Tandatangan gempa !


Tentunya kita sudah tahu apa itu seismogram kan ?

Seismogram adalah sebuah rekaman gelombang yg ditangkap oleh seismometer. Sebenarnya ini sangat mudah dimengerti kalau kita melihat bahwa getaran yg dirasakan saat gempa adalah sebuah gelombang yg menjalar, ya gempa memang hanya gelombang yang menjalar namun gelombang ini memiliki kekuatan yang suangat buesar. Kalau anda mendengar dentuman speaker itu juga sama saja dengan gelombang gempa, hanya berbeda kekuatannya saja.

Kita juga tahu kan, kalau suara manusia itu juga gelombang seperti juga gempa. Nah tentunya anda dapat membedakan suara laki-laki dan suara perempuan, juga suara bencong kali ya … Nah suatu saat nanti bukan hal mustahil kita bisa melihat karakteristik gelombang untuk menentukan “siapa yg sedang bergoyang”.

Dibawah ini gambar perbedaan gelombang gempa akibat nuklir dan akibat gempa tektonnik. Nah kita tunggu saja apakah ahli-ahli gempa (seismologist) ini dapat membedakan gempa akibat volkanik dan gempa akibat tektonik.source picture : http://www.ctbto.org/images/seismic_signature.jpg

About these ads

5 Tanggapan

  1. Lha kita orang Indonesia ini, kan memang jago mencari kambing hitam alias wedud ireng thuntheng plus njanges….lah bagaimana tidak, ha lha ada fenomena lam yang biasa saja trus buru – buru menuduh pihak lain tanpa disertai bukti…(dalam hal ini Amerika Serikat dan konco-konconya) yang katanya..sedang nyobain Nuklir sehingga mengakibatkan gempa di Indonesia.

    Sebagai orang yang beragama dan beriman (katanya kita orang pada percaya Gusti Allah) tapi boro-boro sadar terhadap peringatan Tuhan malah membenarkan diri dan menyalahkan orang lain sebagai biang segala bencana…yang kalo dirunut-runut…justru malah menyalahkan Gusti Allah yang kok mengizinkan ini semua terjadi ..ya to ? hayooo ? Lha mbok si Ameriak atau Ameriku atau Ameriku ngantek mbenjret gak akan mampu meledakkan nuklir jika memang Tuhan gak kasih ijin palilah itu terjadi…..po ra ? Tapi yaitu.. menungso Indonesia yang memang super pinter berdalih mulai dari Presidennya yang cakap mau menuntaskan maslaha dalam 100 hari eee trus diralat dengan i don’t care nya itu maupun wakilnya yang doyan nggambleh plus waton njeplak dalam hal apapun baik masalah terorisme, pendidikan, pertanian maupun juga sewaktu bencana sekalipun ..terakhir dengan ide gila berjanji memberi bantuan max 30 juta bagi rumah yang rusak akibat bencana.Pak Wakil yang mirip pelawak ini mungkin saja nanti akan berdalih bahwa yang salah itu kamera TV atau yang ngomong bukan saya tapi orang yang mirip saya dsb….

    Alangkah bijak bila kita dalam, bencana ini selalu berserah kepada Khalik dan disertai mengevaluasi diri lalu mendekatkan kepadaNya, dan tidak buru-buru nyalahke pihak lain ..yang sama sekali gak tau menahu….

  2. Saya perhatikan selama ini publikasi dari BMG hanya mengumumkan tingkat kebesaran/magnitude dari gempa, belum pernah saya temui sekalian dengan berapa lama terjadi gempa. Contoh: gempa jogja tidak sampai 6 SR tapi karena berlangsung hampir 1 menit kerusakan dan korban yang ditimbulkan sangat besar (7 ribuan orang meninggal!!!), beda dengan gempa-gempa akhir-akhir ini dengan magnitude diatas 6 SR tapi tidak menimbulkan kerusakan berarti, kerusakan justru akibat tsunami. Kalo melihat gambar seismogram diatas bukankah suatu hal yang mudah untuk mempublikasikan lama waktu terjadinya gempa?

  3. Hampir semua sekarang tahu bahwa gempa jogja kemarin ini jelas gempa tektonik

  4. Yang atas nuklir dan yang bawah gempa..

  5. Pak Rovicky,
    beda antara gempa tektonik dan vulkanik sebenarnya sangat jelas. Sayang saya saat ini tdk punya contohnya. Tapi bisa Bapak tanya langsung ke siapa saja yg ‘ngurusin’ gempa. Sangat mudah dibedakannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.412 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: