Wajah Planet : mengapa bumi berbeda ?


bumi.gif Bumi yang kecil ini memang unik. Bentuk roman mukanya, atmosferanya, sampai isinya sangat unik dibanding planet2 lain. Apa saja yng membedakan bumi dengan planet2 lainnya ? Coba kita tengok bentar yuuk !.

Ukuran bumi dibandingkan dengan planet lainnya. Untuk membayangkan seberapa bumi kita dibndingkan planet2 lainnya klick gambar dibawah ini.
planet_1.JPG planet_3.JPGplanet_2.JPG

planet_4.JPG planet_5.JPG

Dari ukurannya saja bumi bukanlah planet yang terbesar, namun juga bukan terkecil … tapi sudah pas ! kalau orang Malaysia cakap ngam-ngam !.

solar-system-tata-surya.jpgKalau dibandingkan posisinya dengan Matahari. Planet bumipun nomer tiga jaraknya dari matahari, gambar disebelah hanya menunjukkan urutan tetapi bukan jaraknya looh. Kalau jaraknya juga dimasukkan nanti ukurannya kuecil-kuecil, ntar ngga bisa kliatan. Ini hanya menunjukkan dimana posisi planet saja.

Apa saja ciri fisik planet-planet ini tata surya ini. Dibawah ini perbandingan suhu, densitas, massa (berat), gaya grafitasi, serta lamanya satu hari di planet-planet itu.
planettemps.GIF planetdensity.GIF Beratnya planet planetgravity.GIF planetaryday.GIF

Suhu bumi tidak terlalu panas untuk mahluk hidup dan manusia, densitas atau berat jenis bumi ternyata terbesar diantara planet-planet dalam (planet yang dekat dengan matahari). tetapi karena ukuran diameternya Jupiter memilki berat (massa) terbesar, dan apa konsekuensi dari massa ? Ya, grafitasi di Jupiter juga paling besar. Ini kalau kita di Jupiter akan merasakan grafitasi dua setengah kali dari di Bumi, artinya kalau kita disana, maka badan kita akan terasa berat diangkat. Kali aja kita jadi pendek2 deh deh disana :) .

Nah yang menarik satu hari dibumi lamanya 24 jam. Tetapi di Venus sehari akan terasa 243 kali dibumi. Walah kalau disuruh puasa sehari gimana doonk ?. Nah, Mars ini sepertinya paling enak, sehari di Mars lamanya 24.6 jam, hampir sama dengan bumi. tetapi planet ini agak males muteri matahari, sehingga setahun di mars serasa 686.98 hari. Walllah, dua tahun sekali baru masuk bulan puasa donk ?.

Ternyata, perbedaan diatas ternyata tidak hanya karena dinamisnya planet2 ini ketika mengelilingi matahari. Tetapi ternyata interior planet ini juga berbeda-beda. Coba lihat :

mercury_cutbk.GIF venus_cutbk.GIF earth_cutbk.gif neptune_cutbk.GIF
Y ang terlihat dari disain interior planet ini ternyata ukuran inti planet berbeda-beda. Bumi memilki diameter inti planet yang relatif kecil dibanding ukuran diameter keseluruhannya. Inti planet memilki densitas paling besar dari planet itu. Sehingga sangat menentukan berat (masa) planet dan tentusaja nantinya akan menetukan besarnya gaya gravitasinya juga.
Bagaimana roman mukanya ?

Planet Mars sering disebut planet merah. Kenapa merah ? karena permukaanya banyak di dominasi oleh unsur besi. Nah kalau pernah lihat besi karatan, ya seperti itulah warna planet mars, mirip seperti besi karatan. Planet mars ini juga bopeng-bopeng.

mars.gif mars-tinggi-rendah.gif peta-permukaan-planet-mars.gif

Warna Planet Mars aslinya yang kemerahan itu seperti yang disebelah kiri. Kalau tinggi rendahnya dilihat dengan warna, warna biru = rendah, warna merah = tinggi, maka Mars kelihatan bopeng-bopengnya dengan jelas. Permukaan Mars dibentuk oleh proses pembekuannya termasuk karena ditabrak meteor dan proses vulkanisme atau erupsi gunung api. Ya, di Mars bahkan ada gunung api terbesar dalam tatasurya matahari.
Gn Olympus Mons
Gunung api ini disebut dengan Olympus Mons. Gunung api yang pualing besar di tata surya ini berukuran tinggi 24 Kilometer, dan diameter 550 Kilometer ! Bandingkan dengan gunung tertinggi di Pulau Jawa yaitu Semeru yang tingginya hanya 3.7 Kilometer (tepatnya diukur oleh Pak Hassanudin dari ITB setinggi 3676 dari permukaan laut).

Adakah plate tectonic di Mars ?
Mars memang diperkirakan memiliki kerak seperti kerak bumi. Namun apakah kerak ini bergerak aktif seperti bumi ? Hal ini sering menjadi perdebatan. Sepertinya kerak Mars ini sudah mati atau gagal bergerak lebih lama sehingga proses pembentukan planet yg layak huni sperti bumi telah gagal. Planet terburu “mati” lebih awal.
sungai-di-mars.jpgsungai-mars-3.gifsungai-mars-2.gifKita sebut saja Mars ini termasuk planet gagal. Trus apakah ada tanda awal seperti Bumi misalnya pernah ada air ? Memang pernah ada yg memperkirakn adanya air di Mars. Penampakan alur seperti sungai juga terlihat di Mars, alur ini mirip alur sungai di bumi namun saat ini tidak terlihat adanya air disana.

cyclone-in-mars.jpgSangat mungkin air yang dahulunya ada di Mars saat ini sudah menguap atau malah terserap kedalam tanah Mars. Suhu mars yang sangat dingin ini memungkinkan air akan membeku pada saat ini. Namun sungguh aneh di Mars terlihat ada siklon. Siklon di Mars ini diperkirakan berupa siklon Carbon dioxide. Tetapi tidak seperti di Bumi, siklon di Mars tidak terjadi secara global. Hanya lokal-lokal tertentu dan jumlahnya sangat sedikit dibandingkan siklon di bumi. Barangkali ini menunjukkan bahwa atmosfera Mars memang tidak sesempurna atmosfera bumi.

Proses proses pembentukan roman muka (topografi) Mars banyak yang mirip dengan bumi. Namun dominasi proses yang terjadi berbeda dengan bumi. Proses “pengukiran” oleh air tidak terlihat dominan dalam membuat detil topografi planet ini. Saat ini angin mungkin masih berproses di mars, sehingga membentuk kikisan-kikisan seperti erosi angin di gurun pasir.

Trus gimana roman muka planet lain, dhe ?

bulan.gifOke, aku kasih satu contoh lagi bukan planet tetapi bulan ya. Bulan ini memilki bentuk roman muka yang akan menjadikan istilah wajah seperti bulan tidak berlaku coba saja lihat bagaimana bentuk permukaan yang “brocel-brocel”. Bulan didominasi bentuk muka akibat tumbukan meteor dan letupan gunung api sewaktu pembentukan/pendinginannya dahulu. Bentuk crater-crater (kepundan) ini mendominasi topografi bulan. Di bulan tidak ada air, bahkan bulan ini dipastikan benda langit yang “mati”, sehingga eksplorasi ke bulan terhenti.

Bagaimana dengan bentukan roman muka Bumi ?

bumi.gifwcpieoceans.gif Bumi memiliki air cukup banyak kalau dilihat volumenya dibanding planet-planet lain (lah wong belum dibuktikan adanya air di planet lain) namun air itu hampir semuanya berada di laut berupa air asin. Jumlah air keseluruhan diperkirakan lebih kurang 1,338,000,000 kilometer kubik. Air ini menutup 70.8 persen (361.13 juta km2) sisanya daratan hanya 29.2 persen berupa daratan.

Di bumi proses tektonik dan air merupakan dua proses utama pembentuk roman muka bumi. Tektonik di bumi ini menggerakkan kerak-kerak tektonik sehingga menyebabkan pengangkatan dan juga penurunan tentu saja. Sedangkan air akan “mengukir” permukaan bumi ini menjadi ukiran-ukiran indah seperti dibawah ini :
lena_hires.jpgcarnegie_hires.jpgGambar disebelah ini diambil dari satelit, kemudian dengan manipulasi warna serta image processing mirip kalau kita pakai Adobe Photoshop, maka akan terkuak bahwa bumi merupakan produk artis yang lebih tinggi dari maestro-maestro seni lukis maupun seni patung yang pernah ada di dunia ini.

Bagaimana bumi ini diukir ? Ya tentusaja dengan air yang berupa siklus. Ya, siklus air ini selalu “meramaikan” kegiatan yang ada di bumi. Air ini berputar-putar, tidak ada ujung dan tidak ada akhir dalam siklus ini. Lah menurutmu awalnya air darimana ? dari laut atau dari es, atau malah air berasal dari titik-titik hujan ? Silahkan berspekulasi, lah wong poro ahli aja kalau ditanya malah mbundet dewe :)
watercycleprint.jpg Tetap harus diingat bahwa air ini 96% berada di laut, sedang sisanya hanya 4 % berada di darat. Dari keseluruhan air ini hanya 0,75% yang merupakan air tawar dan dapat dimanfaatkan langsung untuk kehidupan manusia. Nah tuuh … sepertinya emang air itu buanyak di bumi dibanding planet-planet lain tetapi volume yang dapat dimanfaatkan manusia kurang dari 1% saja. Jadi harus hemat air ya ? Kalau ternyata kamu melihat ada pipa air yang bocor cepetan nelepon PAM (perusahaan air minum), seperti Ki Sakiyun, supaya kran bocor cepet-cepet ditutup, sehingga air tidak ngocor terbuang percuma.

Nah sekarang tahu kan apa yg membuat roman muka bumi berbeda dengan planet-planet lain, ya karena di bumi “diramaikan” dengan adanya gegap-gempitanya pergerakan kerakbumi yg membuat gunung api dan pengangkatan pegunungan dan juga ukiran dari silus air. Jadi gerakan kerak tektonik ya memang diperlukan dalam kehidupan di bumi, juga air sangat penting dalam kehidupan ini.

 

Bagaimana menurutmu ?

Apakah Mars merupakan analogi planet yg gagal berkembang menjadi planet lengkap seperti bumi?

atau apabila bumi nantinya mati, maka akan seperti Mars,

yang sunyi sepi, tanpa tektonik, tanpa banjir, tanpa pergolakan,

dan tanpa kehidupan ?

Sumber gambar: Geologi of Mars, WindEarth software, NASA dan internet.

About these ads

67 Tanggapan

  1. waduuuuh ternyata bumi yg selama ini kita anggap luas masih jadi junior dari planet2 lain berukuran monster, lha udah th gtu kuq manyak orang masih (gunede ) yaw , , , , , ? klo super cluster tu apa om?

  2. mangkana pabennyak abhejeng ben ngajhi mak ngarte ben bisa pahami kakabbhienna….

  3. Subhanallah………! sungguh endah

  4. jadi semakin rindu akan kampung akhirat,Allah telah menceritakan akan kabar kabar akhir jaman dalam kitab nya Al-Quran,lihatlah dan renungkan akan angin yang membawa kabar gembira dengan akan datangnya anugrah Allah,yaitu turunnya hujan,perhatikanlah dan renungkan….dengan hujan Allah menumbuhkan tanaman setelah tempat itu gersang dan tandus dan begitu juga Nanti Allah akan membangkitkan kita dari dalam kubur,yaitu Allah akan membangkitkan kita………

  5. apa da kehidupan disana..

  6. apa di sana ada kehidupan….

  7. tq pak, postingannya bagus. Saya ijin meng-kopi tabel2 perbandingan planet2 ya …

  8. saya jadi mikir…mungkin tuhan waktu buat alam semesta coba-coba juga ya…jadi ada yang berhasil kaya bumi ada yang gagal kaya mars….dosa ga ya mikir kayak gitu???

    –> Tuhan tidak ndeso kok. Manusia (mahluknya) mikir gitu juga ngga mempengaruhi kekuasaan dan kemegarahanNYA.

  9. knp gunung bisa panas ?????????????????kan lbh deket ama matahari…………………………………………………………………………..DAN knp air laut gak habis2 ????????????????? kan tiap hari kepanasan terus……………………………………

  10. ha he’e ya gitu aku kan blewah bleweh hahaha………….

  11. bagaimana tingkat kedinginan dilihat dari tinggi dan rendahnya gunung? apakah gunung yang paling tinggi itu yang lebih dingin atau sebaliknya?

  12. apa yang nanti tergadi kita harus siap.

  13. Kemungkinan mars “gagal” menjadi planet yang ‘layak huni’ bagi kehidupan seperti bumi. Mungkin saja ada “proto lifeform” semacam bakteri. Tetapi punah dan habis sebelum berbiak dan berevolusi karena planetnya gagal menjadi seperti “bumi”. Dan memang secara fisis (atmosferic dan litosfericnya) mars berbeda dg bumi. Mungkin pernah ada air tapi skrg lenyapp.

  14. apakah di planet mars pernah ada kehidupan !!!1

  15. Allah maha besar….
    Ada yg pernah tau gak,sebesar dan seluas apa jagat raya?
    Jarak yg katanya beribu2 tahun cahaya,apa ada kaitannya dgn bumi?bumi hanya seperbrapanya alam raya.(sy g tau)..tp allah menciptakan sgitu luasnya hnya untuk keseimbangan dikehidupan bumi atau ada kehidupan lain selain dibumi?

  16. yoyyoy

  17. Trima kasih atas informasinya. Semakin menyadarkan kita, bahwa kita ini tdk ada apa apanya. SubhanaAllah ( Maha Besar Allah )

  18. menurut saya planet yang lain tidak mati, tp planet lain mempunyai unsur yang kebetulan tidak dapat untuk kelangsungan hidup manusia. karena dimasing2 planet pun ada gravitasi yg tetap mempertahankan orbitnya. kalau mereka disebut sebagai plenet mati atau planet gagal maka akan terjadi benturan antara satu dan yang lain begitu jg gravitasi matahari akn menelan planet2 tsb dan planet lain jg terdapat gejala2 alam dan bahkan di neptunus jg terdapat badai yang jauh lebih hebat dr badai yang ada di bumi.dan di venus jg ada awan tetapi awan yang terbentuk berbeda dgn bumi dan penelitian terakhir diawan tersebut terdapt mikroorganisme. begitu jg dgn mars disana jg pernah ditemukan mikroorganisme. jd sebenarnya planet2 tersebut tetap hidup dan mempunyai peranan penting yang mungkin masih belum sampai dicerna oleh pengetahuan manusia, mungkin saja allah sengaja meletakan bumi ditengah2 tatasurya untuk menjaga keseimbangan yang mana untuk menjaga kelangsungan hidup manusia yang tinggal dibumi. wallahuallam

  19. gempak tektonik apa sih! dan apa yang menyebabkan bisa terjadinya, bagaimana seandainya gempa itu kekutannya 1000 skala likhter?????????

  20. Syukron atas infonya.

  21. Maaf Pa saya mohon izin gambar planetnya saya gunakan pembelajaran di kelas 3 SD

  22. Tentang Bulan terbelah dua, kejadiannya saat itu Nabi Muhammad saw diminta membuktikan bahwa Ia benar-benar rosulullah oleh pembesar-pembesar kaumnya (kaum Quraisy)dengan membelah bulan purnama saat itu. Nabi berdoa dan terjadi mu’jijat itu dimana bulan menjadi dua yang satu turun mendekati Nabi dan yang lain naik ke angkasa raya. Pembesar-pembesar kaumnya tetap tidak mau iman malah mengatakan Nabi sebagai tukang sihir tapi Ada orang yang menyaksikan dari jauh kejadian itu yang datang kepada nabi dan menyatakan keimanannya, dan menjadi salah seorang sahabat Nabi.

    Tentang Nabi Adam..mmm

  23. Allahuakbar, kalimat yang pantas keluar dan sebenar-benarnya ucapan melihat ciptaannya. Ucapkanlah kalimat toyyibah ini dengan tatacara, perbuatan,prilaku dan ucapan yang baik.

  24. tambah wawasan bagi saya

  25. ada baiknya juga ya ada gempa, banjir, gerakan tektonik

  26. dengan menjelajah dunia maya ini kita tidak perlu terbang ke luar angkasa, apalagi biayanya amait-amait mahalnya

  27. we should have to say “THX” to god everyday for these earth,,keep and protect our world is our responsible…dont forget we live together,,,

  28. BUMI !!!
    T_T

  29. Pak e,
    minta tolong dong informasi mengenai kehidupan di bumi khususnya manuasia antara nabi Adam as dan manuasia purba,seperti yang kita ketahui nabi Adam as adalah manusia pertama di bumi.
    Apakah Nabi Adam as termasuk manusia purba atau setelah jaman purba musnah nabi Adam as baru ada.
    Manusia purba seperti kita ketahui sudah ada di bumi jutaan tahun sedang kita ambil contoh aja Nabi Musa as yang hidup sejaman Firaun ( baru 5000 th yang lampau ).

  30. Dhe,
    Jaman kecilq dulu ustad menjelaskan ada mujizat Nabi saw, yg salah satunya adalah “membelah” bulan, sehingga konon disaksikan penduduk Mekkah, juga para kabilah yang melintas di gurun jauh diluar Mekkah (membuktikan bahwa itu memang mujizat dari Allah swt., bukan sihir).
    Hal tersebut dihubung2kan orang dengan penemuan retakan memanjang di bulan yang gambarnya diambil oleh astronot Apollo 11 (atau 10?), yang sekarang banyak ditampilkan di beberapa situs. Bahkan katanya ahli geologi amrik tidak mampu menganalisa bagaimana itu bisa jadi demikian (mungkin nanyanya ke ahli Moonologi kali).

    Apa penjelasannya Dhe, or temen-temen lain?
    Apakah garis-garis tersebut dapat berkaitan dengan mujizat nabi saw tsb, atau dengan firman Allah-QS. Al-Qamar:1, yang menyatakan: “Sungguh telah dekat hari qiamat, dan bulan pun telah terbelah”.
    Bahwa bulan memang pernah “terbelah”?
    Apapun tanggapannya trimakasih. Salam.

  31. info nya jelek buanget!!!!!!!

    gw bete
    bozan
    malazzzzzzz

    ganti dong infox!!!!!!!! :-(

    gw tgu

  32. info nya gk lengkap
    tlng di perbaiki….!!!!!!!!!!

  33. gue mau liat pantauan bumi dari luar angkasa

  34. Yach coz lempeng tektonik goyang2 trus alias gerak terus karna dibawahnya selalu tenaga konveksi menggoyangnya gitu loch

  35. tsunami terjadi karena apa sih?

  36. bener gak sih,kalau 250 tahun kemudian kepulauan indonesia bakal tenggelam?

  37. kok,bumi jadi ancur sich??

  38. ntah la, agaknya bagaimana bumi kita sekarang

  39. saya hendak melihat bumi kita sekarang .macam mana agak nya bumi kita sekarang?

  40. gambar bumi sekarang macam mana?

  41. bagussss

  42. kurang jelas bgt


    –> Di “Klick” gambarnya :D

  43. Pak Dedi,
    Aq mo nanya, apa yang menyebabkn terjadinya pasang ?Coz aq masih ga ngerti pnjelasan pengajar aq. Kalo tentang diatropisme, dan vulkanisme itu beri penjelasannya ya!!!!Please, aq masih ga ngerti Lho.Mohon penjelasan nya ya!!Thank’s banget udah mau jawab

  44. Pak Dedi,
    Aq mo nanya, apa yang menyebabkn terjadinya pasang ?Coz aq masih ga ngerti pnjelasan pengajar aq. Kalo tentang diatropisme, dan vulkanisme itu beri penjelasannya ya!!!!Please, aq masih ga ngerti Lho.

  45. lumayan bgs….^^

  46. Bisakah pada zaman purba rotasi bumi sangat cepat yang mengakibatkan mahluk hidup di permukaan bumi memperoleh sinar matahari lebih intensif sehingga ukuran mereka menjadi raksasa?

    Jika percobaan pada tumbuhan yang diberi sinar matahari selama 24 jam per hari (kalau bisa) mengalami pertumbuhan yang pesat, maka kemungkinan pada zaman purba rotasi bumi sangat cepat.

  47. –> Dedi
    Secara science mungkin saja. Karena ada hubungan antara suhu bumi dengan jarak ke matahari
    Secara Praktis Technologically is not available

    Ya, secar teoritis ketika ada meteor besar tentunya kalau mengikuti hukum newton, maka akan ada perubahan rotasi dan revolusi bumi.
    Ketika tertabrak berarti ada momentum dan ada perubahan massa bumi.

  48. Pak Dhe,
    Kalau bumi kepanasan bisa engga di geser dikit menjauhi matahari dengan teknologi?

    Apakah benda ruang angkasa yang menubruk bumi bisa menggeser posisi bumi dan bisa merubah kecepatan rotasi dan peredaran bumi?

  49. –> Anggha
    Ya yang di update gurunya duluan lah yaw .. :)

  50. pak trus nasib anak-anak SD gimana. khan bingung mereka, soalnya pluto yang dianggap planet ke-10 udah di DO sedangkan mungkin ada beberapa buku pelajaran yang mereka pakai adalah buku bekas . aku takut guru ngasih penjelasan yang salah ke mereka. gimana nih?

  51. Dear Ninus,
    Plutonya sendiri tidak hilang, planetnya bendanya sendiri masih ada di angkasa sana. Yang hilang itu dari daftar planet-planet Matahari saja.

    Masalahnya sederhana. Dulu ketika planet Pluto ditemukan oleh teleskop oleh Bulu Planet ini dianggap memenuhi syarat sebagai planet matahari namun belakangan diketahui bahwa Pluto tidak memenuhi syarat yang terakhir karena orbitnya berpotongan dengan orbit Neptunus, jadi gerakan planet ini ndak selalu konsisten, bikin bingung kali ya. Suatu saat lintasan atau posisi planet Pluto lebih jauh dari Matahari dibandingkan Neptunus, Lah trus mau dimasukkan urutan keberapa ini planet ?

    Kerna itu Planet Pluto turun derajat dari urutan nama planet matahari. Benda angkasa ini akhirnya disebut planet kerdil (dwaft planet). Selain Pluto, planet kerdil lainnya adalah Ceres dan 2003 UB313.

    abis pluto nakal sih, jalannya ngga lurus :(

  52. halooo….kenapa sih koq pluto diberitakan hilang???!!!
    apa yang sudah mengecil itu dianggap hilang?? kayanya tomi enggak gitu dech..

  53. artikel_x asik banget deeeh!!!!! pengetahuan kita jadi nambah buanyaaaaaak banget. buat yang baru baca sekarang???????????? jangan ga’ ngasih koment loe yach!!!!!!

  54. wuah baru baca artikel ini. thank you pak.. jadi nambah informasi.

  55. maka dari itu sadarlah wahai manusia, kita bukan apa-apa…we just a part of this universe. let’s save aour earth…

  56. pas lihat tulisan om rovicky saya jaadi inget sesuatu, adek saya pernah nanya gini: kenapa bumi punya ozon sedang yg laen ga punya, saya jawap krn ada oksigen, terus dia balek nanya: kenapa bumi punya oksigen sedang ditempat lain ga punya, udah deh mandek sampe situ so saya ga bisa jawab,tolong saya dong om, bisa dijelasin ga

  57. [...] Wajah Planet : mengapa bumi berbeda ? [...]

  58. Mas Hery,
    Gunung yang di Mars itu diperkirakan sudah mati ! mirip gunung mati saja. Tidak ada proses pergerakan lempeng yg terlihat jelas di Mars. Patahan-patahan di Mars juga tidak terlihat dan terekspresi seperti ptahan di bumi.
    Sepertinya ndak bakalan meletus itu gunung di Mars. Diperkirakan letusan-letusan terakhir di Mars terjadi sekitar 20-200 juta tahun yang lalu. Wektu itu kita dimana, ya ?

  59. Pakde Vicky
    Mau nanya, nih. Gunung api di Mars itu pasti sewaktu-waktu bisa meletus, ya? Nah, kira-kira apa pengaruhnya ke bumi?
    Pun, ngaten mawon. matur nuwun sak derenge

  60. Sebetulnya yang ngukir permukaan bumi ini tidak hanya air tapi juga gunungapi yang selalu mengeluarkan material baru dan menutupi yang lama, gempa dan tsunami yang memporakporandakan yang ada dipermukaan, longsor yang merubah muka bumi jadi tanah semua, kebakaran hutan, angin puting beliung/torando, lumpur lapindo, penjarahan hutan. Akhir-akhir ini kita banyak kejadian ini. Jangan-jangan ini pertanda bahwa kulit muka bumi mau ganti kulit kaya ular ganti kulit. Lihat mulai dari Sulawesi Selatan.

    AW

  61. Mas Vicky, bener gak kalo kita suatu saat manusia bisa hidup di Mars, atau di bulan dulu deh, dan katanya lagi di bulan lebih lama lho proses penuaannya;
    … saya jadi membayangkan, kalo suatu saat, antara bumi dengan bulan, atau dengan planet2 lain yang bisa disinggahi, lancar alat transportasinya, dan gak cuman beberapa negara aja yang bisa dolan2 ke planet selain bumi,… buat travelling, kaya “turis” dari Turki ya kalo gak salah, yang beberapa waktu lalu berangkat pake pesawat ulang alik dari Baikonnur , Rusia.

    Salam

    Sigit

  62. WaOO
    Kalo mau dibilang beda mungkin karena kita terbiasa dengan bumi dan belum terbiasa dengan planet lain jadi kita menganggap planet yang lain itu mungkin lebih jelek dari bumi, bahkan di Film2 pun wajah manusia planet didesain sedemikian tak berseni akan tetapi kalo kita melihat secara menyeluruh akan keindahan jagad raya ini sebagai “seni Illahi” yang perlu dibanggakan maka kita tidak usah merasa bahwa yang satu lebih indah dari yang lain namun perbedaan di masing2 itu’lah sebagai lambang perbedaan manusia dimuka bumi ini!!!! keberadaan planet2 itu sangat berarti kedudukannya dalam tata surya sehingga perputaran atau evolusi yang ada bisa teratur, jadi thanks to GOD ’cause He made everything orderly…

    Thanks all

  63. Giwang,
    Ini bumi yang gagal atau bumi yang telah mati ?

    Joko,  Endah …

    Pluto di “DO”, bukan salah dia, tapi gara-gara ada “murid baru” yg ternyata badannya lebih gede dari Pluto dan suangat banyak. sehingga dikelompokkan menjadi KBO (Kuiper Belt Object). Sebelumnya Pluto masuk jajaran planet setelah mendaftarakan diri pada tahun 1930. Adanya murid-murid baru (baru diketemukan) inilah maka pluto dicurigai sebagai murid palsu yg diduga kerdil (dwarft). Bahkan ada benda langit yg sellau mendampingi pluto dan juga pernah diberi nama Charon.

    Tatasurya matahari inipun akhirnya berubah-ubah, menjadi hanya 8 planet aja:
    Merkurius-Venus-Bumi-Mars-Jupiter-Saturnus-Uranus-Neptunus

    Pak Muntaha dari Jogja Astro Club malah mengusulkan 53 planet … spt dibawah ini :D

    53 Planet
    Ya..! memang usulan ini nampak aneh. Tapi justru inilah yang mendapat rekomendasi dari IAU untuk dipilih. Tentunya usulan ini berlandaskan konsep ilmiah mengenai definisi planet dengan syarat ukuran diameter 400 km sehingga jumlah planet menjadi 8 planet klasik Merkurius s.d. Neptunus + 1 Ceres + 44 KBO (termasuk Pluto,Charon,Xena) = 53 planet. Nah! gimana mau ngapalin.. sembilan aja kebolak-balik?

  64. pak, saya kok kepikiran kalo mars sekarang tuh seperti bumi kita 5 milyar tahun yang lalu waktu masih berupa daratan semua (pangea). hanya saya ga punya literatur tentang itu..

  65. wuih… saya jadi inget training ESQ,, :)

  66. Tiada seindah, sepantas, senyaman dan secocok bumi untuk dihuni.
    Iya katanya pluto di DO knp to Pakdhe? apa karena mbolos orbit, opo nunggak mbayar SPP tata surya?

  67. kalo memahami terbentuknya alam semesta ini, kita (aku maksudnya) jadi semakin paham kebesaran Allah swt.

    boleh request gak? posting tentang pluto dong… si kecil yang di-DO! :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.568 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: