Matahari terbit dari barat


Apa iya matahari akan terbit dari barat, di Mars sudah pasti akan terjadi hal ini looh. Ini memang beneran dan ada penjelasan ilmiahnya. Jadi issue yang beredar itu bener adanya. Hanya saja itu bukan hal aneh pertanda bencana ataupun kiamat.
lah kok bisa ?

Barangkali anda menerima imil seperti ini :

tahu tak!! bahawa matahari kita sekarang dah menghadap ke barat disebabkan tsunami,matahari dah terbit dari barat di planet marikh dan bulan 10/2006 akan berlaku 2 gerhana (bulan dan matahari) 1 petanda kiamat tiba,jika berlaku zaman ini maka kita adalah umat yang paling dimurkai Allah s.w.t,sejauh mana kebenarannya hanya Allah s.w.t yang tahu..tapi sebagai orang islam.. beringatlah… sebarkanlah biar orang lain juga beringat.. katakan ini dengan jelas ,Ya Allah saya mencintai-MU dan memerlukan-MU, datang dan terangilah hati kami sekarang…!!!” kirim ke 10 orang lihat keajaiban malam ini tolong jgn di hapus ini benar2 terjadi … wallahu’alam

Nah bagi anda yg sudah kritis tentunya tidak serta merta mengirimkan ke temen lain kan. Lah kalau semua mengirim 10 kali nanti lalulintas imil jadi macet donk !

epicycle-move.gif Bumi, Bulan, planet Mars dan semua bintang-bintang ini berputar-putar berrevolusi dan berotasi. Nah kita bisa melihat dengan dua cara yaitu cara jadul yaitu dengan teori atau dengan caranya Pteolomeus, yaitu bumi sebagai pusat tatasurya, sedangkan bulan, bintang serta matahari dan planet-planet lain mengelilingi bumi. Yang kedua dengan cara matahari sebagai pusat tatasurya kita. Tentunya mataharipun akan berkeliling berputar-putar mengelilingi ‘sesuatu’ yang lain.
Kalau bumi dianggap sebagai tata surya dan pengamatan dilakukan di bumi, maka akan terjadi hal yg disebut sebagai retrogate motion, atau perputaran terbalik karena pengamatan. Pengamatan di bumi ini yg menimbulkan adanya ‘penampakan’ retrogate motion. Atau perputaran terbalik. Perputaran ini tentunya merupakan gerak semu, bukan gerak absolutnya.
copernican-move.gifSeandainya matahari dipakai sebagai referensi titik pusat maka penampakan terbitnya matahari di Mars akan nampak seperti pada gambar disamping itu. Jadi ada kalanya memang nampak bahwa sepertinya matahari akan terbit dari sebelah barat , itu kalau diamati antara mars dengan matahari dari bumi. Tetapi kalau anda tinggal duduk-duduk nyantai di Mars pada pagi hari, maka disana matahari juga tetep aja terbit dari timur (eh barat timurnya mars dimana ya ? … yang jelas terbit seperti biasa saja lah. Tidak ada perubahan rotasi Planet mars, juga tidak ada perubahan terbitnya matahari dari barat di Bumi.

Jadi jangan kuatir akan kiamat. Kiamat masih lama, ayo kerja lagi, belajar lagi. Supaya tdak termakan issue yg menyesatkan. Tuhan masih memberikan waktu kepada kita untuk beribadah, bekerja dan belajar. Jangan takut !

(This animated gif was obtained from Dr. Stephen J. Daunt’s Astronomy 161 web site at The University of Tennesee, Knoxville.)

About these ads

62 Tanggapan

  1. ijin share di blog saya paak de

  2. MENGGUGAT……….
    Cocologi atau ilmu mencocok cocokkan sesuatu dengan sebuah ayat,artinya pada kasus cocologi tentu bila satu hal cocok maka banyak hal yang tidak cocok,namun bila secara keseluruhan cocok apakah masih bisa dibilang ilmu cocologi? sama halnya seperti kasus kebetulan,tentu hanya terjadi sesekali,namun bila sudah sering kali apakah bukan sebuah kesengajaan? mustinya yang melakukan cocologi jangan cuma quran,bukankan banyak kitab suci dari agama lain,semisal injil,weda dll,lakukan saja cocologi,apakah ada ayat yang sesuai dengan penemuan ilmiah di abad modern……?

  3. Jangan khawatir,bukankah ketika muhammad mengatakan bahwa tumbuhan melakukan perkawinan baru diketahui 1400th kemudian? dan bila lagi lagi muhammad berucap bahwa matahari akan terbit dari barat tentu tidak esok hari,melainkan bisa ratusan atau bahkan ribuan tahun mendatang,yang artinya pula bahwa masih ada kesempatan yang panjang dan lama untuk manusia, SELAMAT BERSENANG SENANG……………

  4. Ijin Co-Pas pak. suwun

  5. menarik sekali agan,,
    semoga kita bukan salah satu orang yang hidup pasda zaman akhir jaman sebab ini sangat menakutkan

  6. bai kami umat islam… tak masalah. tentang adanya kiamat.. emang smua umat islam udah tau ko.. masalah waktu dan saat nya hanya Alloh yang maha tau.. yang pasti yang bener2 umat islam nggak akan merasakan HARI KIAMAT. sebab sebelum kiamat tiba seluruh muslim telah meningal dunia…

  7. wow, menakutkan,

  8. thanks for infonya….bermanfaat bgt

  9. thanks for ur info….:-)

  10. wah wah wah …. kalau beneran dari barat ya bisa di pastikan kiamat tu

  11. Hmmm… pembahasan yang berat. :lol:

  12. tiada tuhan selain ALLAH,dan ia maha tau… hari kiamat hanya ALLAH yang tau,,,,,,

  13. alhamdulillah dech!
    jd aQ bsa sempat taubat dlu! dech!
    he he he he he he he he he he he he he he he he he he he

  14. sebenarnyaa matahari sudah terbit dari barat

    matahari terbit dari barat hanyalah sebuah kiasan, maksudnya dasar hukum dan adat agama yang bersifat sopan dan teratur layaknya kehidupan masyarakat timur cenderung berubah ke barat karena tuntutan jaman dan Westernisasi.
    Mungkin juga maksudnya adalah teknologi dan peradaban kita mengacu pada dunia barat, ah, mungkin tapiii . . .http://id-aurora.blogspot.com

  15. kiamat emank akn terjadi,,,,tP Qta g tAu kPn dtangY kiamt wallaHu”alam seRhin aj m yg diats yG pNting Kta Ustad sObri”t4waKal n bertauBtlah sBelum pD s4atY tBa,,,,,

  16. ya allah….
    sekarang telah terjadi gempa yg sangat dashyat.. hampir seluruh kota padang luluh lantah. apakah ini yang di namakan kiamat? apakah ini juga tanda kiamat besar akan tiba? tolong lindungi kami dari kiamat besar yg akn datang ini. karena orang yang palingdi murkai allh saya tidak ingin menjadi itu….. lindungilah kami ya allah

  17. sedarilah bahawa kiamat hampir menjemput kita..

    brtaubat lah wahai manusia..

    jngn sese kali melawan ibu bapa kita…

    KeraNa syUrGa tR ltaK d bWah tLApaK kAk! Ibu..

  18. bertaubat lah..

    sBlOm kowang dtObat kn..

    bnyk ptnda2 mnunjukkn kiamat hamir tiba..

  19. subhanallah ..
    bertaubatlah wahai manusiaa .
    Allahu Akbar .. Allahu Akbar ..

  20. Smuanya kmbli pd kyakinan ny masing2 ! Apa yg dktakan Mas Rovick hnylah mngingatkan kta saja untk brbenah dri.toh pabila dah trjadi,tiada yg kan ingtkn kta,lg pula sgla amal ibdh kta,dan tobat kta,tkkan dterima lg Oleh ALLAH. KRNANYA,RENUNGKANLAH… SMOGA HATI DAN JIWA KALIAN DBERIKAN PENCERAHAN UNTUK BERBENAH lebih dini.

  21. Oh, jangan beranggapan kalau kiamat masih jauh. Kiamat sudah dekat sekali. 90% tanda-tanda kecil yang disebut oleh Rasulullah sudah terjadi. Sekarang hanya tinggal menunggu tanda transisi kemunculan Imam Mahdi dan Dajjal. Ibarat film, dunia sekarang ini sudah memasuki babak terakhir yang babak belur.

    Jika Imam Mahdi sudah datang, maka genap 100% tanda-tanda kecil sudah terjadi. Awal tanda besar dimulai dengan kemunculan Dajjal. Dan menurut Rasulullah, jika 1 tanda besar muncul, tanda-tanda besar lain akan menyusul dengan cepat bagaikan bulir tasbih yang berjatuhan.

    Jadi sekali lagi, jangan beranggapan kalau kiamat masih lama.

  22. Matahari bisa terbit dari barat, tanpa harus berbalik arah putar. Itu terjadi kalo kutub utara berputar ke selatan dan sebaliknya. Ngak percaya ? coba ilustrasikan jeruk dengan lidi, beri tanda dengan arah panah dan dibalik pasti arah terbit nya terbalik. Hal itu terjadi jika terjadi gangguan cukup besar , misalnya ada tarikan gravitasi dari komet cukup besar dan kalo udah kehendak yang kuasa. Sebab semua udah lakuin maksiat secara terang-terangan sekarang

  23. Hmm, memang susah dimengerti tapi ada penafsiran lain:
    matahari terbit dari barat ==> Islam berkembang di negara-negara barat “the fastest growing religion”. Benar atau tidak saya sendiri tidak tahu.. :)

  24. Kita perlu membicarakan kIamat Karena Jika kita tidak membicarakan tentang kiamat (Kiamat Sugro ataupun Kubro) kita tidak akan ingat dengan kematian….

    “Belajarlah kamu seakan-akan hidup selamanya dan Beribadahlah kamu seakan-akan mati esok”

  25. Dengan adanya penomena ini itu kekuasaan ALLah, artinya adanya penomena ini tidak menyangkal akan terlihat nanti matahari terbit dari barat di bumi. masalah waktunya itu yang kita tidak tau, ada sebab pasti ada akibat. walaupun matahari sudah terbit dari barat nanti, gak langsung kiamat, karena kiamat datangnya tiba – tiba. Firman Allah, “Mereka tidak menunggu kecuali kedatangan hari Kiamat kepada mereka dengan tiba-tiba sedang mereka tidak menyadarinya.” (QS. Az-Zukhruf: 66) cuma yang jadi persoalan pada saat matahari terbit dari barat orang semua langsung beriman. Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah saw bersabda, “Kiamat tidak datang sehingga matahari terbit dari barat. Jika manusia melihatnya maka mereka semua beriman.”

    Dalam riwayat lain, “Jika matahari telah terbit dari arah barat dan orang-orang melihatnya, maka mereka semua beriman. Pada saat itu iman seseorang tidak lagi berguna untuk dirinya selama dia belum beriman sebelumnya atau memperoleh kebaikan dalam imannya.” (HR. al-Bukhari 7/190 dan Muslim nomor 157)

    jadi sebelum matahari terbit dari barat, mending tobat sekarang, setelah matahari terbit dari barat sudah gak diterima tobat kita. Wallahu’alam

  26. tak kiralah apa jangkaan sekalipun, marikh berputar terbalik atau tidak.. tapi kita perlu ingat hari kiamat pasti akan tiba. Adakah saudara perlu leka, walaupun tiada tanda2 kiamat akan berlaku, sekiranya usia saudara hanya tinggal sehari adakah cukup masa untuk saudara bartaubat? apa yang penting, lakukanlah setiap amalan fardhu kita. jangan lalai dan leka. perbanyakkan menyebut nama Allah supaya hati kita akan sentiasa ingatkan Allah.

  27. kalau anda tinggal duduk-duduk nyantai di Mars pada pagi hari, maka disana matahari juga tetep aja terbit dari timur (eh barat timurnya mars dimana ya ? … <<< walah walah… di mars; barat sama timurnya engak tau; tapi kok bisa tau sih, matahari di mars terbit di timur???

  28. Hello.Jgn bilang kiamat masih lama lagi ya!!Kiamat itu suadh dekat jadi bertaubatlah anda. Istigfar banyak2 ya. Krana perbuatan anda itu sungguh jelik.

  29. salam…maaf saudra…ana kurang yakin dengan sikap optimistik anda..rasullah s.a.w sndiri telah mengatakan bahawa kite berada diakhir zaman..tanda-tanda kecil kiamat sudah lama menjelma..tanda-tanda besar sudah kelihatan..kemungkinan besar perdaran marikh yang terbalik juga benar-benar berlaku..tidak mustahil untuk NASA menyembunyikan fakta ini..memang betul mati dan kiamat adalah rahsia allah. namun, allah s.wt telah memberitahu akn tanda-tandanya..bezanya..sama ad kite alert or not in this matter. Sebagai seorang muslim..kite kena sedar akan perkara ini..oleh itu..bertaubat lah dan beramal sementara masih ada waktu..tetapimestilah seiring dengan duniawi..bekerja dan belajar tetapi akhirat jangan ditinggalkan..wassalam

  30. ya allah, dunia NAK KIAMAT DAH.taubatlah sume k.planet mars dah terbalik putarannye n matahari pu nak terbalik terbenam dan terbitnye.2 nmenye kiamat nak dekat.tapi kte x tau lah kesahihannyekan.allahualam……..

  31. sekarang apa lagi nak ditunggu donk?????????????
    ngomongnya kita taubat lah cepatan

  32. ape pak ni merepek..??
    mne pak tahu msih lme lg nk kiamat..?
    pak ke Tuhan huh..?
    jgn nk pndai2 mngandai ape2 tentang kjadian ciptaan Allah..!
    skrg tugaz pak hnye beribadah la..
    emel 2 utk mgigtkn mnusie agar bertaubat!!!
    paham!

  33. assalamua’laikum..
    Matahari terbIT dari barat??? seru juga tuch kalo di jadiin bahan seminar, bisa bantu ngumpulin referensi??? tugas kul niy….. kirim ke e-mailku yachh…

  34. Hari Kiamat?” tak perlu cemas santai sajalah, kita hanya terus2an menjalankan semua perintahNya jadi nggak usah perlu takut menghadapi hari yang ditunggu(Kiamat) kalau sudah meninggal ya sudah nggak akan merasakan apa2 hanya nantinya akan terkejut karena memandang alamnya sangat berbeda dari waktu yang dulu.semoga kita disana bisa selamat. Amin

  35. yang penting kan kita udah waspada dengan antisipasi ibadah dan amal yang beak.Jadi apa yang TuHAn rencanakan kita perlu mengetahui.Tapi kita harus siap kapan pun juga……..Soal kiamat kita mah pasrah

  36. Yth. Hadi
    Setahu saya dalam Alquran tidak ada ayat yang menyatakan kalau masih ada orang soleh kiamat tidak akan datang, melainkan Alquran menyebutkan bahwa waktunya kiamat adalah rahasia, boleh jadi besok kiamat.
    Menurut Alquran terjadinya kiamat itu seperti sekejap mata, datangnya tiba-tiba. Berarti lebih cepat dari kecepatan cahaya, lebih cepat dari gerakan meteor atau komet. Kedatangannya tidak dapat dideteksi secara dini dengan teleskop. Bagaikan mematikan kereta listrik dari saklar stasiun induk.

    Kita tidak tahu, sekarang ini boleh jadi peluru kiamat sudah dilontarkan. Kiamat masih dalam perjalanan menuju kita yang akan datang dengan tiba-tiba.

    Nabi berpesan, jika kiamat sudah datang, tanamlah bibit kurma yang belum sempat ditanam. Artinya kita harus tetap semangat bekerja tidak usah diganggu dengan kedatangan kiamat.

  37. jangan bilang hari kiamat masih lama.karena umat islam akan tersinggung.mengapa?karena dulu kurang lebih 15 abad yang lalu nabinya mengatakan kiamat sudah dekat.tentu dalam pandangan manusia masih lama.tetapi ketahuilah hampir semua tanda-tanda kiamat kecil sudah muncul(terlihat seperti yang dikatakan Rosulullah) tinggal 10 tanda besar hari kiamat.terbitnya matahari dari barat adalah salah satu dari tanda-tanda 10 tanda besar menjelang hari kiamat.Jadi jangan bilang “jangan kuatir akan kiamat. Kiamat masih lama, ayo kerja lagi, belajar lagi. Supaya tdak termakan issue yg menyesatkan. Tuhan masih memberikan waktu kepada kita untuk beribadah, bekerja dan belajar. Jangan takut !”.memang benar kita masih diberi waktu untuk beribadah, bekerja dan belajar.seharusnya katakan “seandainya besok hari kiamat kita harus tetap beribadah, bekerja dan belajar”.Karena nabinya umat islam Muhammad menganjurkan demikian.Jadi sebagai koreksi dari saya aja itu mah.karena setiap kata setiap yang kita ucapkan dipertanggungjawabkan.

  38. Dengan arah putaran rotasi bumi yang tidak berubah, dan juga arah peredaran bumi mengelilingi matahari tidak berubah, matahari bisa terbit dari arah Barat.

    Bagaimana prosesnya? Apabila sudut inclinasi (kemiringan) bumi semakin membesar dan akhirnya bumi terbalik Kutub Utara membalik ke Selatan dan Kutub Selatan membalik ke Utara.
    Apa penyebab terjadinya inclinasi bumi? Nah dialah yang bisa membalikan bumi 180 derajat tanpa merubah arah rotasi dan peredaran bumi.

    itu Bumi dengan perlahan membalikan

  39. matahari bisa terbit dari barat sudah lama terjadi koq
    baca artikel ini

    http://javaoriginal.wordpress.com/2007/06/18/bisa-melihat-matahari-terbit-dari-barat/

    hati-hati dengan surga dunia yang kau bangun sedang surga akhirat kau rusak

  40. hEh giLa!!!

    gA sAh NgOmonGin masaLaH kiAmaT aTau keMaYiaN

    cOoZ…

    gUe maSih MaU hiDuP kLiiiiEE,,,

    sUrgA dUniA ja bLum gUe rAsaiN!!!

    nYanTai ja…

    nTi kLu dah da TanDa-TaNda,kSih tAu gUe di….EmaiL guE ja

    kEy??

    hiDuP tu nYaNtai…

    jGan di bUaT susAh!!!

  41. jepang di sebut negeri matahari
    itu adalah perumpamaan

    matahari terbit dari barat
    …….

  42. sbnrnya ada issue ini atau tidak, ya ga jadi masalah,,
    tetep aja kita harus inget tuhan kapanpun dimanapun,,
    ga usah ada issue kayak ginipun seharusnya kita jg sadar dengan teguran2Nya,,
    wassalam!

  43. tidak mungkin ada kiamat dekat-dekat ini.Sebab dikutip dari Al-Qur’an bahwa kiamat terjadi bila dimuka bumi ini sudah tidak ada orang yang soleh. sedangkan saya masih hidup di muka bumi ini.JELAS tidak mugkin terjadi kiamat

  44. pada ngomongin apaan siii????

  45. Para pembaca/technologi yth,
    Menurut pendapat saya lebih baik lumpur panas ini di alirkan ke laut saja, dgn system pengolaan,ini murah dan tidak banyak resiko untuk penduduk di sekitarnya dan ini memang memerlukan tenaga2 ahli( technologi yang tinggi).Tenaga ahli Belanda air laut bisa di jadikan air tawar untuk perikanan.Hal ini semoga semua utamnya sama tenaga ahli kita di Indonesia tidak tesinggung dan ini sama sekali tidak negatif sampai disana…kasihan rakyat kita yang menjadi korban.
    Advies pendek;buatkanlah penampungan lumpur panas tsb dengan membendung laut/ tanggul dan tanggul tsb dari pasir yang di pompa dari laut juga,ataukah di bendung dengan dinding besi baja dgn cara memancang dan saya yakin bisa( menurut pengalaman)dan dgn memancang besi baja lebih cepat pelaksanaan nya. Motto saya tidak usalah telalu lama diselesaikan hal ini sebab lumpur terus meluap dan..laksanakanlah sesuai dengan peritungan/keahlian dibidang kita masing2.bahkan tidak usalah selalu menanti/berharap kepada orang lain…ini terlalu mahal.
    Hormat maaf,

    D.S. Pangruruk
    Ministeri van Verkeer en Waterstaat
    Directie IJsselmeergebied
    Nederland

  46. Thanks banget info-info segar dan berisi dari mas Rovicky. Seharusnya lebih banyak ilmuwan yang murah ilmu seperti sampeyan, biar banyak rakyat tambah pintar dan tak mudah terhasut. Sayangnya, sekarang malah banyak ilmuwan jual mahal. Kalau njelasin sesuatu ndakik-ndakik. Bukannya memudahkan sesuatu, tapi mempersulit sesuatu.
    Sekarang ada The 1st Indonesian Geospatial Technology Exhibition di JCC. nah, itu yang bisa nyentuh kan orang berduit dan kalangan tertentu. padahal kebutuhan hal seperti itu lebih pada rakyat Bantul, Aceh, Nias, Bengkulu, Lampung dan daerah gempa lainnya. Kok gak ada yang bikin seminar dan eksebisi di Bantul, ya? Karena banyak ilmuwan jual mahal pakai tarif tinggi. Pemerintah juga sekadar janji, cari simpati demi perhitungan politik. Nyatanya rakyat Bantul masih banyak yang keleleran tidur di tenda, saat terjaga sudah terlilit utang.
    Teruskan info-infonya. Harapannya, hal-hal seperti ini tak hanya ada di bidang Geologi tapi juga bidang-bidang lain. Biar intelektual Indonesia yang tertinggal berkilo-kilo dari negeri lain bisa mengejar. Mosok mau jadi bangsa konsumtif terus. bener, mas Rovicky. Kita masih harus kerja lagi, belajar lagi. Lak yo ngono to Kang Rovi?

  47. makasih banyak infonya ya Pak Vicky, keep posting ya pak, hehehe

    salam,
    icha

  48. Dear Zain,
    Yg dimaksud terbit dari barat itu hanya “penampakan semu” terbitnya matahari di mars kalau diamati dari bumi. Saya pikir penampakan semu ini yg diplintir seolah-olah kalau kita di mars maka matahari berputar “terbalik”.

  49. Kayaknya gambar itu tidak ada hubungannya dengan terbitnya matahari di mars. Gambar itu menjelaskan bagaimana mars terlihat dari bumi. Kalimat anda ini: “Jadi ada kalanya memang nampak bahwa sepertinya matahari akan terbit dari sebelah barat,itu kalau diamati antara mars dengan matahari dari bumi” membingungkan, tidak bermakna. Terbitnya matahari di mars diamati dari bumi? What?

  50. Kalau ngeliat gambar itu sebenernya siklus itu sudah berlangsung sejak jaman terbentuknya tatasurya kita.
    Jadi ya mesti saja sudah berkali-kali terjadi kan.
    Ini merupakan fenomena “pandangan semu”, bahwa matahari “seolah-olah” muncul dari baratnya Mars.

  51. bang rovicky,memangnya peristiwa ‘seolah-olah mataharit terbit dari barat’ pernah terjadi sebelumnya?

  52. walah.. mas rdp ini sinau-nya brapa lama yak.
    untung ga sekedar sinau thok.
    matursuwun!

  53. Kok aku gak terima YM atau pun imelnya ya?

    (Dasar kuper!!! *** Kabur ***)

  54. saya kutip disini juga ya Oom :)
    hoax.wordpress.com

  55. [...] dilihat dari bahasanya ini asalnya dari orang Malaysia (bangsa Melayu), saya belum sempat mencari data teknis/ilmiah nya baca ini “Rovicky: Matahari terbit dari barat“, yang pasti dari ciri-cirinya jelas ini HOAX. Ada yang menjadi pertanyaan buat saya, di atas ada kata-kata “bahawa matahari kita sekarang dah menghadap ke barat disebabkan tsunami“, [...]

  56. [...] dilihat dari bahasanya ini asalnya dari orang Malaysia (bangsa Melayu), saya belum sempat mencari data teknis/ilmiah nya baca ini “Rovicky: Matahari terbit dari barat“, yang pasti dari ciri-cirinya jelas ini HOAX. Ada yang menjadi pertanyaan buat saya, di atas ada kata-kata “bahawa matahari kita sekarang dah menghadap ke barat disebabkan tsunami“, [...]

  57. #1
    ga tolol kok bos,, gada salahnya ngingetin kiamat hehe kali aja dah banyak lupa..

    ..om rovick, blougnya kereen, kandidat blog terbaik mudah2an

  58. Iya masak imil or sms kayak gitu diterusin kayak ngak ada kerjaan atau orang yang ngak pernah baca buku,atau keseringan nonton sinetron. kalau matahari terbit dari barat itu pasti pada suatu ketika nanti, barulah mendekati kiamat dan itupun masih ratusan taon lagi ( kata buku agama Lho) anyway kiamat masih jauh sekali walau kata dedy miswar kiamat sudah dekat ( sinetron ni ye!). ayo vote for this blog

  59. bener tuh Pak, urusan kiamat cuma punya Tuhan kok, kita cuma disuruh berjaga dan waspada aja, ga perlu tahu kapan waktunya :d

  60. weeuyy….
    serem juga kalo matahari terbit dari arah barat…
    soalnya pasti ada perubahan sangat ekstrim pada sistem tata surya…
    nggih to, den ?
    kan kecepatan evolusi dan rotasi bumi tuh gak se”santai” kalo kita jalan2 naik motor sore2 nyari angin ?
    lah kalo “tiba2″ terbit dari arah barat ???
    yang pasti walaupun kiamat “sudah dekat” tapi saya tetep yakin kalo nggak terjadi “esok” hari
    soalnya kan tanda2 kiamat tuh gak cuma matahari terbit dari arah barat….
    ada tanda2 “kecil” sebelum tanda2 “besar”….
    walopun menurut sementara kalangan tanda2 “kecil” udah muncul…
    emang sih ilmu pengetahuan akhirnya seperti punya 2 sisi mata pedang….
    jadi orang yang “percaya” ato malah gak “percaya”….
    gitu ya kayaknya…

    emang syuiip, om rovick….
    gak ada mati-nye ide tulisannya
    salut buat om rovick…

    salam…

  61. Hwaaaa…. kiamaaatttt !!!! Hwaaa!!!

    *DenganTololnyaLangsungMenyebarkanEmailYangDiQuoteKe100orang*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.513 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: