“Bola api” saat gempa di Jogja ?


Benarkah itu bola api ?

Detik ke 19Video “bola api” yang direkam oleh salah satu “calon” penonton di Pantai Parangtritis, Jogja bisa anda lihat dibawah ini. Banyak yg terkejut ketika melihat video ini dimana terlihat seolah-olah ada bola api yg besar di laut Selatan (Samodra Indonesia/Indian Ocean). Namun kalau anda amati dengan detil mungkin akan berpikir lain bahwa itu hanyalah penampakan semu sebuah awan yg terkena sinar matahari pagi dari timur. Untuk lebih detil bisa juga dilihat video clip-nya. Silahkan dilanjut ….

Pada saat terjadi gempa Jogja 26 27 May 2006 pukul 6 pagi waktu setempat, di Parangtritis (pantai indah diselatan Jogja) sedang direncanakan untuk diadakan acara pertunjukkan ketangkasan sepeda motor (motorcycle shows). Pagi itu cuaca di lokasi Pantai Parangtritis cukup cerah, penonton sudah banyak yg berdatangan. Hari itu, hari Sabtu dan merupakan waktu liburan sekolah, sehingga banyak yg ingin menyaksikan acara menarik ini.
Video klip tersedia di Google Video yg sudah diupload disana. Silahkan dilihat dan di”nilai” sendiri. Apakah benar ada bola api menyemburr ketika gempa Jogja. Coba amati detik demi detik …
Gambar diatas itu menunjukkan ketika pada detik ke 19 (dari video klip tsb) terlihat sebuah benda kemerahan diawang-awang dalam keributan manusia yg panik karena merasakan gempa cukup kuat (6.3 Mw). Mereka berlarian keluar dari pantai. Video ini dibuat dengan bergerak karena juga panik, Mungkin sulit melihat detilnya tetapi saya stop pada detik ke 19 dan itulah yg anda lihat seperti diatas.

Kepanikan itu sangat wajar, tentunya mereka sudah mengetahui banyak tentang Tsunami Aceh yg didahului sebuah gempa. Pusat gempa yg tidak jauh dari pantai Parangtritis itu tentunya sangat terasa dengan MMI lebih dari skala 5.

detik ke 30Pada detik ke 30 masih terlihat adanya penampakan kemerahan diudara diatas Samodra Indonesia (Indian Ocean), namun agak terlihat gradasi warna dari sebelah timur ke barat. Warna kemerahan tersebut sepertinya sangat mirip dengan warna cahaya matahari pagi yg menyinari dari sebelah timur (kiri).

Apakah benar itu bola api ?

Mungkin kita harus melihatnya dengan berulang-ulang dalam rekaman video yg saya upload di Google Video. Silahkan lihat disini Fireball look alike – in Parangtritis (File size 10 MB), trims mas Kartiko Yuwono. yang berkenan mengirimkan clip ini utk diulas.

detik ke 35Pada detik ke 35 susana sudah agak tenang sehingga bisa kita lihat penampakan kemerahan diudara dengan lebih baik. Lihat disebelah kiri ini. Terlihat bagaimana gradasi warna kemerahan terlihat disebelah timur ke barat yg masih berwarna putih abu-abu karena tidak terkena cahaya matahari pagi.

Hampir semua orang yg berlarian ini tidak ada yg melihat ke penampakan kemerahan itu. Mungkin mereka tidak menyangka itu “bola api”, atau issue bola api itu justru muncul setelah berkembang issue-issue bom nuklir dan issue yg aneh-aneh lainnya.

Sekarang berpulang kepada anda sendiri, apakah anda yakin ada “bola api” ketika gempa Joogja kemarin atau hanya penampakan akibat pencahayaan matahari pagi. Saya kira dengan melihat video secara sepintas seperti yg dilontarkan oleh sebuah media TV, mungkin anda akan langsung menyatakan “iya bener itu bola api !”, tatapi kalau anda ingin lebih yakin, silahkan link video diatas diputer berulang-ulang sampai anda bilang “wooo jebulane itu to !!”

About these ads

76 Tanggapan

  1. itu bola api n terbukti secara ilmiah @vivanews hr ni

  2. itu bola api n terbulti secara ilmiah @vivanews hr ni

  3. 1 bulan sebelum gempa jogja, di daerah saya ada yang melihat cahaya seperti bola api sktr pkul 23.00 WIB. Yg berlahan turun dr atas.

  4. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point.
    You definitely know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting videos
    to your weblog when you could be giving us something
    informative to read?

  5. subhanallah,,,
    semoga Allah senantiasa menjaga umat islam ,,,,aamminnn
    jika dilihat dari sinarnya yang tampak, itu seperti bola api yang keluar dari induknya,,,,,,
    jika kita katakan sinar matahari, itu toh gk mungkin
    krn sinar matahari gk mungkin hanya ada di satu titik,,,,,

    saya penasaran,,
    apa bner itu ledakan nuklir????
    jika bner??siapa yg meledakakn??

  6. kalo itu awan yg kena sinar matahari pagi kok yg disekitarnya ga warna merah juga..?

  7. Wah,bener2 serem nih guys! :D

  8. ane yakin … gempa hasil ledakan nuklir .. kalu yg aku lihat dan rasakan gerakanya dominan naik turun . seperti gelombang , . ga sperti gempa2 yg pernah ane rasakan sblmnya .. getaranya kesamping..

  9. Wah serem bnget gempa di jogya parah !!!!! Sangat parah bisa telan bnyak korban ,,, amit2

  10. wah jangan2 ada yang melakukan uji coba nuklir lagi di bawah laut atau di pulau terdekat….,,

  11. saya masih penasaran aja ni soalnya kelihatanya seperti awaaaan …

  12. ada nelayan yang mengatakan bahwa itu adalah ledakan nuklir…dan nelayan itupun juga memberikan bukti gambar atau foto untuk membuktikan pernyataannya….nah yang menjadikan pertanyaan…sepele juga sih pertanyaannya…tapi cukup mengusik jiwa juga.hehe….Kok narsis banget tu ya si nelayan, cari ikan aja bawa kamera…terus ngapain juga dia yang mencari nafkah mencari ikan kok harus bawa kamera…bukannya memandang rendah…tapi yang saya tahu selama ini, yang saya lihat juga, setiap nelayan pergi dan pulang dari dan ke laut, yang ada cuman bawa pancing, jaring, umpan, dan ikan…ga bawa yang aneh2 lagi… benar2 aneh…

    kalopun itu benar ledakan nuklir…kenapa tidak ada efek2 yang terjadi setelah itu…radiasi misalnya..bukannya efek ledakan nuklir itu sangat ditakuti orang sampai saat ini….

    sampai sekarang pun masih sering terjadi gempa tidak hanya di jogja tapi juga di hampir sebagian wilayah Indonesia…apakah itu masih bisa disebut dengan konspirasi intelijen??? kalau memang intelijen menggunakan nuklirnya….berapa banyak nuklir yang mereka gunakan untuk “membuat” gempa yang telah banyak terjadi di Indonesia??? bisa2 bangkrut donk…habis buat belanja nuklir..hehehehehe

    yah..apapun teorinya yang penting semua masih tetap bisa berdiri melangkah ke depan dengan lebih bijaksana….amin

  13. wahhhh..klo saya liat dri video’a sih..kok lebih mirip awan ya mas..

    soal’a ada bagian yg bentuk2′a lbih menyerupai awan..

    kalau telihat bergerak2 ya mungkin dpengaruhi oleh si perekam video yg posisi’a pun bergera2k kesana ksini,.mgnkin dpengaruhi faktor2 lain’a..
    tp nda tau jg y saya..mgnkin para ahli ilmu geografi yg bisa mnjelaskan scara lebih detail..
    kita2 kn hanya org awam yg bisa mntapkan sesuatu hanya dri melihat video’a saja..

  14. malah jadi bingung gw jalan ceritanya! tapi kalo gw yakin tetep itu mah bola api! begono

  15. Iya betul tu, masak matahari terbit dari selatan. Belum ada sejarahnya orang liat matahari terbit di parang tritis. Berarti yang menyimpulkan itu awan yang kena matahari dah lemah argumennya, kan gempa nya pagi hari.

  16. aku g’ percaya ada yang nge-bom nuklir harusnya klo di pikir pikir bom nuklir klo meledak ntar gede bangeeeeeeeeeeeettttttttzzzzzzzzzzzzzzzssssss.

  17. Ada yang bilang mirip matahari …
    tapi moso matahari terbit dari selatan ? wkwkw…

    truss..analisa saya..itu adalah bisa saja adalah bom nuklir yang diledakkan dengan percobaan nuklir di selatan laut jogja.
    kemudian, kalo’ dah kena bencana, pihak asing masuk…

  18. memang allah maha kuasa yang sangat besar tak di duga ada bola api subahan allah

  19. binggung malah di suruh mikir, sebenarnya kita pantas tanya kepada yang ahlinya ya, jawabannya akan puas bukan hanya atau mungkin serta menurut ya dll ini kita

  20. Semua adalah kuasa Alloh gambar dari yogya itu beneran dari teman yang mengambil kebetulan sebelum detik-detik gempa tepat 05.52 wib tgl27/05/06 dan pas gempa jam 05.54 terhentak goncang masih di pantai parangtritis dan hendikem tetap diarahkan keselatan beberapa detik kemudian bumbungan awan dari cakrawala selatan nampak kena sinar mata hari sehingga warna kaya bola api yang jelas itu bumbungan asap kaya awan yang kena sinar sehingga warna kemerahan ” pengalamanku ini se mua bisa dideteksi pada masing masing insan yang lembut dan peka ma ta hatinya secara gaib / boleh batin tentu semua sudah di beri isaroh sendiri sendiri bentuknya yg jelas manusia beda beda pemberitahuanya sesuai kekuatan batin dan kepekaan mata hatinya kadang cerita orang satu dengan satunya berbeda untuk menyamakan mari kita kaji bersama dan kita analisa bersama mengapa kejadian di negara /didunia terjadi seperti ini dan masing-masing beda cerita dan lokasinya yang beda ju ga tapi yang satu ini tentu sepakat semua mengatakan musibah /benca na tidak pandang bulu dosa atau tidak iman atau tidak yang jahat kena yang alim juga kena namun kembalinya kepada yg kuasa nanti tidak sama ini percaya atau tidak mau atau tidak tetap beda ,berbahagialah bagi yang telah benar jalanya dan talah meninggalkan laranga Nya dan mela kukan perintah Nya catat dan ingat ini Tgl 01-10-2009 bertubi-tubi kejadian bukan semata-mata karena lempeng bumi yang telah diperhitung kan oleh para ahli belehlah itu benar menurut perhitungan tapi apa tahu jam dan hari atau tepatnya waktu kejadian gempa lagi itulah raha sia Ilahi tak ada seorangpun yang bisa mempredeksi dengan itu saja apa kalian tidak menyadari dan meyakini sehebat manusia memikir dan menghitung namun tidak ada yang bisa menghitung dan mengerti kapan roh kita akan di ambil ini belum tidak hitungan bulan – tahun semasa manusia masih banyak yang munafik dan tidak peduli kepada anak yatim dan fakirmiskin jangan mengharap keselamatan baik dunia maupun akhe rat apa masih pada seneng harta orang lain dengan cara menghalal cara dengan segala tipudaya dan menerima uang dengan tidak halal yang miskin mau memilih kalau ada uang walaupun yg di pilih kafir dan bukan ahlinya asal ada duitnya tidak amanah hanya ditukar secarik kertas yg tidak ada artinya sebagai kholifah didunia yang kaya gila jabatan dengan sombong dan congkaknya dengan uang aku bisa segala-galanya audzubillah mindhalik ya tunggu aja bencana dan mala petaka akan meraja lela ,apa sampai saat ini belum pada terasa ya syukurlah yang sudah merasakan hanya ikhtifar dan tawakal mau diapakan dunia ini hanya sang Kholik yang membolak mbalikan Nya ndak usah susah ndak usah sedih asal sudah amar makruf nahimunkar ” Mari bekerja keras untuk membantu yang kekurangan malu dengan Alloh kita sudah dicukupi dan diberi yang kita tidak minta sudah dipenuhi dan mengabulkan permintaan yang kita inginkan sudah diturutisemuanya . Selamat munu naikan puasa sunah untuk mengendalikan nafsu dan membuka mata hati # Rosullulloh bersabda PUASA YANG PAING BAIK ADALAH PUASANYA NABI DAWUD sampai tiga kali jawaban ini kepada sahabat yang bertanya !!! # MOHON MAAF LAHIR BATIN MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN 01 Syawal 1430 H. Sampai Jumpa Salam buat semua saja .

  21. ulah sieun ka gempa teh, da eta mah kuasaning alloh, lamun urang masih sieun cincirining urang loba dosa ka alloh, ayena mah sing rajin ngibadah ulah mikiran gempa deui. selamat hari raya idulfitri mohon maaf lahir dan batin

  22. ahhhhhh abi siendttt , kumha atuh ?

  23. katanya ad nelaayan australia yg berhasil memotret ledakan nuklir sebelum kejadian,,, http://b.imagehost.org/0708/gempa_jogja2.jpg , tp ko aku sendiri ragu ya ma gammbar ini… cs gambarnya serem bgt… langitnya sampe brbh jd merah…

  24. Wah Hebat ey

  25. Aku sih agak penasaran dgn semua itu..Terang saja waktu dlu gempa Aceh juga gitu kan??Ada semacam fireball..

  26. menurut saya itu seperti matahari yang terhalang oleh embun yang tebal

  27. hiks, kepala sya kejatuhan genteng wktu gempa kmaren. niatnya lompat dri jendela malah jatuh mncium tanah.. :((

  28. klw benar itu bola api toh pasti berjalan saya yakin 5000,0000000001% itu awan ja yang terkena cahaya mthari,lw nuklir to pasti masuk tv se dunia and meledak,,,,,,,,

  29. yup, dibalik semua itu banyak hikmah yang bisa kita peroleh

  30. papun kejadiaannya smua dah terjadi, satu ingatan Allah untuk kita agar senantiasa bertaqwa kepadaNya…….

  31. saya jadi bingung sejak kapan agent espionage itu bisa ubah matahari tenggelam njadi telur matasapi…. hebat juga dis-informasi yang digunakan agen2 intelijen

  32. hahaha..
    lucu..
    nuklir kand gede akibatnya..
    kenapa gagh diujikan d antartika..
    mngkn karena pemimpin percobaan nuklir ntu pnya dendam m seorang tukang becak d jogja..
    jadi percobaanya dilakukan d dekat jogja..
    haha

  33. bukannya tidak percaya mengenai bola api itu tapi dengan melihat video rekamannya !!!!!! menurut saya itu hAnya awan seperti awan di sore hari yang terkena cahaya matahari

  34. wah ak jg bingung ttg masalah ini. pertama kali diputerkan filmny oleh pak dosen saya yang ngajar teknik gempa di UGM, pada terkejut juga. Trus dapat e-mail dari temen ternyata ada kisah seorang nelayan australia yang kebetulan sedang nyari ikan sempat memotret kejadian waktu itu di tengah laut berupa ledakan nuklir dengan bentuk jamur dan bola apinya. Saya punya foto-fotonya ledakan nuklir tersebut. TApi kalo aku sendiri ya bingung juga, jgn2 nuklir??… TApi ak g suka berteori nuduh sana-sini pelakunya dengan berbagai konspirasi2, bikin pusing aj, kan g pnya bukti… Kalo ada yang mau gmbrnya biar tak kirimi emailnya… Atw ada yang pnya gambar aneh lebh banyak… kirim aj ke iqbal_civ_eng@yahoo.com

  35. Mau ikut nimbrung.

    Sorry kalau gua sotoy. Correct me if I wrong ya. Bukannya gempa susulan itu reaksi alamiah karena rusaknya struktur lempengan agar lempengan2 tadi kembali ke posisi yang stabil yah? Kalau itu ledakan, nuklir, atau semacamnya, kalau sampai bikin lempengan bumi rusak strukturnya dan nggak stabil, berarti dia juga perlu gempa susulan untuk menstabilkan lempengan.

    Tapi gua nggak mau berspekulasi yang macem2. Kita bisa kejadian ini sebagai dua sisi. Sabar terhadap cobaan Tuhan, dan bertanya mengapa ini semua bisa terjadi.

    Sekian.

  36. Kalo emang bener itu adalah ‘bom nuklir’, kenapa ada gempa susulan?? berarti ada ‘bom nuklir susulan’?? gempa susulannya berlangsung selama 1 minggu lagi…. nggak mungkin ah….

  37. Enak banget tu dongeng ya ga’ brow.

  38. Untuk tindakan mitigasi, seyogyanya jangan hanya mengandalkan satu sisi ilmu saja, kalau bisa ya segala ilmu dipakai. Scientific kadang belum bisa mengungkap secara jelas semua fenomena alam. Tentang tabloid intelijen, yang mengatakan tsunami gempa Aceh karena senjata nuklir .. hehehe .. itu otaknya orang2 intelijen, ada orang batuk2 saja dikira james bond datang.Saudara saya ada yang petugas intelijen, otaknya muter terus sampe mau tidur saja susah .. padahal tidur tidak mbayar lho. Mahasiswa S-2 geologi UGM, dari Aceh, sudah meneliti lumpur tsunami dan ternyata tidak mengandung unsur radioaktif dan sudah diuji untuk ditanami sayuran ternyata juga bisa. Sekarang dia sudah lulus, dan ada satu lagi yang juga meneliti lumpur tsunami Aceh, baru dalam proses.
    Mungkin karena saya orang geologi, jadi ya mikirnya geologi ya … Kalau orang theologi mikir lain lagi, katanya: Tuhan proyeknya gagal .. Tuhan mengajarkan cinta kasih, kebaikan, persaudaraan, kok dunia ini malah isinya bom-boman, tembak-tembakan, mabuk2an, pembunuhan tanpa alasan, atau hanya karena ideologi yang tidak jelas, rebutan uang dsb. Karena gagal proyeknya, dan jengkel, maka dibuatlah banyak bencana alam. Banjir, gempa, tsunami, tornado, gunung meletus, saling susul menyusul … yaahh berdoa sajalah minta ampuunnn …. yang populer malah mbah Maridjan taaa .. padahal tidak kuliah lho…

  39. gila gempa bumi di jogja banyak mitosnya, tapi saya senenag saisn harus dilenmgka[pi dengan mitos bagimanapun juga

  40. very…..very…..funtastic

  41. ALLAH SWT menciptakan manusia sbg makluk yg paling tinggi derajatnya , mmg ada makluk lain selain manusia ada jin ada syetan dan itu masih di bwh derajatnya dibanding dgn manusia . mengenai gumpalan awan itu jgn diartikan apa-apa malah jd musryk , semoga jd masukan (bamz)

  42. saya pernah melihat bola api sewaktu berumur 11 thn,cuma bertiga yg melihat termasuk saya dan anehnya orang lain yg kami beri tahu seperti tak melihat, padahal sangat jelas bola api yg melayang perlahan dan jatuh dipekuburan umum makam pahlawan bogor.dan sampai sekarang saya masih blm faham mengenai fenomena ini sampai sekarang ada yg merekam kejadian yg sama saya alami waktu kecil itu

  43. wahhh itu yang ngambil gambarnya temen kantor tetangga saya itu
    dulu pernah di puter di t4 q masih bentuk handycam/lom bntk vcd
    kl menurut q seh cuman gumpalan awan aj sech

  44. Soal gempa, ada gejala-gejala alam yang mendahului, cara ilmiah belum dapat memecahkannya. Seorang dosen teknik sipil UGM (asistennya prof Kabul Basah Suryolelono) kebetulan baru survey di pantai-pantai sekitar Jakarta, sekitar jam 13 dia heran banyak lele berlompatan di tanaman mangrove, bahkan dia sempat motret. Ketika dia mendarat jam 14, betul tak lama kemudian ada gempa. Dia sampai yakin, kalau ada lele mencolot2, gempanya kurang satu jam. Saya ya cuma dicritani pak Kabul Basah, kalau mau lebih jelas, kalau ketemu bisa tanya beliaunya. Jelas gejala alam itu ada, spst gempa aceh, ada sekumpulan burung yang terbang migrasi. (ada di harian kompas).
    Cuma kita sudah tidak peka, kurang seneng tirakat, senenge dugem .. dunia gemblungan … hehehe

  45. itu rekamana mana

  46. wahhhhh itu mah cumah awan,bukan nya bola api bukan juga nuklir,itu mah awan yang bentuk na bulat jadi sebab na keliatan ilang timbul sebab lensa cam nya terkena cahaya mata hari , cobah di amat ti kalo cam terkena cahaya tampak nya ilang, terus kalo di tempat gelap, redup, mendung, jadinya keliatan, tu awan nya! iya nggakkkkkkk
    WASSALAM……………………….

  47. Saya yakin itu adalah awan. Bola api biasanya memiliki kecepatan tinggi semacam petir tetapi bergerak horizontal dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela.

  48. Analisanya bagus mas, tapi saat itu penduduk tidak akan berpikiran samp[ai kesana, semua dalam keadaan panik dan bingung, termasuk saya.
    Tapi di sini saya mendapatkan uraian yang mampu membuka pikiran saya atas fenomena2 di alam. SUKSES ya mas??

  49. Selalu melebih-lebihkan hal yang aneh. Itu kan awan pagi hari yang terkena sinar matahari. Boleh percaya hal-hal mistis, tapi kenapa semua dikaitkan dengan itu. Kapan kita bisa maju dan berani hadapi semua ujian ini jika akal dan otak kita selalu diteror dengan ketakutan akan mitos-mitos yang seram. Kenapa kita semakin jauh dari Allah SWT.

  50. klo gambar awan tadi yang kliatan redup menjadi terang dalam hitungan detik,itu mah bisa dijelasin. kamera digital, handicam ato kamera hape kadang2 punya respon cahaya yg labat alias ga responsif. apalagi kalo rekamannya pake kamera hape. saat direkan, yang merekam kan bergerak gerak,otomatis kameranya ikut gerak. nah, saat gambar bergeser karena kamera yg bergerak,kamera butuh waktu untuk merespon cahaya. itu sebabnya kok awan tadi merem melek kaya kompor tukang mie ayam.

  51. menurut saya fenomena se[erti itu harus kita telaah lebih dalam lagi………… apalagi di indonesia yang mayoritas penduduknya hidup dengan mistis yang sangat kuaT

  52. wah pas gempa aku naik gunung . btw kok gak kelihatan dari gunung ya padahal dr pantai ke rumah jaraknya cuma lima kilo lo.yang jelas saat gempa pantai bagian barat cuma keliatan item alias mendung.gak papa kelindon yang penting dah masuk tv plus jadi model video klip berita kepada kawannya ebit.

  53. Wah, menarik sekali perbincangannya. Saya jadi ingin ikut nimbrung.

    Beberapa waktu yll, saya baca tabloid Intelijen, edisi Agustus. Adakah yang sudah baca? Headline-nya: Dari Gempa Bumi ke Gempa Politik. Di sana diceritakan bahwa ada konspirasi untuk menggoyang pemerintahan SBY. Salah satu sebab utamanya adalah keberanian SBY mengundang Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad (semoga Allah merahmatinya). Maka, Indonesia pun perlu “disentil”. caranya, dengan merekayasa gempa di laut Selatan. Lagipula, dikatakan bahwa departemen energi yang keberadaannya sangat dirahasiakan AS, Energy Task Force, mengetahui bahwa di Laut Selatan tersimpan kandungan minyak bumi yang amat banyak. Jadi, sembari menyentil Indonesia (baca: SBY), AS juga ingin mendorong agar minyak bumi yang terpendam itu bisa bergerak lebih ke atas shg mudah dieksplorasi. Dalam tabloid itu juga ada wawancara dengan pakar perminyakan Qurtubi. Ia mengatakan bahwa Rusia telah memperkenalkan sistem pengeksplorasian minyak bumi yang baru pada Indonesia. cara konvensional adalah pengeboran lepas pantai. Tapi, biayanya sangat mahal sementara cadangan semakin menipis. maka, dipakailah cara baru tersebut, yakni peledakan di bawah permukaan laut.

    Begitu ceritanya…

    Btw, tentang kabar konspirasi tsunami di Aceh, semuanya dah pada baca http://www.vialls.com kan? Di sana lengkap banget. Terus, temen saya ada yang nitip tanya, kenapa mayat korban tsunami di Aceh banyak yang gosong? Apa karena aer lautnya panas karena ledakan bawah laut?

    Oh ya, setahu saya, “konspirasi” adalah sebuah kata yang memang nyata, hanya pengetahuan kitalah yang kurang mengenainya. beberapa minggu yll, saya membeli buku bagus: “Misteri Konspirasi”. Saya lupa pengarangnya, tapi penerbitnya adalah Jendela, Yogyakarta. Buku itu adalah disertasi di salah satu univ di Inggris. Isinya benar-benar mencengangkan: betapa banyak peristiwa besar dunia yang ternyata merupakan buah konspirasi.

    Oh ya, ada juga buku bagus yang lain: “Spycatcher: Otobiografi yang Menghebohkan”, ditulis oleh Peter Wright, mantan Asisten Direktur M15, Dinas Rahasia Inggris. Di sana dengan gamblang diceritakan dunia spionase dan kontraspionase, termasuk juga soal konspirasi. Untuk perbandingan, buku itu sangat bagus dibaca. Buku lain: “Yahudi Menggenggam Dunia”, oleh William G. Carr, dan “Yahudi Menaklukkan Dunia” oleh ZA maulani, mantan kepala intelijen Indonesia, Bakin.

    Demikian, terima kasih.

  54. Saya ketemu seseorang yang mengatakan bahwa dua hari sebelum gempa, sebenarnya sudah ada yang dapat ilham, tapi dia takut dikira nanti sbg teroris. Manusia modern, apalagi birokrat, kurang peka dengan alam, karena banyak makan hamburger, jadi lebih peka dengan dana bantuan gempa … hehehe …
    Saya berpendapat itu suatu fenomena alam (sy sdh lihat videonya) barangkali ada gas-gas yang muncul ke permukaan dan bereaksi dengan oksigen shg membara. Untuk mitigasi gempa, jangan hanya mengandalkan seismometer, tetapi juga ilmu lainnya. Ternyata rekaman seismograf bulan Mei di BMG Yogya menangkap sekitar 900 getaran, tetapi dikira Merapi. Logikanya, sebelum ada pelepasan energi besar passti sudah ada tremor dahulu, cuma manusia awam tak mampu merasakannya.

  55. menarik. tanpa bermaksud memistifikasi sebuah fenomena, kita ngga bs hny mengandalkan our current state of science utk mendeterminasi sesuatu dan terjebak utk “simplify” sebuah kejadian.

    kita masih jauhh..dari mengerti, gmn sbnrnya bumi ini hidup dan menghidupi, berikut segala fenomena yg terjadi di dalamnya. modern science msh dlm fase sangat-sangat terbelakang utk mengerti *dibanding science level-nya peradaban mesir kuno, maya, sumeria..bahkan lemurian dan atlantis ;) *

    yg susah keliatan dr kerangka modern science *yg selalu melihat sesuatu scr parsial* adalah inter-relasi antar SEMUA faktor dan self destruction potential dlm modern civilization itu sendiri.

    rgds
    myr, france
    ex TL ITB ’89

  56. Dear Ade
    anda bisa donload sndiri di link yg tertulis diatas http://video.google.com/videoplay?docid=-5703437699507937454

  57. Wah kebetulan nih.. saya lagi cari bahan utk buat tulisan tentang “dongeng sebelum gempa” versi Indonesia. Boleh nggak saya miliki clip “fireball” -nya mas Kartiko Yuwono??.

    Tentang bola api gempa ini oleh Prof.Motoji Ikeya (Univ. Osaka) disebut sebagai “luminous phenomenom” dan dimasukkan ke dalam “Cahaya Gempa” atau Earthquake Light (EQL). Hal yg sama pernah terjadi di:
    - Jepang pd gempa Matsushiro 1965 s/d 1967 (Derr, 1973, BSSA, 63, 6, 2177-2187). Diabadikan dgn kamera.
    - China, gempa Sungpan-Pingwu 1976 (Wallace & Teng, 1980, BSSA, 70, 4, 1199-1223)
    - Jepang, gempa Kobe 1995 (Ikeya, 2004, Earthquake & Animal)
    - Turki, gempa Izmit 1999 (Barka, 1999, Science, 285, 1858-1859)
    - Taiwan, gempa Chi-chi 1999 (Ikeya, 2004, Earthquake & Animal)
    - India, gempa Gujarat 2001 (Ikeya, 2004, Earthquake & Animal)
    - dll

    Saya jadi bingung, apa ini masih bisa disebut dongeng tanda akan gempa atau saat gempa. Kalau menurut Prof.Ikeya ini bukan dongeng karena dpt dibuktikan di lab mereka. Tapi menurut Prof.T.Rikitake & Prof.RJ.Geller (Univ.Tokyo) hal ini belum dpt dipercaya. Fenomena yg aneh..

    Wassalam

  58. sing genah dudu geni teluh…

  59. Mas Rony,
    Silahkan saja dikirimkan ke saya klip sepotong saja . rovicky at g mail

    Pada saat itu sebenernya sedang terjadi “musim hujan meteor” seperti yang diceritakan pak Marufin disini :
    http://rovicky.wordpress.com/2006/08/15/kilatan-cahaya-di-parangtritis-meteor/

    salam

  60. Temanku pada hari-H, setelah gempa merekam pakai video beberapa kondisi lingkungan dan korban. Ketika diedit, ternyata ada gambar seperti meteor yang melesat dengan cepat lalu hilang.
    Itu apa ya? Sayang dia ngedit seminggu setelah gempa dan baru cerita ke saya kemarin. Saya sudah lihat kaset dan VCDnya. Bisa dianalisa ?
    Trims.

  61. Kirain malah ada meteor nunjem di laut om Rovicky.. :D

  62. waduuuh kon up load kie :D !!! tp kalo saya liat cuplikan gambar diatas kayaknya videonya sama je, tp saya belum liat video yg di up load di google video. yoh nek sempet tak up load e tp saya tak liat yg di google video dulu barang kali ada yang kurang sedikit (maap ya yang up load saya cuma mau mastiin)

  63. Wadhuh…. Kalah totohan saya…
    Btw, matur tengkyu Mas.

  64. wah meanarik banget kie….

    kalo menurut saya :
    1. kalo cuma gumpalan awan yang kena sinar matahari rasanya juga ganjal, karena bisa bulat (hampir bundar) dan disekelilingnya tidak ada (samar-samar) sinar-sinar lainnya yang agak pudar, kan kalo pagi bisanya begitu.
    2. kalo percobaan nuklir? wow… seru n ngeri banget tuh
    tapi kalo bener percobaan nuklir kok tidak ada gelombang besar yang sampai pantai, ato gambar yang kayak bom hirosima nagasaki
    (tapi mungkin juga lho, denger2/isu kan Iran juga mbantu UGM supaya jurusan T. Nuklir tetep buka)

    Kalo soal kesimpulan, monggo mas Rovic aja yang menganalisa, kalo mungkin ada percobaan Nuklisr bisa dilacak pake citra satelit di lokasi PaRis tsb.

  65. Wah menawi niku ketingale pucukane awan sing keno sinar matahari mas, yo ra mas?

  66. bola api … inget jaman-jamanny isue santet … *mode flashback on

  67. Nah kalau ada info bagus dicoba disharing saja Mas Joko “Pinter”. Dibuat klip pendek, dipotong saja paling semenit juga cukup. Nanti kita bandingkan saja. Semakin banyak data semakin kita dapat menganalisanya dengan lebih baik, dan semoga mendekati kebenaran.
    Memanfaatkan momen-momen khusus seperti ini sama halnya dengan memanfaatkan video amatir ketika dilakukan investigasi kecelakaan Pesawat “Concorde” yg fenomenal itu.
    Saya sendiri hanya membantu berpikir bedasarkan data “sepithil-sepithil” (sepotong-sepotong). Semakin lama semoga akan dapat dipakai sebagai analisa penuh. Dan mnurutku ya memang begitulah salah satu cara berpikir kritis ilmiah … “ah gwe ga percaya !”, trus dicari bukti2nya serta penjelasannya.

    Penjelasan ilmiah terhadap gejala alam sangat tergantung dari :
    - data
    - asumsi
    - metode
    - …
    Jadi bisa saja dengan bertambah data maka kesimpulan atau penjelasannya akan berbeda.

    Sains itu memang lucu ketika melihat sebuah fenomena alam. Misalnya ada dua penjelasan A dan B, penjelasan A bener dan B salah atau sebaliknya B benar dan A salah, atau bahkan bisa saja dua-duanya SALAH !. Ada juga yg berpendapat bahwa sesuatu penjelasan dapat dianggap benar sampai ada penjelasan lain yg membuktikan penjelasan sebelumnya salah (falsifikasi). Jadi silahkan saja memberikan data-data baru.

  68. maap bukannya saya spam tapi comment saya yg pertama tadi ga muncul, trus nulis lagi eh malah jebulnya munculnya telat maap banget lho!!

  69. waduhh aku kok durung puas yo nek kui disebut awan kena sinar matahari
    maap lho kalo sedikit ngeyel. saya cuma mau nanya kalo itu bener awan biasa (baca : bukan bubungan awan ledakan sesuatu) bisa berubah2 wajah hanya dalam hitungan detik saja. kebetulan saya punya VCDnya (maklum bajakan yang saya bajak lagi…)jadinya saya sudah melihat sampai berulang-ulang (sampai pusing liat orang2 yang berlarian didalam video). Divideo itu terlihat awan muncul, dalam satu detik hilang, ntar muncul lagi, hilang lagi jadi seolah olah kayak………(sek lagi golek perumpamaan) kayak kompor mie ayam kalo digedein trus dikecilin nah apinya khan nampak trus ilang nampak ilang. bedanya yg di parangtritis itu lebih bunder, tapi tetep aja aku ga percaya lho kalo itu bom nuklir cuma kayaknya lebih deh kalo cuma sekedar awan di pagi hari. terimakasih atas perhatiannya

  70. bukannya saya ngeyel (tapi opo yo) saya cuma mau nanya emang klo awan bisa berubah bentuknya secara cepat dalam hitung detik atau tepatnya sih saat mata memandang jadi ibaratnya tidak sempet mata ini berkedip warna oranye itu muncul dan satu detik kemudian hilang muncul lagi yaaa begitulah muncul hilang muncul hilang sampai beberapa kali. karena kebetulan saya juga punya VCDnya pertama saya liat saya kira ledakan2 listrik karena kabelnya pada corslet tp kok diatas laut, saya kira lagi awan kena matahari tp kok muncul hilang muncul hilang. saya bukannya menganggap itu akibat nuklir tp kok bisa hilang muncul hilang muncul dalam hitungan detik sih? kira apa ya? maap lho kalo saya kurang sependapat.

  71. Woo jebulane aurora, tho?

  72. gumpalan awan yg terkena sinaran matahari pagi ya pak ?
    sering liat kalo pagi hari sih..

  73. wah iya … sampai pusing lupa nulis tanggal :)
    Trims

    rdp

  74. Pada saat terjadi gempa Jogja 26 May 2006

    Bukannya tanggal 27 Mei pak ???
    Wah,klo di tempat saya setelah gempa pada ngeliatin merapi :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.165 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: