyebarkan budayanya.
    makanya di indonesia zaman penjajahan byk yang bersebrangan dgn belanda, adalah beragama muslim.banyak pahlawan kemerdekaan indonesia yg beragama muslim karena memang jauh dan anti belanda/pendidikan belanda.
    agama saat itu jg menjadi gep/sebrang/jurang budaya dalam hal pertempuran penduduk lokal melawan penjajahan, dan politik.
    contoh besar masa lalau hubungan agama dalam politik dan kekuasaan serta negara dan iptek di revolusi prancis.

    sedangkan di amerika latin dan negara indochina ( negara di bawah pengaruh india china seperti thailand, myanmar, dll ) tidak byk mendapat pengaruh muslim.

    agresifitas barat yg sangat cepat dan buas/ globalisasi budaya barat terjadi dalam kurun waku 600thn ini.

    tetapi apakah benar budaya barat yg telah memimpin dunia yang selama 6rts thn, ini lebih paham tentang umat manusia di bumi ?

    berkat kemajuan teknologi seperti fisika dll,hingga hari ini, banyak ahli barat yg kembali melirik ke dalam dunia timur ( khususnya budaya india dan china kuno )

    berikut poin penting yang kita dapat dari ilmu budaya barat, sejak kita sekolah dari kecil :

    1. manusia evolusi dari kera,baru ada di bumi beberapa ribu tahun ini, menurut saya, manusia mungkin sudah ada di dunia ini sejak jutaan thn lalu.. bisa saja.. utnuk teman2 baiknya buka youtube lalu ketik human origin. org bule sendiri yg mengkupasnya.
    masih terlalu dini utk manusia menarik kesimpulan tentang sejarah manusia. hubungannya dengan tuhan pencipta manusia atau evolusi tanpa pencipta?
    budaya timur kuno mengkupas hal ini lebih dalam dari teknologi masa sekarang, menurutku.

    2. amerika ditemukan org barat yaitu columbus.. tp penting utk diketahui bahwa amerika sudah ada penduduk aslinya yg mungkin sudah amat tua peradabannya.
    peradaban inca.. dan mungkin masih byk peradaban yg lebih tua lagi…
    di sepanjang katulistiwa, yaitu indonesia, india, china, amerika latin.

    budaya indoesia terutama di jawa tengah.. sangat halus…menurut saya bukan budaya tidak beradab.
    menurut kerajaan hindu dan buddha indonesia zaman dulu ( atau tepatnya nenek moyang kita )
    hidup manusia itu terjadi berulang2 di bumi, hancur dan ada lagi, kiamat dan ada lagi..
    berjuta2 tahun..
    dll..

    sekian dulu deh…
    cerita ngalor ngidul gw..
    jgn danggap serius.. jgn SARA ya.. hanya cerita angin saja.
    kalo ada cerita lebih seru mau donk.

  186. Nanggapin “Komentar oleh pusing banget — 13 Mei 2009 #”
    G stuju banget ma pandapat ini ^^v

    Ga terlalu jadi masalah Atlantis itu di Indo atau bukan…
    Tapi sejarah masa lampau,baik-buruk nya harus kita jadikan acuan untuk masa skrg n’ y.a.d.
    Yang bagus2 harus dikembangkan dan dipertahankan,yang jelek ya perbaikilah!Mau belajar dari kesalahan itu bagus koq!^^

  187. Bagi saya atlantis itu memang indonesia coba kalian lihat dengan seksama gambar benua atlantis hampir sama dengan indonesia di bagian utara benua atlantis tidak lain kalimantan coba kalian lihat dan bandingkan dengan di peta memang itu mustahil tapi kalo kalian labih seksama lagi pasti rasa tidak percaya itu musnah dari kebudayaan hambir mirip dan fauna di bagian papua juga mirip dengan fauna jaman atlantis walaupun dulu aneh aneh tapi memang begitulah atlantis adalah
    INDONESIA!!!

  188. nek indonesia dulunya atlantis kenapa ? mau apa ? banggakah kita menyebut kalau dulunya indonesia adalah atlantis benua yg digambarkan seperti surga, sedangkan saat ini indonesia sedang dlm kondisi amburadul. aku akan lebih bangga kalau menyebut indonesia saat ini menjadi atlantis atau minimal dimasa yg akan datang.

  189. atlantis ntu indonesia ? yang bener aza dh ye ???
    nda mudeng ah….,
    mank atlantis ntu apa_n sie ? —> lemot mode = on
    hehehe,,,,,

  190. penulis kok ya textual bgt..explore lagi dunk sebelum menentukan sesuatu hal itu benar atau salah…payah deh

  191. weleh weleh gitu to!

  192. Atlantis sekarang ini masih dinyatakan mitos-legenda-cerita atau apalah… mungkin karena belom adanya bukti-bukti yang benar menunjukan keadaannya.
    Menurut saya kita ga boleh skeptis, antipati sama ni yang namanya Atlantis. Saya yakin semua pada tau kan Troya (Troy)… Nah entu juga dulunya cuma di anggap mitos, legenda, cerita dll.
    Tapi pas udah ada bukti dan lokasi pasti serta peninggalannya baru aja pada mangut-mangut. Biarin aja orang me-riset Atlantis. Tentu saja komentar saya ini terlepas dari Atlantis itu di Indonesia atau bukan….
    Is it just a lagend, myth or just story? Plato mungkin bisa disebut penghayal yang hebat, begitu juga Da Vinci, Galleleo. Tapi mereka semua termasuk kaum pemikir (Scientist) pada masanya. Saya yakin 1000% kalo mereka ga akan sembarangan menulis hal yang ga bisa di per-tanggung jawabkan. Desain super hebat Da Vinci dan hasil riset Galleleo aja menjadi dasar pengembangan penelitian manusia “modern” untuk MENGEMBANGKAN IPTEK… Kenapa Plato enggak????

  193. mantaps! saya juga tidak percaya
    bagi saya atlantis cuma cerita fiksi ilmiah!

  194. besok kalau udah mati, tinggal tanya saja sama TUhan, lebih tahu karena Dia yang menciptakan Bumi^_6

  195. asik nie kalo di pasangin adsense..
    tiap yng berkunjung ngeklik sekali.. hehe :D

  196. atlantis jelasnya nggak ada di indonesia…perkembangan kebudayaan indonesia masih jauh lebih muda dibandingin kebudayaan-kebudayaan kuno lain. tapi ya ambuhlah pseudoscience ga bisa dipercaya 100%

  197. busyet hebat bangat satu artikel bisa dikoment segini banyak… salut euy,…

  198. atl atl

  199. jadi ? yang baner ap dong ?
    atlantis itu ad ato engg ? di indonesia atau bukan ?
    kata kakakku itu semua cuma mitos atau legenda atau sejenisnya ,

  200. Wallohu alam.
    Smua pendapat dan teori itu berhak dikeluarkan. Tapi yang pasti kita wajib beribadah dan berdoa mengagumi kebesaran ciptaan-Nya. Apalagi kalo bisa masuk surga kan bisa di kroscek info sebenarnya, ga debat kusir kyk gini nih

  201. mangut2 :)

  202. Nabi Adam as , yang diakui sebagai manusia pertama berada di bumi sekitar 12.OOO yang lalu ( tahun 10.000 SM ). Jadi tidak ada kebudayaan yang tinggi menurut ukuran manusia sekarang sebelum tahun itu. Sedangkan bertani dan beternak yang dianggap peradaban paling kuno saja baru diajarkan kepada anak-anak Nabi Adam. Ingat kisah Qabil dan Habil yang rebutan melamar wanita untuk jadi isterinya?

    Kalau ada fosil manusia purba yang diperkirakan berumur lebih tua daripada usia Nabi Adam, berarti mereka bukanlah manusia seperti kita. Bentuknya saja hampir mirip manusia, tapi akal,pikiran dan intelegensiannya jauh dibandingkan manusia sekarang. Dan hampir tidak mungkin mereka punya kebudayaan tinggi seperti dugaan sebagian dari kita.

    Jadi Atlantis menurut saya hanya sebuah khayalan dari Plato atau siapalah yang mengemukakannya pertama kali,kalau bangsa itu digambarkan telah ada sebelum kedatangan Nabi Adam. Tapi menjadi mungkin benar ada kalau diperkirakan Atlantis ada setelah jaman Nabi Adam.

    Lagi pula untuk apa Tuhan menciptakan Nabi Adam, Bapak moyang manusia kalau sebelumnya ada manusia atau bangsa lain yang punya kebudayaan dan teknologi lebih canggih daripada Adam. Bahkan malaikat aja tunduk kepada Nabi Adam.
    Menurut Islam, kebudayaan yang paling hebat itu ada pada masa Nabi Sulaiman. Karena kecanggihannya sampai-sampai Nabi Sulaiman sendiri berdoa supaya kecanggihannya tidak diwariskan kepada umat manusia berikutnya. Dan Tuhan mengabulkan permintaannya. Kalau toh arkeolog menemukan peradaban yang diakui sebagai peradaban pada jaman Nabi Sulaiman, itu hanya sebagian dari sisa-sisa kecanggihan peradaban pada masa itu.

    Itulah pendapat saya atas dasar pengetahuan yang saya miliki.

  203. hmmm….smua komn diatas memang bkin ruwed aja.,tapi emng pde bner sih..klo mnurut aku sih, mau itu atlantis dulunya di indonesia apa di mana ke…yang penting kita sebagai warga indonesia khususnya para pemuda harus bangkit dan SEMANGAT untuk membangun indonesia jadi yang lebih baik..stop KKN,,dan benahi diri masing2 individu untuk jadi yang lebih Baik..jadi insyaAllah sejarah Atlantis yang dulunya jaya bisa terulang di Negri kita Idonesia ini…

  204. wahh aq ktinggaLn brita ne…jadi Indonesia bukan AtLantis yg hiLang itu ya?? trus AtLantis yg bener dimana?? Jadi tambah penasaran..

  205. wew!!!!! klo atlantis itu indonesia harus nya penduduknya kagak item2 kaya gua yg sering maen di terik matahari,and so pasti nda banyak gembel2 di jalanan.harusnya pada makmur penduduknya!!!! jah aneh-aneh wae ki!!!

  206. broer smua,
    klo baca komen2nya cukup menarik utk d simak. ada hal yg menggelitik kuping aq, yi. perbedaan besar antara sejarah AGAMA, dg sejarah Peradaban Evolusi Bumi/Manusia… Contoh: Nabi adam turun ke bumi ini kl 8000 th yl.(atlas sejarah nabi dan rasul by sami bin abdullah,terjemahan 2007, cet I 1426H, Obaikan, Saudi arabia), sedangkan Phitecanthropus erectus, manusia berdiri tegak, sudah hidup 1,7 juta thn lalu, homo sapiens( manusia modern) sudah eksis 100.000 th lalu.??? OOOOO…ada Adam2 yg lain rupanya….mana yg lebih faktual ?
    Memang hidup ini penuh dengan fantasi, oleh karena itu mari kita bebas berfantasi, ok?
    Jadi Atlantis di Indonesia itu sah-sah saja donk!
    salam.

  207. salam kenal,
    aq sbg bgsa Ind. senang bgt klo Atlantis di Indonesia. Laut China selatan sebelah selatan, berbatasan dg selat Karimata, tertera pada peta Belanda Indonesia th 1930an bernama Soenda Zee.atw Laut Sunda.
    Diselatan Laut Sunda bernama Laut Jawa.Siapa sech yg ngilangin/ngapus itu ngaran? Nah di Laut Sunda itulah letak the lost continental tsb.
    aryo santos tidak asal2an berargumentasi. Justru argumentasinya sebetulnya bisa jadi duit buat yg ngarti. Bikin wisata Atlantis, bikin macam2 lah yg bisa narik devisa . klo udh bosen ke Dufan, ya qt bkin DuFantasi Baru aja, ATLANTIS , why not? pasti dijamin laku deh. Tiggl cari ciputra baru lagi yg mo ngebiyayainnya.Buktinya Dufan gak ada yg ngeprotes, kok ini org Barat yg ngakuin , apasalahnya sech kita dukung aja. Gitu azzza kok repot2!

  208. asik juga sih bacanya, tapi cuma gw eneg sama komen2 yang bilang klo di blog ini bodoh semua, yg cuma bisanya ngehina doang…. kaya diri sendiri udah pinter aja.. okey gw akuin klo gw bodoh, tapi gw yakin, untuk orang2 yang gw maksudkan diatas, gw yakin elo ga LEBIH PINTER dari gw. dunia nih udah busuk, janganlah elo2 semua ngebuat tambah busuk lagi.. biarinlah orang ngutarain pendapat mereka , kalo ga suka, ya bilang ga suka, tapi jgn sampe ngehina2 gitu dong, ini blog ttg sains, tapi justru kalian yg ngehina2 itu yg ngebuat blog ini jdi kampungan (mohon maaf utk pakde rovicky…) nyokap bokap n agama lo ga pernah ngajarin elo2 ngehina orang kn?
    oke maap agak OOT, balik lagi ke atlantis, gw sih masih fifty-fifty ttg topik ini, yaa percaya ga percaya lah coz earth is just too full of mysteries (pernah denger teori Hollow Earth? OOParts?)… yg penting gimana kita menyikapinya. klo bener indonesia dulunya atlantis, well boleh2 aja kita bangga coz tanah air kita dulunya BEKAS peradaban yg katanya paling modern. Lalu kalo indonesia bukan atlantis gimana? yah kita harus bangga juga, untung tanah air kita bukan BEKAS peradaban yang katanya sih ingkar thd Tuhan so mereka di azab gitu deh (denger2nya lho…). yah mau atlantis atau bukan, mau itu lemuria, mu atau kumari khandam sekalipun, bangsa kita lagi susah. masa lalu tuh cuma bisa ngasih kita cerminan n pelajaran, n klo kita cuma bisanya ngaca lantas terbuai sama masa lalu kita yg mungkin aja peradaban atlantis yg hilang, lantas apa bisa memajukan bangsa Indonesia yg kita cintai ini? nggak kan? atlantis udah ilang, masa mereka udah lewat, dan sekarang tuh masanya kita. kan ada pepatah yesterday is history, tomorrow is mystery, and today is a gift, that’s why it’s called present…. mau dulu indonesia itu atlantis apa bukan, yg penting sekarang gimana kita ngebangun bangsa kita ini yang sedang ancur ini supaya Insya Allah teknologinya akan secanggih atlantis, kebudayaannya semaju atlantis, tapi tetap percaya sama Tuhan.. amin

  209. jadi pgn rekreasi k atlantis ne,,,
    ceweknya cakep2 g y??

  210. atlantis itu sebenarnya ada di tepian laut china. atlantis bukan tertutup laut yang selama ini banyak didengungkan. yg benar atlantis tertutup padang gurun. gurun yang dimaksud adalah gurun gobi. keturunan orang atlantis sampai saat ini adalah orang tibet dimana asal muasalnya budaya dari afrika dan tercipta di timur tengah. sorry man, gw koment lagi maboook, so nulisnya pake penerawangan tingkat rendah dengan konsistensi di bawah rata-rata dan disertai tingkat kebenaran yang suram… MABOOOOK COOOOOOY.

  211. gw agus,mau blg kalian tuh bongak2 dan pantek semua,gak tahu apa2 sok keras,dota lah kita!!!

  212. yah.. syang banget.. pdahal klu bnr gokil banget tuh.. bsa jdi cambuk bwt kta d zaman skarang harus lebih bisa dri zaman dlu..

  213. yah.. syang banget.. pdahal klu bnr gokil banget uh.. bsa jdi cambuk bwt kta d zaman skarang harus lebih bisa dri zaman dlu..

  214. hahahahahahahaha…..
    mantap2….
    perdebatan tentang atlantiz yang menyenangkan….

    woi2….
    mang dah pada tau bukti konkrit dari semuany….
    kita2 kn baru asal menduga dulu aj..
    belum ada kepastianny gtu…

    klo menurut gw sich….
    kita semua ngikut debat tapi jangan saling m’mojokan….
    klo emang bener indonesia adalah atlantiz kn bangga jg kita sbg warga atlantiz…
    nah, dgn itu kita haruz lebih bersemangad lagi dalam m’bangun negeri kita ini….

    yo’a ga??

    sori2, salam kenal..
    hwehehehehehehe

  215. Kalian semua bodoh, tidak tahu masa lalu Indonesia alias Atlantis itu sendiri. Coba luaskan pikiran anda, jangan sok dengan teorinya masing-masing. Tapi emang biasa kalau ada teori terus ditentang dengan kebodohan yang kalian miliki. Goblok bener deh kalian. Bisanya nyanggah kerjaan orang. Goblok bener…!!!!!!

  216. Pak De, berdasarkan fakta, telah ditemukan adanya reaktor nuklir di Gabon yang ternyata dibuat 2 milyar tahun yang lalu, terus bagaimana uji krono logisnya?

    http://betamedialink.blogspot.com/2008/04/tambang-reaktor-nuklir-prasejarag-2.html

    03 April 2008
    Tambang reaktor nuklir Prasejarah (2 miliyar tahun)

    Masih inget dengan beberapa keganjilan prasejarah yang ditemukan oleh para ilmuwan akhir akhir ini (beberapa uda aku post diblog ini silahkan cari sendiri:)), beberapa kemajuan teknologi yang telah dicapai oleh nenek moyang kita seakan akan telah membuang jauh jauh anggapan kita selama ini kalo orang jaman dulu itu memiliki peradaban yang kolot, jauh dari nuansa teknologi tinggi, sebenere kalo kita rajin baca baca hasil penemuan para ilmuwan bidang arkeologi akan menepis anggapan kita selama ini……..

  217. Penjelasan Plato dalam timaeus dn criteas menunjukkan lokasi Atlantis adalah tempat tropis dengan hewan , dan tumbuhan yang beraneka ragam seperti Gajah dan lain-lain, raja atlantis dikatakan mendapat makanan dgn mudah, berarti tanahnya subur, bukankah itu mengarah pada Indonesia. selain itu ada gunung besar yang kemungkinan adalah krakatau. Tapi cara Atlantis tenggelam memang sulit dimengerti, ada yang bilang Krakatau meletus dan cahaya matahari tidak bisa keluar dari bumi, tapi bukankah debunya justru menghalangi cahaya matahari?Itu adalah misteri.

  218. Weleh weleh rame ya

  219. owh……………

    bgz dunz klo bener

    berdoa az mga bener

  220. ga mungkin dulu indonesia atlantis…
    kan 200jt thn yang lalu kepulauan indonesia belum nampak …(tenggelam)
    ga mungkin kan….

  221. Berarti itu semua bertentangan dengan agama donk…..????

    Bukankah Tuhan menciptakan dunia itu setengah darat dan setengah lautan pada awalnya, yang lalu terpecah menjadi 7 benua ?????????

  222. I LOVE ATLANTIS

  223. bukannya benua atlantis udah tenggelam?

  224. Saya kagum sama plato…
    nih orang udah mati ribuan tahun lalu, tapi pendapatnya masih aja enak untuk diperdebatkan. Barangkali kita juga harus buat suatu tulisan yang bersifat misterius tapi enak untuk diperdebatkan dijamannya anak dan cucu kita. Bisa aja kita nulis si ucok baba adalah presiden kita. Pada masa pemerintahannya kita pernah menjajah jepang. Amerika ngemis sama kita supaya dapat rupiah coz dolar udah nggak laku lagi.
    Mengenai atlantis, mo dibilang percaya ngga ada bukti fisik. Tapi kalo ngga percaya juga. Dulu mbah plato pernah ngomong begitu.
    Jadi idealnya untuk lebih detilnya tanya aja sama arwah mbah plato. Dulu dia nulis sambil minum tuak apa kagak sih???

  225. Kemungkinan indonesia adalah atlantis selalu ada kawan…
    dari tabiatnya orang indonesia.., kita memang manusia yang sombong2….
    mungkin emang dari turunannya begitu ya wakakak…
    bukannya mencari kebenaran… malah berantem kita hahaha…
    Kita pada dasarnya cerdas2 tetapi pemalas…
    terbukti orang indonesia kalo ikut kompetisi kecerdasan menang terus hehehe…
    Indonesia memiliki segalanya.., jelas merupakan surga…
    jangan lupa…, indonesia itu bukan kebudayaan baru yang muncul setelah masehi..
    indonesia atau nusantara tepatnya sudah ada bahkan tercatat dalam sejarah tiongkok ketika jaman firaun…
    bahkan kemungkinan nusantara sudah maju pada jaman itu…
    Sebagai gambaran…, kapur barus untuk mengawetkan mumi itu berasal dari indonesia…, tepatnya berasal dari kampung barus yang letaknya di dekat danau toba…, kampung kuno yang nggak pernah dilirik lagi gara2 penjajahan belanda. belanda merusak sejarah pelan2 dan itu sangat mungkin karena dia menjajah indonesia dalam waktu yang sangat lama…, Bahkan Islam masuk ke nusantara juga sudah terjadi pada jaman ketika rasullullah masih hidup. Ingat perkataan Muhammad SAW ” belajarlah sampai ke negri china”. Perkataan ini menjadi banyak arti…, artinya pada saat itu Muhammad SAW telah mengetahui betapa tingginya budaya china. Artinya memang dunia arab sudah sangat mengenal dunia china. Dan mereka banyak melakukan aktivitas perdagangan. Tentu saja aktivitas berdagang tidak hanya lewat darat saja…., tetapi lewat laut…
    ketika perdagangan terjadi melewati laut artinya pedagang arab berlayar transit di india lalu transit di indonesia lalu berlabuh china….
    letak indonesia yang strategis memang sudah sudah dari sananya…
    Hal ini sudah berlaku selama bumi sudah terbentuk seperti sekarang ini. Jadi ketika Kebudayaan china bertemu dengan kebudayaan arab, mesir, eropa, dan melakukan aktivitas perdagangan lewat laut pasti melewati indonesia…
    Jadi sangat wajar jika peradaban nusantara sudah ada sejak jaman dahulu…
    mengenai kemungkinan atlantis ada di indonesia bisa kita ketahui fakta sebagai berikut :
    1. Plato berkata adanya negeri atlantis berdasarkan dongeng turun temurun dari guru atau nenek moyangnya. Sangat besar kemungkinan hilangnya informasi baik itu dikurangi atau dilebih2kan. Jadi informasi dia mungkin ada benarnya dan ada salahnya.
    2. Atlantis ada pada jaman apa tidak diketahui sampai saat ini.
    3. Pergeseran kutub memang terjadi, dan diyakini kota mekkah adalah salah satu kutub pada jaman dahulu.
    4. Banjir besar pada jaman nabi nuh belum diketahui apakah pada area di sekitar arab-persia saja atau keseluruhan bumi.
    5. Budaya gaib atau magic bangsa indonesia (Tenung, santet, bisa terbang, debus) tidak diketahui sejak kapan adanya.
    6. Fakta indonesia merupakan cincin api rawan bencana sudah terlihat akhir2 ini…, bahkan sisa masa lampau pun masih ada, danau toba atau krakatau…
    7. kebudayaan kita yang beraneka ragam, suku, budaya, rumah adat dll, sangat berbeda dengan kebudayaan lain…, sangat aneh seakan2 memang sudah ada semenjak dulu (tidak terpengaruh oleh bangsa lain)

    Terus terang saya sangat curiga dengan kampung barus (kampung kuno) yang terletak dekat danau toba. Mungkin kita bisa berangkat dari sana untuk mengetahui sejarah dari nusantara ini. Abu dari gunung meletus yang membuat gunung berapi itu menjadi danau diyakini adalah letusan paling hebat dalam sejarah peradaban manusia. Sangat mungkin letusan itu menutupi sejarah yang teramat penting yang ada di kampung kuno barus tersebut.

  226. saia cinta indonesia…bukan tabiat buruk para pemimpinnya…(yg punya tabiat buruk tentunya)….

  227. coba search mengenai hal ini (walopun ndak nyambung dgn pmbahasan sampeyan2, tapi asik lho

    “bosnian pyramid”

  228. oh jadi atlantis ntu bkan indonesia yoo……………

  229. menurut org yunani. dewa yg pimpin pulau atlantis tuh POSEIDON”DAN lebih menarik nya lagi di atlantis tuh ada orang donggo yang ngumpul DISINI SMUA………..!!!!!!

  230. atlantis tuh nama ikan peliharaan gw.
    lu pada tahu gak sih….?

    daripada lu percaya sama yg atlantisan lu meninggan buka deh situs http://WWW.SEKS.COM lebih mantap

  231. disini pada ngumpul org tolol pake segala ada dewa lah ,binatang lah, penjelajahan lah yg jelas atlantis itu cuma karangan belaka yg disebarkan oleh org amerika dalam bentuk game,dvd/cd,dan dongeng mithos(gila yah lu percaya mah dongeng)

  232. Ngomong-ngomong tentang zaman es…
    Tahun 2012 kayaknya mau zaman es lagi

  233. walaahh lu daripada akses ke inter net meningan beli deh kaset strategy age of mythologi remember:beli yang original versions bukan yg bajakan kaya muka u

  234. lu smua pada nOOb, atlantis tuh dulu terletak di dekat inggris
    binatang mythiology atlantis:-minotaur
    -elder cyclops
    -phoenix
    -kuda berkaki duyung
    -dll….

    penjelajahanya:dari pulau atlantis menepi ke belanda-ke lalu ke turki untuik membantu pasukan yg menginvasi Troy lalu ia ke denmark ke findland berlayar ke africa melanjutkan lagi ke pulau cyprus lalu menginja tanah kekuasaan roma kembali ke atlantis….

    insident tengelam nya:-menurut teory gw atlantis disebabkan oleh 2 faktor – gunung meletus lalu gempa bumi
    – percaya gak percaya lalu disambar oleh petir yang truz meneruz karena azab dari dewa segala dewa murka

    pahlawan atlantis:Arkantos (admiral)

    gimana tentang teori gw kalo lu belum puas tentang terori gw silakan kunjungi website gw http://WWW.DOTATL.CO.ID

  235. atlantis, menurut teori gw atlantis terletak di dekat pulau england, gw yakin di sekitar situ

  236. blog ini sangat “NDESO”

  237. Atlantis,nama yang bagus namun masih banyak menyimpan misteri!selamat meneliti!

  238. dongengin yang lain dong

  239. sebenrnya orang indonesia itu orang2 yang sok tau…

    benci gua agh…….

    kalian2 semua tu emang pada sok2an…

  240. hebat ya, pak rovic nulis dari nov 2006, sampai sekarang masih rame..
    urun rembug, memang agak susah kalau suatu yang hebat2 di masa lalu terus disandingkan dengan situasi yang acak adut sekarang ini. coba ingat2 cerita pengantar tidur kakek kita, dulu sebelum mataram kuno ada medang kamulan, sebelumnya lagi ada medang purwo, medang madyo dsb… hiks.. jaman kapan itu ya?
    memang ada masanya, memang ada masanya… yang jaya jadi hina

  241. banyak yang kasih komentar eui..
    kalo bener d indonesia apa d lapindo itu ya…
    sampai² itu tanggul sekarang uda kayak kaki piramida..
    Dan kelihatanya masih di tambah terus urukan tanggulnya..
    soale beberapa hari yang lalu pas saya lewat bentuknya uda persis kaya kaki piramida..
    jangan² bangsa atlantis mau bikin piramida baru di sidoarjo… :P

    ah gak tau lagi tidur aja capek, besok kerja..

  242. Kata situs di bawah ini
    http://www.lost-civilizations.net/true-history-atlantis-page-3.html
    Atlantis terletak di Indonesia, silakan dicheck ^^

  243. Memang letak atlantis mmbgungkn,,
    indonesia bisa sja dblg letak benua atlantis yg hilang itu,namun sejak Ignatus L. Donnelly seorang penulis yg mempublikasikn Atlantis: the Antediluvian World dan kryanya yg bnyak dmnat bnyk org.Donnely mengambil catatan plato mengenai atlantis dengan serius dan menyatakan bahwa semua peradaban kuno yang diketahui berasal dari kebudayaan Neolitik tingginya.Beberapa hipotesa merupakan hipotesa arkeologi atau ilmiah,sementara lainya fisika.Hipotesa lokasi atlantis yg merupakan suatu benua yang hilang di telan lautan dlam akibat gempa dan banjir menimbulkan bnyak hipotesa2 lainnya,,
    menurut saya lokasi yg diduga letak benua atlantis sngt mmbngunkan,bnyk skli hipotesa2 lokasi yg diduga tmpt dmna benua atlantis itu diantrna ya:

    * Al-Andalus
    * Kreta dan Santorini
    * Turki
    * Di dekat Siprus
    * Timur Tengah
    * Malta
    * Sardinia
    * Troya
    * Antarktika
    * Australia
    * Kepulauan Azores
    * Tepi Bahama dan Karibia
    * Bolivia
    * Laut Hitam
    * Inggris
    * Irlandia
    * Kepulauan Canary dan Tanjung Verde
    * Denmark
    * Finlandia
    * Indonesia
    * Isla de la Juventud dekat Kuba
    * Meksiko
    * Laut Utara
    * Estremadura, Portugal
    * Swedia

    nah skrg trbkti indonesia bsa sja tmpt dmna atlantis it brda nmun,,blom tntu jga kta mmstikn kbnarnyna krna blom da yg dpat mmbktikn dmna asli tmpt atlantis it brda dan hnya yg kuasa lah yg tahu sglannya!!

  244. Mungkin bener juga. Orang Atlantis kan tenggelam alias dimusnahin sama Tuhan, yang berarti orang-orangnya gila-gila alias pendosa keji nan dahsyat.
    Terus keturunannya yang sekarang ada diIndonesia yang FAKTANYA dan juga SEDIHNYA yang tersisa itu pada suka korupsi, suka akan kekerasan (perang antar suku dan daerah), gampang diadu domba(dari jaman belanda ampe sekarang kaya perang agama), ga ada sifat nasionalismenya Palestina diserang berani jihad tapi waktu sipadan dan ligitan direbut Malaysia NGGA ADA NYALINYA!!! Sekarang aja Indonesia bencana mulu susah mulu krisis mulu. Apakah kita (Indonesia) akan dimusnahkan oleh Tuhan??? Akankah bangsa Indonesia cuma bisa bikin sumpah pemuda tanpa melakukan???

  245. Benua Atlantis emang di Indonesia ko …
    Tinggal tunggu tanggal mainnya aja itu ke ungkap …
    orang indonesia kebanyakan ga pada sadar …

  246. alihkan fikiran seJENAK kearah kebenaran relatif ilmu. ilmu pengetahuan bukan hitam putih, bukan benar salah tetapi berproses mencari kebenaran terus menerus, untuk mendapatkan kebenaran yang relatif pula.
    bila ditemukan informasi baru maka ilmu lama akan terakkumulasi, bisa disalahkan, fallasi, refute dan sebagainya karena : BILA ILMU MENJADI SANGAT TERANG SEKALI ATAU MENJADI GELAP SEKALI, BERFIKIR JUGA AKAN MENJADI MALAS.

  247. Atlantis … wow !!! … waktu masih kecilpun sy sudah dpt cerita dr ortu tentang benua yg notabene memiliki budaya yang tinggi, … {pembuktian adanya peninggalan Piramid dan artifak yang memiliki nilai seni yang tinggi dan Arsitektur yang mumpuni di zaman itu (teknologi sekarangpun belum ada yang mampu mendeteksinya) …, serta telah memiliki sistem perdagangan/pertukaran dan adanya kemakmuran} … dan benua tsb kini telah hilang.
    Waktu itu (kecil) sy berpendapat bahwa adanya artifak peninggalan atlantis yang menggambarkan adanya benda angkasa yang jatuh kebumi… gunung meletus … serta gambaran adanya gelombang laut yang tinggi … kemudian disusul adanya artifak yang menggambarkan lorong dibawah bumi … so artinya mereka sdh memprediksi akan adanya bencana dari luar angkasa … dan bumi … maka mereka berupaya menyelamatkan rasnya dengan membuat perlindungan didalam bumi …, tapi karena kepintaran mereka justru mereka lebih enjoy diperut bumi (perhatikan artifak yang berbentuk lorong2 diperut bumi) daripada dimuka bumi yang notabene kehidupannya lebih terancam dengan alam he he he … alhasil dengan teknologi yang canggih mereka membuat kota atlantis diperut bumi sedemikian rupa carut marutnya sesuai kebutuhan mereka … menurut saya waktu itu sih … he … he … so … obat ngantuk … ortu pun oke2 aja … sambil nguap bo bo dulu yach …

  248. DIMANA MANA, YANG NAMANYA ORANG TOLOL KALO PADA NGUMPUL BARENG, YANG ADA CUMA SALING CELA DAN MENYALAHKAN, DAN MERASA DIRINYA PALING BENAR.
    PELAJARI DULU APA YANG AKAN KALIAN UCAPKAN, DARIPADA ASAL NGOMONG!!!

  249. Seru juga…tapi yang penting Indonesia memang punya sejarah yang besar, mau itu dulunya atlantis kuno atau tidak…Seharusnya kita bangga dan bisa memberikan yang terbaik buat negara ini…!jangan hanya membahas tentang masa lalu yang gemilang!

  250. pengen tahu bnr pa g,mendingan qt tanya ma nyai roro kidul aja.

  251. ibu pertiwi memang misteri, ato kita sendiri yang suka dengan misteri ?, atlantis ato bukan cuma masa lalu. Mengapa harus bangga dengan masa lalu, apa karena sekarang kita memang gak Pe De ?..

    biar komentarnya tambah panjang….kik..kik..

  252. walah…ternyata Indonesia tu heboh banget ya. Masalah kebenaran bahwa Indonesia adalah sisa-sisa Atlantis pastinya memang bukan perkara mudah buat dicari kebenarannya. Tapi bukan berarti hal itu tidak memiliki potensi kebenarannya. Bisa jadi Indonesia memang benar-benar sisa benua legendaris itu.

    Tapi bukan itu yang hendak aku soroti di sini. Yang ingin saya garis bawahi justru kehebohan Indonesia itu sendiri, karena beberapa periode yang lalu saya pernah mendengar bahwa Tanah Yang Dijanjikan, yang selama ini dunia mengenalnya sebagai Jerussalem ternyata salah !! Menurut M.H. Aenun Najib, Tanah Yang Dijanjikan itu – yang menjadi rebutan tiga agama raksasa di muka Bumi ini – adalah Tanah Indonesia !!!

    Busyet!! Hebat aja Indonesia ni…

    Mengenai kebenarannya pasti bukan perkara mudah untuk dibuktikan. Pro dan kontra sangatlah wajar. Namun tetap saja, kabar itu membuat saya kembali berpikir, betapa hebatnya atau mungkin betapa misteriusnya tanah kita yang tercinta ini.

    Weleh….

  253. mau atlantis atau bukan, yang pasti, mari satukan langkah agar bangsa ini kembali jaya dan punya sikap dan jatidiri.

    JAYALAH INDONESIAKU..!!

    IDEALISME, SPIRIT, KONSISTENSI!!

  254. mau atlantis atau bukan, yang bangsa ini kembali jaya dan punya sikap.

    JAYALAH INDONESIAKU..!!

    IDEALISME, SPIRIT, KONSISTENSI!!

  255. kalo menurut w c itu mah cuman hayalan or mimpinya plato ja,dia bikin argumen itu dari mimpinya dia kali,hehehehe………

  256. saya pikir mas komo ini perlu membaca manunggaling kawula gusti yang terakhir yang menyebutkan bahwa borobudur telah ada dimasa nabi sulaiman. itu artinya bahwa kehadiran borobudur tersebut lebih tua dari literarur sejarah nasional yang konon katanya dibangun oleh kerajaan mataram. menurut saya data tersebut perlu dikoreksi lagi sehingga akan terbukalah tabir sejarah bangsa kita. namun saya belum ingin mengaitkan ini dengan adanya pandangan bahwa indonesia adalah atlantis. saya membaca Es Ito (Negara Kelima) yang membuka beberapa “fakta” yang bisa benar adanya tentang atlantis. pandangan Es Ito sangat berbeda dalam menjelaskan tentang Atlantis…..mohon maaf…faktanya masih banyak data-data sejarah yang belum terungkap, oleh karena itu penjelasan tentang atlantis harus betul-betul diuji lewat bukti dalam bentuk fosil maupun temuan purbakala yang dapat membuktikan keberadaan sesungguhnya…..buka karena ada yang mengatakan atlantis di mana atau diwilayah mana. terima kasih….

  257. atlantis=indonesia??? mungkin ya mungkin tidak.
    tapi kalo kalender maya yang itungannya berenti pas tgl 21-12-20012 itu benar, maka bisa jadi ramalan jayabaya yang menyebutkan ratu adil (da tentu zaman baru ) bakalan muncul dengan diiringi langit gelap dan banjir selama 7 hari 7 malam akan terjadi pas tanggal itu. manusia bumi hanya tinggal 40% dari yang ada sekarang(katanya sih tinggal orang yang eling lan waspodo).yang lain pada kemana??? jawab aja sendiri.
    entah ramalan beliau soal ratu adil tsb bener ato tidak yang jelas ramalannya yg sekarang sudah terbukti benar bahwa sekarang ini lagi masanya zaman edan, sing ora edan ora keduman….dst.
    kalo salah mohon di ngapunten. namanya juga “gathukologi”=ilmu nggathuk-nggathukne…
    nuwun.

  258. serah lha…

    bwt gw tuh..
    “atlantis” adalah
    “kamar kost gw” ndri..

    tuh atlantis gw

  259. Wah..wah…seru nech ceritanya,,

  260. Voting !!! siapa percaya atlantis itu nyata (the real thing) … (apa pun di mana pun), coba ngacung yang tinggi !!

    Aq ga ngacung ah, ga percaya, sampai ada bukti nyata! … Kumaha yeuh geolog.

  261. Wah, Atlantis?
    Itu bukan teori, tapi khayalan orang mabok trus kerasukan jin dari “negeri atlantis”, mungkin aja atlantis itu negeri jin, kayak negrinya nyi roro kidul gt lho.
    Eh, banjir Nuh?
    Klo aku percaya kejadian Nuh itu hanya sekitar Mesopotamia aja (wallohu alam) atau anywhere negerinya umat Nuh aja. Klo gunung semua tenggelam, mestinya semua makhluk daratan (terrestrial) udah banyak nyang punah, kecuali yang bisa dimuat di kapal Nuh.
    Andai semua-mua jenis binatang terrestrial di bumi bisa dimuat di kapal Nuh, trus kapalnya mo segede apa ya bro. Dinosaurus ikut ga ya?
    Kejadian banjir besar memang pernah terjadi di berbagai kawasan di bumi, tapi apakah banjir global pernah terjadi?, … apakah
    volume air bumi bisa membengkak se begitu hebat? Wallohu alam bro.
    Salam.

  262. MAMPOOOOOSSSSS,, org2 towlol pada ngumpul dan komentar dsini. Jauh2 lo pada,,, org2 towlol.

  263. aku sih lebih ngedukung kalo indonesia mengikuti jejak peradaban masalalu baik dari atlantis,mesir,islam yang intinya menggunakan cara mereka untuk menjadikan peradaban mereka unggul..

    berpeegang pada “ide n gagasan” mengenai pancasila yaitu:

    Jika manusia beriman kepada KETUHANAN YANG MAHA ESA maka manusia indonesia ini akan belajar menjadi seseorang yang ber-KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB kemudian akan menjadi masyarakat berbangsa/berorganisasi yang memiliki PERSATUAN INDONESIA kemudian setiap masalah yang dihadapi bangsa akan diselesaikan dengan cara KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN DAN PERWAKILAN sehingga akan terfikirkan dan menemukan peluang pasti untuk terciptanya KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA , , ,

    MASALAHNYA,,,,PANCASILA ADALAH FILOSOFI BERNEGARA DAN HANYA BISA TERWUJUD JIKA DILAKUKAN SECARA SISTEMATIS,,,

    INTINYA,,,

    KALO MAU ADIL DAN BERADAB YAAA “BERIMAN” DENGAN SEBENAR-BENARNYA DULU,,,

    KALO MAU TERCIPTA PERSATUAN YAAAA KITA HARUS MEMILIKI RASA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB,,

    KALO MAU SEMUA MASALAH BANGSA TERSELESAIKAN YAAAA WUJUDKAN DULU PERSATUAN INDONESIA…

    KALO MAU TERWUJUD KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT YYYAAAAAA SELESAIKAN SEMUA DENGAN PERMUFAKATAN,,

    WONG BANGSA INI SAJA MASIH BELUM PUNYA KARAKTER,,,
    MASA MAU LANGSUNG KEADILAN SOSIAL SAJAAA….

    WUJUDKAN DULU MASYARAKAT YANG BERKETUHANAN YME BARU TAHAP SELANJUTNYA,,,POINT PANCASILA KEDUA,KETIGA,KEEMPAT,KELIMA….

    BARULAH INDONESIA JAYA ,,,

    SUDAHKAH KITA SEMUA bENAR-BENAR BERIMAN???

  264. spekulasi kronologis ilmiah rovicky benar, haya jika permukaan air/laut relatif tetap, hingga tidak bisa membatalkan garis wallace dan semisalnya.

    contoh ekstrimnya, bila permukaan air/laut sangat rendah benua dan pulau adalah satu kesatuan. jadi tenggelam atau tidak tenggelam adalah soal tinggi permukaan air laut.

    jadi spekulasi ilmiah yang dilakukan oleh pakar geologi sama spekulatifnya dengan apa yang dilakukan oleh pak santos.

  265. Jangan-jangan cuma sekedar Hoax lagi!!!!!!???
    Orang Indonesia kan paling demen ma yang namenya HOAX! apalagi hoax yang bersifat cauvisme sempit.
    Kalaupun terori itu benar, nggak ada untungnya buat rakyat indonesia. yang penting mah masa sekarang dan masa depan, bukan masa lalu..

  266. kalaw aku sich g terlalu tertarik dan mengerti mengenai hal hal yang kaya gitu.

  267. Kita udah berpendapat kalo Atlantis itu sangat hebat.

    Mang Atlantis itu apa to ?

    bukti kalo atlantis itu ada pun belum ketemu..

    hahahahaaaaa
    apa jadinya kalo ternyata atlantis itu pun ternyata belum pernah ada.

  268. Prof.Santos meneliti melalui berbagai hal, kandungan kulit bumi, sejarah, budaya dan mitologi india/sanskrit,antropologi dan bertahan dengan pendapatnya.
    kita kan cuma koment untuk bilang tidak atas pendapatnya, dengan logika telanjang (nonsens) – yang kita lakukan apa ???.
    saya kira prof Santos, profesinya adalah guru fisika nuklir, hobbynya mitologi dan budaya sanskrit.
    andai ia berkenalan dengan lebih jauh dengan kultur, budaya dan mitologi nusantara, saya kira akan menguatkan pendapatnya.

  269. hmmm…menarik sekali mendengar anggapan indonesia itu atlantis. mengingat indonesia kaya akan berbagai aspek(baik dan buruknya negeri ini…huehuehue) layaknya seperti digambarkan oleh negeri atlantis yg makmur. atlantis jg identik dengan laut, indonesia jg tentunya :p. tp itu hy sebatas anggapan aj blom dipastikan secara benar. saya sendiri percaya atlantis itu ada, mengingat kehidupan di bumi ini sudah sangat lama dan bukan baru saja dimulai…^^V

  270. wakakakak……lucu denger atlantis itu indonesia, mungkin bisa jadi nenek moyang kita emang atlantis, trus kerjaannya mesum dan cabul mulu, maka Tuhan murka dan menenggelamkan manusia2 itu. Itulah teori manusia dodol

  271. pernah baca tentang taun 2012?
    planet X yg mendekati bumi?
    peradaban kelima?
    keanehan masa lalu?

    semua berhubungan dengan atlantis, Lemuria (negara tetangga atlantis yg berantem mulu, ama India kuno

    dalam cerita Mahabaratha, dikisahkan Arjuna menaiki sebuah kereta dikendarai oleh Krisna, Dari dalam kereta itu, Arjuna menembakan sebuah panah yg menghancurkan segala ditempat panah itu jatuh. langit bergemuruh, tanah terbakar, udara menusuk, bola cahaya raksasa terlihat dari jauh. dan semua yg terkena efek panah itu jatuh pasti mati mengenaskan. deskripsi ledakannya aku lupa, tapi itu seperti menggambarkan ledakan NUKLIR.

  272. Hu…. matep tu.. jd taw gwe…
    cariin brita yg lbh rame yakz… klo bisa tentang budaya-budaya yg punah akibat bencana…
    keyz…
    klo bisa jg brita’a d kirim ke mail gwe yupz….
    hehee… thank’s :)

  273. Duuuhhh….Edannya ilmuwan Indonesia itu selalu saja harus manut apa kata Barat, ilmu Barat, teori Barat, kalo ndak Barat kayaknya ndak sah. Sepintar apapun bangsa Indonesia tampaknya tidak akan ada yang pernah membela negaranya, tidak akan pernah mau mengakui keunggulan leluhurnya (seperti Si Malinkundang itu lah).

    Justru seharusnya kita mendukung pendapatnya Prof. A. Santos yang bukan orang Indonesia tapi dia membela Ibu Pertiwi dengan segala kemampuan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Masalahnya hanya karena ilmuwan di negeri kita ini malu dan takut kalah bersaing dalam hal kecerdasan dengan Pak Santos. Jadi, lebih baik menggugurkan teorinya Pak Santos dari pada malu karena kalah cerdas dan kalah semangat.

    Patut diingat bahwa Santos meneliti melalui berbagai hal, dari kandungan kulit bumi, sejarah, hingga budaya serta tetekbengek lainnya. (salut untuk Profesor A. Santos yang berani melawan dogma ilmu pengetahuan Barat yang sarat dgn unsur politik).

    Gobloknya ilmuwan Indonesia, boro-boro meng-klaim, membantu dengan do’a-pun tampaknya mustahil. Dalam otak mereka hanya ada soal popularitas dan duit. Buktinya, pendidikanpun di negara ini sudah dijadikan industri hingga nama para ‘ilmuwan’ mata-duitan sering dijadikan pajangan sebagai daya jual (gelar-gelar keilmuan jadi mirip Batagor Bandung bahkan sekelas artis film Porno).

    Bok, jadi orang pintar yang punya gelar berjejer itu ada manfaatnya buat rakyat dan negara ini gitu loh…!

    Saat ini tidak hanya beras, minyak, dan agama yang harus diimport dari negara lain bahkan PAHLAWAN-pun harus diimport dari Brazil, jelas ini satu bukti bahwa: Indonesia BELUM terbebas dari KEBODOHAN…!

    Salam Hormat.

  274. Ttg in, sy kurang yakin, karena dilihat dari sejarah yang ada, atlantis itu terletak di wilayah segitiga bermuda, dan titik kedalaman yang lebih dari 4000 meter, dimana ada suatu patahan yang orang bilang merupakan GATEWAY untuk menuju ke sana.

    Thx

  275. harapanya semoga di kemudian hari ada orang yang mempunyai pemikiran hebat yg bisa meyingkap tabir misteri bawah laut

  276. kekayaan keragaman etnisitas mengisyaratkan potensi kekayaan kemampuan kebudayaan yang dimiliki. Kekayaan kemampuan kebudyaan merupakan dasar kuat bagi membangun kekuatan peradaban.

    Indonesia sebagai negeri dengan kekayaan etnisitas yang sangat beragam, bahkan (mungkin) paling beragam daripada etnik-etnik di negara lain seharusnya menyadari potensi besar yang dimilikinya itu.

    Mari buktikan kekayaan keragaman kebudayaan kita dengan mendaftarkan aneka artefak budaya yang kita miliki melalui oen encyclopedia nusantara heritage di http://www.budaya-indonesia.org

    Inspirasi kejayaan Atlantis dapat kita mulai hari ini.

  277. salam,
    Sebagai orang indonesia, cerita Atlantis tentu menarik perhatian. Ada baiknya bagi yang mampu membuktikan atau menyangkal melakukan ‘kerja’ serius ttg kemungkinan kejayaan peradaban nusantara masa lalu hal tersebut. Hal itu tentunya merupakan bagian dari upaya membangun kejayaan hari ini dan hari depan di atas bumi pertiwi indonesia.

    Kekayaan keragaman budaya yang dimiliki dapat menjadi potensi besar untuk menjadikan indonesia (mungkin) seperti Atlantis. Mungkin tidak ada negara di bumi ini yang memiliki keragaman etnik seperti indonesia. Mari kembangkan keragaman budaya sebagai modal membangun negeri. Jangan sampai ada lagi pencurian artefak budaya milik Indonesia. Silahkan daftarkan apapun artefak budaya yang anda punya ke perpustakaan digital budaya nusantara di http://www.budaya-indonesia.org
    Semoga inspirasi Atlantis dapat membangkitkan pride keindonesiaan, berbasis kekayaan kebudayaan kita.

  278. kejayaan generasi lalu bukanlah hak kita. keselamatan kita kini & kejayaaan generasi penerus adalah merupakan kewajiban yg menuntut kerja keras, dedikasi, & pengorbanan.

  279. aku bingung,,

  280. tolong cantumkan sifat-sifat bidadari menurut islam… thanks…

  281. bung penah baca novel negara kelima tidak?

    Novel ini karangan ES ITO terbitan taun 2005(jOH SEBELUM TERBITNYA KOLOM PIKIRAN RAKYAT)

    di novel ini, ES ito mengutarakan teori2 tentang atlantis berdasarkan dialog dalam buku Plato, Timeaus and Critias yang ditulis 360 SM..

    rentetan peristiwa yang menggambarkan peristiwa sejarah yang berupa pencarian benua atlantis juga diutakan, seperti invasi ke arah brata oleh alexander agung untuk mncari atlantis juga diceritakan..
    yang menghancurkan atlantis adalah letusan krakatau purba…

    coba saja anda cari di internet banyak juga kok ilmuan yang mengasumikan atlantis di indonesia…

  282. plato tw atlantis drmn ya?? bukannya waktu itu blum prnh ada yg keliling dunia??

  283. LOL..
    Tambah lama comentnya tmbah kgak nyambung..
    Tipikal Manusia modern jaman sekarang
    lebih memandang perspektif smua kjadian2 drpd menggunakan naluri, mungkin kepekaan hati sudah hilang dituntut kmajuan peradabannya…
    Memang masalahnya tidak akan selesai dengan menggunakan naluri kemanusiaan kita & meninggalkan ilmu pengtahuan yang secara tegas didoktin sebagai pemecah msalah yg logis skaligus musuh dari kereligiusitasan. Tapi dgn naluri kita punya suatu smgat utk berlomba2 mnjadi yg terbaik, dngan tidak smakin membunuh para kaum lemah..
    siapapun berhak punya persepsi, mungkin indonesia dulu(adalah)Atlantis, benua legendaris yang misterius,tapi masa sekarang ini lebih penting dr itu…pesen gue,hey…para pemuda buatlah negara ini lebih legendaris drpd Atlantis dengan smua potensi yg kalian punya, orang2 akan lebih menghargai itu drpd menceritakan siapa kita dahulu

  284. IYA BENER…
    SEWAKTU KAMI TURUN KE DUNIA… PAS HARI PERTAMA MALEMNYA KAN GELAP BANGET NGGAK ADA PENERANGAN, BANG ADAM TUH YANG BIKIN BATERE MODEL LITHYUM BUAT BIKIN LAMPU PENERANGAN DI MALAM KEDUA DAN SETERUSNYA…
    PERCAYA DEH…

  285. BLIS… LOE SARAF YA…
    SUDAH JELAS-JELAS KALAU TUHAN ITU MEMBERI PENGETAHUAN KEPADAKU…
    SEWAKTU TUHAN MENYURUH MALAIKAT MENGETES DAYA PIKIRKU UNTUK MENYEBUTKAN NAMA-NAMA YANG ADA DI DUNIA…
    AKU BERHASIL MENJAWAB SEMUA PERTANYAAN MALAIKAT…
    PADAHAL KEJENIUSAN MALAIKAT ITU 100X LEBIH JENIUS DARI PROFESOR MANAPUN YANG ADA DI DUNIA…
    ITU BERARTI BAHWA KEJENIUSANKU TIDAK KALAH DENGAN PARA MALAIKAT…
    SUDAH JELAS BAHWA AKU SUDAH MENGENAL PERADABAN JAUH SEBELUM AKU DAN ISTRIKU YANG JELITA, HAWA, DI TURUNKAN KE DUNIA…
    JADI APA SUSAHNYA MEMBUAT PIRING YANG BISA TERBANG, KARENA SEHARI-HARI PUN, KALAU AKU DAN HAWA SEDANG BERTENGKAR, PIRING-PIRING TERBANG ITU SUDAH BIASA…
    JADI BLIS… ENTE JANGAN MENABUH GENDERANG PERANG YANG KEDUA KALINYA…
    AWAS LOE…

  286. HA HA HA HA AKULAH IBLIS….!
    YANG SUDAH HIDUP SEBELUM NABI ADAM DITURUNKAN KE DUNIA…
    DAN YANG TELAH MEMBANGKANG PERINTAH TUHAN UNTUK BERSUJUD KEPADA NABI ADAM…

    KALIAN SEMUA BODOH…!!!!!!

    ASAL TAHU SAJA, SEBELUM NABI ADAM DICIPTAKAN DAN MENEMPATI DUNIA INI,
    AKU DAN ANTEK-ANTEKKU LAH SEPERTI JIN, DEDEMIT, GENDERUWO DAN SEBANGSANYA YANG MENEMPATI DUNIA INI…

    NABI ADAM DAN KETURUNANNYA BARU SEUMUR JAGUNG MENEMPATI DUNIA INI…

    AKULAH YANG SELAMA JUTAAN TAHUN HIDUP DI DUNIA INI…
    JADI BANGSAKULAH YANG MEMILIKI PERADABAN SEMAJU ITU…
    BANGSA MANUSIA… OMONGANNYA SAJA YANG GEDE…OTAKNYA KECIL…!
    PAKE NGAKU-NGAKU PERADABAN ORANG EH IBLIS SEGALA…

    HHEHX… CUIHHH…!

  287. Indonesia Atlantisss????? jangankan cuma atlantis,
    Lha wong Indonesia adalah surga yang longsor aja banyak yang percaya kok …. hehehehe..

  288. wah kesimpulan pa komo ada yang bagus ada juga yang spekulatif karena belum membaca secara detail terutama mengenai peta indonesia jaman dulu… coba di baca dulu baru berkomentar yang sesuai dengan… hasil bacaan jangan berdasarkan informasi sepenggal trus menyimpulkan alangkah tidak adilnya komnetar tersebut… setelah saya membaca di webnya pa santos terutama berdasarkan sanggahan pa komo ada yang bener (sementara krn belum baca buku secara detail) tapi banyak yang meleset jauh…makanya saya tidak berani menyimpulkan dan menilai karena saya belum membaca buku secara detail salam…..

  289. oh ya satu lagi.. jangan remehkan teknologi masa lalu karena saya pernah beli edisi khusus majalah intisari yang didalamnya tertulis teknologi masa lalu disertai bukti2 foto barang penemuannya..dimana teknologi itu ada sebelum sejarah mencatat penemuan teknologi tersebut.. seperti ditemukannya beberapa bongkah kaca berukuran besar yang berumur 4000sm padahal waktu itu belum ada teknologi pembuatan kaca, atau jika mau search di internet kita akan menemukan penemuan beberapa jenis batu baterei berumur 2000th di Irak pada tahun 1930 oleh ilmuan autria (Dr.wilhem Khonig) yang di uji oleh F.M.Gray teknisi dari General Elektrik – hight voltage lab., pittsfield ternyata masih menghasailkan daya listrik sebesar 1,5-2volt. atau penemuan skema rancangan pesawat yang sangat aerodinamis di tomb at saqquara-mesir yang berumur 200sm, atau relief di kuil abydos-mesir yang ditemukan oleh Dr.Ruth Hover dimana sangat jelas itu relief tsb merupakan helikopter apache, submarine (kapal selam), pesawat tempur dan pesawat pembom. begitu juga legenda atlantis yang mana mereka telah menggunakan pistol laser sedangkan eropa baru menggunakan pedang dalam perkelahin mereka. teriring doa saya panjatkan doa kepada para waliullah terutama waliullah wakil kesatu (pangeran…) semoga kejayaannya dapat terulang, dan menjelajahi seluruh dunia seperti dulu lagi. aamin

  290. oh ya satu lagi.. jangan remehkan teknologi masa lalu karena saya pernah beli edisi khusus majalah intisari yang didalamnya tertulis teknologi masa lalu disertai bukti2 foto barang penemuannya dimana teknologi itu ada sebelum sejarah mencatat penemuan teknologi tersebut.. seperti ditemukannya beberapa bongkah kaca berukuran besar yang berumur 4000sm padahal waktu itu belum ada teknologi pembuatan kaca, atau jika mau search di internet kita akan menemukan penemuan beberapa jenis batu baterei berumur 2000th di Irak pada tahun 1930 oleh ilmuan autria (Dr.wilhem Khonig) yang di uji oleh F.M.Gray teknisi dari General Elektrik – hight voltage lab., pittsfield ternyata masih menghasailkan daya listrik sebesar 1,5-2volt. atau penemuan skema rancangan pesawat yang sangat aerodinamis di tomb at saqquara-mesir yang berumur 200sm, atau relief di kuil abydos-mesir yang ditemukan oleh Dr.Ruth Hover dimana sangat jelas itu relief tsb merupakan helikopter apache, submarine (kapal selam), pesawat tempur dan pesawat pembom. begitu juga legenda atlantis yang mana mereka telah menggunakan pistol laser sedangkan eropa baru menggunakan pedang dalam perkelahin mereka. teriring doa saya panjatkan doa kepada para waliullah terutama waliullah wakil kesatu (pangeran…) semoga kejayaannya dapat terulang, dan menjelajahi seluruh dunia seperti dulu lagi. aamin

  291. si komo sok tau… n sok pinter… tolong sebelum membantah Prof. Arysio Santos dalam buku penelitiannya berjudul: Atlantis, the lost continent finally found pelajari khasanah negeri ini terutama sebelum agama hindu dan budha masuk ke Indonesia (sebelum ada kerajaan2) terutama masa negara Hartharanus (spelling eropa menjadi atlantis), sebenarnya banyak legenda, mitos, cerita bahkan ada mantra2 yang mengambil tokoh2 legenda masa ini bahkan seorang tokoh pada masa ini oleh para wali di tanah jawa digelari dengan nama Waliullah wakil Kesatu yang artinya Wakil yang berkaromah yang berkedudukan diatas para wali. -maaf saya tidak dapat menerangkan lebih jauh lagi.. harap mencarai sendiri-

  292. gwe mah percaya aja…walaupun secara logika atopun penelitian teknologi yg begitu canggih tidak bisa membuktikan. tapi tau aja yeee…di balik dari semua itu masih ada hal2 yg gaib yg ada di dunia ini yg bisa membuktikannya…dan gwe sendiri pernah ngalamin hal gaib tsb,…tapi malas mempublikasikannya, karena di larang. jadi percaya2 aja dah…ngemeng itu ngemeng noh gwe ngangguk2 ajee >.< ^^

  293. hanya allah yang tau, dimana letak atlantis. kalau emang musibah lumpur lapindo ama tsunami itu mirip ama musibah yang terjadi pada saat benua atlantis hilang ya gak apa-apa, itukan kehendak Allah SWT. jiki Allah menghendaki semua bisa terjadi. ya banyak-banyak berdoa aja biar selamat

  294. kalau toh ternyata mereka salah, mereka dapat tambahan pengetahuan, kalau mereka benar, dapat pengetahuan juga, terkenal, plus, bisa jadi mereka akan claim,
    kalau kita salah, kita ga dapat apa apa, kecuali protes, demo. kalau kita benar bahwa mereka salah, kita juga ga dapet apa apa kecuali cape ketawa.

    kalau tidak mau dikritik dan ditertawakan, gampang, cukup tinggal dirumah dan tidak berbuat apa apa (kecuali tertawa)

  295. bisa jadi, karena pernah baca kapan hari ilmuwan australia, amerika dan malaysia bekerjasama meneliti kebenaran atlantis versi aryos santos. lah ilmuwan indonesianya pada kemana?
    Kalau para ilmuwan luar saja ramai ramai meneliti, kita yang bukan ilmuwan bisanya hanya menertawai, salah kita sendiri, jangan protes. kalau apa2 diklaim terus sama orang luar.

  296. Atlantis dulunya di Indonesia ? Boleh juga..
    Jangan terlalu anggap enteng…sebab kalau kita anggap enteng, nanti Malaysia yang akan meng-claim, menganggap diri mereka keturunan Atlantis.
    Selanjutnya kita belakangan akan protes dan demonstrasi deh..

    Boleh ketawa boleh serius.

  297. wah ia capex deh

  298. Menurut saya sih ada dua hal yang tidak nyambung. Pertama, informasi mengenai fakta-fakta geologis dan arkeologis. Dan di sisi lain informasi mengenai “benua atlantis”. Dapat diduga bahwa semua informasi mengenai benua yang hilang itu spekulatif atau mungkin lebih tepatnya berada dalam paradigma non-positivistik. Bagaimana mungkin data-data positivistik (baca= saintifik) diperbandingkan dengan yang non-positivistik. Karena bagaimanapun juga dua data ini berada dalam paradigma yang tidak sama dan tidak sepadan.
    Karena berada dalam paradigma yang berbeda dan tidak sepadan, maka pembahasan menjadi tidak relevan karena masing-masing memiliki cara mengukur kebenaran-nya secara berbeda.
    Sebagai orang yang belajar filsafat perenial sebetulnya informasi mengenai atlantis bisa dimengerti, dan dengan paradigma ini mungkin saja info bahwa Indonesia (tepatnya Jawa) mungkin yang disebut sebagai atlantis. Tapi saya ingin menempatkannya secara proporsional yaitu: (1) informasi tentang atlantis adalah simbolis terutama ketika memandang peran dan posisi dalam peradaban lampau. (2) informasi tentang atlantis meskipun menyejarah barangkali tidak diletakkan pada frame waktu yang eksak karena informasi yang ada tidak ada yang akurat secara eksak (dan dalam paradigma info itu sendiri tidak mengacu pada pendekatan yang eksak). (3) Paradigma positivistik yang menjadi nafas pengetahuan hari ini adalah pengetahuan yang terbatas dan berusia muda, sehingga pemeriaannya akan kenyataan masih terbatas. Misal sampai hari ini tidak mungkin memberikan pemerian akan fakta “jin”. Karena yang terjadi sudah pseudo-saintifik atau para-ilmiah. (4) Dalam filsafat perenial sejarah Nabi-nabi bisa ditempatkan dalam fakta tetapi dalam kajian ilmiah positivistik kita akan menemui kesulitan menempatkan Nuh berada di peradaban mana, dll. Tetapi yang menjadi kaitan antara sejarah Nabi-nabi dengan informasi mengenai peradaban lampau sangat jelas terutama kaitannya dengan gerak alam baik geologis maupun kosmos pada umumnya, seperti Atlantis, Lemur, dst… Yang menunjukkan bahwa “manusia” sangat terkait dengan “alam” sehingga simbolisasi menjadi sangat dekat.

    Nah sebagai tambahan saya adalah mengenai citra diri “bangsa Jawa”. Jawa sendiri artinya “the origin” (asal muasal) atau “the source” (sumber). Raja Jawa (sebagai manifestasi bumi/bangsa Jawa) menyebut dirinya Hamengkubuwono (memangku “beban” bumi) atau Amangkurat (memangku “beban” kemuliaan alam) atau Paku Alam (pasak semesta) atau Paku Buwono (pasak bumi) atau dst… yang sebetulnya berasal dari fakta bahwa Bumi Jawa seolah sedang menghadapi himpitan sebagai akibat pertemuan dua lempeng geologis. Dalam citra diri Jawa mereka ingin mengatakan bahwa seolah beban semesta/bumi ada di pundak mereka.

    Dalam kaitan ini saya merasa titik temunya dengan info mengenai Atlantis, demikian pula dengan informasi mengenai Pithecanthropus Erectus.

    Catatan akhir: dalam perenial kebenaran tidaklah menempati tempat sentral. Fakta tidak senantiasa terkait dengan kebenaran. Kenyataan pun tidak diterima tanpa jarak dan apa adanya. Meskipun apa yang diupayakan oleh Prof Santos adalah “cara ilmiah positivistik” dan demikian pula bantahannya. Maka saya hanya ingin mengatakan bahwa ada cara lain untuk menelaah… dengan paradigma yang berbeda.
    Toh… sudah dikatakan kebenaran tidaklah penting-penting amat, dia hanyalah “penting” karena memenuhi hasrat intelektual kita semata. Karena yang lebih mendasar dari itu adalah “apakah makna dari kisah-kisah itu pada kita manakala kita berusaha merealisasikan kemanusiaan perenial”. Dan secara perenial pengetahuan adalah tibanya makna pada diri dan bukan sekedar hadirnya kebenaran.
    Terima kasih.

  299. apalagi teorinya yah /?//////

  300. Percaya juga Klo Indonesia (AtLanTis) .. Menurut PLATO ..atlantis terletak di kutub Utara ( Dahulu kutub Utara terletak di samudra pacifik ..sebelum terjadinya Perpindahan KUTUB) !!!
    xixixi tapi Gak tau juga Dech ..

  301. waduh…dah telat banget neh saya bacanya..
    ini adl kutipan dari http://yasirmaster.blogspot.com/2007/06/lemuria-kisah-benua-yang-hilang-ditelan.html tentang kisah benua yg hilang :

    Lemuria/Mu merupakan peradaban kuno yg muncul terlebih dahulu sebelum peradaban Atlantis.Para peneliti menempatkan era peradaban Lemuria disekitar periode 75000 SM – 11000 SM.Jika kita lihat dari periode itu,Bangsa Atlantis dan Lemuria seharusnya pernah hidup bersama selama ribuan tahun lamanya.
    Gagasan Benua Lemuria terlebih dahulu eksis dibanding peradaban Atlantis dan Mesir Kuno dapat kita peroleh penjelasannya dari sebuah karya Augustus Le Plongeon (1826-1908),seorang peneliti dan penulis pada abad ke -19 yang mengadakan penelitian terhadap situs2 purbakala peninggalan Bangsa Maya di Yucatan.
    Informasi tsb diperoleh setelah keberhasilannya menterjemahkan beberapa lembaran catatan kuno peninggalan Bangsa Maya.
    Dari hasil terjemahan,diperoleh beberapa informasi yang menunjukkan hasil bahwa Bangsa Lemuria memang berusia lebih tua daripada peradaban nenek moyang mereka (Atlantis).Namun dikatakan juga,bahwa mereka pernah hidup dalam periode waktu yang sama, sebelum kemudian sebuah bencana gempa bumi dan air bah dasyat meluluh lantahkan dan menenggelamkan kedua peradaban maju masa silam tersebut.

    disini juga diceritakan mengenai pendapat Plato,juga ada peta yg menunjukkan letak benua tersebut.

    OK…
    thx

  302. Ass.Wr.Wb.

    Bila Atlantis itu penduduk yang mempunyai kemampuan darat, laut, dan udara seperti cerita Mahabrata dan Cerita Plato tentang identifikasi adanya Hewan Gajah di Negeri Atlantis.

    Penduduk Atlantis identik dengan Umat Nabi Nuh yang menolak Syariat Nabi Nuh AS selama 950th, lalu ditenggelamkan.

    Nah…

    Pertanyaannya?

    Apakah Gunung Tangkuban Prahu itu Perahu nabi Nuh yang menutupi gunung berapi?
    Apakah ada penyelidikan bahwa kerangka luar dari gunung api Tangkuban Perahu berupa struktur kerangka pohon-pohon yang tersusun ?

    Maka Kami selamatkan Nuh dan orang-orang yang besertanya di dalam kapal yang penuh muatan.(QS Syuara` 26:119)

    Wallahu Alam B.
    Wass.Wr.Wb.
    Wass.Wr.Wb.

  303. Atlantis menurut orang Malaysia

    “Tempoh yang penuh dengan peristiwa (zaman ais) ini adalah merupakan zaman pembangunan hebat manusia, perubahan iklim yang drastik, aras laut, hidupan binatang dan tumbuh-tumbuhan …”12.

    Zaman ais memberi ruang yang besar kepada perkembangan tamadun manusia yang amat besar di Asia Tenggara. Pada zaman ais, oleh kerana suhu bumi adalah amat sejuk, kebanyakan air adalah membeku dan membentuk glasier. Oleh itu kebanyakan kawasan bumi tidak sesuai untuk di diami kecuali di kawasan khatulistiwa yang lebih panas, dan Asia Tenggara terletak di kawasan Khatulistiwa.

    Kumpulan besar air beku yang membentuk lapisan tebal ais ada di semua benua apa lagi di kawasan kutub. Akibatnya aras laut turun sehingga 200 kaki dari aras sekarang. Bagaimana rupa peta dunia 11,900 tahun yang lepas, semasa zaman ais? Peta berkenaan boleh kita lihat di atas tadi. Sila klik gambar berkenaan untuk melihat imej yang lebih besar.

    Tanah pamah tropika, subur dan paling sesuai untuk didiami terbentang dari kawasan Indochina sehingga ke Australia. Terletak di antara Semenanjung Malaysia dan Borneo, adalah kawasan yang paling pamah dan sekarang ini dikenali sebagai laut China Selatan yang terbina di atas pentas Sunda.

    Bagaimana pada zaman sejuk beku itu orang-orang Eropah dengan segala kepandaian mendakwa mereka telah membina tamadun besar lebih awal dari orang lain? Lapisan salji di kawasan Eropah pada masa itu boleh menjangkau sehingga 1 km tebalnya dari permukaan bumi. Pada masa itu keadaan di Eropah dan Mesir adalah sama seperti apa yang ada di kawasan Artik dan Antartika sekarang ini jadi; Apa gaya kan macak tihang mbuat bangunan?

    Jadi Borneo dan kawasan sekitarnya di Asia Tenggara adalah kawasan bumi yang bertuah. Semasa bumi bersuhu paling sejuk sekalipun, Borneo tetap boleh didiami dan menjadi kawasan bercucuk tanam kerana ia terletak di sekitar garisan khatulistiwa. Lebih menarik lagi, dengan aras laut yang lebih rendah, pada masa itu Borneo adalah satu daratan benua bersambung dengan Asia dan terbentang membentuk kawasan pamah yang amat luas. Apabila bumi menjadi semakin panas pula, daratan Sunda ini ditenggelami air, tetapi sehingga ke hari ini Borneo tetap boleh didiami dan tetap subur.

    Mengikut Oppenheimer13, Atlantis Asia Tenggara yang juga boleh dipanggil sebagai Sundaland kerana ianya sekarang berada di atas pentas Sunda adalah merupakan pemimpin dunia di dalam revolusi Neolithic (permulaan pertanian), menggunakan batu untuk mengisar bijirin liar seawal 24,000 (tahun) yang lalu, lebih tua sepuluh ribu tahun dari(tamadun) Mesir atau Palestin. Sebelum dan terutamanya semasa banjir (akibat peningkatan aras laut) beransur-ansur melanda tanah pamah rendah mereka,orang-orang Sundaland bertebaran keluar ke daratan kejiranan: tanah besar Asia termasuk China, India dan Mesopotamia (Mesir), dan ke kepulauan dunia dari Madagascar sehingga ke Filipina dan New Guinea, dari situ mereka kemudian menduduki Polynesia sehingga ke Pulau Easter, Hawaii dan New Zealand.

    Selepas itu apabila suhu bumi semakin panas, salji semakin cair dan aras laut mula bertambah. Masalah lain juga kritikal, kawasan ini terletak di dalam Lingkaran Api Pasifik (Pacific Ring of Fire)14.

    Akibatnya tamadun di Asia Tenggara mula tenggelam dan atau musnah oleh gunung berapi. Negeri orang Kadayan hilang …

    Selepas itu apa yang ada bagi ibu tamadun hanyalah hikayat mengenai banjir, air, tenggelam, perahu, naga, garuda. Cerita-cerita yang sama dilaungkan di seluruh dunia, sebagai mengenang kemusnahan tamadun kita akibat zaman ais yang misteri.

    Moga-moga bisa mencerahkan pendapat yang apriori terhadap perkembangan ilmu.

  304. Nitha……..duduls…kok sampai kemari seh ? :))…..Ok deh…good answer…good idea…I’m so proud of you

  305. Atlantis….
    Ada Banyak Teori Yang Berkembang Seiring Berjalannya Waktu Dengan Ditemukannya Berbagai Penemuan2 Baru…
    Jadi Semuanya Ga Bisa Di Jadikan Acuan Pasti…

    Kalo Soal Letak Atlantis Di Indonesia .. Kayanya Bisa Jadi Dech… Soalnya Keadaan Geografis Di Wilayah Katulistiwa Merupakan Suatu Wilayah Yang Cenderung Mengalami Perubahan Geografis Paling Cepat Dibanding Wilayah Kutub…

    Soal Kebanggaan… Wakakakakakakak (^_^)
    Andai Kata Atlantis Bukan Indonesia Pun .. Saya Tetap Sangat Buangga Sekali Koq Jadi Warga Negaranya Indonesia ( KKN Merajalela , DLL )

    Ada Salah Satu Teori Yang Maaf Karna Sedikit Mengacu Pada Suatu Keyakinan.. Yaitu Babylon (O_O)
    Bable Ada Suatu Kerajaan Yang Sangat Maju Dan Pesat … Mempunyai Peradaban Misterius Yang Sangat Tinggi… Terkenal Dengan Ceritanya Sodom Dan Gomoro..
    Dikatakan Pada Waktu Itu Bable ( Babylon ) Sudah Dipenuhi Oleh Para Wanita Sundal & Pemabuk
    Yang Membuat Sang Pencipta Murka Dengan Semua Tindakan Dan Penyalahgunaan Kukuasaan Raja2 Bable Saat Itu…
    Banyak Musuh Kerajaan Bable Saat Itu.. ( Athena & Galilea )
    Menjajah Berbagai Tempat Tapi Tidak Meninggalkan Bekas Kebudayaan..
    Analoginya..
    Wanita Sundal : Wanita Yang DiBuahi.. Cloning
    Experiment2 Evolusi Kecerdasan Manusia Dan Kemampuan2nya.
    Pemabuk : Ilmuwan2 Yang Haus Akan Technologi Dan Ilmu Sehingga Lupa Diri Dan Ingin Menjadi Tuhan.

    Akhirnya Hancur Oleh Kekuatan ( Nuclear ) Mereka Sendiri..
    Soal Tata Letaknya.. Bable Mungkin Masih Masuk Dalam Wilayah Macedonia…( Ada Yang Tau )..
    catatan : Teori Ini Hanya Berdasar pada Analogi Semata Tanpa Bukti Riset ( ^_^ ) Jadi maaf kalo ada kata2 yg salah..

    Dikutip juga dari My Luvly Brother.

    @Penulis : Maaf Kalo Banyak Out Of Topic.. Tapi Tulisannya Bagus Banget.. Sangat Logis Dan Realistis

  306. Atlantis itu mungkin ada mungkin jugfa tidak.
    Atlantis itu mungkin juga legenda karena saat itu belum ada yang nulis…
    Tapi kalaupun ada dan kalaupun diindonesia..itu tidak akan bisa merubah sesuatu lawong itu kan udah musnah entah karena gunung meletus, ataupun banjir akibat mencairnya es…
    Kalo nanya apakah mungkin gunung meletus bisakan sampai bawah dan memisahkan pulau …liat aja krakatau yang akibat letusannya memisahkan sumatra dan jawa…matur suwun before

  307. masalah yang belum terpecahkan atau misteri yang belum terungkap itu pasti ada jawabannya, jawabannya ada pada tuhan, jadi mari kita kembali pada yang maha memciptakan, yang maha mengetahui, yang maha besar sesuai dengan kepercayaan kita. skian dan terima kasih

  308. ada situs bagus ttg atlantis dan indonesia,tp q setuju banget sih kl indonesia centernya atlantis.
    memang beda ma plato ttg letak atlantis,tp benar filosofi” saya kagum dengan plato tapi saya lebih suka kebenaran”,
    yang jelas logika dan bukan cerita,,ok

  309. waduh…kok aku malah mumet yo…mumet e marahi bingung

  310. Pak Rovicky ini sepertinya belum baca buku Santos ya.. Pasti belum juga baca buku Plato yg menjadi deskripsi awal tentang Atlantis.. Dimaklumilah..

  311. Mungkin Cerita ini pula yg mengilhami Musadeq untuk jadi nabi
    hhehehehhe

  312. Menurutku kalau tentang dimana keberadaan Atlantis, di Indonesia atau bukan tunggu perkembangan.
    Aku ingin lihat sisi lain dari cerita Atlantis.
    Menurutku tenggelamnya Atlantis terjadi pada jaman Nabi Nuh.
    Kalo soal mencairnya es, aku punya teori (teori-teorian) bahwa entah bagaimana jarak bumi ke matahari mengecil artinya suhu naik mengakibatkan mencairnya es.
    Apakah masa mencairnya es itu pada jaman Nabi Nuh ? Menurutku ya. Kalo gak salah pada jaman beliau memang termasuk bangsa maju (tolong lihat buku suci Al Qur’an). Pada masa itu pula umur manusia ratusan tahun. Jarak bumi ke matahari yang mengecil mengakibatkan umur manusia (semua mahluk/materi) berkurang, kepanasan gampang lawas.
    Hehe teori2an lagi.Kalo gak salah umur manusia sekarang rata2 70-80an.
    Terus nonton film Nabi Nuh, diujung cerita ada dialog yang mengatakan bumi selanjutnya akan dihancurkan oleh manusia itu sendiri.
    Teori2an lagi, musnahnya bumi karena ia semakin mendekati matahari akibat eksploitasi berlebihan manusia pada bumi. Dan terjadilah “water world”
    Iyyehh…iyyehh…Johny Five tertawa dalam sedih.

  313. jadi kesimpulanya…..
    keadilan itu adalah hak segala bangsa…..

    dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas di dunia….(lho kok jadi pembukaan UUD, ya)

  314. Apa mungkin ya…. bahwa teori-teori sejarah yang berlaku sekarang salah adanya? Sama seperi dulu ada pendapat yang mengemuka bhw bumi itu datar, matahari sebagai pusat tata surya. Tapi sesuai dengan pergantian jaman, hal tersebut berkembang dan tergantikan dengan pendapat baru dan bukti baru. Mungkin sesuai dengan teori (yang berlaku saat ini) bahwa alam semesta juga berkembang/dinamis.
    Saat ini, saya masih beranggapan bahwa mitos/legend masa lalu bisa menjadikan atau dijadikan spirit oleh manusia pada jaman berikutnya. Untuk mempercayai mitos/legend itu tentu perlu pembuktian dari tiap individu untuk percaya pada mitos/legend mana yang bisa dia percaya, atau tidak percaya pada satupun. Karena ya itu tadi… dasar untuk tiap orang membuktikan suatu hal juga dinamis dan berbeda2 tiap individunya. Mumet ahhh…

  315. Logika itu bisa diuji. Uji krono-logisnya pakdhe itu cirikhas ahli sejarah. Geologi juga ahli sejarah, tapi sejarah batu. Iya kan pakdhe.

    Tapi yang pasti semua di dunia ini tidak mungkin dijelaskan secara logika. Setidaknya hingga hari ini.

  316. om rovicky kenapa ga nulis buku aja?dari pada membantah teori org di blog, lebih berguna bila mengabarkan kepada dunia melalui tulisan dan penelitian ilmiah.kasian pak santos 30tahun dia riset tetapi anda dengan mudahnya menghakimi analisanya salah.bila anda benar buktikanlah dengan metode yang ilmiah, sudah bukan jamannya orang menerima pendapat orang lain mentah-mentah, perlu adanya fakta dan bukti yang disertai riset.

    thx

  317. Mungkin hanya imajinasinya Plato
    atau tanya dukun ya …. :D

  318. Plato itu bisa bilang dulu ada benua atlantis itu sumbernya dari mana yak?

  319. bwat gunarso……wakakakaka…..iya betul….wakakaka kalo itung itungannya yg betul gini kali setunggal, kaleh, tigo, sekawan, gangsal…..ngantos sedoso….waahahahaha….
    bwat ompapang…..aku punya kesimpulan gini….ehemm…ehm…berarti orang jaman dulu fisik ama intelegensinya tinggi yah???? bisa bwat piramid segede gitu pake kayu2 gelondong besar bwat alat bantu lagi waduh pada kuliah di tek. sipil yah…wakakakaka….nah terus kalo di indonesia bwat candi borobudur gimana???? ama bwat pahatannya gimana???? tu kan bwatnya di tengah danau terus gimana???? dan kenapa bangunan kuno jaman dulu kok dilihat dari segi arsitektur kok bentuknya limas semua???? dan pundi berundak semua??? coba ada yg bisa jelasin ga????? coba kita lihat bangunan kuno nih piramid giza, piramid maya, piramid di piri reis, borobudur, prambanan, candi2 di thailand, candi2 di india, piramid di bermuda, dan piramid2 di seluruh penjuru dunia,,,,dan kenapa kita kok temuin piramid di seluruh penjuru dunia??? padahal kita kan cuma taunya hanya di mesir aja???? ada yg bisa jelasin ga????

  320. betul t, banyak peninggalan dari jaman dulu sebagai hasil kerja paksa tawanan perang dan perbudakan. Kita juga masih ditinggali JALAN DAENDELS jalur lintas selatan yang melewati propinsi Jateng & DIY sebagai produk kerjapaksa/rodi tempo dulu.

  321. Mungkin juga pendapat Pak Santos bahwa
    Atlantis ada di daerah Indonesia ada benarnya, namun penghuni awal benua itu bukan bangsa kita yang kecil-kecil ini, kata buku sejarah SMP biyen, nenek moyang penduduk kepulauan Indonesia adalah dari Yunan, jadi mungkin kepulauan di Indonesia adalah wilayah lama yang ditinggalkan penduduk aslinya (karena banyak bencana alam) lalu didatangi dan didiami bangsa lain.

    Ada hal yang menarik yang sejak dulu ingin saya ketahui mengenai hitung-hitungan dan beberapa kata antara bahasa sansekerta dan bahasa latin mirip sekali bunyinya
    dwi – di, tri – tri, catur-quart, panca-penta, sapta-sept, asta-okto, nawa-nova , dasa-deka, kapala-chepalo, pada-poda, apakah mbah buyut mereka berasal dari “atlantis” ???

    kalau ada yang mengatakan letak atlantis di indonesia bagi saya pribadi nggak ada kebanggaan apa-apa, lha wong bangsa kita ini cumak “ngenggoni omah suwung sing wis rubuh ditinggal sing nduwe omah” he he he he. sing nduwe omah asline podho minggat kabeh”

    mengenai jumlah penduduk jaman dulu ya nggak menutup kemungkinan jumlahnya lebih banyak dari itungan kita wong nggak ada KB, bisa-bisa satu ibu sehat-subur punya 10-15 anak (kayak ibu dan mbah saya). jadi untuk mbangun monumen-monumen besar kayak borobudur dan piramid ya gampang aja lha wong akeh wonge he he he.. lha karena perang atau bencana alam dahsyat maka jumlahnya mengecil lagi (meh punah), trus mbalik jaman batu maneh mergo sing nduwe ilmu matek kabeh sak catetane sak fasilitase, sing kari mung critane ae.

  322. Selain dikagumi juga harus dijadikan Peringatan, karena saya pribadi yakin sebagian besar Keajaiban Dunia adalah hasil dari Kerja Paksa!!! Perbudakan!!!

  323. Puta memang benar, kayu gelondongan untuk mengangkut atau menggeser batu-batu bahan piramid, bukan untuk buat piramid.Tetapi apakah kayu tersebut dari P.Jawa? Untuk kebutuhan kayu gelondongan di Mesir mungkin lebih gampang mengambil dari tempat yang lebih dekat yaitu di Asia Muka ( Sekitar Turki dan L.Hitam) tempat nabi Nuh membuat perahu dari kayu atau dari hulu sungai Nil Putih di Kenya yang merupakan hutan rimba yang kaya akan pohon-pohon besar yang gelondongannya dapat dihanyutkan kehilir sampai lokasi pembangunan piramid ditepi sungai Nil di Mesir(misal di Aswan)

  324. buset gile dah bo’!!!kayu gelondong dibuat bwat piramid emang kaga baca PP “Peraturan Pemerintah” yang baru yah ntar dikira main babat alas ja wakakakkakaka……..baru denger tuh piramid dibuat dari kayu…..mending bwat masak aja kan ngirit dibanding pake minyak tanah…ups minyak tanah dah kaga ada yah skr kan pake gas…tekor dah….wakakakkakaa…….artikelnya bikib wat aku ngakak wakakakkakaka

  325. ..kutipan dari
    puta9905116 Says:
    Mei 17th, 2007 at 5:28 pm

    ….digunakan mengangkut kayu2 gelondongan untuk menggulingkan balok2 batu raksasa yang berjumlah 2.600.000 yg telah dipotong,dihias,diangkut dan….

  326. waduh gmn yah kalo dipikir pikir jaman dulu buat piramid cuma pake tangan orang kayaknya super duper khayal deh…….nah tu nyusun balok kayunya gmn????? apa dibantu ama alien…….atau orang2 jaman dulu punya power kali yeee bisa nyusun batu gituan…….sebenernya tujuan dari semua itu apa sih…….kok mpe dibuat gitu sgala

  327. wele wele piramid dibuat dari kayu???? gile apa….ntar yang ada ambroll lagi wakakakakka………lawong kursi di depan rumahku aja dah sempal di buat gado gado ama rayap itu aja udah berumur cuma 1 th nah kalo piramid gimana hayooo!!!!………wakakakkaa

  328. @ puta
    piramid emang terbuat dari balok kayu yah?
    aku baru denger nih…
    bukannya batu tuh?

    la nek kayu ya sudah keropos ndak karu2an lah…..

  329. Bagh!!! Achtung………mulai dari jaman es kek atlantis kek plato kek tekek kek bagh!!! masa bodo’…….kaga ngerti dech gw. yg gw tau tu cuma “Wallahualam” oke bos di Al-Qur’an kan dah dikasi tau pada hari akhir semua rahasia donya lan akherat bakal dibuka blak blakan mulai dari resep bikin gado-gado mpe tu yg bilang atlantis tadi mpe mulutna berbusa bakal ngerti dah. jadi ya santai aja…..tinggal tunggu waktu……..capee….deh!!!! Tapi ni sedikit pemikiran gw, atlantis mungkin juga indonesia tapi mungkin juga bukan ..weeeee…bisa jadi aja kan. Emang seberapa yakin loe tau atlantis tu bukan indonesia???????Yg jelas gw bingung bisa aja bener ato juga kaga, jadi gimana dong??? masi ngotot atlantis bukan indonesia??? Bagh!!! kalo misalna bener gmn??? klo salah gmn???

  330. Teknologi masa lampau belum dapat kita pecahkan Ompapang!!???manusia zaman dahulu punya teknologi lebih dari yg kita bayangkan!!!dengan teknologi bukankah bukan suatu kemustahilan membuat piramida tanpa harus memperhitungkan jumlah penduduk, bukankah dengan teknologi kita tak perlu bersusah payah???salahsatu teori tentang pembuatan piramida jika kita lihat berdasarkan perhitungan akal kita tentang teknologi manusia lampau, taksiran para ahli jumlah penduduk bumi sekitar 50juta, suatu jumlah yg kontradiksi jika kita memperhitungkan dengan jumlah penduduk bumi yg sekarang 3-4milyard, jika kita berpatokan pada penduduk sekarang, maka 3000SM jumlah penduduk bumi 20juta.Selisih itu bukan menjadi soal,para pekerja ini harus diberi makan, bukan hanya para rombongan pekerja,disana terdapat pekerja konstruksi, tukang batu, ahli teknik, para tentara, ratusan ribu budak belian, pedagang, petani dan pegawai sipil.Selain itu diperlukan berkubik2 kayu(kayu2 ini mustahil dari mesir karena orang mesir tidak akan menebang pohon yg jumlahnya hanya sedikit,apalagi pohon2 disana rata2 pohon kurma untuk penghasil pangan)maka diperlukan import kayu dan dibutuhkan puluhan armada2 kapal yg digunakan mengangkut kayu2 gelondongan untuk menggulingkan balok2 batu raksasa yang berjumlah 2.600.000 yg telah dipotong,dihias,diangkut dan dipasang seteliti satu perseribu bagaian dari inchi.
    Dan jika semua para pekerja yg rajin itu mencapai jatah pemasangan sepuluh balok2 batu setiap harinya, maka untuk memasang 2.600.000 balok batu utk menjadi sebuah piramida memerlukan waktu 260.000 hari = 664 tahun.
    Dengan penjelasan diatas betapa jauh dan tingginya teknologi pada masa itu jika dibandingkan teknologi kita saat ini.

  331. 150.000 tahun yang lalu penduduk bumi berapa jumlahnya ? Sekarang sekitar 3 – 4 Milyard dulu mungkin baru 1 – 2 juta.

  332. Buku-buku tentang sejarah banyak yg menyebutkan kepulauan Indonesia adalah puncak dari gunung-gunung benua atlantis, berdasarkan kisah atlantis tenggelam karena percobaan sejenis senjata yg lebih dahsyat dari nuklir, zaman dulu prasejarah menurut kita, ternyata manusia telah menemukan nuklir,pesawat dan teknologi2 yg lainnya. kita hanyalah penemu ulang dari teknologi2 tersebut, Piramida besar yg berdekatan dgn Sphinx, adalah piramida yg jauh lebih tua dibandingkn piramida yg lainnya(umur piramida kecil 3500SM-4000SM) umur piramida ini sama dengan patung sphinx menurut ahli 12.000SM-15.000SM berdasarkan perhitungan unsur Carbon, selain itu bagian sisi Sphinx telah terkikis sedalam 1.5meter, yg pengikisan ini dilakukan oleh angin yg menerpanya selama ribuan tahun. Selain itu terdapat pula piramida yg tertua yg pernah ditemukan manusia, piramida ini terletak didalam samudra pasifik diperkirakan 150.000SM lebih, masih banyak keajaiban masa lampau yg belum dapat kita jelaskan bahkan dengan teknologi kita yg paling majupun saat ini.

  333. pendapat mas Rocky (Marciano ato Montain) apa to kok BUSER SEPENDAPAT ?

  334. Seru rek, tapi aku telat moco. He aku lebih sependapat dengan Mas Rocky

  335. yup, percaya dah indonesia itu bagian kecil atlantis
    contohnya dari peradaban ke pola pamikiran di zaman dulu itu atlantis maju, yer lihat saja sekarang kita ini pandai beri komentar gono gini kan? ini kan masuk peradaban pola pikir rakyak atlantis dolo :D

    gi mana-pun semua memang ada di diri masing2
    penelitian dan pendenahan manusia terhadap alam memang canggih .. tapi masih juga lah ada kekeliruannya sedikit pada kecanggihan itu .. buktinya robot2 an ade ku ngk bisa jalan lagi :D

    dan menurutku indonesia memang adalah atlantis
    tapi bukan atlantis zaman dolo itu
    tapi sebagai atlantis di masa kini bro

    dari segi alamnya
    dari segi penduduknya
    rakyat indonesia sesungguhnya pintar
    lihat saja di penduduk2 desa agak ke dalam dikit dari kota2
    meski bercocok tanam dengan alat2 sederhana
    wahh begitu hebatnya …. begitu sederhananya tetap bisa mengolah bibit2 bahan pangan itu

    yang di sayangkan justru pemikiran pola remajanya
    bisa di katakan terlalu mengikuti ….
    yah, sebenarnya remaja dan masyarakat indonesia
    pintar2 lo .. tapi sayang terkadng kepintaran itu tertutup
    hanya melihat diri sendiri .. kayak temanku sekelas ne :D

  336. Mau benar atau tidak ceritanya, silahkan kembali ke diri dan pemahaman masing-masing, tapi jangan menjelek-jelekan Indonesia, bikin sakit hati. Wong bangsa sendiri kok ngelek-elek omahe dewe.

  337. Saya baru-baru ini nemuin artikel dalam bhs jawa mengenai bangsa Atlantis. Kira2 seperti ini yang mereka tulis:

    “PENGARUH GAIB BANGSA ATLANTIS TERHADAP ORANG-ORANG DI P. JAWA”

    ……….
    Menurut Lead Beater: sarjana dari Inggris ini, dalam bukunya yang berjudul “The Occult History of Java” (Sejarah Kegaiban di P.Jawa), menyebutkan diwaktu itu pulau Jawa dihuni oleh bangsa gaib, yaitu yang disebut Bangsa Atlantis. Bangsa ini memiliki ilmu teknologi tingkat tinggi (mutakhir). Mereka bisa mengubah rupa manusia menjadi rupa binatang atau monster yang mengerikan. Juga memiliki senjata pamungkas, yang ampuh seperti laser saat ini. Hanya karena mereka sangat tamak, lalu mereka melupakan kekuasaan Tuhan, maka dengan seketika Tuhan memusnahkan mereka karena telah salah mempergunakan senjata pamungkasnya.

    …BERSAMBUNG…
    (maaf, lanjutannya lain waktu, nyambi kerja siy)

  338. mungkin indonesia bukan atlantis, tapi kalo kita gak hati2, nasibnya bisa sama dg atlantis. hehehehe

  339. mang ada hub sih indonesia dengan atlantis…………………… sama2 ber dekatan dengan samudra hindia…………. hehe…

  340. hehehehe …..
    seru seru seru !!!!!!!!!!!!!!
    lanjut lagi

  341. wah dah ngomongin adam air nih
    kenapa ga sekalian ngomongin Adam dan Hawa
    menurut beberapa agama Adam dan Hawa adalah cikal bakal manusia di dunia
    tapi udahlah kita tinggalin dulu itu

  342. Ya ampun, soal atlantis disibukin, soal adam air yg menghilang begitu dekatnya belum bisa diketemui, alah rek.waduh seh.gombloooo.

  343. Dongeng tentang Benua Altantis, Benua MU serta peradaban-peradaban sangat maju pada zaman lampau memang sangat menarik. Bahkan saya pernah baca, ada yang berteori bahwa manusia pertama diciptakan dan hidup dibenua MU, atau dengan kata lain, benua MU tersebut adalah Eden (Surga) yang digambarkan oleh berbagai kita suci.

    Oh yaa untuk memperkaya wawasan berkaitan dengan teori Benua Atlantis, ada website yang cukup menarik yang membicarakan mengenai teori bahwa benua atlantis terletak di Indonesia dan berpusat di selat sunda.
    http://www.atlan.org

    Regards

  344. Legenda ttg Atlantis memang hal yg selalu menarik utk dibahas. Sudah banyak teori yg ditawarkan ttg kebenaran dan keberadaan ttg peradaban tsb (spt di Yunani, Lautan Atlantik, Lautan Pasific, Lautan Hindia, Asia Tenggara, dsb, dsb). Legenda ttg peradaban2 Lemuria dan Mu juga berdasar pd ide yg sama. Mungkin ada yg menganggap aneh mengapa banyak orang yg sibuk utk meneliti legenda2 dan mitologi2 ttg peradaban2 tua di bumi. Cuma kalau kita ingat2, banyak sekali kebudayaan2 tua di dunia yg berhasil ditemukan kembali berkat orang2 yg mencoba utk menganalisa legenda2 tua spt itu.

    Mengapa legenda ttg Atlantis beberapa tahun belakangan ini kembali banyak dibahas? Mungkin krn ketertarikan orang ttg asal-usul manusia dan peradaban. Mungkin kita masih ingat dgn apa yg pernah kita pelajari pd waktu SD sampai SMU dulu, ttg kapan jaman batu, jaman besi, jaman perunggu, kapan berkahirnya masa prasejarah, dsb, dsb. Termasuk ttg evolusi manusia serta kronnologisnya. Bisa dibilang secara garis besar inilah model yg diakui ttg sejarah umat manusia.

    Tapi ternyata dari berbagai hasil penggalian dan penelitian arkeologi, banyak sekali anomali yg ditemukan ttg sejarah manusia. Sejarah manusia ternyata jauh lebih tua dari yg diakui selama ini Dgn kata lain, sejarah peradaban yg kita ketahui selama ini perlu ditulis ulang. Kasus2 yg cukup menarik ttg hal ini disampaikan oleh Michael Cremo dlm bukunya “Forbidden Archaeology/The Hidden History of Human Race”.

    Sementara ada kelompok peneliti lain yg menelusuri ttg adanya keterkaitan2 pd berbagai peradaban tua yg pernah ada. Satu tokoh yg cukup terkenal dari kelompok ini adalah Graham Hancock, dgn buku2nya yg cukup menarik spt “Fingerprints of the Gods” dan “Underworld: The Mysterious Origins of Civilization”. Maka timbul ide, apakah ada semacam peradaban yg terlupakan, yg mungkin mendahului berbagai peradaban2 tua yg kita ketahui selama ini. Mungkin krn takjub dgn betapa mengagumkannya peninggalan2 peradaban tua, bahkan ada kelompok yg mengemukakan teori ttg asal-usul peradaban yg berasal dari makhluk2 luar angkasa (alien).

    Mungkin bagi kita orang Indonesia, cukup tertarik dgn beberapa penilitian terakhir yg mengemukakan teori yg punya kaitan dgn peradaban di Indonesia. Salah satunya yg saya tahu, Stephen Oppenheimer dlm “Eden in the East: The Drowned Continent of Southeast Asia” dan “Out of Eden”. Cukup menarik kalau kita membandingkan pendapatnya dgn pendapat salah satu pakar arkeologi Asia Tenggara, Peter Bellwood di bukunya “Prehistory of the Indo-Malaysian Archipelago”. David Keyes pd “Catastrophe: An Investigation into the Origins of Modern Civilization” juga membahas ttg peradaban2 tua di Indonesia yg terkait dgn teorinya ttg bencana letusan Gunung Krakatau sekitar abad ke-6 M.

    Wah, maaf kalo kepanjangan. Buat Ibu Mutiara Aini, apa Ibu punya buku dari Arysio Nunes dos Santos? Kalau punya apa saya boleh minta kopiannya? (biaya diganti) Saya ingin tahu apa isi bukunya, cuma buku tsb sudah tidak tersedia (di Amazon dan toko2 buku online lainnya) dan tidak dicetak lagi.

    Salam,
    _mfadls_

  345. waktu ada “atlantis di indonesia” banyak yg seneng, eh waktu keluar tulisane pak rovicky banyak yg rada2 gelo (kecewa bukan gila). sesuk nek ono meneh tulisan sing ndukung “atlantis emang bener ada di indonesia” podo seneng maneh. ckckckckck……..
    btw pak rovicky, bagaimana kalau memang terjadi anakronisme sejarah (pembalikan arus sejarah)tentunya bisa dianggap mukjizat??

    salam kenal pak rovicky

    pareng2

  346. namanya juga teori pasti ada anti teorinya…..kaya buku da vinci code aja

  347. Denmas Klowor,
    Bener-salah ya tergantung yang dipakai cara apa dulu. Cara ilmiah bisa, non ilmiahpun juga bisa utk mengujinya.
    Ilmiah yang saya lakukan ini hanyalah menggunakan uji “krono-logis”, bukan geologis dalam artian mencari sendiri berdasarkan bukti2 fisis.
    Lah ini diurut-urutkan saja sudah pating blasur ndak karuan.

    Kalau bahasa awamnya bercerita perang Indonesia, tetapi yang dicritakan perlawanan Diponegoro melawan sekutu yang dipimpin Amrik pada perang dunia ke dua … Pada perang kali ini, Diponeoro dibantu Mahapatih Gadjah Mada, pasukan didatangkan dari dari Sriwijaya. Dan dimenangkan Indonesia !!!! Merdeka, Merdeka …. Buktinya dibuatnya Candi Borobudur di Jawa.

    Pripun niku hare !

  348. Pak Dhe, disitus ini juga rame dibicarakan. Pundi sing leres? Bingung :)
    http://www.forumbebas.net/index.php/topic,9436.0.html

  349. Terlepas dari benar tidak-nya kalau negeri dongeng Atlantis dulunya berada di Indonesia (atau lebih tepatnya Sunda Plain/Sundaland menurut istilah sebagian orang), menurutku ini tetap saja suatu yang menggelitik untuk direnungi. Kalau menilik dari kenyataan yang tercatat dalam sejarah serta yang berhasil disimpulkan dari arkeologi dan paleontologi, kehidupan selalu paling ramai/terpusat didaerah dimana terdapat aliran sungai. Ini tidak terlepas dari faktor kebutuhan mahluk hidup akan air. Dari pengamatan pula, dapat disimpulkan bahwa variasi vegetasi yang menjadi sumber energi para hewan paling banyak terjadi di tempat-tempat datar (plain) yang letaknya tidak terlalu jauh dari permukaan laut. Daerah-daerah endapan/alluvial ini menjadi sangat subur dari kiriman mineral yang terbawa oleh air hujan.
    Faktor lain yang mendukung terbentuknya variasi flora/fauna yang beragam adalah iklim. Iklim yang ramah (tidak berubah secara extreme) membuat jumlah hewan/tumbuhan yang mampu beradaptasi lebih banyak dibandingkan misalnya dengan di daerah yang pada waktu tertentu menjadi sangat dingin atau sangat panas.
    Sekarang kalau kita tilik posisi Sunda Plain pada era Pleistocene, sejauh manakah faktor-faktor pendukung diatas berlaku pada daerah tsb? Mungkinkah didasar Laut Cina Selatan dan kepulauan Natuna terpendam ‘harta’ yang tak ternilai (selain minyak tentunya)? Mungkin bukan harta berupa istana emas dan barang-barang yang bersifat magical, tapi lembar-lembar sejarah evolusi kehidupan di bumi ini.
    Sangat sayang khan kalau kita sama sekali tidak memiliki interest hanya karena keminderan/inveriority complex.

  350. [...] Aq baru aja baca di blognya Priyadi.Net tentang Atlantis dan Indonesia. Duh gw ngakak abis nih baca ceritanya. Emang sih sebagai orang indonesia kita (mungkin) bangga dengan predikat Indonesia dulunya atlantis (meski cuman teori doang). Trus aq baca di korannya, dan setelah aq bandingkan dengan pernyataannya rovicky di blognya. Aq rada heran, ko ada orang yg meneliti selama 30th tapi ga memperhatikan beberapa aspek penting. [...]

  351. Kalau orang berpendapat ya kan sah-sah saja. Namanya teori, akan bisa berubah di masa yg akan datang. Kalau gak percaya Indonesia itu atlantis, ya buat penelitian lagi membantah teori tsb, Kalo percaya, ya buat penelitian yg bisa memperkuat keberadaan atlantis..baru namanya kegiatan positif. Positifnya Orang Indo bakal banyak jadi peneliti :))
    Begiu kayaknya lebih afdol.. ya nggak?

  352. [...] Aq baru aja baca di blognya Priyadi.Net tentang Atlantis dan Indonesia. Duh gw ngakak abis nih baca ceritanya. Emang sih sebagai orang indonesia kita (mungkin) bangga dengan predikat Indonesia dulunya atlantis (meski cuman teori doang). Trus aq baca di korannya, dan setelah aq bandingkan dengan pernyataannya rovicky di blognya. Aq rada heran, ko ada orang yg meneliti selama 30th tapi ga memperhatikan beberapa aspek penting. [...]

  353. jadi mungkin ada orang yang melihat sebuah gejala alam dan mengambil sebuah kesimpulan.
    mungkin kesimpulan itu belum bisa kita terima karena bagi kita tidak masuk akal.
    tapi mungkin menurut yang lain itu sangat masuk akal.
    karena satu dan lain hal.
    masalah ini mendingan tidak perlu diperdebatkan.
    kita harusnya bergembira karena masih ada manusia indonesia yang masih mau peduli dengan negeri indonesia ini.
    sebab sekarang sudah jarang yang menyempatkan waktu untuk berpikir tentang negeri ini.
    apalagi tentang tanda tanda alam yang ada dan timbul di negeri ini.
    kebanyakan orang cuma kepingin cari duit saja.
    malahan kadang kadang sampai direwangi dengan korupsi

  354. udahlah…….
    namanya orang kan bisa saja berpendapat.
    ibarat orang disuruh melihat ukuran panjang sebuah buku.
    tergantung dari mana arah dia melihat panjang sebuah buku.
    dari pandangan ataskah , atau dari pandangan sampingkah, atau dari pandangan yang lain ????

  355. ya mau gimana ya?
    lah sampeyan koq malah nanya saya?
    lah anda sendiri gimana?

    *ga nyambung + bawel :D*

    -=|[bersilaturahmi denGan komentar]|=-
    -=|[gretong bilang:budayakan berkomentar]|=-

  356. Agaknya banyak yang kecewa kalo Indonesia “batal” menjadi lokasi Atlantis.

    Justru poin yang lebih penting adalah kalimat terakhir dan paragraph terakhir di posting ini:
    Yang penting kamu sekarang gimana ?

  357. hm.. apakah mungkin jika Plato hanya berkayal tentang Atlantis?
    dan secara dia hidup di sono dan merindukan keadaan yang seperti alam Indonesia, maka deskripsi tentang Atlantis mirip dengan Indonesia?

  358. Berhubung tampaknya satu-satunya referensi tertua Atlantis berasal dari Plato, kayaknya tujuan Plato menceritakan Atlantis sama halnya seperti Thomas Moore menceritakan Utopia deh..

  359. [...] Tanggapan lain dari sisi geologis dapat dilihat di blog Rovicky pada tulisannya yang berjudul Benarkah Indonesia itu Atlantis? [...]

  360. Aku kok lebih percaya pada Pak Dhe Rovicky. Indonesia adalah Atlantis? Weleh… Nggak cuma itu saja, teman saya malah ada yang percaya bahwa negeri yang diceritakan dalam Surat Al-kahfi adalah Indonesia.

  361. wis, wis,. gak usah di dawak-dawakne… mundak isin…………….

  362. wis, wis,.. ra usah di dawak-dawakne……… mesakne to.

  363. Malu kalau Indonesia sebagai Atlantis, lha gimana, pejabatnya kaya gitu? korup terus… Masa peradaban tinggi menghasilkan mental uelek banget.

  364. Sampai sekarang kok gw masih yakin yah kalao atlantis tuh di indonesia. Biar lebih jelas lain kali minta Prof. Arysio Nunes dos Santos n Steven Spielberg Buat film dokumenter tentang asal mula atlantis yang real biar kg rancu. Dah gt kl bisa pemeran utamana gw biar terkesan nyata gt. He…kg nyambung gw…

  365. Hehehe, atlantis emang idea imajinalnya Mbah Plato tentang asal usul ilmu pengetahuan kita kok yang asalnya dari black hole 123 menjadi citra golden ratio yang tertangkap retina kita berupa bentuk logika 1+2+3=6 atau seperti bilangan 6 atau golden ratio dari 3 lingkaran konsentrik dengan jejari 1:2:4 yang dikatakan oleh para atlantologi sebagai bentuk ibukotanya Atlantis.

    Nah darisinilah asal usul 0123456789 a-z, alif sampai ya, dan jenis huruf lainnya yang dikenal sampai hari ini. Yang aneh memang gambaran Mbah Plato yang rinci bgt tentang negeri atlantis yang ciri2nya mirip wilayah asia tenggara sebagai kawasan tropis.

  366. yang jelas atlantis mah dunia gaib! …jadi ra perlu dibicarakan :-) gitu aja kok repot! “halah!”

  367. Aku pernah maen gimz age of mythology… bagus ko cerita nya, walopun dukungan grafis nya aga kurang gigit… di add campaign lanjutan nya, cukup menarik krn muncul pulau atlantis di sekitar laut atlantik yg mampu berhubungan cukup dekat dengan benua eropa n afrika saat itu… spertinya langkah ensemble studio ini berhasil menjualnya ke ms… aq pribadi percaya atlantis itu ada, walopun musnah krn bencana dr manusia hi-tech atopun alamiah/natural tetap aja alur cerita itu terlihat matang seperti dongeng2 sebelon tidur dr nenek ttg utak2 ugel ato keong mas… n utk lokasi nya dmn, aq seh no comments lagian kl ketahuan persis koordinatnya bukan misteri lg namanya…

  368. nek gunung mbledos bagian yang hilang mananya ? puncaknya atau seluruh gunungnya ? Kalau seluruhnya gunungnya mungkin tidak ya ? mungkin tidak ya bisa membelah jawa dan sumatera.

  369. 8 th yg lalu saya pernah baca karangannya Prof. Arysio Nunes dos Santos yg Prof. nuklir, memang pembahasannya tentang atlantis yg diprediksikan ada di benua yg hilang tsb ada di asia tenggara. cara pemapaparannya cantik, beliau membahas dari berbagai basic, dari ajaran agama yg terkait (hindu), legenda, science, ancient sites, …etc,……so daripada ketawak…..hargai dulu karangannya,….and beli dulu bukunya terus baca dulu baru kasih komentar,…..kalau aku sih ……kasih salut sama bukunya dan cara pemaparannya yg cantik gitu lho.

    Salam

  370. Hi Dimensi5 (gileee ..3D dimensi saja aku wis mumeth :)
    Siklus jaman es ? Ya bisa saja, dan geologi sudah merekam hal itu sejak duluuuu sekali. Siklus bumi bisa macam2, ada siklus harian, siklus tahun bahkan siklus ribuan dan jutaan tahun.
    Hanya saja kalau menyangkut manusia, kita harus ingat bahwa manusia purbapun “masih muda”, baru 2 juta tahun lalu … :)

  371. Pernahkah terbayang kalo suatu saat bumi akan mengalami siklus Jaman Es lagi?
    Gimana ini pak Rovicky?

  372. Wong jelas gak nyambung kok di gathuk2ke nggih?

  373. lho.. malah saya pernah baca itu.. atlantis kemungkinan adalah benua Amerika yang ditemukan secara kebetulan oleh Cristopher Columbus..:)

    dilain cerita.. kaum Nazi Jerman, menganggap bahwa Ras Aria adalah orang-orang keturunan manusia Atlantis.. kalau orang Nazi menganggap ras Aria itu super-human… lha.. orang indonesia itu ntar apa yah.. :D

    wah.. dadi bingung.. lha.. atlantis ceritane piye wae yo gak dong je..

  374. [...] Kritik terhadap tulisan diatas : Dongeng Geologi Posted by harisx Filed in Opinion, Analytics [...]

  375. Ya udah, kalau memang bukan

    Tapi ada baiknya kita anggap ada itu surga atlantis, minimal sebagai “yang ideal”. Abis itu kita, sesuai wilayah kerja masing-masing, sama-sama berupaya menjadikan Indonesia sebagai Atala masa depan. Yok mulai makaryo!

  376. wah..pakdhe untuk melengkapi tulisannya, bisa liat link gw ini pakdhe http://b0wo.blogspot.com/2006/11/negara-ke-lima.html

  377. Atlantis hanya legenda???????. Tolong, orang awam ini diberi pencerahan.
    Usul saya sebagai orang awam kepada para akademisi, pakar ,expert, dll.

    “Bikin tulisan yang mencerdaskan (seperti pak Roficky itu lho contohnya)”

    thanks

  378. The Atlantis story is not a Theory, it is a legend. It may reflect an actual island named Santorini in the Aegean Sea which is now a huge atoll of an old Volcano. The explosion of Thera occurred in early second millennium BC. It was in the region of a prosperous civilisation. The devastation and the influx of survivors would have left an impression on the Greeks. Perhaps its name was Atlantis and more likely ancient Achaeans or a people preceding the Achaeans lived there.

    One interesting aspect is the Biblical Story in Exodus of Moses leading his people east from the Nile Delta toward the Red Sea or Sea of Reeds. The Bible says Moses followed a column of Smoke by day and a tower of flame at night which could have been a massive volcanic eruption lasting a couple of days, perhaps followed by Earth Quakes. The Bible says that the pursuing Egyptians were thrown into confusion by blinding dust. That delayed their pursuit.

    Then as one might expect in that volatile tectonic area, a huge quake was triggered by the volcanic burst, along the Aegean fault, possibly extending down into Egypt. So Moses gets to the Red sea and waits. Then the water recedes to the south exposing the sea bed of the Red Sea of Sea of Reeds. It must have seemed like a miracle. So Moses quickly got the Jews across the mud flats in a hurry before God changed his mind. Once across, the huge Tsunami perhaps 30 metres high or more swept north into the Red Sea…just as the Pharaoh and his Army were half-way across the mud flats. The Exodus story may have been somewhere between 1500 and 1800 BC. Read Exodus Chapters 14-15. It may be one of the earliest reports of Tectonic catastrophe with for Moses was bloody damn lucky.

    And all we have is a silly legend of Atlantis for the same tectonic event.

    Amergin

    I was born in a nuclear furnace 13 billion years ago.

  379. hihihi… baca artikelnya di PR, lucu juga ya… betul kata si Komo, gak nyambung kronologinya.
    btw. sejak kapan pulau samosir berubah nama jadi pulau somasir? hihihi…

  380. Hahahaha …
    #1,
    Begitulah qta …
    Begitu mudahnya percaya dengan hal-hal yang begituan …
    Apalagi setelah melihat pengarangnya, Prof. Dr. H. PRIYATNA ABDURRASYID, Ph.D.
    Lagian, …. Plato dipercaya …. Sudah bukan jamannya lagi eui …

  381. Walah Tiba’e dudu yo Pak dhe… :)

  382. akhirnya mengerti juga, padahal hampir percaya juga kalo indonesia adalah benua yang hilang itu :D

  383. Ini kalau dianalogikan mudahnya gini … Crita ini seperti menjelaskan kemenangan dan kehebatan Maha Patih Gajah Mada dalam Perang Dunia kedua … Waktuitu si Gadjah Mada dibantu oleh pangeran Diponegoro dalam peperangannya. Dan sebagai bukti kemenangan Indonesia, dibangunlah candi Borobudur sebagai bukti kejayaan Indonesia sejak jaman dahulu kala.

    Kan ini namanya Joko Sembung … kaga nyambung !!! ;D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.380 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: